Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Beralih ke pembahasan teknologi, berikut ini ada ulasan tentang bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang.

Ketika baru membeli hp, biasanya pada HP Android ada yang namanya aplikasi bawaan pabrik, seperti aplikasi pesan, browser, kamera, musik dan masih banyak aplikasi lainnya.

Jika kamu ingin menambahkan aplikasi baru untuk Hp Android yang baru saja di beli, kamu bisa mengunduhnya melalui Google PlayStore.

Pastikan di HP itu sudah ada Play Store, jika belum silahkan download terlebih dulu di browser yang tersedia di HP Android.

Pemangasannya pun cukup mudah, kamu hanya klik link untuk download dan install di perangkat seluler dan aplikasi tersebut sudah bisa digunakan.

Normalnya seperti itu, namun ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Android, yaitu aplikasi tidak terpasang.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan lengkap, silahkan simak dengan seksama agar bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

aplikasi tidak terpasang

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang, alangkah baiknya ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Umumnya seperti ini:

  • Memori Penuh/Tidak Cukup: Biasanya kepenuhan memori pada perangkat dapat mengakibatkan beberapa masalah, misal seperti HP lemot dan tidak bisa memasang aplikasi baru dari Google PlayStore.
  • Ditemukan Eror Pada Sistem: Yang namanya sistem pasti ada saja keselahan, contohnya seperti sistem eror. Nah dampak dari sistem eror ini bisa mengakibatkan aplikasi tidak bisa terpasang pada perangkat seluler, oleh karena itu jika kamu tidak bisa menambahkan aplikasi baru, ada kemungkinan ada kesalahan pada sistem atau eror.
  • Salah Dalam Penginstalan: Biasanya permasalahan ini sering terjadi pada HP yang sudah di root. Seharusnya aplikasi dapat terinstal pada direktori tertentu, tapi ini malah sebaliknya. Dampaknya ada pesan yang muncul seperti ini “Incorrect Apk Install Location”
  • Aplikasi Tidak Support: Bagian ini bisa disebabkan dari versi ataupun sistem yang tidak didukung oleh perangkat seluler. Terkadang persoalan ini bisa saja terjadi. Contohnya seperti menginstal aplikasi yang hanya didukung oleh Android Jelly Bean, namun jika dipasang pada Android Oreo akan muncul pesan seperti “Tidak kompitable”.

Itulah penyebab aplikasi tidak bisa terpasang di HP Android.

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, langsung saja kita kupas sampai tuntas bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di perangkat Android.

Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

aplikasi tidak terpasang

Di bawah ini baabun akan mengupas beberapa solusi untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android. Cara ini bisa kamu aplikasikan pada ponsel teman, orang tua, istri atau siapapun itu yang mengalami permasalahan ini.

Sebenarnya gampang untuk mengatasinya, tapi balik lagi ke pada pemilik HP apakah benar-benar ingin mengatasi permasalahan ini atau tidak.

Kenapa mudah? Sebab sepengalaman saya ketika mengatasi permasalahan ini memang benar-benar mudah, saya hanya melakukan beberapa cara dan hasilnya aplikasi baru dapat dipasang pada Android yang saya miliki.

Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada HP Android. Perhatikan baik-baik langkah di bawah ini.

Cara di bawah ini berlaku pada semua jenis HP Android, misal seperti Oppo, Vivo, Samsung, Lenovo, LG, Xiaomi, Realmi, Dll.

1. Restart Ulang HP Android

aplikasi tidak terpasang

Langkah pertama dalam mengatasi aplikasi tidak terpasang adalah memuat ulang HP Android yang digunakan.

Mungkin bagian ini terlihat spele, namun sangat berpengaruh terhadap kinerja HP.

Kenapa harus di restart ulang? Gambarannya begini, jika HP/Ponsel sudah bekerja terlalu lama, maka semua sistem didalamnya akan merasa lelah, dengan melakukan restart ulang bisa menyegarkan kembali sistem didalamnya.

Gampangnya gini, restart ulang HP itu bisa menyegarkan semua aplikasi yang bekerja menjadi fresh seperti baru.

Untuk bagian ini, teman-teman sudah tahu kan cara melakukannya?

  • Tekan tombol atau pilih menu power di pengaturan.
  • Sentuh menu restart atau reebot.
  • Tunggu sebentar sampai sistem HP nyala kembali.

2. Hidupkan Uknown Sources

aplikasi tidak terpasang

Jika kamu menginstal sebuah aplikasi namun tidak terpasang, solusi yang bisa dilakukan adalah menghidupkan Unknown Sources pada HP Android.

Apakah bagian ini sulit dilakukan? Tentu saja tidak, bahkan sangat mudah untuk dipraktekan oleh orang awam seperti kita.

Langkahnya seperti ini.

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan di HP Android
  • Cari bagian keamanan
  • Cari menu Unknown Source dan centang pada kolom yang ada di sebelah kanan

aplikasi tidak terpasang

Jika bingung kolomnya sebelah mana, kamu bisa lihat dan ikuti gambar yang sudah saya cantumkan di atas.

Setelah itu, silahkan pasang aplikasi yang sebelumnya tidak bisa terinstall di HP Android. Jika bisa dan normal lagi seperti biasanya, jangan sampai lupa untuk menonaktifkan kembali pengaturan yang ada pada Unknown Source-nya.

Selamat mencoba.

3. Izinkan di Pengaturan Memori

aplikasi tidak terpasang

Mungkin pengguna Android sudah tau, jika ada aplikasi yang baru saja di pasang, maka aplikasi tersebut akan tersimpan langsung ke dalam memori internal.

Oleh karena itu, di tipe Android 5.0 ke atas ada fitur yang fungsinya membuat memori dapat diakses disaat telah mendapat izin dari penggunanya.

Jika si pengguna Android itu belum memberikan izin, maka fitur tersebut tidak bisa membuat memori dapat diakses.

Dilihat dari permasalahan aplikasi tidak terpasang, cara mengatasinya bisa kamu coba melalui langkah ini sehingga tidak akan muncul lagi permasalahan ketika memasang sebuah aplikasi baru.

Langkahnya seperti ini:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Setelah itu buka bagian menu Aplikasi.
  • Cari dan buka menu aplikasi Google PlayStore di sana.
  • Langsung masuk ke menu Izin.
  • Kemudian aktifkan izin Penyimpanan.

Langkah di atas khusus bagian Google PlayStore, ya. Apabila pemasangan aplikasinya dalam bentuk APK, silahkan cek pengaturan paket.

Caranya seperti ini:

  • Sama seperti cara di atas, silahkan buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Kemudian masuk ke bagian menu Aplikasi.
  • Setelah itu, silahkan cari aplikasi Pemasang Paket.
  • Terakhir, tekan menu Izin untuk membuka, kemudian hidupkan/aktifkan izin Penyimpanan.
  • Selesai.

Apabila langkah-langkah di atas sudah kamu praktekan dan berhasil, seperti biasa restart HP terlebih dulu dan coba pasang lagi aplikasi tersebut.

Semoga berhasil.

4. Bersihkan Cache di Google PlayStore

aplikasi tidak terpasang

Taukah kamu bahwa menghapus cache di Google PlayStore itu bisa mengatasi aplikasi tidak terpasang? Begini penjelasannya.

Setiap aplikasi pasti ada yang namanya cache, terlebih aplikasi tersebut terhubung dengan koneksi internet. Semakin banyak menggunakan aplikasi itu, maka semakin banyak pula cache yang ada di dalamnya.

Salah satu tidak bisa dipasangnya aplikasi pada HP Android melalui Google Playstore, bisa jadi karena banyaknya sampah atau cache didalamnya.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan terlebih dulu sampai tuntas, sehingga dapat memasang aplikasi baru yang akan kamu download.

Bingung gak tau bagaimana cara menghapusnya? Gampang kok, begini langkah membersihkan cache pada Google PlayStore.

  • Masuk ke menu Pengaturan Android.
  • Setelah itu masuk ke menu Aplikasi.

aplikasi tidak terpasang

  • Setelah itu, silahkan cari dan buka menu aplikasi Google PlayStore di pengaturan aplikasi

aplikasi tidak bisa terpasang

  • Langkah selanjutnya, silahkan masuk ke bagian Penyimpanan.
  • Setelah itu, cari menu Hapus Cache dan klik untuk menghapus

aplikasi tidak terpasang

Selain dari cara di atas, kamu juga bisa melakukan Uninstall Pembaruan. Menurut pengalaman saya, langkah seperti ini jauh lebih manjur dan sangat mudah untuk dilakukan.

5. Periksa Kompabilitas Sistem Aplikasi

aplikasi tidak terpasang

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang ke lima adalah periksa kompabilitas versi Aplikasi. Bagian ini sangat berpengaruh terhadap berjalannya sebuah aplikasi dan kamupun dapat mengetahui mana aplikasi yang berjalan normal atau tidak.

Contohnya bisa dilihat dari pembahasan yang sudah bahas di atas, yaitu memasang aplikasi versi lawas di Android versi terbaru, begitupun sebaliknya.

Lantas bagaimana solusinya? Silahkan periksa kompabilitas aplikasi, jika ditemukan versi lama, maka install versi yang terbarunya.

6. Periksa Memori Internal

aplikasi tidak terpasang

Setiap ukuran aplikasi itu berbeda-beda, tergantung dari aplikasi tersebut. Masing-masing dari aplikasi itu memiliki ukuran sendiri, mulai dari MB sampai GB.

Apakah ada kaitannya dengan hal ini? Tentu saja, sebab aplikasi tidak terpasang itu bisa disebabkan dari memori yang tidak memadai.

Oleh karena itu, sebelum menginstall sebuah aplikasi pastikan terlebih dulu kapasitas memorinya masih ada ruang kosong atau tidak.

Cara mengetahui memori penuh atau tidak, kamu bisa ikuti langkah di bawah ini:

  • Silahkan buka aplikasi File Manager.
  • Pilih menu Memori Internal.
  • Setelah itu, kamu dapat melihat kapasitas memori yang masih kosong.

Jika ternyata memori tidak memadai, alangkah baiknya hapus saja berkas-berkas yang tidak penting. Misal seperti foto, video, atau aplikasi yang tidak penting.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak di Gunakan

aplikasi tidak terpasang

Jika pada ponsel selulermu terdapat aplikasi yang jarang digunakan atau tidak digunakan sama sekali, alangkah baiknya hapus saja.

Kenapa demikian? Sebab lama kelamaan aplikasi tersebut akan membuat memori ponsel penuh. Jika hal ini terjadi, maka dapat mengganggu kerja sistem.

Apa dampaknya? Yaitu aplikasi tidak bisa terpasang di perangkat seluler. Tapi jangan khawatir, karena masih ada solusi untuk mengatasinya.

Kamu hanya perlu menghapus beberapa aplikasi saja, berikut caranya:

  • Buka menu pengaturan Android.
  • Pilih ke bagian Aplikasi dan masuk ke dalamnya.
  • Cari yang sudah tidak digunakan.
  • Kemudian Hapus/ Uninstall aplikasi tersebut.
  • Selesai

Setelah melakukan beberapa cara di atas, sama seperti sebelumnya, yaitu jangan sampai lupa untuk merestart ulang HP.

8. Kembalikan ke Stelan Pabrik

aplikasi tidak terpasang

Jika aplikasi tidak dapat terpasang, apakah kita harus mereset ulang sistem pada HP? Sebenarnya tidak perlu, sih. Namun patut di coba juga, sebab dengan merestart HP, sistem di dalamnya akan menjadi fresh.

Perlu kamu ketahui, dengan merestart ulang HP, maka seluruh data di dalamnya akan terhapus. Gampangnya gini, HP tersebut akan kembali ke pengaturan pabrik.

Dengan begitu, yang tadinya tidak bisa memasang aplikasi menjadi bisa.

Jika belum mengetahui bagaimana cara melakukannya, silahkan ikuti intruksi yang ada di bawah ini:

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Cari menu Cadangkan dan reset ulang ke pengaturan pabrik.
  • Selesai.

Sekian ulasan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang, semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih telah berkunjung, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar