senjata tradisional

16+ Senjata Tradisional Indonesia Lengkap dengan Keterangan dan Gambarnya

SENJATA TRADISIONAL – Negara Indonesia sangat dikenal dengan negeri yang amat kaya raya dengan berbagai macam ragam suku, bahasa dan budaya sampai-sampai melimpahnya sumber daya alam.

Kita sendiri dapat melihat dari berbagai macam-macam makanan dan berbagai macam bentuk rumah yang berbeda-beda pada setiap daerah di Negara Indonesia. Bahkan, pada setiap daerah di Negara Indonesia mempunyai yang namanya senjata andalannya dan masing-masing pada senjata andalan tersebut mempunyai karakteristik yang unik dan berbeda dengan senjata lainnya.

Keunikan tersebut dapat kita lihat mulai dari bentuknya, pemilihan bahan-bahan, teknik dalam pembuatannya, hiasan-hiasan yang dipakai untuk menghiasi senjatanya dan berbagai macam filosifi yang terkait didalamnya.

Apabila Negara Jepang memliki senjata tradisioal seperti pedang yang diberinama atau julukan sebagai pedang katana sebagai ciri khasnya jepang. Tentunya Negara Indonesia pun tidak akan kalah dengan senjata tradisional yang menjadi ciri khas dari negara kita.

Jenis-Jenis Senjata Tradisional Indonesia

Senjata tradisional
boombastis.com

Membicarakan mengenai senjata tradisional di Negara Indonesia, tentunya ketika sedang membicarakan tentang senjata tradisional Indonesia banyak sekali yang dapat kita gali.

Akan tetapi pada kesempatan seperti saat ini kami akan mengulas beberapa senjata tradisional saja yang memang senjata tersebut dianggap memiliki keistimewaan oleh masyarakat setempat. Baiklah, dibawah ini akan ada penjelasannya

1. Senjata Tradisional Rencong

senjata tradisional
wacana.co

Gambar diatas ini adalah senjata khas dari Nagroe Aceh Darussalam yang diberi nama dengan sebutan Rencong. Bentuk dari senjata tersebut hampir menyerupai dengan bentuk dari huruf L dan senjata yang bernama rencong ini termasuk dalam kategori belati.

Rencong ini memiliki berbagai macam variasi bentuk dan ukuran panjang mata pisau, mulai dari 10 cm sampai 50 cm panjangnya. Mata pisau dari senjata tersebut bisa berlengkung seperti keris, tetapi ada juga yang bentuknya lurus seperti pedang pada biasanya.

Kegunaan senjata rencong ini selain untuk menjaga diri dari serangan lawan dan melawan para penjajah, senjata rencong juga dijadikan sebagai bentuk kelas seseorang yang mempunyainya.

Baca Juga Artikel Tanda-Tanda Kiamat

2. Senjata Tradisional Keris

senjata tradisional
lenteradharma.blogspot.co.id

Semua warga Negara Indonesia pasti sangat kenal dong sama senjata yang satu ini, ya tentu saja semua warga Negara Indonesia mengenali senjata tradisioal yang bernama keris. Selain dari warga Negara Indonesia, warga kenegaraan lain pun mengenali dengan senjata tradisional ini.

Keris ini memang sangat sekali terkenal dimana-mana, karena keris ini merupakan salah satu senjata yang masuk dalam kategori belati, yang mana bentuk tekstur tubuh keris ini memiliki bagian ujung yang runcing dengan dua sisi keping yang sangat tajam, juga memiliki bentuk keping yang berbelok-belok.

Selain dipakai untuk berperang melawan musuh-musuh yang menyerang, ketika pada zaman dahulu kala senjata keris ini merupakan salah satu simbol-simbol golongan sosial pemiliknya. keris juga sangat dikenal mempunyai banyak fungsi-fungsi di daerah kawasan Nusantara.

Diluar sana banyak sekali orang-orang yang menganggap bahwa senjata keris ini barang yang sangat suci dan barang keramat, sehingga untuk merawat senjata keris ini memerlukan cara-cara terkhusus untuk bisa dari senjata keris tersebut.

3. Senjata Tradisional Mandau

senjata tradisional
newstipsindonesia.com

Senjata tradisional ini ialah sebuah senjata yang berasal dari suku Dayak daerah Kalimantan, Didalam kepercayaan penduduk suku Dayak, senjata yang bernama Mandau ini disebut ” Ambang Birang Bintang Pono Ajun Kajau” atau biasa disebut bahwa Mandau ini memiliki kekuatan spiritual yang mempunyai kemampuan untuk melindungi juragan/pemiliknya dari segala mara bahaya.

Maka dari itu untuk merawat senjata tradisional mandau ini mempunyai cara-cara terkhusus dalam melakukan perawatannya, dan jangan sampai sembarangan dalam mengurus atau merawatnya.

Bentuk dari mandau ini memiliki kesamaan dengan bentuk pedang pada biasanya. Karena bentuk pada tubuhnya yang panjang. Tetapi, mandau ini mempunyai keuinikan tersendiri yang jarang ditemukan di senjata-sejata lainnya, yakni disetiap bilahnya terdapat ukiran-ukiran yang tak tajam dan juga bentuk pegangannya yang sangat khas.

Selain menjadi salah satu barang-barang yang keramat di kalangan suku Dayak, senjata tradisional tersebut juga menjadi salah satu pusatnya daya tarik bagi wisata dan wisatawan, maupun wisata-wisatawan lokal atau wisata-wisatawan luar negeri yang sedang berkunjung ke daerah Kalimantan.

4. Senjata Tradisional Badik

senjata tradisional
kidsklik.com

Badik ialah senjata tradisional yang berasal dari masyarakat bugis, apabila kalian melihat bentuk tubuh dari senjata tradisional khas bugis ini yang pendek hampir mempunyai kesamaan dengan senjata tradisional dari daerah Nangroe Aceh Darussalam, yaitu senjata Rencong namanya.

Selain itu, di sisi lainnya senjata tradisional badik ini mempunyai pamor layaknya sama seperti senjata tradisioanal keris.

Ketika masih pada zama dahulu kala, senjata tradisional badik ini biasa dipakai untuk membela diri sendiri dari mara bahaya dan lain sebagaiya. Selain dipakai untuk membela diri, badik ini sering digunakan dalam peperangan yang kegunaannya untuk membela kerajaan.

Betapa pentingnya sebuah senjata tradisional badik ini, bahkan banyak yang mengatakan terutama orang-orang yang berasal dari makassar atau orang-orang Bugis berkata demikian “Bukan seorang pria Bugis atau Makassar jika tidak mempunyai Badik”.

5. Senjata Tradisional Kujang

senjata tradisional
bogor.com

Dari tadi membahas senjata tradisional pada setiap daerahnya masing-masing, rasanya kurang lengkap apabila kita tidak menyinggug senjata tradisional yang berasal dari tanah sunda ini. Diantara kalian pastinya dong mengenali senjata tradisional kujang ini? Ya, tentu saja karena kujang ini sangat terkenal di seluruh daerah Indonesia.

Selain dari terkenal atau menjadi salah satu senjata tradisional yang sangat populer, senjata tradisional kujang ini memiliki bentuk yang bisa dibilang paling aneh daripada dengan senjata-senjata lainnya.

Senjata tradisional kujang dibuat kurang lebih pada abad ke-8 atau pada abad ke-9 dengan bahan-bahan utamanya menggunakan besi, bahan-bahan pamor, dan baja. Ketika dilihat dari ukuran bentuknya, kujang ini termasuk senjata tradisional yang pendek, dan panjang dari bentuk kujang tersebut kurang lebih sekitar 20 cm sampai 25 cm.

Menurut dari pemahaman penduduk asli tanah Sunda, Kujang atau senjata tradisional ini merupakan salah satu simbol-simbol perenungan ketajama dalam berfikir dan daya kritis didalam kehidupan. Selain dari itu, senjata tradisioal kujang ini melambangkan kekuatan-kekuatan yang abadi dan keberania dalam melindungi hak-hak dan kebenaran.

Baca Juga Artikel Sejarah Kerajaan Majapahit

6. Senjata Tradisional Pisau Belati Papua

senjata tradisional
ripblogspot.blogspot.co.id

Nah, kebetulan sekali saat ini kami memasuki daerah Mutiara Hitam, Papua. Maka mumpung memasuki daerah Mutiara Hitam, Papua kami akan sedikit membahas tentang salah satu senjata tradisional papua, yakni pisau belati papua.

Sebelumnya sudah ada yang pernah mendengar tentang senjata tradisional tersebut? jika belum mari kita simak ulasan dibawah ini.

Kepulauan Papua, Papua ialah salah satu provinsi di Negara Indonesia yang mempunyai beragam suku, budaya, dan bahasa. Berbicara atau membahas tentang senjata tradisional Indonesia, Pisau Belati yang berasal dari daerah Papua ialah senjata yang bisa dibilang paling unik daripada senjata tradisional lainnya.

Pisau Belati Papua ini terbuat dari bahan utama tulang burung kasuari dan bulu-bulu dari burug kasuari tersebut disematkan pada gagang pisau belati tersebut. Pisau Belati Papua merupakan salah satu alat pelengkap dari panah dan busur yang menjadi senjata utama.

Biasanya suku-suku yang berada di daerah Papua menggunakan atau memakai senjnata tradisioal ini untuk berburu binatang atau berburu mangsa dan digunakan juga untuk berperang melawan musuh-musuh yang menyerang diri sendri.

7. Senjata Tradisional Cerulit

Senjata tradisional
lenterahidup.net

Bagi penduduk atau masyarakat Madura, Cerulit ini tidak bisa yang namanya dipisahkan dengan tradisi dan budaya kehidupan dalam sehari-hari sampai saat ini. Senjata tradisional Indonesia ini memiliki ciri khas dengan kepingnya yang melengkung seperti lengkungan menuju angka nol.

Pada dasarnya, senjata tradisioal cerulit ini dipakai untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari, misalkan contoh kecilnya digunakan untuk mencari rumput-rumput yang dipakai untuk pakan binatang ternakan, bertani dan lain sebagainya.

Akan tetapi, terkadang cerulit ini dipakai untuk menyelesaikan yang namanya dengan permasalahan antara masalah individual atau masalah berkelompok.

8. Senjata Tradisional Pasatimpo

senjata tradisional
usahaku.co.i

Pasatimpo ialah salah satu jenis senjata tradisional yang biasanya dipakai oleh masyarakat atau penduduk Sulawesi Tengah untuk mengusir roh-roh halus atau dalam ritual pengobatan. Dalam perkembangannya, Senjata ini hanya dipakai dalam acara adanya tari-tarian dalam rangka meghargai para pahlawan di masa lalu.

9. Senjata Tradisional Parang Salawaku

senjata tradisional
wacana.co

Diantara kalian apakah ada yang sudah pernah melihat tarian Tari Cakalele dari daerah Maluku? Jika diantara kalian pernah melihat tarian tersebut, maka kalian akan kenal dengan senjata yang ada pada gambar diatas ini, karena kedua senjata ini sering digunakan oleh para penari tarian tersebut.

Sepasang dari senjata yang digunakan untuk pelengkap alat tarian itu adalah senjata tradisional Parang Salawaku yang berasal dari daerah Maluku.

Parang yang dipegang oleh tangan menjadi salah satu simbol keberanian, sedangkan Salawaku yang dipegan oleh tangan kiri menyimbolkan bahwa perjuangan itu untuk memperoleh keadilan. Dengan kata-kata lain, senjata Parang Salawaku ini merupakan salah satu senjata yang dijadikan simbol kemerdekaan rakyat.

Pada zaman dahulu kala, parang salawaku ini dipakai untuk peperangan melawan musuh dan melindungi diri dari serangan-serangan musuh terhadap diri kita. Seorang Pahlawan Negara Indonesia yang berasal dari Daerah Maluku menggukanan senjata tradisional ini ketika peperangan dimulai untuk melawan Negara Belanda.

Saat ini, senjata tersebut merupakan salah satu senjata tradisional Indonesia yang dibuat sebagai kerajinan-kerajinan khas dan sumber daya tarik bagi para wisata-wisatawan yang berkunjung ke daerah Maluku untuk dibuat atau dijadikan cinderamata.

10. Senjata Tradisional Wedhung

senjata tradisional
tradisikita.my.id

Kami akan beralih ke Pulau Dewata, Bali. Ternyata masyarakat-masyarakat bali juga memiliki senjata tradisional yang unik sekali dengan nama senjatanya, nama dari Senjata Bali adalah Wedhung. Wedhung ialah salah satu jenis senjata dari daerah bali yang kerap diyakini sebagai kesiapan kepada ketua yang sedang memimpin.

Wedhung diciptakan atau terbuat dari bahan logam yang di tempa, sedangkan untuk pegangan atau gagangnya terbuat dari bahan besi ataupun bahan kayu. Wedhung ini bukan hanya dapat ditemukan didaerah Bali saja, namun kalian semua bisa menemukannya juga didaerah Cirebon.

Namun, wedhung dari kedua daerah tersebut cukup memiliki perbedaan-perbedaan yang mencolok pada keping pisaunya. Wedhung yang berasal dari daerah Cirebn mempunyai keping pisau yang polos, sedangkan wedhung yang berasal dari daerah Bali pada bilahnya terdapat motif-motif yang unik. Itulah perbedaan wedhung Bali dan wedhung Cirebon.

11. Senjata Tradisional Kerambit

senjata tradisional
suarawajarfm.com

Pada akhir-akhir seperti ini kerambit sudah mulai terkenal karena diangkat dalam persembahan salah satu film terbaik dan terbagus di Negara Indonesia, yakni The Raid namanya. Kerambit, kerambit adalah senjata tradisional khas dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat yang jenis dari senjata tersebut adalah pisau genggam dengan bentuk tubuh senjata yang melengkung.

Akibat Film The Raid kerambit ini sangat ampuh sekali, hal ini sangat terbukti sekali dengan dihasilkannya secara banyak atau masal oleh para produsen-produsen senjata di seluruh dunia.

Yang terutama pada personil Us Marshal yang mengharuskan atau mewajibkan senjata tradisional Sumatera Barat ini menjadi salah satu senjata andalan ketika sedang dalam posisi bertarung dengan jarak dekat.

Kerambit merupakan salah satu senjata yang sangat berbahaya sekali, karena bisa merobek-robek pada anggota badan musuh dengan cepat dan juga tidak terdeteksi sama sekali.

Jenis-Jenis Senjata Kerambit

senjata tradisional
viral-id.blogspot.com

Beriringnya berjalannya waktu senjata tradisional kerambit ini berhasil berevolusi hingga menjadi berkembang dengan beberapa jenis varian pada kerambit tersebut.

Hal ini terjadi, karena sifat masyarakat Nusantara yang gemar merantau ke berbagai daerah di wilayah Indonesia, sehingga fungsi-fungsi dari kerambit sendiri menyesuaikan dengan karakteristik dan dengan daerah peredarannya.

Dibawah ini terdapat berbagai macam varian kerambit yang sudah menyebar luas ke daerah-daerah Nusantara:

  • Kerambit Kuku harimau, yang mana kerambit tersebut berasal dari daerah Jawa Barat, Sumatera Barat, dan berasal dari daerah Madura.
  • Kerambit kuku elang, yang mana kerambit tersebut berasal dari daerah Sumatera Barat.
  • Kerambit kuku hanuman, yang mana kerambit tersebut berasal dari daerah Jawa Barat.
  • Kerambit kuku bima, yang mana kerambit tersebut berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Barat.
  • Kerambit Lombok, seperti dengan namanya bahwa kerambit ini berasal dari daerah Lombok.
  • Kerambit Sumbawa, sperti dengan namanya bahwa kerambit ini berasal dari kepulauan Sumbawa.

12. Senjata Tradisional Pisau Gaja Dombak

senjata tradisional
lenterahidup.net

Piso gaja dombak ialah senjata tradisional yang beralas dari daerah Sumatera Utara yang bentuk tubuh senjata tersebut sejenis seperti bentuk tubuh pisau biasa, piso gaja dombak berfungsi untuk menusuk, menikam, dan memotong.

Senjata yang berasal dari daerah Sumatera Utara ini diberi nama piso gaja dombak, mengapa peralatan ini diberi nama piso gaja dompak? Karena, pada gagang senjata tersebut terdapat ukiran-ukiran yang mana ukiran tersebut membentuk seperti gajah.

Piso gaja dambak ini juga sangat dipercayai sebagai senjata pusaka kerajaan batak di masa Sisingamangaraja masih menjabat menjadi raja di kerajaan Batak.

Senjata tersebut tidak diperbolehkan untuk membunuh, akan tetapi piso gaja dompak ini mempunyai kekuatan-kekuatan yang sangat luar biasa sehingga senjata tersebut dapat memberikan kekuatannya kepada sang pemiliknya.

Didalam catatan-catatan lain piso gaja dompak ini mulai dikenal sekitar tahun 1900 san dan senjata ini merupakan salah satu senjata andalan dari para perampok-perampok. Namun, ada juga yang megatakan bahwa ketika menginjak tahun 1980 an, piso gaja dombak juga sempat dipakai ketika terjadinya pertarungan antar kelompok dan geng-geng tertentu.

13. Senjata Tradisional Sampari

senjata tradisional
specialpengetahuan.blogspot.co.id

Daerah Nusa Tenggara juga mempunyai senjata tradisional yang nama dari tersebut adalah sampari. Sekelompok penduduk di Dompu dan Bima sangat dikenal bahwa penduduk tersebut mempunyai tradisi untuk memberikan atau mengasihi sampari kepada anak laki-laku didalam sebuah acara upacara adat.

Anak laki-laki yang telah diberikan sebuah sampari dari seorang kakeknya didalam acara upacara adat tersebut maka harus mencuapkan sebuah kalimat yang berbunyi “Mada dau Raga, Wau Keep Sarumbu” yang mana arti dari kata tersebut adalah ” Lelaki jantan dapat menjaga dan membela dirinya sendiri”

14. Senjata Tradisional Bangka Belitung Siwar Panjang

senjata tradisional
zonabangkabelitung.blogspot.co.id

Sebenarnya penduduk Bangka Belitung ini mempunyai berbagai macam ragam jenis senjata tradisional, akan tetapi dari berbagai jenis senjata tradisional, senjata tradisional yang sangat dikenal di kalangan Nusantara ialah senjata tradisional yang bernama Siwar Panjang.

Siwar Panjang ialah sebuah pedang rata, lurus, ringan dan pipih yang memiliki 2 mata. Senjata yang terlihat sekilas hampir mirip engan Mandau yang berasal dari suku Dayak di daerah Kalimantan ini paeda zaman dulu, senjata ini sering digunakan sebagai peralatan perang penduduk atau masyarakat Bangka belitung yang melawan penjajah yang kegunaannya untuk merebut kembali kemerdekaan Indonesia dan mengusir para penjajah dari Tanah Air.

15. Senjata Tradisional Lampung

senjata tradisional
adat-tradisional.blogspot.com

Para penduduk asal lampung mengenal banyak sekali jenis senjata tradisional, misalkan seperti candung, keris, lading, badik, dan yang terakhir ialah terapang. Walaupun beitu, yang sangat unik diantara semua senjata tradisional lampung ini ialah Terapang.

Terapang ilaha senjata yang memiliki wujud atau bentuk seperti sebatang keris dengan memiliki lekukan yang hampir sama persis lekukannya dengan lekukan senjata keris, bahkan lekukan itu nyaris rata. Yang perlu kita ketahui ialah Terapang juga sangat dikenal didalam budaya atau kehidupan masyarakat Melayu di masing-masing provinsinya.

16. Senjata Tradisional Bengkulu

senjata tradisional
suarawajarfm.com

Ada 3 jenis senjata tradisional yang sangat dikenal didalam kehidupan masyarakat Bengkulu. Ketiga jenis dari senjata tradisional itu ialah Kuduk, Badik, dan Rudus. Badik ialah sebuah pisau kecil yang bermata saty yang dipakai untuk sarana perlindungan diri.

Kuduk ialah senjata tusuk yang sangat tajam dengan ujung bilahnya yang runcing, senjata tersebut juga disebut sebagai senjata Rambai ayam dikarenakan bentuk atau wujudnya sama seperti taji ayam bangkok. Sementara Rudus ini ialah pedang panjang yang pada masa itu dipakai sebagai alat peperangan.

______

Demikianlah tentang berbagai macam senjata tradisional Indonesia yang mana senjata-senjata tersebut merupakan salah satu warisan budaya dari nenek moyang terdahulu.

Mudah-mudahan adanya artikel yang membahas tentang peninggalan sejarah dan lain sebagainya dapat memicu generasi muda agar bisa melestarikan budaya-budaya yang ada di Negara indonesia, dan memperkenalkannya kepada generasi-generasi yang akan datang.

 

Satu pemikiran pada “16+ Senjata Tradisional Indonesia Lengkap dengan Keterangan dan Gambarnya

Tinggalkan komentar