Cara Mengatasi Masalah Keluarga dengan Baik

Setiap kita mempunyai masalah dengan keluarga, ada kalanya kita sering merasa kesulitan untuk menghadapi, dan menyelesaikan masalah tersebut, setiap ingin menyelesaikannya pasti ada saja masalah-masalah lain yang membuat kita kesulitan.

Apabila kita mempunyai beberapa masalah seperti masalah keuangan, masalah pertengkaran dengan pasangan suami istri, masalah kepada anak, dan masalah-masalah lainnya, itu dapat mengakibatkan masalah psikologis yang hebat.

Mengapa demikian? Karena terlalu sering memikirkan masalah tersebut dapat menimbulkan penyakit psikologis, seperti stress, dan depresi.

Setiap orang yang mempunyai keluarga tentu saja ingin selalu tentram tak ingin ada masalah dalam kehidupan keluarganya tersebut.

Akan tetapi hal tersebut tak memungkinkan sekali, karena setiap keluarga ini besar atau kecilnya pasti mempunyai masalah-masalah keluarga tersendiri.

Terus, gimana sih cara mengatasi masalah keluarga dengan baik dan benar itu? baiklah, kali ini baabun akan sedikit memberikan informasi tentang bagaimana cara mengatasi masalah keluarga dengan baik dan benar.

Yuk teman-teman mari kita baca artikel saya ini bersama-sama.

Pertolongan Pertama Dalam Masalah Keluarga

Cara Mengatasi Masalah Keluarga
kompasiana.com

Pertama-tama ketika ingin mengatasi atau menyelesaikan masalah keluarga dengan baik dan benar, alangkah baiknya kita mengetahui apa isi dari permasalahan keluarga tersebut, Misalnya seperti masalah keuangan, dan masalah anak.

Untuk mengenai masalah keuangan, coba kalian me-analisisn masing-masing pengeluaran yang telah dikeluarkan dalam setiap bulannya, jika diantara kalian ada yang merasa ada pengeluaran yang terlalu besar, cobalah untuk memperbaiki pengeluaran tersebut untuk menjadi lebih irit lagi.

Untuk mengenai masalah anak, pertama-tama kalian harus memperhatikan bagaimana cara mendidik seorang anak dengan benar, apabila merasa terlalu rentang coba agak di eratkan kembali cara mendidik seorang anaknya.

Apabila teman-teman semua merasa ketat atau keras dalam mendidik seorang anak, maka dari itu kalian, atau teman-teman semua harus mencoba untuk sedikit santai dalam mendidik anak tersebut.

Karena setiap anak ini mempunyai sifat tersendiri, terkadang ada yang bisa di-didik secara keras, dan ada yang memberontak apabila di-didik terlalu keras oleh orang tuanya.

setiap anak mengandung sifat dan karakter yang berbeda-beda, tergantung orang tuanya dahulu mempunyai karakter seperti apa.

Intinya kedua orang tua itu harus saling instropeksi diri mengenai apa saja yang pernah dilakukan sehinggan menimbulkan masalah-masalah keluarga yang sangat rumit.

Cara Menghindari Masalah Keluarga

Cara mengatasi masalah keluarga
yandrie.com

Yang kedua, cobalah teman-teman semua tetap harmonis dalam keluarga. Apakah kalian tau arti dari sebuah keluarga? Keluarga ini merupakan sebuah tim yang perlu saling bekerja sama satu sama lain untuk mendapatkan hasil yang baik.

Ketika sedang ada masalah keluarga, apakah teman-teman semua sudah mencoba untuk mengkomunikasikan masalah keluarga itu kepada seluruh anggota keluarga yang bersangkutan?

Jika belum, cobalah untuk mengkomunikasikan masalah keluarga tersebut, misalkan seperti adanya masalah dengan hubungan pernikahan, cobalah kalian berkomunikasi dengan pasangan anda tentang apa yang ingin dan tak ingin dilakukan untuk menyelesaikn masalah tersebut.

Demikian juga dengan anak-anak, berikanlah edukasi yang baik terhadap anak, dan cobalah kalian berkumunikasi dengan anak-anak mengenai kegiatan mereka dalam kehidupan sehari-sehari. Dengan cara demikian ini, teman-teman semuanya  dapat mengatasi masalah keluarga yang baik, dan lebih bijaksana

Jangan Bertengkar Ketika Terkena Musibah Ekonomi

Cara Mengatasi Masalah Keluarga
pastiguna.com

Adanya masalah ekononomi didalam keluarga kalian, hendaknya ada masalah tersebut tak menjadi jurang pemecah antara kalian dan keluarg kalian lainnya.

Ketika keluarga sedang dilanda masalah ke ekonomian, justru disitu yang namanya keluarga harus saling tolong menolong satu sama lain, bukan malah adanya masalah tersebut dijadikan jurang pemecah bagi anda dan keluarga anda.

Jangan membiarkan masalah ekonomi ini sebagai jurang pemecahnya kedeketan anda dengan keluarga-keluarga lainnya, sebaik mungkin kita harus saling menjaga tali persaudaraan kita agar tak terjadinya terpecah belahnya keluarga anda.

Jangan Membiarkan Komunikasi Anda Dengan Keluarga Anda Renggang

Cara mengatasi keluarga
persitpusat.com

Salah satu hal yang sangat baik dan sangat penting dalam keluarga, yaitu adanya hubungan komunikasi dengan baik, berkomunikasi dengan baik dapat memper-erat tali persaudaraan kalian, dan akan terciptanya keharmonisan dalam sebuah keluarga.

Akan tetapi bila komunikasi anda dengan istri anda, atau dengan anak-anak, atau kedua orang tua kurang komunikasi dengan seorang anak, hal tersebut akan menimbulkan masalah dalam keluarga/terpecahnya keluarga anda.

Didalam sebuah keluarga, tugas sebagai orang orang tua itu diibaratkan seperti “Kapten” yang selalu memimpin anggotanya dengan baik, orang tualah yang bertanggung jawab mengenai terbuatnya komunikasi yang baik dengan sesama anggota keluarga.

Apbila didalam keluarga anda tugas orang tua sebagai “Kapten” itu tidak berfungsi, saran saya, anda jangan mudah putus asa begitu saja.

Justru sebagai anggota keluarga, anda harus ber-inisiatif untuk mencoba mendorong keluarga-keluarga anda agar mau berkomunkasi lagi dengan baik, dan saling terbuka satu sama lain.

Apabila kamu ini anak sulung dari keluarga anda, maka tugas anak sulung ini mengambil peran sebagai orang tua yang bisa mengajak, atau merangkul adik-adik untuk mau melakukan komunikasi dengan baik.

Harus Saling Menghargai Dengan Sesama Keluarga

Cara mengatasi masalah keluarga
google.co.id

Setiap anggota keluarga yang merasa kurang dengan rasa kasih membuat seseorang merasa tak dihargai sama sekali. Apabila hal ini terjadi pada diri kalian, apa yang kalian lakukan dengan mengatasinya?

Ketika ingin merasa dihargai dalam sebuah keluarga, cobalah kalian untuk belajar lebih menghargai saudara-saudara kalian, hilangkanlah rasa ke egoisan kalian, dan lebih berusaha lagi untuk menghargai saudara-saudara kalian.

Apabila suasana seperti ini sudah sering terjadi pada keluarga anda, kalian sendirilah yang harus bisa membawa perubahan terhadap situasi-situasi yang telah dialami oleh keluarga kalian.

Hindari Kecemburuan Kepada Saudara Anda Sendiri

Cara mengatasi masalah keluarga
google.com

Dalam setiap orang didalam keluarga itu mempunyai sifat, dan karakter yang berbeda, hal tersebut sering terjadi kecemburuan diantara saudara-saudaranya. Dalam keluarga itu emang ada aja sih yang suka cemburu kepada saudaranya sendiri.

Tapi sangat ironi sekali apabila didalam keluarga terjadinya hal-hal kecemburuan kepada anggota keluarganya sendiri, dan apabila hal itu terjadi pada diri kita sendiri, apa yang akan kita lakukan untuk dapat mengatasi hal tersebut?

Yang perlu diingat itu adalah, apa sangat pantas apabila kita mempunyai rasa cemburu kepada anggota keluarga sendiri? Enggak kan, Apabila hal itu terjadi, apakah diri kita tidak malu atas perbuatan yang telah kita buat itu?

Sebelum melakakuan hal itu, alangkah baiknya apabila kita mengenali baik-baik tentang hal apa saja yang membuat diri kita merasa cemburu dengan saudara kita sendiri?

Daripada kita harus mencemburui saudara kita sendiri, alangkah baiknya apabila kita menggali potensi kita lebih baik lagi, dan berusaha menampilkan keunikan-keunikan yang kita miliki sebaik mungkin.

Intinya kita itu jangan pernah merasa cemburu/iri kepada saudara kita sendiri, karena apabila perbuatan seperti itu terjadi, perbuatan yang bodoh itu akan menimbulkan masalah dalam keluarga kita.

Menjaga Tali Silaturahmi

Cara Mengatasi Masalah Keluarga
doamustajab.com

Didalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai umat manusia ini telah ditakdirkan untuk hidup bersosial, yang selalu hidup dengan keadaan saling membutuhkan satu sama lain. Didadalam agama Islam ini sangat memperhatikan mengenai tentang bersilaturahmi.

Menjaga tali silaturahmi ini sangat penting bagi kehidupan pribadi kita, selain menjaga keutuhan keluarga, silaturahmi juga banyak sekali manfaatnya, seperti bertambahnya rizki, dipanjangkan umur, dan lain-lain.

Apakah Silaturahmi dengan keluarga itu baik? Ya, tentu saja baik. Menjaga hubungan tali silaturahmi dengan keluarga ini sangat baik, apabila kita menjaga tali silaturahmi kita dengan keluarga kita, kita sama saja telah menjaga tali persaudaraan kita dengan keluarga kita.

Dengan adanya silaturahmi antar keluarga ini akan selalu membuat keluarga tersebut tentram, damai, tanpa ada masalah.

Tetapi ketika kita sangat sulit menjaga tali silaturahmi kita dengan keluarga, maka akan mengakibatkan dampak negatif bagi keluarga.

Misalkan seperti terjadinya masalah, terjadinya perpecahan antar keluarga, terjadinya tidak ada rasa harmonis dalam keluarga kita, dan masih banyak masalah-masalah lainnya.

Itulah dampak-dampak negatif apabila kita tidak menjaga tali silaturahmi kita dengan keluarga kita sendiri.

 

Tinggalkan komentar