budaya adalah

Pengertian Budaya, Ciri-Ciri, Wujud Kebudayaan dan Unsur [Lengkap dengan Penjelasan Menurut Para Ahli]

Budaya Adalah – Budaya adalah kata yang diambil dari bahasa sansekerta, yaitu “buddayah”. Kata budaya ini mempunyai arti bahwa segala sesuatu yang ada kaitannya atau berhubungan dengan akal budi manusia.

Sedangkan menurut harfiah nya, budaya ini adalah merupakan cara hidup yang dipakai oleh sekelompok penduduk/masyarakat yang telah diturunkan secara turun menurun dari generasi sebelumnya kepada generasi berikutnya.

Meskipun didalam budaya ada perbedaan-perbedaan antara polotik, agama, cara berpakaian, lagu-lagu, bangunan-bangunan, atau pun perbedaan dengan karya seni bisa membangun dan terbentuknya menjadi suatu budaya.

Buat teman-teman semua yang belum begitu paham tentang budaya, dan masih sering mempertanya tanyakan apa itu budaya kepada yang lainnya? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian budaya, ciri-ciri, dan dilengkapi dengan penjelasan menurut para ahli. Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Ki Hajar Dewantara

budaya adalah
mediapublica.co

Budaya-budaya yang terdapat di Negara Indonesia sangat berpengaruh sekali pada perubahan keadaan alam yang ada di Negara Indonesia, dan perkembangan zaman dari zaman ke zaman. Ternyata mengenai hal ini sesuai dengan pendapat dari seorang pakar Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara.

Telah diterangkan oleh seorang pakar dari Negara Indonesia yang bernama Ki Hajar Dewantara bahwa budaya adalah hasil dari perjuangan masyarakat yang hidup terhadap alam dan zaman.

Adanya perjuangan tersebut untuk membuktikan bahwa kejayaan dan kemakmuran hidup penduduk/masyarakat dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dan rintangan-rintangan untuk dapat menggapai keselamatan, dan menggapai kebahagiaan dalam hidupnya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Edward T Hall

budaya adalah
kompas.com

Menurut para ahli yang bernama Edward T Hall menerangkan bahwa budaya adalah komunikasi/hubungan dan hubungan/komunikasi itu adalah budaya. Ketika kita hendak berbicara tentang hubungan, maka ketika itu kita tidak dapat menghindari dari pembicaraan tentang budaya.

Budaya dan hubungan/komunikasi itu memiliki suatu hubungan yang begitu erat. Intinya dari budaya adalah hubungan/komunikasi, akan tetapi pada kenyataannya budaya yang terbentuk juga dapat mempengaruhi bagaimana cara berhubungan/berkomunikasi salah satu anggota budaya dengan anggota budaya lainnya yang bersangkutan

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Parsudi Suparian

budaya adalah
ahlulbaitindonesia.or.id

Menurut para ahli yang bernama Parsudi Suparian, budaya ini akan melewati segala sikap/perilaku dalam masyarakat. Kenapa demikian? Karena budaya adalah suatu pengetahuan manusia yang keseluruhannya digunakan untuk memahami dan mengerti keadaan/lingkungan dengan pengalaman-pengalaman yang terjadi kepadanya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Geert Hofstede

budaya adalah
okezone.com

Menurut penjelasan dari seorang ahli yang bernama Geert Hofstede bahwa budaya adalah berbentuk pemrograman bersama, berdasarkan pemikiran yang membedakan seluruh anggota-anggota suatu organisasi dengan organisasi lainnya.

Seorang ahli pengertian dalam bidang budaya yang bernama Geert Hofstede telah menjelaskan apabila nilai-nilai merupakan suatu inti dari budaya, sedangkan simbol-simbol ialah manisfestasi budaya yang paling jangkat/dangkal.

Sementara ritual-ritual dan pahwalan berada tepat diantara lapisan luar yang mencakup dalam praktek yang telah dilakukan. Sebenernya unsur-unsur budaya ini telah dilihat oleh pengamat dari luar, akan tetapi makna dari budaya sendiri tersembunyi serta makna asli dari budaya sendiri terdapat dalam penafsiran oleh orang dalam.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Jensen dan Trenholm

budaya adalah
news.viva.co.id

Menurut pengertian dari para ahli Jensen dan Trenholm bahwa pengertian budaya diartikan sebagai perangkat norma, nilai-nilai budaya, kepercayaan, aturan, adat dan istiadat yang apabila dilihat secara sosial mengartikan suatu kelompok orang yang mengikat mereka semua dan memberikan/mengasihi mereka berupa kesadaran bersama.

Mnerut pandangan Jensen dan Trenholm bahwa pemahaman budaya-budaya ini membawa kita semua untuk dapat memersepsikan dunia agar bagaimana caranya kita dapat berfikir mengenai diri kita sendiri dan hubungan baik kita dengan hubungan orang lain.

Selain dari itu, budaya juga membawa/menuntun kita bagaimana caranya menetapkan dan menggapai tujuan, dan bagaimana juga caranya mempertukarkan pesan.

Ciri-Ciri Budaya

budaya adalah
prokal.co

Membicarakan tentang kebudayaan/budaya, budaya ini memiliki ciri-ciri yang terbagi dalam beberapa hal. Ciri-ciri budaya yang terbagi ke dalam beberapa hal diantara lain sebagai berikut.

  • Budaya adalah berdasarkan dari simbol-simbol.
  • Budaya juga dapat disampaikan dari orang ke orang, kelompok ke kelompok, dan dapat disampaikan juga dari generasi ke generasi.
  • Budaya tersebut bukan dari bawaan, tetapi yang namanya budaya itu di pelajari.
  • budaya, budaya adalah bersifat selektif, yaitu yang mempresentasikan pola-pola perilaku pengalaman insan/manusia yang jumlahnya terbatas.
  • Selain budaya bersifat selektif, budaya juga bersifat dinamis, yaitu suatu sistem yang dapat berubah sepanjang waktu.
  • Etnosentrik
  • Didalam budaya memiliki berbagai unsur yang saling berkaitan.

Unsur-Unsur Budaya

budaya adalah
jagogeografi.blogspot.co.id

Budaya ialah merupakan hasil cipta budidaya manusia di dunia ini, maka dari itu budaya ini memiliki beberapa macam-macam unsur, dan uinsur-unsur budaya tersebut terbagi menjadi beberapa bagian seperti berikut dibawah ini.

A. Unsur Cipta

Unsur cipta, unsur cipta ialah unsur yang menimbulkan namanya ilmu pengetahuan, dan manusia yang ada di dunia ini adalah makhluk yang sempurna yang ditopang dengan memiliki akal yang dapat berfikir keras, kritis, dan dapat berfikir luas.

Selain itu, manusia juga memiliki sifat rasa ingin tahu segala sesuatu yang ditemui oleh panca indra, manusia juga selalu memiliki rasa penasaran terhadap suatu hal dan ingin sekali mengetahui dari mana sumber asal muasal sesuatu tersebut.

Dengan banyak nya pertanyaan seperti bagiamana, dari mana, kenapa, kapan, apa, siapa, dan pertanyaan pertanyaan lainnya maka manusia langsung menggunakan akal pikirannya yang cerdas untuk memecahkan jawaban-jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dengan seperti itu, kita bisa yang namanya membedakan fungsi-fungsi akal dari manusia yaitu akal yang digunakan untuk mengenal, dan akan yang digunakan untuk menimbulkan/mewujudkan segala sesuatu.

B. Unsur Rasa

Unsur rasa, pada dasarnya unsur rasa tersebut tertuju/terarah kepada keindahan. Rasa keindahan tersebut merupakan rasa perangkaian yang timbul dari berbagai bagian-bagian suatu hal sehingga dengan demikian merupakan satu kesatuan yang dilengkapi oleh kandungan lengkap.

Hal tersebut bisa kita buktikan sendiri ketika kita melihat keindahan-keindahan alam yang ada di dunia ini atau ketika kita sedang melihat betapa bagusnya karya seni seseorang.

C. Unsur Karsa

Unsur karsa ialah unsur yang menimbulkan/mewujudkan adanya religi, hukum, kesusilaan, dan lain-lain sebagainya. Manusia juga memiliki rasa ingin untuk bisa merasakan untuk hidup bahagia, tentram, nyaman, dan sempurna.

Wujud Kebudayaan

budaya adalah
rezadicky.blogspot.co.id

Kebudayaan mempunyai yang namanya pengertian kepada seluruh tingkah laku manusia didalam kehidupannya yang melalui proses pembelajaran. Akan tetapi, kerap sekali kebudayaan-kebudayaan hanya berkaitan dengan bidang kesenian.

Segala sesuatu yang berkaitan dalam perilaku manusia didalam kehidupannya dapat dikategorikan menjadi kebudayaan. Misalnya seperti bagaimana cara makan yang baik, sopan santun dalam berbicara, upacara dalam pernikahan sampai-sampai cara memilih suatu pimpinan/ketua pun merupakan salah satu bentuk kebudayaan manusia.

Keterangan kebudayaan dalam antropologi ialah segala perilaku manusia yang pantas dipandang dari segi/sudut kebudayaan sehingga dapat dikategorikan menjadi kebudayaan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang pengertian budaya, ciri-ciri, unsur, wujud kebudayaan dan dilengkapi penjelasan oleh para ahli. Mungkin hanya sekian yang bisa kami jelaskan mudah-mudahan adanya penjelasan seperti ini dapat menambah ilmu pengetahuan atau wawasan kepada kita semua.

 

Tinggalkan komentar