8+ Contoh Makalah | Cover Makalah | Daftar Isi Makalah & Kata Pengantar Makalah [Lengkap]

CONTOH MAKALAH РKali ini saya akan membahas mengenai contoh makalah, cara pembuatan makalah, contoh kata penutup makalah dan masih banyak hal-hal lainnya yang akan dibahas didalam artikel ini.

Umumnya serorang pelajar atau mahasiswa pasti kerap sekali mendapati tugas dari seorang guru atau dosen untuk membuat karya ilmiah atau makalah. Mungkin saja untuk orang yang baru pertama kali membuat makalah didalam proses pembuatannya akan banyak mengalami kesulitan-kesulitan dalam menyusun makalah.

Mungkin di internet ini kalian bisa menemukan atau mendapati contoh makalah yang baik dan benar, selain dari itu di internet juga kalian bisa melihat contoh pembuatan makalah, contoh, contoh cover makalah, contoh kata pengantar makalah, contoh pembahasan makalah dan masih banyak jenis contoh makalah lainnya yang dapat kalian temukan.

Untuk bisa mendapatkan penjelasan yang lebih jelas lagi, informasi-informasi yang akan kami berikan tentang contoh makalah, di kesempatan ini tidak ada salahnya untuk disimak dan juga diperhatikan oleh kalian, karena informasi yang akan kami sampaikan ini merupakan informasi yang sangat penting sekali untuk kita semua.

Adanya contoh makalah ini sangat penting sekali untuk kita, kenapa? Karena banyak sekali diluar sana para pelajar dan mahasiswa yang sering mendapati tugas untuk membuat makalah, maka dari itu kami inisiatafif untuk membuat artikel yang didalamnya membahas mengenai contoh makalah dan contoh-contoh lainnya, sehingga adanya artikel contoh makalah ini bisa membantu kita semua.

Meskipun kerangka makalah ataupun panduan penulisan yang telah diajarkan oleh satu lembaga dengan lembaga lainnya yang berbeda, tidak ada salahnya apabila kita ini ingin menambah pengetahuan tentang informasi contoh makalah berikut ini.

Susunan, format ataupun kerangka makalah yang akan kami sampaikan adalah persoalan yang biasa dipakai atau digunakan untuk penulisan makalah bahasa indonesia. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan yang akan kami sampaikan pada tulisan dibawah ini. Semoga bermanfaat ūüôā

Contoh Makalah yang Benar

contoh makalah
mediamaya.net

Setiap penulisan itu pasti mempunyai yang namanyua petunjuk, dan petunjuk tersebut harus kita ikuti sebagai arahan agar bisa membuat atau menulis dengan baik dan benar. Persoalan ini juga berlaku untuk penulisan sebuah makalah, yang mana pembuatan makalah ini harus mengikuti kerangka seperti yang telah tertulis dibawah ini:

  • Cover Makalah
  • Daftar Isi Makalah
  • Kata Pengantar Makalah
  • Bab I Pendahuluan Makalah
  • Bab II Pembahasan Makalah
  • Bab III Penutup Makalah
  • Daftar Pustaka Makalah
  • Lampiran Makalah

Nah demikianlah pembahasan mengenai contoh makalah dan kerangka makalah, contoh makalah seperti ini bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi ketika kalian sedang mendapati tugas untuk membuat makalah dari masing-masing guru atau dosen kalian.

Contoh Cover Makalah yang Benar

contoh makalah
windowsnesia.com

1. Judul Makalah

Judul makalah adalah persoalan yang sangat penting dan juga langkah awal dalam pembuatan makalah yang harus kita perhatikan. Untuk judul makalah ini diletakkan pada bagian tengah atas halaman. Mengapa? Karena jugul adalah informasi awal yang menjelaskan tentang isi dari makalah tersebut,

Selain dari itu, pemilihan judul juga harus dikerjakan dengan baik dan juga benar.

Terdapat satu persoalan yagi yang mana persoalan ini juga harus kita ingat ketika sedang memilih atau menentukan judul untuk kita gunakan. Font (Tulisan) standar, tulisan standar ini biasanya menggunakan jenis Arial, Times Nowan Roman, atau Calibri. Selain dari itu jangan lupa juga untuk mencetak tebal tulisan pada judul makalah tersebut.

2. Tujuan Makalah

Tujuan makalah ini dapat tulis tempatnya dibawah judul atau pada bagian sub judul. Untuk ukuran huruf tujuan makalah ini lebih kecil lagi apabila dibandingkan dengan ukuran huruf untuk huruf judul. Sebagai contohnya, jikalau ukuran huruf untuk judul makalah ini memakai ukuran 14, namun untuk ukuran huruf tujuan makalah ini memakai ukuran hurf 12.

Selain dari menyamakan ukuran dan jenis huruf, kalian dapat memperhatikan contoh makalah dari penulisan tujuan makalah. Sebagai contoh yang bisa anda pelajari ialah kalian dapat menuliskan tujuan makalah seperti “Makalah ini Disusun Untuk Melengkapi Tugas Sekolah SMA Negeri 1 Sukabumi, Jawa Barat”.

3. Gambar atau Logo Makalah

Logo atau gambar untuk makalah ini ditempatkan atau diletakkan di bagian tengah halaman sampul atau cover makalah. Jikalau meletakkan gambar, kita harus mengusahakan ukuran gambar pada setiap sisinya itu sama. Apabila gambar atau logo yang kalian tambahkan untuk cover makalah dengan ukuran yang berbeda atau tidak sama, logo atau gambar tersebut akan terlihat terulur dan merenggang.

Mengapa demikian? Karena logo atau gambar ini adalah bagian-bagian yang paling terlihat dan paling mencolok, pemilihan warna dan ukuran gambar atau logo harus juga kita perhatikan dengan baik. Sebagai contohnya, kalian bisa melihat contoh cover makalah yang mana biasanya gambar atau logo yang dipakai adalah gambar sekolah.

4. Data Penulis atau Penyusunan Makalah

Informasi mengenai penulisan makalah juga harus kita sampaikan. Sebagai contohnya, jikalau penyusunan atau penulisan makalah mencantumkan lebih dari satu dan dua orang, pada bagian sampul atau cover makalah kalian harus menuliskan nama-nama orang yang ikut hadir dalam makalah tersebut.

Pencantuman penyusunan atau data penulis ini juga dianggap sebagai salah satu syarat penulisan makalah yang baik dan benar. Tujuannya ialah selain memberikan informasi kepada para pembaca, persoalan ini juga akan berguna sekali untuk penyusun itu sendiri supaya tidak diklaim oleh orang yang membaca makalah yang ia buat.

5. Nama Institusi

Selain dari informasi tentang siapa yang telah menyusun, nama instituti  asal juga sangat penting sekali untuk dicantumkan didalam sebuah makalah. Kalian harus mencantumkan nama institusi asal yang letaknya berada dibawah informasi nama penyusun.

Nama institusi asal itu dapat disamakan dengan lokasi atau tempat si penyusun sedang menimbah ilmu.

Sebagai contohnya, jikalau penyusun itu seoarang mahasiswa, nah informasi yang harus dicantumkan itu ialah nama fakultas dan jurusannya. Sedangkan untuk pelajar, informasi institusi yang dicantumkan bisa berupa nama sekolah. Penggunaan ukuran dan jenis penulisan ini sampa dengan penggunaan penulisan pada judul, yakni menggunakan huruf kapital.

6. Tahun Penulisan Makalah

Informasi terakhir yang harus dimasukkan pada sampul atau cover makalah ialah tahun penulisan. Tahun penulisan itu juga perlu dicantumkan pada bagian cover, tujuan dari mencantumkan tahun penulisan sendiri supaya memudahkan para pembaca untuk mengetahui waktu dan penyusunan makalah tersebut.

Contoh Makalah (Daftar Isi)

contoh makalah
bagibae.blogspot.co.id

Daftar isi adalah bagian penting didalam sebuah karya tulis se[erti laporan, makalah, skripsi dan jenis karya tulis lainnya. Dalam daftar isi ini, biasanya penyusun ini menjelaskan mengenai tema pembahasan pada setiap halaman atau bab yang ada.

Karena itulah daftar isi didalam sebuah makalah ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah makalah.

Kegunaan dari daftar isi ini tidak hanya berguna untuk memudahkan para pembaca memahami dan mengerti dari topik pembahasan materi yang dimuat didalam setiap bagian atau halaman makalah. Adanya daftar isi ini memperlihatkan penataan makalah yang lebih baik, lebih rapih, lebih tertata, dan lebih sistematis.

Lantas, bagaimana apabila tidak ada  halaman daftar isi didalam sebuah makalah? Meskipun isi dari makalah tersebut sudan nampak bagus dan sangat berwawasan sekali, akan tetapi jikalau tidak adanya daftar isi dapat menjadikan kekurangan tersendiri untuk kualitas karya tulis atau makalah itu tersendiri.

Supaya ketika dibaca oleh para pembaca selalu terlihat rapih, mudah dimengerti, dipahami dan juga profesional, kalian harus benar-benar yang namanya untuk memperhatikan bagian-bagian penting yang terdapat didalam penulisan daftar isi ini. Salah satunya ialah memperhatikan aturan atau kaidah dalam penulisan daftar isi.

Lantas, bagaimana sih cara penulisan daftar isi yang baik dan benar untuk sebuah makalah? Kalian semua dapat memperhatikan info kumpulan contoh makalah dan contoh daftar isi makalah yang tertera dibawah ini.

Contoh Daftar Isi Makalah Bahasa Indonesia

contoh makalah
plimbi.com

Berikut dibawah ini adalah contoh daftar isi makalah bahasa indonesia yang baik dan benar.

Daftar Isi

Kata Pengantar ……………………………………………………………………….i

Daftar Isi …………………………………………………………………………………..i

Bab I Pendahuluan …………………………………………………………………1

A. Latar Belakang ……………………………………………………………………1

B. Rumusan Masalah ……………………………………………………………..2

C. Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….3

D. Manfaat Penelitian …………………………………………………………….3

 

Bab II Kerangka Berfikir dan Tinjauan Pustaka ………………………..4

A. Tinjauan Pustaka ……………………………………………………………………4

B. Kerangka Berfikir ……………………………………………………………………5

 

Bab III Pembahasan Hasil Peninjauan ………………………………………….6

A. Kesalahan Fornologi ………………………………………………………………..6

B. Kesalahan Morfologi ………………………………………………………………..10

C. Kesalahan Sintaksis …………………………………………………………………..11

D. Kesalahan Leksikon …………………………………………………………………..11

 

Bab IV Kesimpulan dan Saran ………………………………………………………….12

A. Kesimpulan ……………………………………………………………………………………..12

B. Saran ………………………………………………………………………………………………..12

Daftar Pustaka …………………………………………………………………………………….13

Contoh Makalah (Kata Pengantar yang Baik dan Benar)

contoh makalah
saatsantai.com

Bagian pada kata pengantar ini biasanya diawali dengan salam pembuka dan salam sapaan. Kemudian, isi kata pengantar yang disampaikan itu berupa ulasan tentang judul atau tema yang dipilih untuk dibahas oleh sang penulis. Ulasan tentang alasa-alasan itu disampaikan secara singkat saja.

Bagian akhir dari daftar isi ini diakhiri dengan tanda tangan si penulis makalah. Selain penjelasan isi makalah, kalian sebagai penulis juga harus dapat menambahkan ungkapan-ungkapan kata seperti sebuah harapan, ataupun kritik dan manfaat makalah yang dibuat kepada pembaca.

Terdapat beberapa persoalan yang harus kalian perhatikan ketika sedang menyusun kata pengantar ialah keteraturan dan kerapihan susunan kalimat dan juga penerapan tata bahasa yang baik dan juga tata bahasa yang benar. Dengan demikian, si pembaca akan mudah memahami dan mengerti makana atau maksud yang dituju dari isi makalah tersebut.

Oh iya, kalian dapat memperhatikan atau menyimak contoh bagian kata pengantar berikut dibawah ini:

“Puji sukur atas kehadiran Allah SWT yang mana Allah SWT telah memberikan nikmat iman, nikmat islam, nikmat kesehatan dan juga selalu memberikan keberkahan dan rahmat kepada kami. Tak lupa juga untuk memberikan Shalawat serta salam yang selalu tercurahkan dalam setiap doa kepada junjungan kita, yakni Rasulullah SAW, yang mana Rasulullah SAW ini telah membawa kita dari jaman kegelapan hingga jaman terang benderang seperti halnya sekarang ini.

Berkat limpahan dan rahmatnya beliau kepada kami, kami bisa menuntaskan tugas makalah ini yang bertujuan untuk menyelesaikan kewajiban tugas sekolah Agama Islam.

Agama adalah sistem kepercayaan didalam kehidupan manusia yang bisa dikaji melewati berbagai sudut pandang. Islam merupakan salah satu agama yang  sudah berkembang kurang lebih selama empat belas abad lebih yang masih menyimpan banyak masalahg yang sampai saat ini perlu kita cermati, baik itu mencangkup ajaran dan pemikiran keagamaan ataupun politik, realitas sosial, ekonomi dan kehidupan.

Dalam pembentukan materi atau tugas ini, tidak sedikit halangan-halangan yang dihadapi oleh penulis. Akan tetapi penulis menyadari bahwa proses kelancaran dalam pembuatan tugas ini tidak lain adanya bantuan, bimbingan, dan dorongan dari kedua orang tua, sehingga hambatan-hambatan yang dihadapi oleh penulis ini bisa teratasi dengan sendirinya.

Dibuatnya makalah ini supaya pembaca bisa memperluas atau menambahkan wawasan ilmu mengenai kaitan adab kerja bangsa Jepang dan Islam, yang kami sediakan ini berlandaskan peninjauan dari berbagai macam sumber referensi, sumber informasi, dan berita.

Makalah ini dibuat oleh penyusun, yang mana penysusun ketika membuat dan menyusun makalah ini dihalangi oleh berbagai macam rintangan, baik itu yang awal mulanya datang dari diri penyusun ataupun yang dari luar penyusun.

Akan tetapi penulis dan penyusun makalah ini menghadapi rintangan-rintangan tersebut dengan penuh rasa kesabaran dan yang paling utama ini adanya pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah tugas makalah tentang Agama Islam ini bisa diselesaikan dan dituntaskan tepat pada waktunya.

Semoga adanya makalah ini bisa memberikan wawasan lebih luas lagi dan juga menjadi sebuah sumbangan pemikiran kepada para pembaca dan khususnya untuk para mahasiswa Universitas Pakuan.

Saya menyadari bahwa isi atau kata dari makalah ini masih banyak kekurangan-kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, kepada bapak/Ibu dosen pembingbing kami, kami meminta sedikit kritikan dan sarannya guna untuk memperbaiki pembuatan makalah di masa yang akan datang.

Selain dari Bapak/Ibu dosen, kamipun mengharapkan adanya kritikan dan sarang dari para pembaca makalah kepada kami”.

Bogor, Septempber 2017

Penyusun

Nah, demikianlah contoh kata pengantar yang baik dan benar, contoh kata pengantar ini bisa kalian jadikan sebagai referensi tugas kalian ketika kalian mendapati tugas untuk membuat Contoh Makalah yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan membantu ya.
Baca juga artikel contoh cerpen 

Contoh Pendahuluan Makalah

contoh makalah
cnet.com

Beirikut dibawah ini ialah kerangka untuk halaman atau bagian pendahuluan makalah yang terdiri dari:

  • Latar Belakang
  • Rumusan Makalah
  • Tujuan Makalah
  • Manfaat makalah

Kalian semua dapat memperhatikan Contoh Pendahuluan Makalah yang tertulis dibawah ini.

Anda bisa menyimak Contoh Pendahuluan Makalah berikut:

Contoh Pendahuluan Makalah Tema Narkotika/Narkoba

contoh makalah
luthfan.com

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 

Makalah ini akan saya tujukan khususnya untuk lingkungan para remaja, genarasi muda yang akan datang dan para pelajar yang tidak lain ialah sebagai penerus generasi bangsa supaya kita semua mengenali betapa bahayanya ketika kita salah atau penyalahgunaan narkoba dan narkotika untuk kesehatan tubuh kita dan efeknya kepada lingkungan sosial.

Berhubung dengan perkembangan informasi yang amat sangat begitu cepat yang selain dari sifat positif tentu saja pastinya ada juga dari sisi negatid yang apabila tidak kita filter dari informasi yang sampai kedalam tengah-tengah kehidupan masyarakat tertuama teruntuk kalangan atau lingkungan para remaja dan lingkungan para generasi muda.

Salah satu contoh sisi negatif dari kemajuan atau perkembangan informasi tadi ialah semakin gampang untuk menyebar luaskan peredaran narkotika sampai ke daerah plosok-plosok bahkan saat ini peredaran narkoba itu sudah sampai di lingkungan sekitar pendidikan yang mana lingkungan pendidikan ini adalah tempat belajar dan pembelajaran pemuda untuk menciptakan sosok pemuda yang kreatif, pintar, cerdas dan juga memiliki akhlak.

Narkotika dan Narkoba saat ini menjadi sebuah persoalan yang kompleks karena tidak hanya mengancam para pelakunya, namun juga memiliki dampak negatif di sekitar lingkungan sosial dan semakin meningkatnya tingkat kriminalitas yang disebabkan perngaruh dari zat-zat narkotika.

1.2 Tujuan Penulisan

  • Sebagai tempat sosialisasi dan juga informasi mengenai bahaya dalam penyalahgunaan narkotika dan narkoba untuk kesehatan dan efek negatidnya kepada lingkungan sosial.
  • Sebagai referensi untuk siswa dan siswi dalam membuat makalah bahasa Indonesia maupun membuat makalah yang didalamya membahas mengenai betapa bahayanya narkoba guna untuk menyelesaikan tugas sekolah.

1.3 Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari penulisan makalah ini ialah melingkungi bagian-bagian mengenai narkoba dan bahanya narkoba untuk kesehatan manusia dan juga dampak negatid kepada lingkungan sosial masyarakat.

1.4 Sumber Data

  • Referensi tentang pengertian dan juga jenis-jenis narkoba
  • Referensi tentang bahanya narkoba untuk kesehatan dan para generasi-generasi muda

1.5 Metode

Metode-metode yang dipakai ketika berlangsungnya penulisan makalah ini ialah dengan memakai metode-metode tinjauan dari beberapa sumber yang masuk dalam persoalan masalah narkoba dan juga pada lingkungan sosial.

Contoh Pendahuluan Makalah Pendidikan

contoh makalah
academicindonesia.com

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang 

Sebagai Negara yang besar dan juga dengan sumber daya alamnya yang sangat melimpah, pada dasarnya Negara Indonesia ini mempunyai cikal bakal potensi yang besar untuk menjadi sebuah bangsa yang besar dan maju, bermatabat dan juga lebih baik lagi dari saat ini.

Namun, itu semua bisa atau akan terwujud dengan adanya dukungan dari sumber daya mansia yang sangat berkualitas, kreatif dan juga mempunyai visi dan misi yang sangat jelas dan memang tertuju demi kemajuan bangnya.

Untuk melengkapi tujuan terbentuknya sumber daya manusia yang memiliki kualitas tinggi tentunya pendidikan itulah salah satu faktor terpenting yang tidak akan bisa untuk dipisahkan.

Persoalan ini sama dengan UU No 20 Tahun 2003 mengenai sebuah sistem pendidikan nasional di pasal 3 yang didalamnya mengatakan bahwa pendidikan nasional ini sangat  berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan juga membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan utama dari pendidikan nasional ini tidak hanya saja membuat atau mencetak sumber daya manusia yang cerdas, namun bisa atau memiliki kemampuan untuk mencetak kepribadian yang memiliki karakter baik, berakhlak, kreatif, memumpunyai visi misi yang jelas dan juga senantiasa bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

Kesuksesan manusia tidak akan pernah lepas dari potensial yang dipunyai oleh orang tersebut, potensi dalam artian tidak saja hanya berbincang mengenai skil, namun meliputi atau mencakup kemampuan seseorang untuk mengimplementasikan potensi-potensi yang dimiliki untuk orang-orang banyak dan kemampuan dalam mengatur diri sendiri dan juga orang lain.

Menurut penelitian di Harvard University Amerika Serikat (Ali Ibrahim Akbar, 2000) menyatakan bahwa kemampuan teknis hanya mengasihi sebuah kontribusi sekitar 20% kepada keberhasilan seseorang, akan tetapi selebihnya bisa mencapai sekitar 80% keberhasilan seseorang ditentukan oleh Soft Skill dalam artian karakteristik seseorang mempunyai ukuran yang lebih besar untuk dijadikan tolak ukur kesuksesan seseorang.

Yang perlu kita ketahui tentang karakteristik ialah, karakteristik sesroang ini dangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan karakter yang sudah ia serap.

1.2 Rumusan Masalah 

Penulis sudah menyusun beberapa macam masalah yang akan disampaikan didalam makalah ini yang tujuannya adalah sebagai batasan dalam pembahasan bab isi. Dibawah ini terdapat beberapa masalah yang akan dibahas oleh para penulis:

  1. Apa pengertian mengenai pendidikan karakter?
  2. Bagaimana contoh program pendidikan karakter?
  3. Bagaimana peranan pendidikan karakter dalam membentuk dan membangun kemajuan bangsa.

1.3 Tujuan Penulisan 

Menurut dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penulisan makalah ini ialah sebagai berikut:

  • Untuk mengetahui tentang apa itu pendidikan karakter
  • Untuk mengetahui contoh dari program pendidikan karakter
  • Untuk mengetahui betapa pentingnya peran pendidikan karakter ketika sedang membentuk kemajuan bangsa.

Contoh Pendahuluan Makalah Kenakalan Remaja

contoh makalah
amazonaws.com

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring berjalannya waktu semakin tumbuh juga perkembangan remaja yang mana pada zaman seperti sekarang ini sudah tidak akan bisa lagi dibangga-banggakan. Kenakalan seorang remaja yang sering terjadi pada akhir-akhir ini sudah berada di tingkatan kriminalitas yang akibatnya tidak hanya pada pelaku dan korban saja.

Akan tetapi dampak tersebut akan meliputi bagian-bagian lingkungan dan aspek sosial seperti pemerkosaan, tawuran yang dilakukan oleh para pelajar Sekolah Menengah Keatas, penggunaan baang haram seperti narkoba, pengerusakan fasilatas umum dan masih banyak dampak-dampak negatif lainnya.

Seorang remaja yang seharusnya mereka ini menjadi seorang generasi penerus bangsa, akan tetapi saat ini tidak bisa untuk menjadi sebuah jaminan dalam kemajuan Negara dan Bangsa. Kenapa seperti itu? Karena tingkah laku dan prilaku mereka lebih condong kepada hal-hal negatif.

Sungguh sangat disayangkan sekali apabila remaja pada zaman seperti saat ini tidak bisa untuk menjadi generasi penerus bangsa, sedangkan Bangsa dan Negara ini sangat membutuhkan sesosok generasi muda yang pintar, cerdas, kreatif, memiliki perilaku yang santun, dan memiliki akhlak yang mulia.

Namun, saat ini sangat disayangkan sekali bahwa remaja-remaja yang apabila dia tidak didik, dibina dan diberikan sebuah arahan yang baik, tidak memungkiri bahwa dalam jangka waktu 20 tahun kedepan bangsa dan Negara ini akan miskin sesosok pemimpin yang kreatif, intelek dan berahlak mulia.

Setiap remaja sekarang ini selalu gampang dalam melakukan perubahan kehidupan dan perubahan sosial dengan mengangkat kehidupan atau budaya luat kedalam kehidupan sehari-harinya tanpa adanya filter terlebih dahulu.

Meningkatnya kenakalan remaja pada zaman sekarang ini ialah salah satu dari akibat tempat atau media informasi, yakni program-program siarang telivisi yang dinilai oleh orang-orang yang berwawasan tinggi kurang memberikan suatu nilai edukatif untuk para remaja.

Persoalan para remaja bukan hanya menjadi suatu tanggung jawab setiap orang tua masing-masing dan juga lembaga pendidikan, namun semua elemen memang mempunyai nilai tanggung jawa yang sama untuk merubah dan memperbaiki tingkah laku dan prilaku para remaja sehingga persoalan dan permasalahan kenakalan remaja ini tidak sampai berlarut-larut.

1.2 Rumusan Masalah 

Menurut rumusan problem atau masalh diatas maka tujuan utama dari penulisan makalah ini ialah:

  • Benar-benar memahami arti dari kenakalan para remaja
  • Mengetahui penyebab utama dari kenakalan para remaja
  • Menemukan solusi yang tepat untuk mengehentikan kenakalan para remaja

1.3 Sumber Data 

Tinjauan pustaka mengenai kenakalan remaja dari internet dan literatur.

Contoh Pembahasan Makalah

contoh makalah
randolphusa.com

Halaman atau bagian bab pembahasan ini menyatakan hasil peninjauan baik itu berwujud seperti wawancara, hasil eksperimen laboratorium, observasi lapangan dan berbagai macam hasil lainnya. Ulasan tentang hasil penilitian tersebut dapat disampaikan setara dengan poin-poin rumusan masalah yang biasanya disampaikan di bagian bab I.

Untuk keterangan lebih jelasnya, kalian semua dapat langsung menyimak dan memperhatikan pembahasan dibawah ini dengan sungguh, karena contoh makalah ini dan contoh pembahasan dalam makalah seperti ini sangat penting sekali untuk kita semua, maka dari itu mari kita simak yang akan disampaikan berikut ini.

BAB III

PEMBAHASAN

A. Definisi Marathon 

Marathon adalah salah satu cabang dari olahraga atletik. Maraton ialah olahraga lari jarak jauh yang mana jarak tempuh tersebut ditentukan, yaitu 21.150 KM untuk setengah marathon, dan 42.459 KM untuk seluruh marathon.

Lantas bagaimana asal mula sejarah dari marathon? Marathon ini awalnya berasal dari sang legenda yang bernama Pheidippides, ia adalah seorang pesuruh dari Yuanani. Legenda ini mengatakan bahwa beliau dikirim dari medan perang untuk Marathon ke wilayah Athena untuk memberikan suatu pengumuman bahwa bangsa Persia sudah berhasil dikalahkan pada pertempuran Marathon, yang mana pertempuran tersebut terjadi di tahun 490.

Disitu ada sedikit perdebatan mengenai keakuratan sejarah dari marathon ini, Herodotus ini ialah sejarawan yang berasal dari Yunani sebuah objek utama untuk Perang Yunani dan Persia. Mengatakan Pheidippides sebagai pesuruh yang berlari dari Athena ke Sparta untuk memintakan sebuah bantuan, dan setelah itu berlari kembali untuk pulang.

Mengatakan bahwa Pheidippides adalah sebagai seorang pesuruh yang berlari dari Athena ke Sparta untuk meminta bantuan, dan setelah itu langsung berlali kembali untuk pulang yang jarak tempuh perjalanannya lebih dari 240 KM (150mil) hanya sekali jalan.

B. Teori Gerakan Lari Marathon 

Dasar-dasar gerakan dasar lari bisa dilakukan dengan cara:

  • Maju, mundur dan ke samping.
  • Di arena atau lintasan lurus atau juga lintasan yang berliku-liku.
  • Cepat dan tidak cepat (lambat).
  • Tanpa suara atau suara gadung.
  • Menurun atau Mendaki.
  • Menuruni tangga atau menaiki tribun.
  • Berpasangan, sendirian dan berkelompok.
  • Melawan anak-anak lain atau bersama anak-anak lain.
  • Memakai alat bantu atau tidak menggunakan alat bantu.
  • Melewati seluruh rintangan yang ada.
  • Memakai lapangan rumput, lapangan atau lintasan.
  • Kebun, hutan atau jalan.
  • Dan lain sebagainya.

Lari juga termasuk kedalam sebuah kategori keterampilan gerak siklis. Tujuan utama dari lariialah menempuh suatu jarak tertentu, tanpa rintangan atau melewati rintangan secepat mungkin.

Gerakan Lari 

Gerarak lari ialah gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan tangan. Sedangkan bagian-bagian lainnya yang memang sangat perlu sekali untuk diperhatika ketika sedang berlari ialah kecondongan postur tubuh atauh badan disesuaikan dengan type atau jenis lari, harmonisasi gerakan tangan dan kaki, dan juga pengaturan napas.

Sementara hal yang paling menentukan kecepatan lari seseorang itu ialah dari panjangnya langkah kaki yang dilangkahkan oleh orang itu. Langkah kaki ini terdiri dari tahapan menumpu dan tahapan melayang, sementara gerakan kaki dimulai dari tahapan menumpu yang kemudian mendorong kaki. Sedangkan dengan kaki ayun ini mengerjakan pemulihan dan gerakan ayunan

C. Peraturan Wasit didalam Marathon 

Juri atau petugas dalam lomba marathon ini terdiri dari:

  • Starter, yakni seorang petugas yang memberangkatkan dan memulaikan para pelalir.
  • Pengawas arena atau lintasa, yakni petugas yang beridiri di tempat-tempat tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Juri kedatangan, yakni petugas yang tugasnya hanya mencatan kedatangan pelari utama sampai dengan kedatangan pelari akhir dan juga bertugas untuk menentukan urutan kejuata atau rangking.
  • Timer, yakni seorang petuhas yang bertugas untuk mencatat waktu.
  • Juri pencatat hasil, yakni petugas yang bertugas hanya mencatatkan hasil sesudah pelari masuk kedalam garis fisnish.

Contoh Penutup Makalah (Contoh Makalah)

contohn makalah
thehealthjournals.com

Halaman penutup makalah ini umumnya hanya berisi dua pesoalan, yakni kesimpulan yang menyatakan hasil dari pemecahan masalah yang sudah disampaikan didalam makalah ini.

Saran, saran adalah yang memberikan sebuah rekomendasi tentang persoalan-persoalan yang ada kaitannya dengan isi makalah.

Berikut dibawah ini kalian bisa menyimak contoh makalah dan contoh penutup makalah yang baik dan benar:

3.1 Kesimpulan 

Dari penjalasan yang ada di atas, penulis bisa menanggapi bawha sesuai dengan makalah “Pemakaian Bahasa Baku dalam Junalistik” penulis menanggapi bahwa bahasa dalam junalistik tidak diwajibkan memakai satu bahasa, akan tetapi bisa juga dengan cara memadukan dengan bahasa-bahasa lain dengan pemakaian yang tepat.

Bahasa Indonesia bisa dimajukan atau dikembangkan dengan disamakan dengan bahasa melayu ataupun bahasa asing lainnya didalam penerapan di dunia jurnalistik.

3.2 Saran 

Penilis menyadari bahwa penulis masih sangat jauh sekali dari kata-kata sempurna, untuk kedepannya penulis akan lebih jelas dan lebih fokus lagi dalam menerangkan penjelasan mengenai makalah diatas dengan sumber-sumber yang lebih lengkap dan lebih banyak lagi, dan tentunya bisa untuk dipertanggung jawabkan.

Untuk saran yang akan kalian berikan kepada penulis, bisa berupa kritikan-kritikan dan saran-saran kepada penulis guna untuk menyimpulkan kepada kesimpulan dari pembahasan makalah yang sudah dijelaskan didalam makalah. Untuk bagian-bagian akhir dari makalah ialah daftar pustaka.

Di kesempatan seperti saat ini tidak akan saya sia-siakan untuk menjelaskan mengenai daftar pustaka makalah.

Contoh Makalah, Kata Penutup Makalah yang Baik dan Benar #1

contoh makalah
sahabatnesia.com

Sekain yang bisa saya berikan tentang materi yang selalu menjadi pembahasan didalam makalah ini, tentunya didalam pembuatan contoh makalah ini terdapat banyak sekali kekurangan-kekurangan dan juga kelemahan-kelemahan ilmu dikarenakan terbatasnya tentang pengetahuan, kurangnya referensi yang telah kami dapati hubungannya dengan makalah ini.

Tentunya, penulis sangat banyak-banyak berharap sekali kepada para pembaca yang sudah mau rela mengorbakan waktunya untuk membaca dari contoh makalah ini untuk memberikan sebuah kritikan dan juga saran kepada penulis, sehingga diwaktu yang akan datang penulis akan bisa lebih baik lagi dalam pembuatan makalah dan contoh makalah.

Semoga adanya makalah ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi para penulis dan juga para pembaca.

Nah, itulah contoh makalah yang menulas tentang bagiamana memberikan kata penutup makalah yang baik dan benar. Contoh makalah ini juga bisa kalian jadikan sebagai referensi ketika kalian mendapati tugas dari seorang guru untuk membuat makalah yang baik dan benar.

Contoh Makalah, Penutup Makalah yang Baik dan Benar #2

contoh makalah
sarungpreneur.com

Sekian makalah yang telah kami susun, semoga bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan untuk para pembaca.

Kami selaku penulis dari makalah ini memohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila didalam pembuatan makalah ini tedapat kalimat atau kata-kata yang sulit untuk dimengerti, karena kami hanyalah seorang manusia biasa yang tidak luput dari segala kekurangan dan kesalahan.

Selain itu, kami pun selalu mengharapkan adanya kritikan dan juga saran dari para pembaca guna kesempurnaan dari contoh makalah ini. Sekian penutup dari kami, semoga bisa diterima dan juga kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Contoh Daftar Pustaka Makalah

contoh makalah
hidupsimpel.com

Daftar pustaka ialah bagian akhir dari sebuah makalah yang didalamnya berisi mengenai referensi atau juga berisi tentang sumber pustaka acuan untuk sebuah makalah yang akan ditulis. Jikalau kalian ingin mengetaui contoh dari daftar pustaka yang baik dan benar, kalian bisa melihat gambar diatas ini.

***

Sekian artikel yang membahas mengenai contoh makalah yang baik dan benar dan juga sesuai dengan standart pendidikan, mudah-mudahan contoh makalah ini bisa menjadi bahan referensi dan bahan acuan dalam pembuatan makalah kalian.

Contoh Makalah

Tinggalkan komentar