Beberapa Cara Untuk Merakit Tamiya yang Bagus, dan Lebih Kencang, Penasaran? Silahkan Baca Artikel Ini

CARA MERAKIT TAMIYA – Baiklah, kali ini baabun akan berbagi informasi tentang Beberapa Cara Merakit Tamiya.

Berhubung saat ini lagi booming-boomingnya kembali tentang permainan tamiya ini, saya disini akan sedikit berbagi informasi mengenai cara merakit tamiya agak nampak kelihatan lebih bagus dari wujud asalnya, dan bisa lebih kencang lagi dari kecepatan asalnya.

Kalo nyeritain tentang tamiya ini jadi inget dulu waktu masih kecil, yang mana dijaman itu lagi seneng-senengnya banget ngerakit tamiya, dari rakitan buat pajangan biasa, sampai rakitan yang buat event balapan tamiya , hehe.

Paasti pada penasaran kan gimana cara merakit tamiya biar bisa kelihatan lebih bagus dari tampilan awal, dan bisa lebih kencang dari kecepatan awal.

Mengenang tentang permainan Tamiya, atau kamu baru memulai memainkan permainan Tamiya ini? Memang kalo jadi cowok itu lebih senang dengan hal-hal ngerakit sesuatu barang, apalagi kalo buat ngerakit tamiya bisa nyenengin banget.

Ya, meskipun tidak semua kalangan semua pria menyukai permainan Tamiya , tapi ada saja pria yang menyukai dengan permainan tamiya ini, contohnya seperti saya, saya sangat senang sekali dengan permainan tamiya.

Mengenai permainan tamiya, dikalangan wanita juga ada saja yang menyukai dengan permainan tersebut, permainan ini memang sangat rame sih, ya menurut saya ini adalah hoby yang menyenangkan, dan menguntungkan.

Yang menyenangkan-nya itu, seperti dapat menghilangkan rasa jenuh ketika kita sedang merasa bosan.

Yang menguntungkan-nya itu, apabila kita mengikuti event-event balapan tamiya, dan tamiya kita memenangkan event tersebut, akan mendapatkan hadiah yang sangat memuaskan sekali.

Nah, proses pembuatan tamiya itu tidak semudah apa yang kalian bayangkan, spare part tamiya yang mahal tidak bisa menjamin kecepatan tamiya kalian bisa lebih cepat lagi.

Mari kita simak beberapa cara untuk merakit tamiya agar lebih bagus, dan bisa memiliki kecepetan yang kencang saat berada di lintasan tamiya.

Jangan Lupa Mengganti Mesinnya (Dinamo)

cara merakit tamiya
hahnsilent.wordpress.com

Ketika kamu membeli tamiya yang baru, mau apapun itu model tamiyanya, tamniya tersebut akan dilengkapi dengan mesin (Dinamo) yang masih standart.

Mesin (Dinamo) inilah yang berfungsi untuk membuat tamiya kamu dapat melaju lebih cepat ketika didalam lintasan.

Nah, ada dua hal yang dapat kamu lakukan ketika ingin merakit tamiya kamu agar dapat melaju lebih cepat lagi:

  • Beli dinamo yang memiliki RPM lebih kencang dari pada dinamo biasanya.
  • Merancang mesin (Dinamo) standart yang baru dateng dari pabrik.

Untuk mesin (Dinamo) pengganti, bayak sekali tipe-tipe mesin tamiya yang mempunyai RPM yang tinggi. Beberapa tipe mesin tamiya telah menjadi sangat populer dikalangan racer-racer tamiya didalam negeri.

Seperti mesin mesin Hyper Dash, mesin Hyper Dash ini memiliki kecepatan maksimal 17.2oo RPM. Selain jenis mesin Hyper Dash, masih ada jenis-jenis mesin tamiya yang suka digunakan oleh racer-racer tamiya yang ada di negeri ini.

Jenis-jenis mesin tamiya selain Hyper Dash itu adalah mesin (Dinamo) Sprint Dash, dan mesin (Dinamo) Ultra Dash, masing-masing mesin (Dinamo) tersebut mempenyai daya kecepatan sendiri.

Mesin (Dinamo) Sprint Dash ini memiliki kecepatan melaju hingga 27.200 RPM. Mesin tersebut sangat cocok digunakan pada lintasan yang banyak track lurusnya.

Sedangkan mesin (Dinamo) Ultra Dash ini memiliki kecepata melaju hingga 27.500 RPM. Mesin (Dinamo) ini juga sangat cocok digunakan pada lintasan yang banyak track lurusnya.

Apabila kamu ingin membuat kecepatan pada tamiya kamu semakin kencang daripada tamiya-tamiya lainnya, kamu bisa menggunakan jenis mesin (Dinamo) Ultra Dash, mesin tersebut adalah mesin yang paling kencang daripada mesin-mesin lainnya.

Tapi jika kamu sangat suka dengan urusan mengoprek-ngoprek, kamu bisa gunakan mesin (Dinamo) bawaan pabrik dengan merubah kawatnya dengan ukuran kawat 0,5, setelah itu gulunglah kawat tersebut sampai 12 kali  gulungan (lilitan) pada mesin.

Setelah proses lilitan yang pertama, ulangi lah dengan hal yang sama, tetapi pada lilitan kali ini ditambahkan dengan 10 gulungan. Jadi, masing-masing mesin (Dinamo) kamu terdapat 22 gulungan untuk masing-masing angkur.

Memakai Ban Tamiya yang Khusus Untuk Balapan di Lintasan Tamiya

Cara merakit tamiya
kotakgame.com

Ketika kamu membeli tamiya, dan kamu mendapatkan ban yang berjenis karet, ban jenis karet tersebut memiliki struktur permukaan ban yang keras, tapi jenis ban tersebut licin ketika digunakan di lintasan tamiya.

Biasanya jenis ban tersebut kurang begitu cocok apabila digunakan untuk balapan, mengapa tidak bisa dipakai untuk balapan? karena permukaan karet ban yang licin,
tamiya kamu tidak akan bisa melaju kencang, dan maksimal.

Jenis ban karet, dan ban busa tersebut bisa digunakan di kelas perlombaan tamiya yang berbeda.

Ban karet ini juga memiliki jenis-jenis yang berbeda, seperti hard, medium hard, super hard, dan jenis-jenis ban lainnya.

Untuk tamiya yang ingin melaju kencang, cobalah kamu mengganti ban tersebut dengan menggunakan jenis ban yang memiliki struktur permukaan ban yang lebih lembut, seperti ban busa yang dapat mencengkram kuat dipermukaan lintasan tamiya.

Jenis -jenis ban tamiya tersbut biasa dijual dalam kemasan 4 ban. Mengenai Velg juga sama dengan ban, velg juga mempunyai kegunaan yang sangat penting dalam tahapan tune up tamiya.

Terdapat berabagai macam velg dengan variasi, dan bentuk yang berbeda. Velg ini dicari karena adanya keunikan dalam bentuknya, warnanya, dan bahannya

Jangan Lupa Memberi Minyak Singer atau Pelumas WD-40 Pada Gear Tamiya

cara merakit tamiya
goowes.co

Gear tamiya, gear tamiya ini sangat mempengaruhi dengan kecapatan dari lajunya tamiya tersebut. Biasanya didalam dus tamiya tersebut telah disediakan pelumas yang berbentuk pasta, kegunaan pelumas tersebut untuk melicinkan gear tersebut.

Jika didalam dus tamiya tersebut tidak ada pelumasnya, atau sudah habis, kamu bisa beli minyak anti karat WD-40 atau menggunakan minyak singer, minyak singer ini sering digunakan untuk mesin jahit.

Apabila kamu menggunakan minyak singer pada gear tamiya tersebut, puteran gear pada tamiya kamu dijamin bisa lebih kencang daripada dibandingkan dengan putaran gear sebelumnya.

Memilih Aksesoris atau Cashing Tamiya yang Pas dengan Ukuran Sasis Tamiya Tersebut

photobucket.com

Tamiya ini mempunyai banyak jenis, dan bentuk aksesorisnya, seperti ada sayap, ring, akar, tiang, bemper, dan jenis-jenis lainnya.

Semua jenis yang terdapat pada tamiya itu mempunyai tujuan yang sama, tujuan nya itu adalah mampu membuat tamiya kamu jadi lebih kencang, dan tetap stabil ketika melaju di lintasan tamiya.

Tentunya kamu nggak pingin kalo tamiya kamu yang udah kenceng itu terpental dari lintasan tamiya tersebut.

Kebetulan mengenai hal ini, kamu perlu mencoba-coba memodifikasi tamiya sebaik mungkin, karena bentuk lintasan tamiya itu beda-beda, jadi kamu harus memodifikasi tamiya kamu sebaik mungkin, agar tamiya tersebut tidak akan terpental dari lintasan ketika sedang melaju dengan kecapatan tinggi

Untuk lintasan yang spiral atau patahan, tamiya kamu jangan dipakaika ring yang terlalu gede, dan akar yang terlalu lebar.

Sementara mengenai jenis chasih, banyak sekali jenis chasis yang dapat digunakan, seperti menggunakan Chasis Super One, Chasis AR, Chasis Zeor, dan Chasis TZ. Diantara chasis-chasis tersebut yang paling kuat itu adalah chasis TZ.

Jangan Sampe Salah Memilih Dalam Menggunakan Batre Untuk Tamiya

Cara merakit tamiya
tokopedia.com

Jika kamu mempunyai tamiya, dan memakai batre yang biasa, maka tamiya kamu dijamin bakal ngehabisin batre banyak. Jika kamu menggunakan Mesin (Dinamo) dengan RPM yang tinggi pada tamiya kamu, maka dengan menggunakan mesin tersebut bisa mentedot daya batre lebih tinggi lagi daripada mesin (Dinamo) biasa.

Maka solusi terbaik nya, kamu memakai batre yang bisa di charge. Jika kawat pada gulungan yang kamu pakai diameternya rendah, maka baterai charge AA yang menampung 700mAh, hingga 10.000mAh itupun sudah cukup.

Tapi, jika diameter pada kawat gulungan yang kamu pakai itu tebal, maka  kamu harus memilih baterau charge yang berkapasitas 20.000mAh ke atas.

Cara Melilit Dinamo Tamiya

cara merakit tamiya
tamiyaspeedmini4wd.blogspot.co.id

Bagi kalian yang baru saja memulai hoby bermain dengan tamiya mungkin akan sering bertanya-tanya dengan orang yang sudah begitu paham dengan bagaimana cara melilit dinamo agar tamiya dapat maju lebih cepat.

Pada dasarnya lilitan pada dinamo tamiya ini mempunyai ukuran kawat yang berbagai macam variasi ukurannya, ukurang kawat pada mesin dinamo tamiya ini sangat berpengaruh begitu banyak, dan juga dapat membuat pengaruh pada aliran listrik yang mengalir pada lilitan tersebut.

Menurut teori yang telah diterangka oleh master-master tamiya, apabila kita melilit dinamo dengan menggunakan kawat yang besar maka akan semakin besar juga kemampuan-kemampuan kawat dinamo tamiya tersebut ketika sedang mengalirkan alur listrik.

Untuk ukuran diameter kawat dinamo tamiya yang kerap dipakai oleh orang-orang pada umumnya kurang lebih sekitar dari 0,3 mm sampai 1mm, dan kuran kawat dinamo tamiya yang dipakai mempunyai konsekuensi terhadap jumlah lilitan yang bisa dimasukan dalam angkur tamiya itu.

Maka dari itu kita perlu mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai jumlah lilitan yang ingin kita buat sebelum menentukan ukuran pada kawat dinamo tamiya yang akan dipakai.

Angkur yang kerap digunakan untuk mesin tamiya speed ini adalah angkur normal dan merk HJH, angkur tersebut akan diberi lilitan sebanyak 8 sampai 9 lilitan sendiri apabila memakai kawat tamiya yang ukuran 0.8 sampai 0,9 mm atau kawat tersebut akan di doble dengan ukuran 0,5 sampai 0,6 mm.

Vidio Cara Merakit Tamiya

Vidio diatas ini adalah vidio tutorial tentang cara merakit tamiya dengan baik dan benar, untuk kalian yang ingin merakit tamiya kalian dengan cara mudah, kalian semua dapat melihat vidio yang telah tercantum diatas tulisan ini, Selamat melihat dan semoga bermanfaat.

Kata Penutup

Sangat seru bukan? setelah kamu memabaca informasi artikel mengenai tentang beberapa cara merakit tamiya ini bisa kamu pahami?

Jika kamu sudah memahami bagaimana cara merakit tamiya agar terlihat bagus, dan kencang, yang harus kamu lakukan sekarang itu tinggal mempelajari bagaimana cara membuat tamiya kamu bisa tetap stabil di lintasan tamiya tersebut

Inilah beberapa informasi mengenai cara merakit tamiya, mudah-mudahan informasi yang saya bagikan pada artikel ini dapat bermanfaat bagi semua yang telah membaca nya.

Apabila terdapat cara penyampaian, dan kata-katanya ada yang salah, diri saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan tersebut 🙂

Selamat Membaca, dan selamat mencoba merakit tamiyanya ya 🙂

Tinggalkan komentar