12 Jenis Makanan Khas Kota Kembang (Bandung) yang Unik dan Enak

Baiklah, masih bersama baabun, kali ini baabun akan memberi tahu sedikit informasi tentang makanan ringan khas Bandung yang mempunyai beberapa jenis varian rasa yang unik, dan bikin menarik.

Di Kota Bandung ini bukan hanya terkenal dengan jenis-jenis tempat wisata-nya saja, namun di Bandung ini mempunya beberapa jenis ciri khas makanan khas Bandung yang disebut dengan Kota Kembang.

Ketika anda sedang berada didaerah Kota Bandung, maka di Bandung ini ada salah satu kuliner yang harus kamu kunjungi dan mencoba berbagai rasa makanan khas Bandung Kota Kembang ini.

Baiklah, langsung saja kita simak satu persatu, apa aja jajanan makanan khas Kota Bandung tersebut? Dibawah ini ada rincian 30 makanan khas Bandung yang unik, dan mempunyai kelezatan rasa yang bisa kamu cicipi:

                                                 Makanan Khas Bandung

1. Surabi Merupakan Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
gosocio.co.id

 

Makanan Surabi itu terbuat dari tepung terigu segitiga biru ini sangat mirip dengan pancake. Tapi bedanya surabi ini dibuat dengan cara dibakar diatas perapian, dan adonanan-nya pun lebih tebal daripada adonan pancake.

Untuk membakar dan mengolah adonan surabi ini membutuhkan peralatan sederhana untuk mengola-nya, yaitu seperti tungku yang terbuat dari tanah liat. Inilah alat sederhana yang dapat mampu mengelola makanan khas Bandung ini.

Meskipun diolah dengan peralatan yang sederhana, Surabi khas Bandung ini mempunyai kelezatan yang tak kalah dengan makanan-makanan lainnya.

Jika anda membutuhkan toping untuk campuran rasa surabi-nya, anda bisa memilih langsung berbagai toping-toping yang mempunyai kelezatan rasa, seperti toping nangka, coklat, keju, duren, dan masih banyak yang lainnya.

2. Piscok Susu Keju (Pisang Coklat Lumer) Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung

qudapan.blogspot.co.id

Pisang Coklat Susu Keju ini berbeda dengan pisang-pisang lainnya, makanan ini merupakan salah satu makanan yang unik, dan banyak diketahui oleh orang-orang. Pisang ini bukan sekedar pisang biasa, namun pisang ini memiliki campuran cairan coklat yang lezat, dan taburan keju yang nikmat.

Jenis makanan seperti ini sangat nikmat disantap ketika sipisang tersebut masih panas, mengapa demikian? Karena coklat yang bener-bener lembut itu akan membuat lidah kalian dimanjakan oleh kelezatan coklat tersebut.

Meskipun saat ini di Kota-Kota lain sudah banyak yang menjual Pisang Coklat Susu Keju ini, sangat disayanglan sekali apabila anda sedang berada di daerah Bandung tidak mencoba makanan khas Bandung, yaitu Pisang Coklat Susu Keju.

3. Siomay Bandung

Makanan Khas Bandumg

idememasak.com

Kalian semuua pasti udah tau kan tentang rasa makanan yang bernama siomay ini? Kalo soal rasa kelezatan siomay ini tidak usah diragukan lagi, siomay ini tentunya mempunyai rasa yang gurih, dan kegurihannya itu dapat menggoda selera makan kita.

Asal mula-nya pembuatan siomay bandung ini terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti sagu, dan ditambah dengan taburan bumbu-bumbu kacang yang nikmat.

Jika anda sedang berada didaerah Kota Bandung, sempatkanlah mampir ke wisata kuliner Siomay Bandung yang berada di Jalan Veteran Bandung.

4. Mie Kocok Bandung

Makanan Khas Bandung
eshtravaganza.com

Biasanya Mie kocok Bandung ini dapat ditemukan dipedagang yang menggunakan gerobak-gerobak seperti tukang bakso. Mie kocok ini merupakan salah satu makanan khas Bandung yang telah diolah dengan berbagai macam cara.

Mie Kocok Bandung ini apabila dihidangkan bukan hanya mie saja, selain mie, didalem-nya juga diberi toping tambahan seperti sayur-sayuran, kikil empuk yang sudah direbus sampai matang.

Kenapa mie ini disebut dengan panggilan Mie Kocok? Karena cara pengolahan mie ini dengan cara diaduk-aduk, dan di kocok-kocok sebelum dihindangkan kepada pelanggan/pembeli.

Buat kalian yang sedang berada didaerah bandung, dan sangat gemar dengan wisata kuliner ini, jangan lupa buat mencoba makanan khas bandung ini, yaitu Mie Kocok Bandung.

5. Cireng, Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
myfunfoodiary.com

Kalian semuanya pasti sudah mengenali dengan makanan ini, ya Cireng Bandung ini sudah terkenal sampe ke kota-kota lainnya, bahkan didaerah pulau Jawa juga hampir semuanya sudah mengenali makanan khas bandung tersebut, yaitu Cireng Bandung.

Makanan ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal sejak tahun 80-an. Cireng ini terbuat dari tepung kanji, dan bumbu tambahan-nya itu seperti tepung terigu, merica, air, bubuk, garam, daun bawang, dan jangan lupa dengan minyak goreng-nya.

6. Lotek Merupakan Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
pengusahasukses.com

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Bandung yang mempunyai kesamaan jenis dengan pecel-pecel yang ada didaerah kota lainnya.

Isi dari dalam makanan ini, yaitu berupa jenis sayur-sayuran segar yang sudah direbus terlebih dahulu hingga matang, dan banjuri dengan bumbu kacang yang kental dan terasa sekali nikmat kelezatannya.

Pada umum-nya makanan khas Bandung ini yang bernama Lotek, dan rasa lotek itu lebih terasa manis daripada pecel. Lotek ini akan terasa nikmat apabila disajikan dengan lontong atau nasi, tapi kebanyakan orang yang memakan lotek ini pasti menggunakan lontong.

7. Misro, Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
1apsmkmutira.blogspot.co.id

Bahan-bahan makanan khas Bandung ini berasal dari parutan singkong yang pada bagian dalamnya diberi gula merah, setelah itu langsung digoreng. Asal dari kata “Misro” ini merupakan dari singkatan kata “amis di jero”

Makanan khas Bandung ini sangat unik bukan? Tentu, selain dengan keunikan namanya, makanan ini juga mempunyai kelezatan rasa yang membuat kita ketagihan dengan misro tersebut.

8.Rujak Cuka, Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
widhiaanugrah.com

Rujak Cuka khas Bandung ini telah tersebar diberbagai tempat dan daerah yang ada di Indonesia. Meskipun sudah tersebar ke berbagai tempat dan daerah, rujak ini sangat berbeda dengan rujak pada umum-nya.

Rujak ini merupakan salah satu makanan tradisional yang terbuat dari berbagai macam campuran sayuran atau buah-buahan, yang disuguhi dengan bumbu rujak serta ditambahkan-nya cuka agar aroma rujak ini lebih sedap lagi.

9. Tutut Suruput, Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
cileuleusonline.files.wordpress.com

Tutut ini merupakan sejenis keong yang memiliki ukuran yang tak beraturan, ada yang besar, dan adapula yang kecil. Tutut ini pada umum-nya sering dimasak dengan bumbu yang ada rasa pedas-nya.

Selain dicampur dengan bumbu pedas, tutut juga dicampuri dengan bahan-bahan pasakan lainnya, seperti daun salam dan daun sereh agar aroma-aroma bau amis-nya itu ilang.

10. Kurupuk Seblak, Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
cookpad.com

Dengan makanan ini pasti sudah tak asing lagi bagi kalian para pecinta makanan-makanan yang unik, karena pada tahun kebelakang makanan seblak ini sempat membuming rame di setiap masing-masing kota.

Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang dilembutkan dengan cara direbus-nya hingga lembut, dan dicampur dengan beberapa racikan-racikan bumbu pedas, terdiri dari cabai, bawang putih, garam, dan kencur.

Makanan ini memiliki 2 jenis, apa saja jenis-nya? Jenis yang pertama merupakan jenis makanan seblak basah, dan jenis yang kedua merupakan jenis seblak kering.

11. Basreng, Makanan Ringan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
alessonneverlearned2.blogspot.co.id

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Kota Bandung. Mungkin basreng ini tidak terlalu terkenal, tapi ada saja sih dibeberapa kota lain-nya yang mengenali jenis makanan seperti basreng ini.

Basreng singkatan dari Bakso Goreng ini biasa-nya diberi bandrol harga, dari harga Rp.1.000 sampai Rp.3.000 itu juga tergantung jumlah beli-nya para pelanggan basreng tersebut.

Basreng ini juga memiliki beberapa bumbu yang unik, seperti bumbu keju, asin, pedas, manis, balado, barbeque, dan lain-nya. Di Kota Bandung ini telah banyak orang yang mengenali makanan basreng ini.

Buat kalian yang sedang berada di Bandung, jangan lupa buat beli dan mencicipi makanan basreng ini yah, kalo kalian udah mencoba basreng ini di jamin pada ketagihan deh, hehe.

12. Peuyeum (Tape), Makanan Khas Bandung

Makanan Khas Bandung
resepkuerenyah.com

Peyeum ini merupakan salah satu jenis makanan khas Kota Bandung yang kerap dijadikan oleh-oleh para wisatawan untuk keluarganya.

Peyeum ini adalah makanan yang hampir mirip sekali dengan tape, akan tetapi peyeum dan tape ini mempunyai perbedaan-nya sendiri, perbedaan peyeum dengan tape ini hampir beda tipis, kalo peuyeum ini lebih kering, dan kalo tape itu lebih basah daripada peyeum.

Itulah perbedaan-nya antara peyeum dan tape, kalian haati-hati yah dalam membedakan makanan tersebut, jngan sampai tertukar, hehe.

Baiklah, diatas ini ada beberapa informasi mengenai makanan sunda khas Kota Bandung, barangkali kaka,ade,tante,opa atau yang lainnya sedang berkunjung ke Kota Kembang mungkin bisa mampir ketempat wisata kuliner yang berada didaerah bandung.

Saya ucapkan terimakasih untuk kalian yang sudah mau membaca artikel saya ini, mudah mudahan isi artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca lainnya.

2 pemikiran pada “12 Jenis Makanan Khas Kota Kembang (Bandung) yang Unik dan Enak

    • wih mantap mba kalo suka semuanya, emang ngangenin banget mba kalo makanan khas bandung itu, apalagi orang nya hehe

Tinggalkan komentar