Contoh Biodata Diri Lengkap yang Bisa Kamu Contoh [Baca!]

CONTOH BIODATA DIRI – Adanya CONTOH BIODATA DIRI ini sangat penting sekali. Apalagi dalam berkas-berkas lamaran, tentunya kalian akan sering mendapati yang namanya biodata ataupun membuat biodata yang mana biodata itu nantinya akan dilampirkan kedalam berkas tersebut. Ya tentu saja, karena dapat dikatakan bahwa biodata diri ini ialah salah satu berkas-berkas yang wajib ada ketika sedang proses lamaran kerja.

Diantara kalian tentunya tau dong cara membuat biodata diri yang baik dan benar sesuai dengan UUD 19945. Namun pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas seputar cara membuat biodata diri yang baik dan benar dan juga akan sedikit memberikan contoh biodata diri untuk teman-teman yang memang belum mengetahuinya.

Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng ulasan yang ada dibawah ini.

Cara Membuat Biodata Diri

contoh biodata diri
tutugon.com

Namun, sangat disayangkan sekali di era seperti sekarang ini masih banyak orang-orang yang kurang bahkan belum paham sama sekali tentang bagaimana cara membuat biodata diri yang bagus, benar dan juga lengkap dengan strukturnya.

Alangkah baiknya jikalau kamu terlebih dahulu mengetahui apa saja hal-hal yang harus kamu cermati ketika sedang membuat biodata diri. Berikut dibawah ini tips atau cara dalam pembuatan biodata diri:

1. Pemakaian Bahasa

Sebuah persoalan penting yang patut kalian cermati ketika sedang membuat biodata diri ialah pemakaian (penggunaan) bahasa atau pemilihan kata. Karena umumnya biodata diri ini dibentuk untuk kepentingan-kepentingan formal, oleh karena itu bahasa atau kata-kata yang dipakai pun harus baku.

Walaupun tidak banyak memakai kalimat-kalimat panjang, tapi penggunaan kata atau pemilihan kata ini tetap saja akan memberikan pengaruh kesan formal darinya.

2. Pemilihan Font

Apabila kamu menuliskan biodata diri dengan memakai prin out, maka pemilihan atau penentuan font juga patut sangat kita cermati. Pilihlah jenis font yang tidak menampilkan biodata ini terlihat berlebihan. Ya, karena ada beberapa macam jenis font yang akan membuat biodata ini terlihat dan terkesan tidak formal.

Ada beberapa tipe font yang pas untuk kalian pakai dalam pembuatan biodata diri. Apa saja jenis-jenis font yang cocok kalian pakai itu? Diantaranya ialah arial, calibri, cambria dan masih ada beberapa jenis lainnya. Sementara jenis-jenis font yang tidak pas atau tidak cocok untuk kalian pakai dalam pembuatan biodata diri ini ialah seperti monotype corsiva, ravie, comic dan masih banyak jenis-jenis font lainnya.

Selain dari jenis-jenis font, ukuran dari font sendiri pun patut kita cermati dengan baik dan juga teliti. Sebaiknya ketika hendak membuat data biodata diri ini kalian cukup menggunakan ukuran font sedang yakni 11-12. Kenapa? Karena dengan ukuran 11-12 sudah cukup bagus untuk dibaca oleh orang lain.

Sementara apabila kamu membuat biodata diri dengan menggunakan tulisan tangan, berhati-hatilah dan juga sebisa mungkin untuk menghindari adanya coretan-coretan yang tidak jelas. Untuk bentuk tampilan yang lebih rapih, setiap kali kamu mendapati kesalahan sebaiknya menggantinya dengan berkas-berkas baru.

3. Susunan/Struktur Biodata Diri

Kenapa susunan atau struktur biodata juga harus sangat diperhatikan sekali, bukan hanya diperhatikan saja, namun struktur biodata diri ini harus kita cermati dengan baik-baik agar pembuatan biodata diri itu benar dan tidak terdapat kesalahan didalamnya.

Namun ada sedikit pertanyaan, bukankah yang paling penting dalam pembuatan biodata diri ini hanya memerlukan data-data diri yang lengkap saja? Tidak! Karena struktur biodata diri ini kedepannya akan memberikan pengaruh kesan formal dan juga keseriusan si pembuat dalam membuat biodata tersebut.

Pastikan juga kamu untuk mengurutkan susunan-susunan atau struktur data diri dimulai dari hal yang sangat penting sampai menunjuk ke data-data yang lebih luas lagi. Kamu bisa saja membayangkan bukan sungguh anehnya apabila misalnya di bagian atas ini kamu langsung menyantumkan pendidikan akhir?

Nah 3 bagian itu ialah bagian-bagian yang sangat penting juga patut kamu perhatikan secara benar dan perhatikan dengan baik-baik serta bagian ini tidak boleh sama sekali untuk kamu acuhkan. Selain dari itu, kerapihan-kerapihan pada tulisan juga harus kamu perhatikan. Misalkan dimulai dari garis pinggir, penggunaan tab ataupun penggunaan titik dan juga koma.

Berikut dibawah ini susunan-susunan atau struktur untuk membuat biodata diri yang baik dan juga lengkap dengan menggunakan cara terbaru.

Struktur Pembuatan Biodata Diri

contoh biodata diri
bengkel-software.com

Nah untuk kalian yang ingin membuat data biodata diri yang baik dan juga benar namun kalian belum mengetahui seperti apa struktur dalam pembuatan diri yang baik dan juga benar, kalian bisa langsung saja menyimak pembahasan yang akan dibawah dibawah ini.

Karena dibawah ini kami akan membahas mengenai struktur pembuatan biodata diri yang baik dan benar. Selamat menyimak dan juga semoga bisa bermanfaat dan juga membantu teman-teman semua yang hendak membuat data biodata diri.

1. Nama

Poin utama yang patut kalian masukan ialah nama lengkap kalian. Ada juga di beberapa contoh biodata diri yang memang memperkenankan anda untuk mencantumkan nama panggilan. Akan tetapi sesungguhnya persoalan ini tidak perlukan, karena suatu perusahaan tidak akan langsung secara detail mengenai siapa nama panggilan anda.

2. Tempat & Tanggal Lahir

Sesudah mencantumkan nama lengkap kalian, kalian bisa langsung menyantumkan tempat diamana kalian dilahirkan dan juga tanggal lahir. Perlu diketahui bahwa dibagian ini ialah bagian kedua data yang kamu cantumkan didalam biodata diri.

Biasanya pelibatan tempat dan tanggal lahir ini ada hubungannya dengan usia maksimal atau maksimal umur yang dibutuhkan didalam sebuah pekerjaan atau hal-hal lainnya.

3. Alamat

Bagian ini juga tidak kalah pentingnya dengan bagian nama dan tempat tanggal lahir. Alamat si pembuat data biodata diri juga harus dilibatkan secara detail dan juga lengkap. Kenapa? Karena selain ada kaitannya dengan si pembuat biodata, pelibatan alamat ini akan ada sangkut pautnya dengan asal mula si pembuat biodata tersebut.

4. Jenis Kelamain Manusia

Point selanjutnya ialah tentang jenis kelamin yang mana jenis kelamin ini nantinya akan dapat mempengaruhi dengan kedudukan atau juga jabatan atau pembatas dengan lainnya.

5. Agama

Selain dari bagian-bagian yang disebutkan, Agama pun harus bahkan wajib untuk kalian cantumkan dalam biodata diri pribadi kalian. Dikarenakan sekarang ini tidak sedikit dan tak jarang perusahaan-perusahaan yang sangat mempermasalahkan agama ketika akan menerima karyawan baru didialam keadaan lingkungannya.

6. Kewarganeraan

Untuk kalian yang ingin memakai biodata diri untuk dipakai melamar suatu pekerjaan disalah satu perusahaan yang sudah kalian datangi di luar negeri, kewarganegaraan ialah bagian yang sangat penting sekali. Karena status kewarganegaraan inilah yang kedepannya akan ada hubungan dengan data-data diplomatik.

7. Pendidikan

Apabila biodata diri ini kamu buat untuk digunakan melamar suatu pekerjaan, maka adanya penyantuman pendidikan terakhir ini patut diikut sertakan. Umumnya pelibatan pendidikan terakhir ini ada hubungannya dengan jabatan yang ia inginkan.

8. Telephone

Pemberian nomor telephone juga alangkah baiknya kalian lakukan untuk memberikan kemudahan-kemudahan ketika pihak yang bersangkutan mendapati keterangan informasi lebih lanjut lagi dari kamu (pembuat biodata diri)


Data-data diatas ialah data minimal yang patut kamu cantumkan. Dan pastikan ulang kembali bahwa kamu telah menyusunnya dengan baik dan benar serta mengisi data-data tersebut dengan tepat.

kemudian kita pindah kepada bagian bawah, yang mana bagian bawah ini umumnya akan diisi dengan latar belakang pendidikan dan juga pengalaman-pengalaman kerja apa saja yang telah dilalui oleh seseorang tersebut, Ya, walaupun pada dasarnya di bagian atas ini telah dicantumkan pendidikan terakhir, akan tetapi di bagian bawah ini baiknya dicantumkan kembali dengan menggunakan penjelasan yang lebih detail.

Kalian dapat menyantumkan tahun lulusan kamu ketika selesai sekolah dan juga menyertakan nomer ijazah. Karena apabila semakin lengkap data-data yang kamu cantumkan kedalam biodata maka akan semakin baik biodata diri yang kamu buat.

Kemudian, untuk pengalaman-pengalaman kerja ini dapat diisikan apabila memang kamu sebelumnya telah memiliki pengalaman kerja. Namun, jikalau kamu belum memiliki pengalaman kerja maka pada bagian itu kamu kosongkan tidak akan menimbulkan persoalan.

Nah, dibagian paling bawah, kamu dapat mencantumkan tempat dibentuknya biodata tersebut dan juga tanggal pembuatan biodata. Setelah itu, cantumkan juga tada tangan serta nama si pembuat dari biodata tersebut.

Berikut dibawah ini ialah contoh biodata diri yang bisa kalian perhatikan dan juga bisa kalian contoh dalam pembuatan contoh biodata diri. Yuk langsung saja kita simak ulasan mengenai contoh biodata diri yang ada dibawah ini.


Contoh Biodata Diri yang Baik dan Benar

contoh biodata diri
houghtcatalog.files.wordpress.com

Bagaimana, apakah kalian sudah memahami tentang cara pembuatan biodata diri yang baik dan juga lengkap? Untuk kejelasan lebih gampangnya, kalian bisa langsung saja mempelajari contoh biodata diri yang ada dibawah ini:

Biodata Diri Pribadi

Nama                              : Risa Munawaroh
Tempat, Tanggal Lahir     : Sukabumi, 03 Mei 1982
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Agama                             : Islam
Alamat                             : Jl. Pahlawan No. 145, Semarang Kota
Telp                                  : 021-5685698 (Telpon Rumah)

Latar Belakang Pendidikan
Formal :

1990 – 1993: SMP N 10, Semarang
1994 – 1997: SMA N 1 Semarang
1997 – 2001: Universitas Diponegoro, Semarang Non Formal

Kemampuan :

  • Mempunyai kemampuan Acounting dan Administration Journal Printing dan Calculation, Ledger, Teller, Project Data Updating, Salary Calculation, Petty Cash Payroll dan Calculation, Inventory Controls
  • Mempunyai kemampuan untuk menguasai sistem penting yang ada di komputer seperti (MS Excel, MS Word, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
  • Mempunyai kemampuan dalam sistem perpajakan

Pengelaman Pekerjaan :

Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja Lapangan di PT. ARJUNO WIJOYO, Semarang Priode: Maret 1997 sampai 1997 Juni Tujuan: Persyaratan Kelulusan SMA N 1 Semarang Posisi/Kedudukan: Staff Administrasi Rincian Pekerjaan:

  • Memperbarui data konsumen
  • Menyiapkan rincian tagihan yang akan ditagih
  • Mengatur jadwal pertemuan dengan seluruh konsumen

Rincian Pekerjaan

  • Mengatur kas kecil
  • Mengontrol dan memeriksa persediaan peralatan kantor
  • Mengerjakan bagian surat menyurat bisnis
  • Memberikan pembagian gaji kepada setiap karyawan
  • Membuatkan dan menerima faktur dari distributtor (pemasok)

***

Demikianlah mengenai pembahasan contoh biodata diri, dengan contoh biodata diri diatas, kalian bisa langsung untuk mencermati dan memperhatikan dengan baik tulisan, kata, serta penggunaan jenis font dan ukuran pada font-nya.

Tinggalkan komentar