Cara budidaya ikan lele di kolam tanah

Ini dia! 10+Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah Berikut Petunjuknya

CARA BUDIDAYA IKAN LELE DI KOLAM TANAH – Ikan lele merupakan salah satu ikan terfavorit orang Indonesia, sampe-sampe dimana ada warung nasi/warung makan, kita pasti dapat menemukan yang namanya menu Nasi Lele Goreng.

Masyarakat Indonesia ini banyak yang mengkonsumsi ikan lele, mengapa? Karena, ikan lele ini mempunyai cukup rasa yang sangat gurih, selain itu ikan lele juga sangat mudah untuk di masak.

Sehingga saat ini diluar sana banyak sekali peternakan-peternakan ikan yang membudidayakan ikan lele, baik dengan menggunakan kolam tanah, atau menggunakan kolam beton.

Nah, cara budidaya ikan lele di kolam tanah dapat dilakukan dengan cara mudah.

Mengenai ikan lele, ikan lele sendiri mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik, sehingga ikan lele itu dapat dilakukan pembudidayaan dengan cara mudah.

Ada salah satu kolam yang mana kolam itu dapat digunakan untuk membudidayakan lele dengan mudah, dan membuat kolam tersebut tidak harus menggunakan modal yang sangat besar.

Kebanyakan orang-orang diluar sana yang sangat suka dengan budidaya ikan lele, mereka juga kerap menggunakan kolam tanah sebagai tempat budidaya ikan lele, selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, dan tingkatan produksinya pun bisa dapat nilai tambahan tersendiri.

Apasi nilai tambahan nya itu? Nilai tambahan yang dapat didapatkan dari cara membudidaya ikan lele pada kolam tanah ini adalah ikan lele tersebut dapat mendapatkan pakan yang benar-benar alami.

Di Kolam tanah itu akan ada berbagai macam hewan yang hidup selain ikan lele, begitu juga dengan tumbuhan yang tumbuh secara alami, dan tumbuh-tumbuhan yang alami/hewan-hewan yang hidup pada kolam tanah itu dapat dijakan pakan lele yang alami.

Ikan lele ini termasuk jenis hewan yang notabene, notabene ini merupakan sejenis hewan omnivora.

Baiklah, langsung saja dibawah ini akan ada penjelasan-penjelasan/petunjuk bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam tanah dengan baik dan benar, yuk langsung saja kita simak informasi tersebut dibawah ini.

1. Jenis Ikan Lele yang di Budidayakan di Negara Indonesia

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
tutor-ikan.blogspot.co.id

Di Negara Indonesia, ikan lele adalah salah satu ikan yang paling populer untuk di konsumsi, dan juga selain populer untuk di konsumsi, ikan lele ini banyak yang membudidayakan nya.

Di Indonesia banyak jenis-jenis ikan lele, dan semua jenis itu tidak semua dibudidayakan, baik dengan cara budidaya skala rumahan, ataupun budidaya untuk perdagangan.

Apabila anda ingin membudidiakan ikan lele untuk tujuan komersial/perdagangan, itupun ada jenis-jenis ikan lele tersendiri, yang mana jenis ikan lele tersebut di khususkan untuk diperdagangkan.

Untuk tujuan budidaya lele yang komersial, tujuan komersial itu harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalkan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, tahan terhadap firus penyakit yang akan menyerang lele, memiliki jenis nilai yang unggul terhadap ikan lele, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, di Negara Indonesia ini terdapat dua jenis ikan lele yang banyak dibudidayakan oleh peternak-peternak lele. Apa aja sih dua jenis ikan lele tersebut? Jenis yang pertama adalah Clarias Gariepinus, dan jenis yang kedua adalah Clarias Batrachus.

Dari kedua jenis tersebut telah dikenal sebagai jenis-jenis lele yang memiliki kualitas unggul, yaitu seperti jenis lele dumbo, lele Python, dan lele sangkuriang. Selain itu juga ada beberapa jenis-jenis ikan lele lokal, yang mana ikan lele lokal pun banyak dibudidayakan oleh para peternak-peternak lele.

2. Menyiapkan Lahan Untuk Membuat Kolam Tanah yang Akan dijadikan Tempat Budidaya Ikan Lele

cara budidaya ikan lele di kolam tanah
mcdayfish.blogspot.co.id

Kolam tanah ini adalah salah satu tempat pembudidayaan ikan lele, yang mana pada dinding dan kolam tidak ada alas dengan lapisan-lapisan seperti keramik atau sejenis lapisan-laisan lainnya.

Kolam tanah ini dibuat dengan menggunakan cara menggali tanah sampai ukuran kedalaman kolam itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan budidaya lele.

Buat mencapai keberhasilan dalam budidaya ikan lele, ketika membuat kolam tanah ini harus benar-benar memperhatikan kondisi disekitar lingkungan, memperhatikan tekstur tanah, memperhatikan ketersediaan air, dan memperhatikan hal-hal penting lainnya.

Mengenai pembuatan ikan lele ini tidak boleh yang namanya dilakukan dengan cara asal-asalan, mengapa? karena kondisi kolam tanah ini merupakan salah satu penyebab penentuan berhasilnya dalam membudidaya ikan lele.

Yang perlu diingat mengenai pembuatan kolam tanah adalah, tidak semua jenis tanah dapat dijadikan sebagai tempat pembudidayaan ikan lele, jenis tanah yang baik untuk dijadikan tempat ikan ini adalah, tanah yang liat yang berpasir, karena tanah yang berpasir ini sangat baik untuk dijadikan kolam untuk ikan.

Tanah liat yang berpasir ini mempunyai kualitas yang padat serta padat air, sehingga air pada kolam tersebut tidak mudah surut, dan tidak mudah menyerap kedalam tanah.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggarap kolam tanah sebaiknya melakukan penelitian jenis tanah terlebih dahulu, selain meneliti jenis tanah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalkan seperti sumber air yang akan digunakan untuk mengisi kolam, apakah sumber air tersebut akan mencukupi kebutuhan pada kolam tanah tersebut atau tidak

Kolam tanah ini sangat membutuhkan air yang banyak dibandingkan dengan kolam-kolam biasa seperti kolam-kolam semen, atau kolam-kolam terpal

3. Cara Melakukan Pembuatan Kolam Tanah Beserta Ukuran Untuk Budidaya Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
alamtani.com

Setelah melakukan penelitian jenis tanah, dan jenis tanah tersebut sesuai dengan kriteria yang telah di tentutak, dan terdapat sumber air yang sangat mencukupi, maka pembuatan kolam tanah tersebut dapat dilakukan.

Mengenai ukuran kolam tanah untuk budidaya ikan lele ini sebaiknya jangan terlalu lebar, mengapa jangan terlalu lebar? Karena biar tidak merasa kesulitan ketika sedang dalam pengolaan, dan pengontrolan ikan lele tersebut.

Rata-rata ukuran pada luas kolam tanah untuk budidaya ikan lele ini sekitar 9-12 m2. Untuk kedaleman kolam tanah tersebut sebisa mungkin dibikin lebih dari 1m, yaitu 1,3m-1,5m.

Dengan demikian ketinggian air pada kolam tanah tersebut dapat menghasilkan maksimal, yaitu antara 90-120 , kerana ikan lele itu sangat menyukai dengan perairan yang dalam dan perairan yang tenang.

Kolam untuk budidaya ikan lele ini dibuat dengan cara digali menggunakan peralatan penggalian, atau menggunakan cangkul. Tanah galian tersebut dapat digunakan untuk membuat tanggul untuk menahan air agar kolam tersebut tidak bocor.

Mengenai pembuatan tanggul ini sebaiknya dibuat agak lebih lebar agar kolam tersebut lebih kuat, dan kolam itu tidak mudah erosi serta bisa menahan beban-beban air pada kolam.

Ketika pembangunan tanggul sudah selesai, sebaiknya pada salah satu sisi-sisi tanggul yang jaraknya paling berdekatan dengan parit itu dibuatkan saluran pembuangan air, karena untuk mengontrol ketinggian air pada kolam tersebut.

Saluran pembuangan air dibikin dengan menggunakan pipa paralon, yang mana pipa paralon tersebut diberi saringan. Oh iyah jangan sampe lupa soal ketinggian pada saluran pembuangan, Ketinggian saluran pembuangan dari dasar kolam disesuaikan dengan ketinggian ai yang dibutuhkan, yaitu diantara 90-120 CM.

4. Mulai Pengolahan Kolam Tanah dan Pengeringan Terhadap Kolam

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
mitalom.com

Sesudah kolam tanah untuk tempat budidaya ikan lele selesai dibuat, maka kolam tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu. Mengenai pengertian hal ini mempunyai tujuan untuk mematikan organisme-organisme patogen, yang mana organisme tersebut penyebab adanya penyakit didalam kolam.

Berapa hari sih pengeringan kolam tanah itu? Lama pengeringan kolam tanah ini tergantung pada kondisi cuaca, apabila kondisi cuaca itu bagus proses pengeringan kolam tersebut bisa mencapai 5 hari, paling lama pengeringan pada kolam tersebut sekitar 10 harian.

Apabila sudah terlihat tanah dasar pada kolam terdapat tanah-tanah yang retak-retak, maka pengeringan kolam ikan tanah pun telah selesai. Setelah selesai pengeringan, seluruh tanah-tanah di permukaan dasar kolam dicangkul sampe memiliki kedalaman 10 cm.

Pencangkulan tanah kolam itu mempunyai tujuan tersendiri, tujuan dari pencangkulan tanah kering tersebut, agar tanah pada dasar kolam itu gembur, dan ber lumpur.

5. Cara Pengapuran Kolam Tanah

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
pertanianku.com

Setelah selesai pengolahan dan pengeringan kolam, sekarang yang harus kamu lakukan itu melakukan pengapuran kapur kepada kolam tanah dengan menggunakan kapur tohor atau kapur dolomit sebanyak 10-50 gr, atau di samakan dengan PH tanah.

Pengapuran kolam ini memiliki tujuan untuk mengurangi/membunuh mikroorganisme patogen yang ada di kolam tanah tersebut.

Cara menaburkan kapur itu ditaburkan secara merata pada dasar kolam tanah, kemudian setelah itu tanah pada dasar kolam dibalik dengan cara dicangkul agar taburan kapur tersebut bercampur dengan tanah.

6. Melakukan Pemupukan Pada Dasar Kolam Tanah Ikan Lele

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
docplayer.info

Sekitar 5 atau 7 hari setelah selesai melakukan pengapuran, langkah selanjutnya adalah penaburan pupuk organik kepada kolam tanah tersebut, yaitu seperti kotoran sapi, kotoran kerbau, kotoran ayam.

Ketika kamu akan melakukan pemupukan pada kolam tanah tersebut, kamu gunakanlah kotoran hewan yang sudah lama dan kering sebanyak 300-500 gram permeter dan persegi.

Penaburan pupuk organik terhadap kolam tanah ini mempunyai tujuan untuk menyuburkan dasar kolam, yang mana ketika dasar kolam itu subur dapat menumbuhkan pakan alami seperti cacing, dan plankton.

Setelah itu kolam tersebut di isi air sedalam 40 cm dan setelah itu dibiarkan saja selama 5-7 hari agar pakan alami tumbuh. Selain dari hal itu, hal ini juga mempunyai tujuan agar suhu dan PH dalam air kolam tanah itu stabil diserai oksigen yang cukup.

7. Pengaturan Dalam Pengisian Air Kolam

cara budidaya ikan lele di kolam tanah
ilmuhewan.com

Pengisian air pada kolam ini dilakukan secara bertahap, pengisian air pada kolam yang pertama ini setelah selesainya pemupukan pada kolam. seperti yang telah disebutkan pada pembahasan diatas, yaitu sedalam 40 meter.

Hal ini memiliki tujuan yang baik, maksud dari tujuan tersebut, agar pantulan sinar matahi dapat sampai kedasar kolam, supaya pakan alami pada kolam seperti cacing dan plankton akan tumbuh dengan baik.

Kemudian setelah itu kolam tersebut didiamkan selama kurang lebih satu minggu atau sampai air pada kolam tersebut menjadi warna kehijau-hijauan. Warna kehijauan pada kolam itu menandakan bahwa fitoplanton itu sudah tumbuh.

8. Jangan Lupa Untuk Memilih Benih Lele yang Akan di Budidayakan

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
jual-larva-bibit-benih-lele-sangkuriang.agribisnis-indonesia.com

Kualitas pada benih ikan itu adalah salah satu bagian penentu kesuksesan dalam budidaya ikan. Apabila kita membudidaya ikan lele dengan menggunakan benih-benih yang unggul dan sangat berkualitas itu akan semakin kuat dalam mencapai titik keberhasilan dalam membudidaya ikan lele tersebut.

Sebaliknya dengan benih-benih lele yang berkualitas rendah akan menjadi penyebab kegagalan dan kerugian dalam membudidaya ikan.

Untuk mendapatkan benih ikan lele itu bisa diperoleh dengan cara mebeli, atau cara pembenihan sendiri. Ada beberapa jenis ikan lele unggul yang saat ini sedang terkenal dibudidayakan di Negara Indonesia yaitu jneis lele sangkuriang, lele phyton, dan lele dumbo.

Ada dari beberapa peternak ikan lele yang tidak sedikit membudidayakan lele lokal yang telah didapatkan dari hasil tangkapan alami.

Untuk benih lele yang akan dibudidayakan itu, sebaiknya benih-benih yang benar-benar sehat dan benih itu memiliki kualitas yang sangat unggul dari benih-benih lele lainnya.

Dibawah ini akan ada ciri-ciri mengenai benih lele yang sehat, yuk langsung saja kita simak informasi tersebut:

1- Ciri-ciri Benih Lele yang Sehat dan Dapat di Budidayakan

  • Fisik atau tubuhnya tidak ada luka sama sekali, ataupun kecacatan pada tubuh
  • Mempunyai gerakan yang lincah dan sangat aktif
  • Tidak memiliki penyakit
  • Berasal dari linkungan yang baik dan sehat
  • Gerakan renangnya normal
  • Lakukanlah pengujian dalam gerakan renang dengan cara menempatkan benih tersebut pada arus air, apabila benih ikan lele tersebut dapat mampu melawan arus sambil berenang dan dapat bertahan pada arus air tersebut, maka benih lele tersebut termasuk jenis benih yang unggul.

2- Cara memilih Benih-benih Lele yang Bagus

  • Memilih benih lele dari penangkar benih ikan yang ternama dan terpercaya
  • Mulailah memilih benih yang memliki ukuran panjang pada tubuhnya, minimal ukuran pada tubuh benih itu 5-7 cm.
  • Mengusahakan seluruh benih lele mempunyai ukaran sama, agar pertumbuhan dan pergembangannya serempak.

9.  Penaburan Benih-benih Lele

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah
erakini.com

Sesudah air kolam itu berwarna hijau benih lele pun sudah siap ditebarkan pada kolam. Penambahan air pada kolam itu disesuaikan dengan ketinggian yang dibutuhkan untuk pertumbuhan benih ikan lele.

Ketinggian dan kedalaman dalam kolam lele ini tepatnya itu adalah 90-120 cm. Apabila kolam itu di beri pupuk dengan menaburkan pupuk kimia, waktu penaburan benih itu bisa lebih lama lagi, lama penebaran benih itu sekitar 4-5 minggu setelah selesai pemupukan.

Tujuan dari 4-5 minggu itu agar benih lele yang telah ditaburkan ke kolam tanah itu tidak akan mati karena keracunan oleh pupuk itu.

Oh iyah hal ini perlu di ingat lagi, sebelum penebaran benih-benih kedalam kolam, sebaiknya PH air dalam kolam di cek ulang terlebih dahulu dengnan menggunakan alat pengukur pH air. Ukuran pH air dalam kolam untuk lele itu  sempurnanya berada pada level 7 atau netral.

10. Cara yang Benar Untuk Penaburan Lele kedalam Kolam Tanah Agar Tidak Stres

Cara budidaya ikan lele dikolam tanah
tokolele.com

Benih ikan lele itu tidak dapat langsung ditaburkan kedalam kolam, karena bibit lele itu harus dilakukan penaburan kedalam kolam dengan cara penyesuaian cuaca terlebih dahulu.

Penaburan benih lele secara langsung akan membuat benih lele itu stres, dari stres benih lele tersebut bisa mati. Sangat rugi sekali kan apabila kita tidak tahu waktu penaburan benih lele yang baik itu?

Nah, kebetulan dibawah ini saya akan memberi informasi mengenai beberapa cara penaburan benih dengan baik dan benar:

  • Memasukan benih-benih lele kedalam kolam beserta wajahnya
  • Membiarkan/mendiamkan selama 15-20 menit untuk melaraskan suhu air didalam kolam dengan suhu air didalam wadah benih lele tersebut
  • Setelah itu wadah benih-benih lele dimiringkan dan didiamkan agar benih-benih ikan lele keluar dengan sendirinya.
  • saat benih ditabur kedalam kolam, hendaknya kedalaman air pada kolam itu tidak lebih dari ukuran kedalaman 40 cm, tujuan dari itu adalah, agar benih lele ini dapat menjangkau permukaan air untuk mengambil pakan-pakan dan bernafas
  • Selanjutnya, setelah selesai penaburan benih lele kedalam kolam, kamu hendaknya menambahkan air secara bertahap dengan menyesuaikan umur dan tubuh ikan.

Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan lele dikolam tanah, mudah-mudahan informasi yang telah saya tuliskan di artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Bagi kalian yang ingin budidaya ikan lele, selamat mencoba yah dan semoga usaha budidaya lele itu berhasil dan berjalan dengan mulus 🙂

Tinggalkan komentar