Cara Membuat Mie Ayam Sederhana & Lengkap dengan Resepnya

CARA MEMBUAT MIE AYAM – Hallo teman-teman kita berjumpa lagi dengan kami, nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas yang tema pembahasan kali ini ialah membahas tentang bagaimana Cara Membuat Mie ayam dengan baik dan benar. Sebelum memasuki pembahasan inti kami akan sedikit sharing kepada teman-teman mengenai mie ayam.

Mie ayam adalah makanan yang sangat terkenal sekali di lingkungan kita. Sudah tak aneh apabila kita sering menjumpai warung makan yang menyajikan makanan sederhana ini namun ramai dikunjungi oleh para pembeli.

Mie ayam adalah makanan yang hanya dapat dijumpai di negara Indonesia saja, maka bersyukurlah kita yang telah tinggal dan menetap di negar Indoenesia karena apabila kita tinggal dan menetap di luar negeri maka kita tidak bisa merasakan betapa enak dan gurihnya rasa dari mie ayam yang ada di Indonesia.

Kembali lagi kedalam pembahasan mie ayam, apakah kalian pernah berfikir untuk mencoba membuat mie ayam sendiri? Jikalau terfikir didalam benak kalian untuk membuat mie ayam sendiri, maka didalam artikel ini saya akan sedikit berbagi tips mengenai bagaimana cara membuat mie ayam yang baik dan juga dilengkapi dengan resep-resep bumbunya.

Yuk tunggu apa lagi langsung saja kita simak baik-baik artikel dibawah ini.

Cara Membuat Mie Basah

cara membuat mie ayam
dapurresepnusantara.blogspot.co.id

Utuk kalian orang-orang yang gemar sekali berpetualang, pasti akan tiba-tiba timbul sebuah pemikiran baha Adventure ini bukan hanya tentang keindahan destinasi yang ada, melainkan untuk menikmati dan selalu belajar terus menerus dengan memahami arti dari sebuh perjalanan itu sendiri.

Nah, begitu juga dengan yang namanya memasak, kita sebagai orang yang hendak memasak tidak perlu yang namanya khawatir atau resah untuk memikirkan bagaimana nanti rasa dari makanan yang kita masak itu enak atau tidak, tapi pelajaran dalam metode atau proses memasak itulah yang sangat berharga.

Apabila kita sudah menemukan pola-pola memsaka yang tepat, maka langkah selanjutnya kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan pokok atau utama untuk membuat mie basah. Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan utama yang harus kita siapkan.

Bahan Mie Basah

cara membuat mie ayam
miementah.com

Berikut dibawah ini terdapat bahan-bahan mie basah yang bisa kalian contoh dirumah untuk mempermudah membuat mie ayam atau mie basah dengan mudah.

  • Pertama kalian menyiapkan 250 gram tepung terigu.
  • Menyiapkan 35 gram tepung tapioka atau tepung kanji.
  • Menyiapkan 1 Sendok teh kaldu ayam bubuk.
  • Menyiapkan 1 Sendok teh garam halus.
  • Menyiapkan 2 butir telur ayam.
  • Menyiapkan 40ml air mineral atau air bersih yang bisa dipakai untuk masak.

Nah itulah bahan-bahan utama yang harus kalian siapkan terlebih dahulu sebelum kalian memasaknya. Berikut dibawah ini terdapat cara-cara membuat mie basah

Cara Membuat Mie Basah

cara membuat mie ayam
jajanpinggiran.blogspot.co.id

Berikut dibawah ini ialah cara-cara dalam membuat mie yang bisa kalian contoh dan ikuti di rumah masing-masing.

  1. Memasukkan tepung kanji atau tepung tapioka yang dikombinasikan dengan tepung terigu didalam satu tempat lalu aduk secara merata.
  2. Membuat lubang ditengah-tengah campuran tepung, kemudian masukkanlah telur ayam dan minyak bawang kedalam campuran tepung tersebut.
  3. Uleni adonan tersebut dengan menggunakan tangan sampai adonan yang diaduk-aduk itu benar-benar merata.
  4. Masukkan air mineral atau air bersih, kaldu ayam bubuk, dan yang terakhir memasukkan garam halus kedalam satu tempat. Kemudian aduklah sampai merata sambil diuleni sampai halus sampai tidak terasa lengket lagi ketika dipegang oleh tangan kita.
  5. Diamkan adonan tersebut selama 20 menit lamanya didalam tempat yang mana tempat tersebut tertutup dengan plastik.
  6. Tipiskan adonan tersebut lalu digiling dengan memakai alat penggiling mie atau dapat juga dikerjakan penggilingan itu secara manual, misalkan seperti menipiskan adonan tersebut dengan katu atau botol dan jangan sampai juga untuk memberikan taburan tepung terigu kepada adonan tersebut sehingga tidak lengket ketika dipegang atau digenggam oleh tangan.
  7. Cetaklah adonan tersebut yang telah ditipiskan menjadi bentuk mie.
  8. Sesudah adonan itu tercetak membentuk mie, maka taburi dengan tepung seperlunya sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak menempel satu sama lain.
  9. Mie basah telah siap untuk dieksekusi atau dimasak menjadi mie ayam yang sangat lezat sekali rasanya.

Nah itulah cara membuat mie basah yang baik dan benar, untuk kalian yang ingin belajar atau mencoba-coba untuk memasak mie ayam sendiri dirumah kalian bisa meniru atau mencontoh cara-cara yang telah saya tulis di atas ini.

Cara Membuat Mie Pangsit

cara membuat mie ayam
cookpad.com.

Nah setelah kita selesai membahas tentang bagaiamana caranya membuat mie basah, maka dibawah ini kita akan memasuki pembahasan atau materi yang membahas tentang bagaiamana cara membuat mie ayam pangsit yang baik dan benar.

Penasarankan? Yuk, langsung saja kita kepoin materi pembahasan tersebut.

Pertama-tama yang harus kalian lakukan ialah menyiapkan bahan-bahan utama atau bahan-bahan pokok yang akan diolah menjadi mie ayam pangsit. Berikut dibawah ini ialah bahan-baahan yang harus kalian siapkan terlebih dahulu sebelum memasaknya.

Bahan Mie Pangsit

cara membuat mie ayam
cookpad.com

Dibawah inilah bahan-bahan utama yang harus kalian siapkan terlebih dahulu:

  1. Menyediakan daging ayam secukupnya atau juga bisa menggunakan dada ayam.
  2. Menyiapkan satu bungkus mie dan pangsit.
  3. Menyiapkan satu batang daun bawang yang belum di potong-potong.
  4. Menyiapkan kecap asin secukupnya.
  5. Meyiapkan secukupnya minyak wijen.
  6. Menyiapkan lada bubuk dengan seperlu atau secukupnya.

Bumbu-Bumbu Mie Pangsit

cara membuat mie ayam
quericavida.com

Bumbu-bumbu yang harus kalian siapakan ialah, berikut dibawah ini bumbu-bumu yang memang sangat perlu dan penting sekali untuk disiapkan dan digunakan untuk memasak mie tersebut.

  • Empat bawang putih
  • Lima bawang merah
  • Memakai atau menuangkan kecap manis secukupnya saja.

Cara Membuat Mie Pangsit

cara membuat mie ayam
upstation.id
  1. Menuangkan minyak yang masih baru dan gres, kemudian menggoreng kulit ayam yang sudah disiapkan, lelu menyimpan minyak yang baru saja kalian pakai untuk menggoreng kulit ayam.
  2. Merebus mie untuk pangsit.
  3. Merebus dada ayam, setelah selesai merebus dada ayam maka angkat lah ayam telah selesai di rebus itu lalu menyui-nyuirkan dagingnya.
  4. Menuangkan atau menumpahkan minyak kedalam tempat (Bukan minyak poin utama tapi minyak baru) bahan bumbu. Apabila sudah terasa harum maka masukkan suwiran-suwiran ayam tersebut yang dikombinasikan dengan kecap manis. Kemudian pisahkan
  5. Menuangkan minyak yang sudah dipakai atau digunakan untuk menggoreng kulit ayam, lada bubuk dan minyak wijen di mangkok kemudian campurkanlah mie tersebut dan suwiran-suwiran ayam yang telah disuir.
  6. Menaburkan daun bawang dan bawang merah yang sudah di goreng di bagian atas mie tersebut.

Nah, demikianlah cara membuat mie ayam pangsit yang benar. Apabila teman-teman ingin mencoba atau mempraktekan membuat mie ayam sendiri di rumah masing-masing, maka teman-teman semua bisa menggunakan atau meniru cara-cara yang telah saya tulis di website ini.

Cara Membuat Mie Ayam

cara membuat mie ayam
sehat-pagi.blogspot.co.id

Tidak dapat dipungkiri bahwa resep-resep mie ayam ialah kunci terakhir yang memang harus kita pelajari dan kuasai sehingga mie ayam yang kita masak dan sajikan ini menjadi masakan yang spesial bagi para penikmatnya. Apabila kalian mencari di google dengan memasukan  keyword Cara Membuat Mie Ayam dan Resep Mie Ayam di google.

Maka ketika itu akan keluar atau muncul ratusan bahkan bisa mencapai ribuan tentang cara membuat mie ayam atau resep mie ayam sendiri.

Apabila teman-teman semua ingin bisa bagaimana cara memasak mie ayam dengan benar dan juga ingin mengetahui resep-resep mie ayam yang ampuh yang bisa diolah menjadi sebuah masakan yang enak, kalian hanya cukup untuk memiliki salah satu dan dipraktekkan.

Mengapa demikian? Karena dengan praktek ini kalian dapat menilai resem mie ayam itu benar-benar enak atau tidak.

Berikut dibawah ini ialah resep-resep mie ayam yang bisa kalian olah menjadi sebuah masakan mie ayam yang enak dan lezat.

Resep Mie Ayam

cara membuat mie ayam
tribunnews.com
  • Menyiapkan 500 gram mie basah.
  • Menyiapkan 300 gram daging ayam.
  • Menyiapkan 1/2 liter minyak ayam.
  • Menyiapkan bumbu-bumbu halus
  • Menyiapkan 4 buah bawang putih yang memiliki ukuran sedang.
  • Menyiapkan 4 buah bawang merah.
  • Menyiapkan 1 sendok teh ketumbar.
  • Menyiapkan kunyit yang kira-kira ukurannya itu 3cm.
  • Menyiapkan 3 sampai 4 butir kemiri.
  • Menyiapkan 1 ruas jahe.
  • Menyiapkan air kaldu.
  • Menyiapkan kurang lebih 2 liter air bekas rebusan daging ayam.
  • Menyiapkan 1/2 sendok teh lada bubuk.
  • Menyiapkan 1/2 teh garam atau bisa juga dengan seperlunya.
  • Menambahkan secukupnya tulang jikalau itu bisa mengubah rasa menjadi lebih spektakuler lagi atau juga dengan selera kalian masing-masing.

Minyak Ayam

  • 1/2 liter minyak goreng biasa.
  • 125 gram bawang putih yang telah diiris sampai tipis-tipis.
  • 75 gram kulit ayam.
  • 75 gram ketumbar.

Cara Membuat Mie Ayam

cara membuat mie ayam
motherandbaby.co.id

Selain dari menyiapkan bahan-bahan yang barusan saya tuis, kita juga harus yang namanya mempersiapkan secara keseluruhan bahan-bahan baku masakan sebelum mie ayam tersebut kita sajikat, apa saja bahan-bahan yang harus kita siapkan? Diantaranya ialah: Membuat kaldu ayam, memasak ayam dan menyiapkan bahan-bahan lain yang memang diperlukan, dan yang terakhir menyiapkan minyak ayam.

Cara Membuat Kaldu Ayam

Bagaimana cara mudah untuk membuat kaldu ayam ini? Yuk langsuns saja simak penjelasan yang ada dibawah ini:

  • Mengambil air sisa untuk merebus daging ayam, apabila sisa air rebusan tersebut dapat ditambahkan dengan air biasa sebanyak 2 liter maka rebuslah air tersebut dengan menambahkan bahan-bahan lainnya seperti lada bubuk dan potongan ayam dan garam yang ukurannya secukup atau seperlunya saja.
  • Lalu menunggu air rebusan itu hingga mendidih dan matang. Setelah itu ya diangkat hehe.

Cara Membuat Masakan Ayam untuk Dihidangkan di Mie

  • Memotong kecil-kecil daging ayam tersebut yang sudah di olah dan di rebus
  • Menghaluskan bumbu-bumbu seperti: Bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, dan yang terakhir adalah jahe.
  • Setelah itu maka tumislah dengan sedikit minyak goreng hingga matang dan mengeluarkan bau-bau harum yang bisa menggoda selera nafsu makan seseorang.
  • Jangan lupa juga untuk menambahkan garam secukupnya.
  • Mengangkat masakan daging ayam yang sudah matang dan tempatkan atau taruh didalam wadah.

Cara Membuat Minyak Ayam

  • Mengambil satu wajan dan kemudian kalian menyalakan kompor dengan menggunakan api kompor yang kecil.
  • Kemudian masukanlah seluruh bahan-bahan yang telah disiapakan kedalam wajan yang sudah dipanaskan.
  • Tunggulah bawang putih dan kulit ayam itu sampai benar-benar matang yang nantinya akan berubah warna menjadi warna coklat (Ingat jangan sampai gosong).
  • Minyak ayampun telah siap untuk di pakai.
  • Sentuhan terakhir ialah mie ayam istimewa.
  • Masukanlah mie basah yang udah kalian siapkan ke dalam air yang sudah mendidih, kemudian masukan juga daun sawi atau daun caisim atau bisa juga memasukan toge secukupnya (Tergantung selera masing masing).
  • Sambil menunggu mie matang, kalian siapkanlah mangkok terlebih dahulu dan menambahkan kira-kira 2 sendok minyak ayam dan menambahkan garam juga dengan seperlunya.
  • Kemudian ketika mie sudah matang maka masukanlah mie tersebut kedalam mangkok yang sudah kalian siapkan sebelumnya, yang perlu kamu ketahui dalam memasak mie basah ini ialah sebentar saja tidak perlu berlama-lama.
  • Lalu langkah selanjutnya ialah menaburkan masakan ayam yang telah kalian masak sebelum merebus mie basah, dan jangan lupa juga untuk memasukan daun bawang kedalam mie dan mangkok itu lalu disiram dengan menggunakan air kaldu secukupnya.
  • Dan alhasil mie ayam pun siap untuk disantap.

***

Demikianlah penjelasan secara ringkas mengenai bagaiamana cara membuat mie ayam, cara membuat mie basah dengan cara sederhana namun bisa memikat lidah seseorang ketika ia memakannya. Semoga bermanfaat yah teman-teman 🙂

Tinggalkan komentar