cara berbakti kepada orang tua

10+ Cara Berbakti Kepada Orang Tua, Keutamaan, dan Memuliakan Orang Tua yang Masih Hidup

CARA BERBAKTI KEPADA ORANG TUA – Cara berbakti kepada orang tua hukumnya wajib untuk seorang anak terhadap orang tuanya, anak dilahirkan didunia ini memiliki point-point tertentu yang harus dituntaskan dengan baik. Point-point seorang anak yang telah lahirkan didunia ini adalah melainkan dari taat kepada perintah Allah SWT dan berbakti kepada kedua orang tua.

Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu perintah Allah SWT yang harus dikerjakan dan diamalkan, kita sebagai manusia yang telah dilahirkan dari rahim seorang ibu masa sih harus melawan atau membangkang terhadap ibunya?

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan dan menjabarkan cara berbakti kepada orang tua, mudah-mudahan adanya tulisan ini, pembahasan ini, orang-orang atau anak-anak yang belum bisa berbakti kepada kedua orang tuanya diberi hidayah dan mampu berbakti kepada orang tua dan mampu untuk membahagiakan bapak dan ibunya.

Yuk, langsung saja kita simak pembahasan Cara Berbakti Kepada Orang Tua.

1. Berbicara yang Sopan

Berbakti kepada orang tua
belajar123.com

Setiap perkataan itu harus dijaga, mau kepada orang lain, bahkan terhadap kedua orang tua sendiri. Jauhilah perkataan-perkataan dengan intonasi nada yang sangat tinggi, apalagi sampai-sampai berkata kasar kepada kedua orang tua.

Berbicara kepada pemimpin kita, bos kita, atasan kita saja kita dapat berusaha semaksimal mungkin agar bisa memiliki sikap dan tutur kata yang sopan dan santun ya walaupun terkadang semua itu hanya basa-basi belaka.

Seharusnya kita sebagai seorang anak harus bisa bertutur atau berkata lemah, lembut, dan sopan kepada kedua orang tua kita, dengan kita berbicara sopan santun kepada orang tua, itupun sudah termasuk dalam kategori bagaimana cara berbakti kepada orang tua.

Terkadang diluar sana masih banyak kita jumpai seorang anak yang berkata kepada orang tuanya dengan cara berteriak-teriak, bahkan sampai-sampai ada yang berbicara kasar kepada kedua orang tuanya. Astagfirullah, mudah mudahan kita dijauhkan dari hal-hal seperti itu. Amin.

2. Berbuat Baik Kepada Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
republika.co.id

Berhubungan dengan kedua orang tua dengan cara yang baik. Nabi Muhammad SAW bersabda didalam sebuah hadits. Yang mana hadits tersebut menerangkan tentang keutamaan berbakti dan membahagiakan kedua orang tua.

Ketika seorang anak hendak melakukan pernikahan, maka dalam pernikahan tersebut dikatakan bahwa seorang suami harus senantiasa berbuat dan ber-akhlaq baik terhadap sang istri.

Apabila seorang suami harus berbuat baik kepada sang istri, maka sang anak laki-laki maupun perempuan harus berbuat baik melebihi berbuat baik dari seorang suami kepada istrinya.

Mengapa seorang anak harus berbuat baik kepada orang tua?

Karena merekalah yang telah melahirkan kita, mendidik kita, mengasuh kita, dan banyak jasa-jasa orang tua kita lainnya, maka dari itu kita harus berbuat sebaik mungkin terhadap kedua orang tua kita, yaitu Ibu, Ibu, Ibu dan Bapakmu.

Dikatakan dalam satu riwayat, terdapat seorang yang meminta izin untuk berjihad dijalan Allah SWT dengan meninggalkan kedua orang tuanya dalam kondisi orang tuanya menangis, maka Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Kembalilah dan buatlah keduanya tertawa seperti engkau telah membuat keduanya Menangis” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i) Didalam riwayat lain mengatakan “Berbaktilah kepada kedua orang tuamu” (HR. Bukhori Muslim).

3. Taat Kepada Perintah Kedua Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
waspada.co.id

Apabila salah satu orang tuamu atau kedua orang tuamu menyuruh/memerintahkan suatu hal kepadamu, yang mana perintah itu bisa kita laksanakan, maka janganlah sesekali kamu menunda-nunda atau sampai menolak perintah dari kedua orang tuamu.

Kedua orang tua kita telah melayani sekuat tenaga mereka sejak kita kecil sampai dewasa seperti ini, sampai bisa bekerja, sampai bisa menikah, dan sampai bisa mempunyai anak, mereka melayani kita dengan susah payah, penuh rasa sabar pada benak mereka, dan rasa kasih sayang yang begitu besar.

Sangat tidak pantas apabila kita menolak perintah-perintah dari orang tua kita, terutama perintah dari seorang ibu yang melahirkan kita ke dunia ini.

Maka dari itu untuk bentuk rasa syukur dan bentuk ucapan terimakasih kita terhadap kedua orang tua, maka patuhi lah segala perintahnya, karena tidak ada orang tau yang akan memerintahkan anaknya untuk menjerumuskan kedalam keburukan.

4. Sopan Santun Terhadap Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
singindo.files.wordpress.com

Bukan hanya sekedar ucapan kata yang lemah dan lembut saja yang harus kita jaga dan kita jalankan kepada kedua orang tua kita, tetapi ada juga dilengkapi dengan sikap sopan dan sikap santun kepada orang tua.

Contoh kecil, misalnya seperti mengucapkan salam kepada orang tua ketika kita baru pulang dari sekolah, kampus, atau pulang kerja. Dan yang paling terpenting itu, kita harus benar-benar menjauhi yang namanya sikap kurang ajar terhadap kedua orang tua.

5. Menahan Amarah

cara berbakti kepada orang tua
mozaik.inilah.com

Kerap sekali telinga kita mendengar ucapan-ucapan kata dari setiap banyak orang terkait dengan orang tua yang seiring berjalannya waktu semakin bertambah umur mereka, maka akan semakin menambah rewel, dan mereka akan bersikap seperti anak kecil lagi.

Terkadang dengan kondisi kesehatan yang sudah kurang baik lagi, terkadang juga semakin orang tua bertambah usianya maka semakin pula mereka memiliki sifat lebih sensitif dari biasanya dan gampang cepat marah.

Dalam kondisi seperti ini, kita sebagai anak harus benar-benar berusaha semaksimal mungkin untuk menahan diri dari emosi dan selalu bersabar. bahwasanya surga itu ialah tempat yang mana salah satu ciri-ciri penghuni surga itu adalah orang-orang yang bisa menahan rasa ingin marah, menahan sabar, dan menahan hal-hal buruk lainnya.

Coba kita bayangkan sejenak, bagaimana tentang kesabaran kedua orang tua kita yang mana mereka telah mengasuh kita semua dari kecil (Bayi) sampai seperti saat ini, mereka telah sabar menghadapi kenalan kita, menghadapi kita yang banyak tingkah, sabar dalam mendidik dan menasihati kita.

Menahan emosi dan amarah terhadap orang tua ini sudah termasuk dari bagian-bagian cara berbakti kepada orang tua, maka dari itu jangan sampai kita lalai dalam menjalankannya.

6. Memberikan Hadiah Kepada Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
mediakepo.com

Memberi sebuah hadiah itu bukan hanya di khususkan untuk seorang pasangan suami istri, teman, sahabat, orang tua terhadap anak, dan lain-lain sebagainya.Akan tetapi, seorang anak pun bisa memberikan atau mengasihi sebuah hadiah yang di khususkan untuk kedua orang tuanya.

Memberi hadiah tak harus dengan harga yang mahal, yang terpenting dalam memberi hadiah kepada orang tua ini bisa membuat orang tua tersenyum dan bahagia, dan kita memberi hadiah kepada orang tua dengan cara ikhlas ingin membahagiakannya.

Misalkan contoh kecil ingin memberikan hadiah untuk ibu kita, belikan lah mukena yang mana mukena itu bisa selalu digunakan oleh ibu kita ketika sholat, walaupun kita hanya mampu memberikan hadiah mukena kepada sang ibu, percayalah sang ibu pun akan merasa senang dan bahagia.

Apalagi jika kita sebagai seorang anak memiliki rezeki lebih, ajaklah kedua orang tua kita pergi haji bersama dengan cara ikhlas, maka niscayalah atas izin Allah SWT perbuatanmu itu tidak akan sia-sia di dunia dan di akhirat kelak.

7. Tidak Menyia-Nyiakan Pekerjaan dan Pengorbanan Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
alikhlasmusholaku.top

Pada zaman seperti zaman saat ini, banyak kita jumpai bahwa terdapat seorang anak yang belum bisa menghargai suatu pekerjaan kedua orang tuanya dalam menafkahi mereka, membiayai sekolah mereka, kuliah mereka dan lain sebagainya.

Contoh perbuatan yang tidak menghargai jeripayah pekerjaan orang tua ialah: Bolos ketika sekolah, menghamburkan uang atau berfoya-foya, bermalas-malasan dalam belajar, dan sikap negatif-negatif lainnya yang telah dilakukan oleh sang anak.

8. Merawat dan Menjaga Kedua Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
media.ihram.asia

Ketika kita masih diusia kanak-kanak sampai kita tumbuh menjadi dewasa kedua orang tua kita telah merawat kira dengan sungguh-sungguh, penuh kasih sayang, penuh kesabaran, dan penuh ketelitian.

Ketika kita sedang sakit dari bayi sampai dewasa, kedua orang tua menjaga diri kita siang dan malam penuh, dan coba ingatlah bagaimana seorang ibu memandikan kita, memberi makan kita, menyuapi keta dengan penuh rasa sayang dan sabar, memakaikan baju kita setiap hari, memberi pelajaran hal-hal baik kepada kita, mengganti popok kita waktu kita bayi, dan masih banyak hal-hal lainnya.

Saat ini banyak kita jumpai ada seorang anak yang tega menaruh kedua orang tuanya di panti jompo, padahal ketika dia masih kecil kedua orang tuanya lah yang merawat dia sampai tumbuh dewasa dan besar, astagfirullah perbuatan yang sangat tidak patut untuk dicontoh.

Mudah-mudahan kita semua termasuk golongan orang yang senantiasa merawat, menjaga, dan memuliakan kedua orang tua kita, Amin.

9. Mendoakan Kebaikan Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

cara berbakti kepada orang tua
santriema.blogspot.co.id

Bagi seorang kaum yang muslim ketika kedua orang tua atau salah satu dari orang tua sudah meninggal dunia, maka doa-doa dari seorang anak yang sholeh itu berpengaruh sangat luar biasa sekali, bisa memberi manfaat juga bagi orang tua yang sudah meninggal, misalkan seperti mencerahkan dalam kuburnya dan lain sebagainya.

Sudah banyak hadits-hadits yang menjelaskan atau menerangkan tentang kebaikan-kebaikan yang akan didapatkan orang tua pada kehidupan sesudah kematian yaitu mempunyai anak-anak yang sholeh, dan anak-anak yang mau mendoakan kedua orang tuanya dengan perkara kebaikan.

Soleh atau solehah nya seorang anak itu terlihat mulai dari taat kepada apa yang telah di perintahkan oleh Allah SWT dan selalu mengikuti ajaran-ajaran yang telah diajarkan dan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Maka sebaliknya, apabila seorang anak yang tidak mau patuh terhadap perintah Allah dan Rasulnya, dan sering berbuat dosa akibat seringnya meninggalkan kewajiban solat 5 waktu dan lain sebagainya, berbuat maksiat, tidak mau menuntut ilmu agama dan ilmu-ilmu lainnya.

Maka sang anak itu hanya akan memberikan beban yang berat kepada kedua orang tuanya yang harus di pertanggung jawabkan oleh kedua orang tuanya ketika di yaumul akhir nanti.

10. Menjaga Hubungan Silaturahmi dengan Kerabat Orang Tua

cara berbakti kepada orang tua
doamustajab.com

Menjaga hubungan baik dengan kerabat, saudara, atau sahabat dari orang tua kita yang sudah meninggal itu sudah termasuk cara berbakti kepada kedua orang tua.

Didalam syariat Islam, bahwasanya kita di anjurkan untuk selalu menyambung tali silaturahmi dengan keluarga dari kedua orang tua kita yang sudah meninggal dunia sebagai bentuk cara kita berbakti kepada orang tua.

Apabila kita sedang sibuk, maka usahakanlah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dari rumah ke rumah paman, tante, dan keluarga-keluarga lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana cara berbakti kepada orang tua, tulisan ini di khususkan untuk diri saya pribadi agar lebih semangat lagi dalam berbakti kepada orang tua, dan mudah-mudahan untuk teman semua yang sudah membaca tulisan dari artikel ini bisa lebih semangat juga dalam berbakti kepada orang tua.

2 pemikiran pada “10+ Cara Berbakti Kepada Orang Tua, Keutamaan, dan Memuliakan Orang Tua yang Masih Hidup

    • sama sama ya mas, mudah-mudahan kita bisa mengamalkan apa yang telah ada pada tulisan tersebut. amin 🙂

Tinggalkan komentar