ALAT MUSIK MODERN – Hallo teman-tema semua, sudah lama nih baabun tidak update artikel. Nah kebetulan sekali pada kali ini baabun akan membuat artikel yang membahas tentang alat musik modern. Kira-kira apa aja sih alat-alat musik seperti apa saja yang akan di ulas oleh baabun ini?

Apakah diantara kalian ada yang mengetahui? Ya tepat sekali, salah satu dari alat musik modern yang sangat kerap kita gunakan, kita mainkan, kita dengarkan lantunan-lantunan nada yang indah ini ialah gitar. Gitar disini menjadi sebuah alat musik yang paling digemari, mengapa? Karena mempunyai suara atau nada yang begitu merdu dan juga begitu mudah apabila kita ingin mempelajarinya.

Musik untuk setiap manusia ini memiliki filosofi dan makna-makna tersendiri. Musik ini ada yang memakai untuk membangkitkan rasa semangat yang telah hilang atau hanya sekedar untuk didengar dan dinikmati saja. Ada juga yang memakai musik ini sebagai pembawa ritual ataupun meditasi keagamaan dan lain-lain sebagainya.

Yuk langsung saja kita simak penjelasan tentang alat musik modern yang berkembanga dengan cepat dari zaman ke zaman:

Alat Musik Modern Biola

alat musik modern
satujam.com

Alat musik biola ini ialah merupakan salah satu alat musik dawai modern yang dipakai atau dimainkan dengan cara di gesek-gesek dengan menggunakan alatnya. Alat musik modern biola ini mempunyai empat buah senar, yang mana empat buah senar tersebut terdiri dari kunci G-D-E-A yang diatur berbeda dengan lainnya, yakni dengan sela-sela sempurna kelima.

Nada-nada biola yang paling rendah ialah dari nada G. Biola juga mempunyai empat aliran atau genre musik, apa saja aliran musik dari biola ini?

  • Jazz.
  • Rakyat.
  • Klasik.
  • Pop.

Sedangkan untuk orang-orang yang memainkan alat musik biola ini disebut dengan sebutan violinis.

Alat Musik Modern Gitar

alat musik modern
rndguitar.wordpress.com

Alat musik gitar ini dibagi menjadi 2 bagian jenis, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Biasanya gitar akustik ini mempunyai lubag pada bagian tengah tubuh gitar. Gitar ini membuahkan hasil suara atau nada dari getaran-getaran senar gitar yang dimainkan melewati jembatan dan sadel.

Yang mana jembatan dan sadel ini ialah tempat pengikat senar pada gitar yang masuk ke dalam ruang suara tersebut,

Sementara dengan gitar listrik atau gitar elektrik ini mempunyai bentuk tubuh yang amat padat dan tidak terdapat lubang di bagian tengah gitarnya. Dari mana gitar elektrik atau gitar listrik ini memberikan hasil suara-suara yang indah?

Yaitu dari senar-senar gitar yang bisa memegang atau menyentuh kumparan yang terdapat di bagian-bagian badan gitar atau juga biasa dikatan sebagai pickup.

A. Penjelasan tentang Gitar Akustik

alat musik modern
washburn.com

Pada umumnya gitar akustik ini memiliki lubang bundar pada bagian tengah tubuh gitar tersebut. Gitar ini menghasilkan sebuah nada yang indah dari getaran-getaran senar yang dimainkan oleh seseorang, senar gitar yang diaruskan melewati jembatan dan sadel tempat pengikat senar yang masuk ke dalam ruang nada.

Suara yang telah masuk ke dalam ruangan akan berintonasi kepada kayu di badan gitar. Kualitas senar dan kayu gitar akan sangat berpengaruh sekakli kepada suara atau nada yang dihasilkan. Biasanya gitar akustik ini dipakai untuk mengiringi instrument solo yang memakai Fingerpicking Komperhensif.

B. Penjelasan Gitar Listrik atau Elektrik

alat musik modern
geargods.net

Sedangkan gitar listrik ini memiliki bentuk yang amat sangat padat sekali tanpa terdapat lubang sedikitpun pada bagian badan gitar. Gitar listrik ini bisa mengahasilkan sebuah nada yang indah dari getaran-getaran senar yang menyentuh kumparan-kumparan yang terdapat pada badan gitar atau juga bisa disebut dengan sebutan pickup.

Terkadang, sinyal-sinyal yang kelaur dari pickup di rubah secara elektronik dengan effect sebagai reverb. Jenis dari gitar listrik ini sangat terkenal begitu luas, bahkan hampir seluruh negara yang ada di muka bumi ini mengenali gitar elektrik seperti ini.

Gitar listrik ini memiliki berbagai macam genre atau jenis musik pada era sekarang, misalakan seperti musik jazz, reggae, metal, pop, rock, blues, country, dangdut dan masih banyak genre-genre musik lainnya.

Nah untuk kalian yang ingin belajar tentang bagaimana cara memainkan gitar yang benar dan baik? maka kalian bisa memulai terlebih dahulu untuk membaca dan mempelajari kunci-kunci dasar gitar yang biasa digunakan untuk para pemula.

Untuk mengetahui kunci-kunci dasar gitar ini, kalian semua bisa klik langsung chordband.com yang mana disitus tersebtu terdapat kunci-kunci dasar gitar yang bisa kalian pelajari. Oh iyah, kira-kira alat musik modern yang selanjutnya akan dibahas oleh baabun ini apa yah?

Pasti penasaran kan? Kalian bisa langsung saja scroll kebawah untuk kelanjutan pembahasan tentang alat musik ini.

Alat Musik Modern Tiup

alat musik modern
bukubiruku.com

Alat musik tiup ini ialah merupakan salah satu alat musik yang menghasilkan nada atau suara yang mana suara tersebut awal mulanya berasal dari tiupan atau getaran bibir pemain yang meniup angin kedalam alat musik tersebut. Berikut dibawah ini terdapat bebera alat musik modern, dianataranya:

1. Terompet

alat musik modern
andimusicgitar.blogspot.co.id

Terompet ialah merupakan salah satu keluarga alat musik modern tiup yang terbuat dari bahan baku logam. Terompet ini hanya mempunyai tiga tombol yang kegunaannya untuk mengatur sebuah nada, cara untuk menentukan suara atau nadanya dengan mengatur udara-udara yang masuk kedalam terompet ini dengan memencet atau menekan tombol-tombol tersebut dengan teratur dan tidak asal-asalan

Untuk memainkan alat musik ini kita semua harus mempunyai napas yang sangat panjang dan kuat untuk meniup jangka panjang. Jadi untuk kalian yang meu belajar memainkan alat musik ini saya sarankan kalian untuk tidak merokok.

Selain dari itu, kalian juga harus rajin berolahraga misalkan contohnya seperti joging dipagi atau sore hari, berenang-renang dan masih banyak jenis-jenis olahraga lainnya yang bisa kamu pakai untuk mengatur dan melatih pernafasan.

2. Saxophone

alat musik modern
bukubiruku.com

Saxophone ialah alat musik modern yang berasal dari belgia dan dibuat oleh Adolphe Sax ketika waktu itu pada tahun 1840. Maka dari itu alat musik ini disebut dengan sebutan saxophone. Nah, saxophone ini adalah termasuk dari bagian keluarga alat musik modern tiup bernada logam yang ekspresi dan jangkauan nadanya sangat besar.

Biasanya saxophone ini dimainkan hanya oleh popular musik, seperti big band musik, dan para legenda jazz

Namun, dulunya alat musik ini hanya dipakai untuk mengiring sebuah musik yang mana sebagai instumen orchestra dan band-band militer.

3. Harmonika

alat musik modern
djarumcoklat.com

Harmonika ialah sebuah alat musik modern yang mana harmonika ini telah dipakai dari 5000 tahun yang lalu di Negara China yang dikenal sebagai sebutan Sheng. Harmonika juga merupakan salah satu alat musik yang sangat gampang untuk digunakan.

Cara menggunakan atau memainkan alat musik harmonika ini dengan menempelkan bibir kita kepada lobang-lobang yang teradapat di tubuh harmonika lalu meniupkan dan menghisa lubang harmonikanya saja sudah menghasilkan sebuah nada yang sangat enak untuk di dengar.

Alat Musik Modern Pencet

alat musik modern
notepam.com

Alat musik modern pencet atatu tuts ini ialah alat musik yang mempunyai papan suara yang mana cara menggunakan dan memainkannya dengan cara menekan-nekan ujung jari kita terhadap papan nada tersebut, Di dunia ini terdapat berbagai macam alat musik pencet atau biasa disebut dengan alat musik tuts, diantaranya ialah:

4. Piano

alat musik modern
nadiguru.web.id

Piano ialah alat musik modern yang digunakan dengan cara menekan-nekan tuts piano memakai ujung jari tangan. Piano ini merupakan alat musik yang mempunyai 88 tuts, lebih banyak daripada keyboard. Bentuk wujud dan fungsi dari alat musik piano ini hampir sama persis dengan keyboard, akan tetapi bentuk piano ini memiliki ukuran yang lebih besar.

5. Keyboard

alat musik modern
irlancitizen.blogspot.co.id

Keyboard ini memiliki fungsi sebagai orchestrator atau bisa disebut dengan penyelaras dan aransemen didalam permainan musik. Alat musik ini digunakan dan dimainkan sama seperti alat musik piano, namun bedanya dari keyboard dan piano ini ialah bisa memainkan berbagai macam nada alat musik, misalkan seperti seruling, terompet, gitar, biola dan suara-suara alat musik lainnya.

Hanya dengan sebuah keyboard kita dapat bermain atau meminkan layaknya seperti sebuah band yang sangat nyaman untuk di dengar oleh kedua telinga kita, dengan mancampurkan berbagai macam nada atau suara alat musik didalamnya.

Perbedaan-perbedaan yang mendasar antara piano dengan keyboard ini ialah keyboard membutuhkan bantuan tenaga listrik untuk memainkan dan menghasilkan sebuah nada, sehingga bisa diatur sedemikian rupa dengan pengeras nada.

6. Organ

alat musik modern
nadiguru.web.id

Organ ialah alat musik modern yang bentuknya sama dengan bentuk keyboard, yang mana suara-suara yang diapatnya dari tiupan udara kedalam pipa. Udara-udara atau angin tersebut diatur sehingga bisa memberikan suara yang persis sekali kita inginkan.

Organ ini bisa memberikan sebuah nada yang sangat unik, mengapa? Karena sebuah nada atau suara yang berkelanjutan, lama kelamaan tidak semakin kecil apabila tuts masih ditekan oleh jari kita.

Berbeda sekali dengan alat musik piano, organ ini memiliki karakter keterikatan tempo yang bisa dibilang begitu lemah, akan tetapi memiliki frekuensi lokalisasi yang amat cukup baik. Maka dari itu, organ ialah pengiring alat musik yang baik didalam organisasi atau kelompok paduan suara non-musisi.

Alat Musik Modern Pukul

alat musik modern
notepam.com

Nah, untuk kali ini mari kita membahas alat modern pukul yang mana fungsinya sangat penting sekali dalam sebuah keseimbangan sebuah musik. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk langsung saja kita simak bersama-sama pembahasan yang telah tertulis dibawah ini.

7. Drum

alat musik modern
sebentarsaja.com

Drum ini ialah sebuah alat musik modern perkusi yang memiliki peran sangat vital sekali didalam berabagai macam permainan musik, mengapa? Karena drum ini merapaka sebuah tempat yang menentukan dan mengatur tempo musik ketika di mainkan. Maka dari itu, tidak salah apabila alat musik drum ini merupakan jantung dari semua permainan alat musik.

Di dalam drum ini terdapat selongsong atau shell yang mana selongsong atau shell tersebut merupakan pembentuk dari sebuah drum. Karakter shell ini akan sangat berpengaruh sekali terdahap suara yang dihasilkan. Umumnya shell ini terbuat dari besi yang memiliki karakter suara tajam dan attack yang sangat kuar, seangkan karakter-karakter suara lainnya yang terbuat dari kayu lebih terasa hangat.

Selain dari itu, drum juga mempunyai berbagai macam raga. Diantara lain ialah ashiko, aburukawa, bougarabou, cajon, chenda, conga, dhol, davul, dunun, taiko, tablo, timbales, timpani, djembe, dan mridangam.

________________________

Nah, demikianlah artikel yang membahas tentang alat musik modern yang dilengkapi dengan cara memainkannya agar kalian semua mengetahui tentang cara memainkan alat musing pada masing-masing jenisnya. terimakasih dan semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar