6 Jenis Senjata Tradisional Jawa Tengah di Lengkapi dengan Gambar dan Penjelasannya

Senjata Tradisional Jawa Tengah – Mungkin dari salah satu dari kita belum ada yang mengetahui apa saja jenis-jenis senjata tradisional dari daerah jawa tengah, yang mana senjata tradisional Jawa Tengah ini merupakan salah satu jenis senjata ciri khas tradisional di Negara Indonesia atau Nusantara.

Senjata tradisional khas Jawa Tengah ini sebenernya senjata tradisional khas Jawa Tengah ini hampir sama dengan senjata tradisional khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hanya saja ada yang membedakan senjata tradisional khas Jawa Tengah ini dengan senjata tradisional Khas Yogyakarta, bagaimana dengan cara membedakannya? Cara membedakannya itu dari ornament dan bentuk dari senjata tradisional itu.

Sebenernya udah dari zaman dulu bahwa senjata tradisional yang bernama keris ini menjadi lambang kekkuatan didaerah pulau Jawa, baik itu untuk perempuan ataupun untuk laki-laki.

Sesungguhnya keris jawa ini tidak ada perbedaan dengan senjata-senjata tradisional yang ada di Negara Indonesia lainnya, dengan mempunyai mata yang tajam senjata keris ini dapat digunakan untuk memotong/menusuk.

Baiklah, dibawah ini akan ada beberapa penjelasan mengenai senjata tradisional Jawa Tengah, yang mana penjelasan dibawah ini bukan hanya membahas tentang keris saja, tapi dibawah ini akan ada pembahasan tentang senjata-senjata tradisional khas Jawa Tengah. Yuk langsung saja kita simak.

Senjata Tradisional Khas Jawa Tengah

Senjata Tradisional Jawa Tengah
tecnocolour.blogspot.co.uk

Sebenarnya ada berbagai ragam jenis senjata tradisioan yang sangat dikenal dalam kehidupan budaya masyarakat Jawa Kuno.

Kejayaan-kejayaan yang telah dicapai oleh kerajaan Majapahit dan kerajaan-kerajaan lainnya di masa lalu telah membuktikan bahwa dengan adanya teknologi persenjataan orang jawa.

Khususnya untuk daerah Jawa Tengah satu langkah lebih maju kedepan daripada dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain yang berada di wilayah Nusantara.

Walaupun demikian, banyak dari antara senjata-senjata tradisional kebanggaan penduduk Jawa yang saat ini sudah punah dan tersisa, senjata-senjata traidisional jawa ini hanya tinggal beberapa jenis saja yang tersisa, yang saat ini masih kalian temukan didaerah Jawa, khususnya Jawa Tengah.

1. Senjata Tradisional Wedhung Khas Jawa Tengah

Senjata tradisional Jawa Tengah
specialpengetahuan.blogspot.co.uk

Kebanyakan dari orang-orang tidak banyak yang mengetahui bahwa daerah Jawa Tengah ini mempunyai senjata-senjata tradisional yang bernama Wedhung.

Senjata Wedhung ini keberadaannya kalah populernya daripada dibandingkan dengan senjata tradisional khas Jawa Tengah yang bernama keris. Namun, dimasa yang lampau jenis senjata tusuk ini justru lebih kerap digunakan penduduk-penduduk setempat.

Bentuk dari senjata tradisional wedhung ini hampis sama seperti pisau yang memiliki satu mata bilah yang sangat tajam. Dia dilengkapi dengan serangka yang terbuat dari kayu jati.

2. Senjata Tradisional Keris dari Jawa Tengah

Senjata tradisional jawa tengah
tempo.co

Senjata tradisional khas Jawa Tengah ini adalah Keris. Ya, memang keris ini senjata tradisional yang paling terkenal dari senjata-senjata tradisional khas Jawa Tengah lainnya. Tentu saja kamu sudah pernah yang namanya melihat bentuk asli dari keris ini.

Senjata keris ini memang sudah diakui oleh masyarakat-masyarak setempat sebagai senjata tradisional yang bernilai seni yang tinggi. Daya serang dari keris ini dapat melumpuhkan musuh, dari jarak dekat pun keris ini tak bisa yang anggap dengan remeh begitu saja.

Ketika masih zaman-zaman dahulu, senjata keris ini digunakan oleh masyarakat setempat untuk menjadi identitas keluarga, kelompok, atau pun identitas diri sendiri. Pada zaman dahulu kala, keris ini mempunyai raja yang berbeda dengan keris kepunyaan perwira atau pun dengan kepunyaan pembanti di sebuah kerajaan lainnya.

Ada beberapa daerah yang dihuni dengan benda Melayu, misalkan seperti Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Bali, bahkan hingga Negeri Jiran.

Kita juga dapat menemukan senjata yang sama, Tetapi, senjata keris khas Jawa Tengah ini lebih condong terkenal karena sering sekali dianggap memiliki tuan tertentu.

Senjata tradisional khas Jawa Tengah yang bernama keris ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis bentuknya, mulai yang dari tanpa lekukan pada batangnya, terus yang ada lekukan sampai 3 lekukan, 5, 7, dan seterusnya.

Banyak para wisata-wisatawan luar negeri atau wisata-wisatawan dalam negeri yang telah mengoleksi keris ini untuk dijadikan sebagai bentuk rasa kekaguman dari bentuk cetakan yang tercetak pada keping nya.

3. Senjata Tradisional Jawa Tengah – Tombak

Senjata tradisional jawa tengah
ceritacenter.blogspot.co.uk

Apabila kita melihat film-film yang menggambarkan adat Jawa, kita akan melihat yang namanya para serdadu-serdadu kerajaan yang mengenakan tombak dan mengenakan perisai untuk dijadikan perlindungan diri.

Pada zaman dahulu kala, senjata tombak ini memang banyak yang menggunakan, walaupun saat ini sudah tidak ada lagi yang menggunakan tombak. Ada tombak yang sangat terkenal dikalangan penduduk jawa, dan tombak itu telah di keramatkan oleh masyarakat jawa, tombak yang di keramatkan oleh masyarakat itu adalah Tombak Kyai Pleret.

4. Senjata Tradisional Jawa Tengah – Thulup

Senjata tradisional jawa tengah
specialpengetahuan.blogspot.co.uk

Di Kalimantan Barat penduduk suku Dayak mengenal sumpit sebagai senjata mereka ketika sedang berburu.

Sedangkan di tanah Jawa, sumpit itu sangat dikenal dengan nama thulup. Keduanya mempunyai pendirian kerja yang sama, namun dari segi ukuran thulup condong lebih pendek daripada dibandingkan dengan sumpit khas suku Dayak.

Bagaimana cara menggunakan thulup senjata tradisional khas Jawa Tengah ini? Cara menggunakan thulup ini dengan cara ditiup dan di lengkapi dengan anak thulup tuk dijadikan sebagai peluru nya.

Apabila ingin menambahkan efek-efek yang membahayakan, anak thulup ini bisa ditambahkan racun dengan cara anak thulup itu direndamkan didalam cairan racun tersebut sebelum digunakan untuk berburu.

5. Senjata Tradisional Khas Jawa Tengah – Plintheng

Pixabay.com

Plingtheng merupakan salah satu senjata tradisional khas Jawa Tengah yang sering dijadikan alat permainan anak-anak pada masa itu (Masa Lampau). Didalam bahasa Indonesia senjata tradisional ini diberi nama ketapel.

Ketapel ini terbuat dari kayu, selembar kulit hewan, dan 2 buah karet. Batu kecil-kecil/kerikil bisa digunakan sebagai peluru pintheleng, cara penggunaan dari pintheleng ini taruh lah bebatuan kerikil di kulit yang telah ditali oleh karet, kemudian di tarik dan dilepaskan sesuai dengan arah yang telah kita arah.

6. Senjata Tradisional Jawa Tengah – Condroso

Senjata tradisional jawa tengah
adat-tradisional.blogspot.com

Pada zaman dahulu, wanita-wanita didaerah jawa sangat dikenal sebagai wanita yang mandiri, dan mampu menjaga dirinya dengan baik. Di masa lalu, wanita-wanita jawa ini sering membawa senjata condroso ini digunakan untuk melindungi diri dari hal-hal kejahatan yang tidak di inginkan.

Namun senjata yang dibawa bukanlah senjata yang berbentuk seperti senjata-senjata pada umumnya, senjata yang dibawa oleh wanit-wanita jawa pada zaman dahulu ini adalah condroso, yang mana condroso ini bentuknya hampir sama dengan tusuk konde.

Itulah jenis-jenis 6 senjata tradisional beserta gambar dan penjelasannya. Senjata-senjata tradisional tersebut bukan hanya bisa dijumpai didalam kebudayaan masyarakat Jawa Tengah saja, melainkan senjata tradisional ini dapat kita jumpai didaerah Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Terimakasih telah berkunjung, selamat membaca, dan semoga isi artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya 🙂

Tinggalkan komentar