Ada Beberapa Cara Minum Coffee Espresso Versi Orang Italy

Coffee ini telah menjadi minuman favorit di kalangan banyak orang, tetapi apakah kalian tahu tentang bagaimana cara minum coffe espresso ala orang italia? Mari kita tambahkan pengetahuan tentang bagaimana cara meminum coffe espresso ala orang Italia. Untuk kalian para pecinta coffee mari kita simak tulisan saya ini.

Sebagian besar penikmat coffee Indonesia, mungkin tidak begitu memikirkan tentang bagimana benar atau salahnya cara meminum coffee espresso itu. Tapi sangat berbeda dengan orang Italia, orang Italia apabila meminum coffee espresso itu mempunyai cara cara tersendirinya, sehingga mereka benar-benar memperhatikan betul bagaimana cara meminum atau menikmati coffee tersebut.

Inilah dia tata cara bagaimana cara menikmati coffee versi orang Italia:

1. Memahami Coffee Espresso

Espresso adalah coffee yang dibuat dengan cara yang berbeda. Dimulai dari cara menyampurkan biji-biji coffee-nya, cara memanggang biji-biji coffee nya, cara menyajikan coffee-nya, dan dari cara membuat coffee-nya hingga akhirnya menjadi sesuatu yang berbeda.

Coffee Espresso ini dapat di sajikan di cangkir atau gelas yang berukuran kecil. Apakah kamu tahu bagaimana cara pembuatan Coffee Espresso ? Pembuatan Espresso ini yaitu dengan cara menggunakan air panas dan campuran Coffee yang sudah di bubukan menggunakan Coffee Maker terlebih dahulu saat itu juga.

 

Dari segala macam jenis biji-bijian coffee itu dapat di jadikan Espresso. Biji-bijian kopi tersebut di panggang terlebih dahulu sehingga warna biji-biji coffee itu berubah menjadi gelap dan mengkilap dengan waktu yang telah di tentukan.

 

Pertama kali Coffee Espresso ini di buat di Italy dan hingga saat ini coffee espresso ini telah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia yang di minati oleh banyak orang, dan terutama di minati oleh pecinta-pecinta coffee di seluruh penjuru dunia.

 

Ada beberapa jenis varian coffee espresso di antaranya yaitu : Coffee Moka (Mocha) , Coffee latte and cappucino. mungkin nama coffee ini sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta-pecinta coffee.

 

2. Di buat dengan cara cepat

Secara bahasa arti dari kata espresso ini yaitu expres (cepat). Espresso ini mempunyai makna tersendiri. Espresso ini “hanya dibuat untuk anda” dibuatnya espresso ini karena ada yang memesannya secara pribadi, mengapa demikian? karena tidak semua manusia menyukai coffee espresso. 

 

4. Memesan Espresso di bar

Biasanya peminum/penikmat coffee itu slalu memesan di bar, karena sangat jarang sekali peminum coffee espresso memesan coffee itu sambil duduk santai, tetapi ada aja juga peminum coffe yang memesan coffee itu sambil duduk dengan memanggil waitres tersebut ke table kita.

5. Cepat Diminum

Mengapa espresso itu harus cepat diminum? Jika kita tidak meminumnya dengan cepat, maka akan terjadinya perubahan rasa pada espresso tersebut. Dikarenakan apabila espresso di diamkan beberapa menit saja akan ada perubahan rasa. Biasanya perubahan rasa pada espresso itu dalam jangka waktu sekitar 15 detik sampai 30detik.

 

 

6. Tidak Meminum Espresso Apabila Tak ada Cremanya

Orang Italy ini begitu detail/teliti dengan urusan kopi yang akan di minum atau dinikmati oleh mereka. Mereka ini sangat teliti sekali apabila di atas coffe espresso itu tidak terdapat lapisan crema yang berwarna coklat, coffee tersebut tidak akan diminum oleh mereka.

7. Dekati Crema (lapisan crema berwarna coklat muda)

Para pecinta espresso ini mungkin sudah begitu paham apa itu crema, mungkin para pemula penikmat coffee espresso masih banyak yang belum mengetahui apa itu crema? Crema itu adalah lapisan espresso berwarna coklat yang memiliki rasa kepahitan yang sangat luar biasa, kebanyakan para peminum espresso pemula ini sangat sering sekali untuk tidak ingin  langsung mencoba meminumnya.

 

 

8. Jangan Menambahkan Susu Kedalam Espresso

Mengapa jangan menambahkan susu kedalam espresso? Jikalau anda menambahkan susu ke dalam espresso itu yang terjadi bukan espresso tetapi espresso macchiato. Orang Italy ini lebih menyukai Espresso originial dari pada espresso yang di campur dengan bahan-bahan lainnya seperti susu.

 

 

 

Nah itulah beberapa cara meiminum dan menikmat coffe versi orang Italy .
Bagi pecinta coffee selamat menikmati coffee versi orang Italy 🙂

Tinggalkan komentar