Contoh Autobiografi | Pribadi, Singkat, Panjang Lengkap dengan Pengertiannya

CONTOH AUTOBIOGRAFI – Manusia di dunia ini tidak lain hanya kumpulan-kumpulan dari puing-puing waktu dan hari. Manusia selalu menjalani kesehariannya hari demi hari, waktu demi waktu sampai tibanya untuk kembali pulang dan menghadap sang pencipta yaitu Allah SWT.

Maka dar itu, kita sebagai manusia yang merupakan makhluk ciptaan Allah SWT patut untuk menjalankan ibadah wajib solat 5 waktu dan mengevaluasi diri sendiri. Bagaimana caranya? Salah satu cara untuk mengevaluasi diri ialah dengan menulis tulisan tentang perjalanan hidup atau biasa disebut dengan sebutan Autobiografi.

Mungkin sebelumnya diantara teman-teman semua sudah ada yang mengetahui atau pernah mendengar kata autobiografi? Namun, seperti apa sih kata autobiografi itu? Apakah ada contohnya tentang contoh autobiografi? Tenang saja, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian autobiografi lengkap dengan contoh autobiografi singkat. Berikut dibawah ini ulasan lengkap:

Pengertian Autobiografi

contoh autobiografi
salamadian.com

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), autobiografi adalah kisah atau cerita hidup pribadi manusia yang ditulis sendiri oleh yang berkaitan. Artinya autobiografi itu ialah suatu biografi yang didalamnya mengulas pengalaman hidup seseorang yang ditulis oleh orangnya sendiri.

Didalam autobiografi ini berisikan mengenai pengelaman-pengalaman dari kecil sampai dewasa bahkan sampai tua. Pengalaman apa saja yang ditulis didalam autobiografi ini? Ialah sebuah pengalaman yang paling sulit sampai bisa menggapai sebuah atau titik kesuksesan yang ia gapai selama hidupnya.

Autobiografi didalam penulisannya berdasarkan kepada ingatan si penulis. Simpelnya ialah autobiografi ini merupakan kisah atau cerita perjalanan dan pengalaman hidup pribadi yang dikutip oleh dirimu sendiri.

Berikut dibawah ini akan ada beberapa contoh mengenai contoh autobiografi pribadi, contoh autobiografi tokoh, contoh autobiografi singkat. Namun yang pertama akan dibahas ialah contoh autobiografi …

Contoh Autobiografi Pribadi

contoh autobiografi
Abdul Malik Cahyo

Latar Belakang

Nama Lengkap saya adalah Abdul Malik Cahyo Wicaksono. Dikediaman, saya biasa dipanggil-panggil oleh keluarga sebagai sapaan Mas Malik. Sementara teman-teman atau rekan-rekan saya memanggil saya dengan sapaan Malik atau dengan sapaan jenong 🙁 lah ko jenong? Karena apabila rambut saya dibelah dua atau di sisir rapih kebelakang jidat saya terlihat lebar, maka dari itu teman-teman lebih seringnya memanggil jenong 🙁

Saya terlahir di Kota Semarang, 2 Maret tahun 1997. Ayah saya bernama Gunawan Cahyoto dan umi saya bernama Istiqomah Nurhendah. Ayah saya bekerja sebagai penambang pasir di daerah Rangkasbitung dan daerah Bayah. Sementara umi saya bekerja sebagai pemborong proyek (tapi itu dulu) karena pernah tertipu oleh rekannya sendiri akhirnya eyang saya melarang lagi umi untuk menjadi pemborong proyek.

Lantas apa pekerjaan umi saat ini? Umi hanya bekerja seperti umi-umi biasanya yaitu menjadi ibu rumah tangga, namun disamping menjadi ibu rumah tangga, umi juga bekerja sama dengan Ustd Yusuf Mansyur untuk menguruh rumah tahfidz di daerah Jawa Barat.

Sekarang ini saya singgah di Jl. RA. KOSASIH. Perumahan Puri Cibereum Permai 1, Sukabumi, Jawa Barat. Saya masih bujangan dan masih tinggal bersama orang tua dan keluarga tercinta di suatu rumah yang insha allah selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT.

Adik saya bernama Ryas Rasyid Agung Darodjat dan Muhammad Rofiq Amanulloh, sekarang mereka berdua telah menjadi seorang hafidz Al-Qur’an 30 Juz. Alhamdulillah. Sementara kaka saya yang bernama Penny Cahyono masih kuliah di Kota Bekasi mengambil fakultas hukum.

Saya memiliki sebuah hobi yang sangat extreme sekali, apa saja hobi-hobi saya itu? Saya seorang anak yang sangat menyukai dunia otomotif misalkan seperti Road Race, Drag Race, & Gasstrack selain dari hobi balap, saya juga sangat menggemari yang namanya touring antar kota atau melakukan perjalanan jauh dengan teman-teman saya.

kalau ada yang mengajak saya Road race, Drag race, Grasstrack atau juga mengajak untuk touring bersama rombongan teman-teman lainnya saya ialah orang yang paling antusias untuk menerima ajakan dari orang yang mengajak saya.

Riwayat Pendidikan

Saya adalah Alumni dari SMP Negeri 1 Sukabumi. Ketika di SMP, saya adalah orang yang sangat sering sekali bergaul dan juga suka sekali yang namanya permainan game online, saya dan teman-teman saya sehabis pulang sekolah sering kali pergi ke warnet untuk melakukan permainan game online bersama-sama dengan teman.

Ketika itu saya ini bisa dikatakan sebagai orang yang super duper aktif dan mudah bergaul dengan yang lainnya, dan mudah juga untuk berkenalan dengan orang-orang yang berada di sekeliling saya. Ketika saya naik kelas XIII saya masih sifat dan karakter saya masih sama dengan sebelumnya.

Kebiasaan main game online tidak pernah saya tinggalkan, ketika kelas IX dan saat itu waktu sudah mendekati untuk ujian nasional saya pun masih tetap bermain game online. Hehe bandel yah tapi dibalik kebandelan saya yang sering sekali memainkan permainan game online ini saya bisa lulus dari SMP dan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SMA.

Ketika itu saya masuk ke SMA Negeri 1 Sukabumi dan alhamdulillah ketika sudah SMA saya mengurangi permainan game online saya, namun saya menggantinya dengan otomotif. Setiap sepulang sekolah, saya tidak pernah langsung pulang ke rumah, tapi saya langsung menuju bengkel yang mana bengkel tersebut merupakan bengkel langganan saya.

Rutinitas ke bengkel itu saya lakukan selama setahun lebih, dan singkat cerita gara-gara sering berkunjung ke bengkel saya mengalami penurunan nilai yang lumayan cukup besar 🙁 ketika itu saya dinasihati oleh ayah dan umi saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk meninggal ketinggalan nilai dan juga bangkit untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya.

Dan alhumdillah berkat ketekunan saya dalam belajar untuk mengejar segala ketinggalan saya, saya mendapatkan sebuah nilai akhir yang bisa membuat bangga kedua orang tua saya. Singkat cerita ketika saya lulus dari SMA, selama setahun saya belajar usaha kecil-kecilan, yaitu belajar jualan kaos dan sepatu.

***

Bagi kalian yang memang belum tau atau masih bingung untuk membuat biografi diri sendiri, contoh autobiografi pribadi diatas ini bisa kalian jadikan sebagai referensi kalian. Semoga bermanfaat dan bisa membantu

Baca Juga Contoh Resensi Novel

Contoh Autobiografi Panjang

contoh autobiografi
hipwee.com

Nama saya Dani Sudinar, aku merupakan putra kedua dari pasangan Sulton Utony dan Krisdayanti. Papah ialah seorang kepala kantor di kantor Prudential Indonesia. Sementara dengan pekerjaan mamah ialah seorang ibu rumah tangga saja.

Aku dilahirkan oleh mamah pada tanggal 12 november 1995 di rumah sakit harapan indah Bekasi. Ketika itu sepulang dari rumah sakit sementara aku tinggal bersama eyang putri dan eyang kakong di kota Bogor. Mamah pernah bercerita kepadaku katanya aku suka terbangun di malam hari dan menangis terus menerus dan tak henti henti.

Ketika aku menginjak usia 5 tahun, aku memiliki adik kecil yang sangat lucu yaitu bernama Akmal Sultony. Dia lahir pada tanggal 14 september 2000 di rumah sakit harapan indah Bekasi, dek Akmal dilahirkan oleh ibu di rumah sakit yang sama sepertiku.

Ketika itu mamah selalu bercerita kepadaku dan juga mengisahkan ketika menjelang detik-detik keluarnya adikku dari rahim mamah, kata mamah ketika itu aku sibuk sekali keluar masuk ruang bersalin entah apa yang sedangku pikirkan ketika itu.

Bisa jadi ketika itu aku sangat bahagia sekali karena beberapa detik lagi akan mempunyai adik baru dan sekaligus ia menjadi bagian dari keluargaku. Selang beberapa bulan sesudah kelahiran adik baruku, aku dan keluargaku pindah rumah baru ke daerah Kota Sukabumi di Puri Cibereum Permai.

Di masa kecilku aku melalui dengan sangat bahagia dan menyenangkan sekali. Ketika itu aku mulai mengikuti pendidikan di TK Annur Sukabumi. Ketika masih TK, aku gemar sekali mengikuti lomba-lomba keterampilan dan kerajinan, misalkan mengikuti lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba membuat kerajinan dari stick es krim dan lomba-lomba lainnya.

Sebetulnya aku tidak terlalu mahir dalam menggambar, mewarnai apalagi membuat suatu kerajinan tangan dari stick es krim. Namun ketika itu aku selalu berusaha untuk percaya diri dan tetap mengikuti suatu perlombaan yang diadakan oleh yayasan TK Annur Sukabumi.

Ketika itu aku didaftarkan oleh ibuku untuk menjadi seorang peserta yang akan mengikuti perlombaan tersebut, Ketika sesudah didaftarkan perlombaan oleh mamah, aku pun resmi menjadi peserta yang mengikuti perlombaan itu namun sangat disayangkan sekali aku tidak pernah memenangkan salah satu dari perlombaan yang aku ikuti.

Selain dari mengikuti perlombaan, aku juga mengikuti sebuah kegiatan tambahan seperti Ekstrakulikuler kesenian. Ketika aku masih TK ada salah satu guru yang mana guru itu merupakan guru yang sangat aku sukai dan dia juga masih terbilang sangat muda.

Kenapa aku bisa menyukai guru TK ku? Karena sifat dari guruku sangat lembut, baik, penyayang, sabar, dan masih banyak sifat-sifat baik yang ada didalam dirinya. Ya intinya dia ialah salah satu guru yang menjadi guru terfavorit di TK Annur.

Namun sangat disayangkan sekali aku lupa akan nama dari guru TK ku. Momen-momen yang sampai saat ini tidak pernah aku lupakan dan selalu aku ingat ialah ketika aku berulang tahun yang ke 6 dan aku mendapati banyak sekali kado-kado dari teman-teman TK dan para guru-guru TK.

Anak kecil tentunya sangat gembira sekali apabila ia diberi kado atau hadiah. Ketika kado-kado atau hadiah yang diberikan oleh teman dan guruku aku buka, aku mendapatkan mainan baru yang bisa aku mainkan dan ketika itu rasanya sangat senang dan gembira sekali.

Pada saat itu aku memiliki teman dekat dan juga bisa dikatakan bahwa dia adalah sebagai sahabat terbaikku. Dia ialah Ajeng, Nurrahmi, dan Sintia. Kami ketika bepergian kemana-mana selalu beriringan dan tidak pernah terpisahkan.

Namun ketika memasuki ajaran baru ketika itu kami memasuki kelas 2, sahabatku yang bernama Nurrahmi harus segera pindah ke Jakarta karena orang tuanya dipindahkan tugasnya di daerah Jakarta. Tentunya ketika mengetahui Nurrahmi pindah ke jakarta, kami semua sangat sedih sekali karena harus berpisah dengannya.

Ketika hari pertama kami duduk di kelas 4, aku mendapati teman baru, namun sebenarnya bukan teman baru kenal sih, akan tetapi dia adalah teman lamaku yang sudah tidak lama berjumpa dan akhirnya kita dipertemukan lagi ketika sudah memasuki kelas 4.

Namanya Fakhira, dia ialah anak dari salah satu teman papah dan sekaligus juga sebagai temanku ketika itu aku masih sekolah di TK Annur. Saat pertama kali aku berjumpa dengan fakhira, awal-awal aku tidak terlalu mengenalinya alias udah lupa karena memang sudah lama sekali kami tidak bertatap muka.

Awal-awal aku mengenalinya ketika itu aku duduk tepat di depan Fakhira. Semenjak kedatangan Fakhira di kelas 4, aku dan sahabat-sahabatku lainnya menjadi sangat dekat sekali malahan sampai-sampai aku ini memutuskan untuk membuat gang yang namanya The End.

Hari-hari indah yang selalu kami lewati bersama harus terhenti ketika aku dan keluargaku pindah ke Kebayoran, karena kedua orang tuaku ditugaskan untuk menjalani sebuah pekerjaan disana.

Aku pindah ke Kebayoran itu ketika aku masih duduk di kelas 5. Perasaan sedih dan duka pun masih tetap membayang-bayangi ku karena harus berpisah lagi dengan sahabat-sahabatku tercinta yang selama ini mereka semua selalu menemani keseharianku.

Ketika aku pindah ke Kebayoran kami sekeluarga tinggal dan menetap di mess dosen yang sudah disiapkan oleh Universitas Pamulang untuk kedua orang tuaku.

***

Demikianlah contoh autobiografi panjang yang mudah-mudahan contoh autobiografi ini bisa dijadikan sebagai referensi kalian dan juga bisa menambah wawasan teman-teman semua. Berikut dibawah ini akan ada juga contoh autobiografi singkat, yuk langsung saja kita baca bareng-bareng.

Contoh Autobiografi Singkat

contoh autobiografi
sahabatnesia.com

Namaku adalah Nurrahmi Permani. Saya biasa dipanggil miah oleh keluarga, teman-teman saya di sekolah dan teman-teman rumah saya. Saya dilahirkan oleh mamah di rumah sakit bunut Sukabumi pada tanggal 20 desember 1998. Saya merupakan anak mamah yang kedua dari 4 bersaudara.

Nama dari Ayah saya ialah Nana Suryana dan nama dari Mamah saya adalah Nyeti suyeti. Ayah saya bekerja di dinas kebersihan Sukabumi, sementara mamah saya seorang pengusaha cartering makanan di Sukabumi. Saya dan keluarga saya tinggal dan menetap di Kota Sukabumi.

Saya mulai memasuki ke jenjang pendidikan di TK Trisula II Kota Sukabumi. Ketika saya masih TK tidak banyak hal-hal yang spesial. Pada tahun 209 saya menyelesaikan pendidikan SD dan langsung melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu SMP.

Saya mendaftar di salah satu SMP terfavorit di Kota Sukabumi, yaitu SMP 2. Alhamdulillah selesai mengikuti segala tes dan persyaratan untuk menjadi salah satu pelajar di SMP 2 saya berhasil menyelesaikan dan menjadi salah satu murid yang belajar di SMP Negeri 2 Kota Sukabumi.

 

 

SMP Negeri 2 Sukabumi ialah salah satu sekolah yang sangat favorit di Kota Sukabumi. Melewati sekolah inilah saya bisa berhasil untuk meraih beberapa prestasi-prestasi didalam bidang akademik dan non akademik. Beta senangnya Ayah dan Mamah ketika itu.

Selama masa pembelajaran saya di SMP Negeri 2 Sukabumi, saya juga termasuk salah satu siswi yang sangat aktif dalam mengikuti ekstrakulikuler ketika itu saya mengikuti ekstrakuliler paskibra, kesenian, dan olahraga pencak silat. Selain itu, saya juga sangat aktif untuk mengikuti les atau pelajaran tambahan. Kedua persoalan ini sangat mengasah kemampuan saya menimba ilmu ketika duduk di bangku SMP.

Melewati aktivitas-aktivitas ekstrakuliker Pencak SIlat, saya mampu mengalahkan lawan-lawan saya dan berhasil membawa 3 medali emas dan juga membawa pulang 4 medali perak. Dari tujuh bisa berhasil saya raih secara bertahap-tahap dimulai dari lomba tingkat kota hingga tingkat nasional.

Bukan hanya itu saja prestasi-prestasi yang saya dapati, saya juga pernah mendapati beberapa prestasi didalam bidang akademik ketika masih menjadi siswi di Sekolah SMP Negeri 2 Sukabumi. Apa saja prestasi-prestasi yang berhasil saya dapatkan? Diantaranya ialah juara lomba Matematika tingkat Provinsi dan juga lomba debat Bahasa Inggris tingkat kota.

Singkat cerita saya pun lulus dari SMP Negeri 2 Sukabumi pada tahun 2013 dam sekarang ini saya masih menjalani pendidikan di bangku SMA, yakni SMA Negeri 1 Sukabumi.

Impian saya ketika saya lulus pada tahun 2016, saya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya di Universitas Padjajaran Bandung untuk mengambil jurusan statistika. Semoga dengan adanya karunia dan kesempatan Allah yang telah diberikan kepada saya bisa membawa suatu perubahaan yang sangat amat jauh lebih baik untuk dikehidupan saya selanjutnya.

***

Nah demikianlah ulasan ringkas tentang contoh autobiografi pribadi, contoh autobiografi panjang, contoh autobiografi singkat dan yang dilengkapi dengan pengertian autobiografi. Semoga adanya pembahasan tentang contoh autobiografi ini bisa menambah wawasan teman-teman semua tentang autobiografi.

Tinggalkan komentar