Koleksi Kumpulan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap dengan Pengertiannya

CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI – Paragraf argumentasi ini hampir memiliki kesamaan dengan paragraf eksposisi. Ada sedikit persoalan yang membedakan paragraf argumentasi dengan paragraf eksposisi, yang membedakan kedua paragraf tersebut ialah paragraf argumentasi ini lebih bekerja untuk membuat yang membacanya meyakini tentang apa yang sedang dibaca oleh mereka.

Sementara paragraf eksposisi sendiri hanya memberi sebuah informasi saja tanpa memaksakan orang yang membaca untuk meyakininya.

Paragraf argumentasi ialah suatu paragraf yang ide utamanya dengan menjelaskan sebuah penjelasan, pembahasan, pendapat, dan ide-ide atau gagasan pribadi penulis. Adanya tujuan dari paragraf argumentasi yakni untuk meyakinkan dan juga memberi pengaruh positif kepada pembaca agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat yang dimiliki oleh penulis.

Supaya tujuannya dapat tergapai, paragraf argumentasi ini patut disertakan dengan kenyataan atau fakta-fakta sesungguhnya atau nyata seperti hasil, data, pencarian, contoh, ahli, teori, dan masih banyak bagian-bagian lain sebagainya.

Persoalan ini digerakkan untuk membenarkan sebuah pendapat yang dijelaskan didalam isi paragraf tersebut, sehingga pendapat yang kalian berikan tidak hanya sekedar omong kosong saja dan juga orang-orang yang membacanya akan menganggapnya yakin dan juga satu pendapat atau satu pemikiran dengan kalian.

Berikut dibawah ini akan ada sedikit pembahasan, yang mana pembahasan itu dimulai dari pembahasan tentang pengertian paragraf argumentasi, ciri-ciri atau jenis paragraf argumentasi, dan terakhir ini akan dilengkapi dengan pembasan mengenai contoh paragraf argumentasi yang bisa kalian pelajari dan pahami.

Pengertian Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
studioznak.net

Paragraf argumentasi ialah suatu paragraf yang didalamnya terdapat ide utama yang dikembangkan dengan mengulas mengenai adanya pendapat, pokok, ulasan-ulasan, dan menjelaskan tentang ide-ide pribadi yang dimiliki oleh penulisnya.

Tujuan utama dari paragraf argumentasi itu ialah untuk memberikan sebuah keyakinan yang tinggi dan juga memberikan sebuah pengaruh terhadap pembaca supaya si pembaca memiliki sebuah pendapat atau sebuah pemikiran yang sama dengan pendapat dan pemikiran penulis.

Agar tujuan dapat tergapai, paragraf argumentasi ini patut di ikut sertakan dengan kenyataan-kenyataan atau fakta-fakta sesungguhnya misalkan contoh kecilnya seperti dari hasil research, data, contoh, dan juga teori para ahli dan masih banyak hal-hal lainnya.

Persoalan ini diadakan untuk memperkuat pendapat-pendapat yang dijelaskan didalam isi paragraf tersebut, sehingga pendapat-pendapat yang kalian keluarkan tidak hanya sekedar omong kosong belaka dan juga para pembaca bakal merasa yakin dan pada akhirnya para pembaca pun akan sependapat dan sepemikiran dengan penulis.

Ciri-Ciri dari Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
deweezz.com

Berlandaskan penjelasan atau ulasan tadi di atas, sebuah paragraf bisa dikatakan dengan sebutan paragraf argumentasi jikalau isi dari paragraf itu mempunyai ciri-ciri seperti yang ada dibawah ini:

  • Didalam paragraf berisikan tentang pandangan, pendapat dan keyakinan si penulis kepada suatu permasalahan
  • Mempunyai data yang nyata dan juga dipakai untuk memberi keyakinan kepada para pembaca
  • Melepaskan sebuah permasalahan dengan cara menganalisa dan juga memberikan sebuah analogi
  • Diakhiri dengan kesimpulan yaitu berwujud pendapat yang lebih luas dan bukan merupakan suatu penegasan ulang pada topik atau pembahasan utama.

Jenis-Jenis Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
contohparagraf.net

Paragraf argumentasi ini dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni berlandaskan dengan cara membabarkan pembahasan atau topik utama, yaitu paragraf argumentasi akibat dan sebab, dan juga paragraf argumentasi sebab dan akibat.

Berikut dibawah ini ada penjelasan tentang masing-masing dari jenis-jenis paragraf:

1. Paragraf Argumentasi Sebab dan Akibat

Paragraf argumentasi sebab dan akibat ini awalnya diawali atau dimulai dengan adanya suatu pendapat yang mana pendapat itu merupakan salah satu dari sebab-sebab permasalahan tertentu dan pada akhirnya diarahkan kepada satu kesimpulan umum serta merupakan salah satu penyebab dari sebab-sebab tersebut.

2. Paragraf Argumentasi Akibat dan Sebab

Paragraf argumentasi akibat dan sebab ini diartikan sebagai kebalikannya dari pembentukan atau pembangunan paragraf argumentasi dan mempunyai sistem sistem sebab dan akibat. Mengenai paragraf argumentasi akibat dan sebab awal mula pembentukannya diawali dari memberikan sebuah penjelasan keadaan dan juga merupakan penyebab atau akibat dari adanya sebuah permasalahan.

Berikut dibawah ini akan ada beberapa contoh paragraf argumentasi yang bisa kalian pelajari. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan tentang contoh-contoh paragraf argumentasi ini. Selamat menyimak 🙂

Contoh Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
pandaibesi.com

Nah, sesudah mengetahui dan memahami pengertian paragraf argumentasi, ciri-cirinya, dan juga jenis-jenis paragraf argumentasi sekarang saatnya kalian semua untuk belajar membuat contoh paragraf argumentasi secara langsung. Kenapa? Masih bingung?

Tenang saja, kalian tidak usah merasa khawatir dan juga takut untuk mencoba membuatkan contoh paragraf argumentasi ini, karena disini saya selaku penulis akan sedikit memberikan contoh-contoh paragraf argumentasi yang bisa kalian pelajari dan juga bisa kalian jadikan sebagai referensi kalian.

Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng pembahasan tentang contoh paragraf argumentasi ini. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat 🙂

1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah

contoh paragraf argumentasi
memecomic.id

Sekolah SMA negeri 1 ini berhasil mendapatkan sebuah penghargaan sebagai salah satu sekolah terbaik yang berada di daerah Kota Sukabumi. Di SMA Negeri 1 ini terdapat banyak sekali murid-murid yang berprestasi tinggi, maka dari itu SMA Negeri 1 Sukabumi ini berhasil meraih sebuah penghargaan sebagai salah satu sekolah terbaik di Kota Sukabumi.

Adanya persoalan seperti ini sangat terbukti dengan adanya para pemenang-pemenang sebuah olimpiade yang berhasil dari SMA Negeri 1 ini. Bukan hanya itu saja, prestasi-prestasi bisa membangun lainnya selain dari bidang ekonomi bisnis, ada juga bagian-bagian lainnya yang juga ikut berprestasi misalkan seperti matematika, fisika dan bidang olahraga.

Tahun lalu, SMA Negeri 1 ini mengirimkan 20 pemain basket sebagai perwakilan dari SMA Negeri 1 sukabumi untuk melakukan pertandingan basket di salah satu sekolah ternama di wilayah Kota Bandung yaitu SMA Negeri 3 Bandung.

2. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

contoh paragraf argumentasi
qureta.com

Di era seperti saat ini, pendidikan atau pembelajaran di Negara Indonesia ini masih sangat tertinggal sangat jauh apabila dibandingkan dengan pendidikan-pendidikan di Negara lain yang telah diberikan kepada masyarakat dan penduduknya.

Malahan mengenai masalah pendidikan, negara Indonesia sendiri tentunya masih kalah dengan negara-negara tetangga, diantaranya seperti negara Singapore dan negara Malaysia.

Munculnya persoalan seperti ini dapat kita pandang dari banyaknya jumlah masyarakat atau penduduk mereka yang dapat mengunyah-ngunyah pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi (kuliah). Sementara negara Indonesia ini, nominal atau jumlah dari masyarakatnya sendiri yang pernah merasakan yang namanya pendidikan saja masih tertinggal lumayan cukup dengan negara-negara lainnya.

Apalagi dengan daerah-daerah yang masih terbilang pelosok, misalkan seperti daerah Papua, NTB, NTT, dan masih banyak lagi daerah-daerah pelosok lainnya yang pendidikannya tertinggal sangat jauh sekali.

Tertinggalnya sebuah pembelajaran atau pendidikan di wilayah-wilayah tersebut diakibatkan tidak seimbangnya pendidikan yang ada di negara Indonesia ini. Sangat disayangkan karena pemerintah hanya membangun dan membentuk fasilitas-fasilitas pendidikan seperti Sekolah hanya di daerah perkotaan saja.

Padahal daerah-daerah pelosok pun sangat penting sekali adanya sekolah, karena adanya sekolah di daerah pelosok ini bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran dan pendidikan anak-anak muda generasi bangsa selanjutnya.

Bukan hanya itu saja, karena keterbatasannya jumlah guru-guru atau pengajar yang ada pada daerah tersebut juga ikut serta dalam menyumbang semakin banyaknya ketertinggalan akses pendidikan-pendidikan untuk daerah tersebut.

Alhasil, pendidikan di negara Indonesia ini menjadi tidak seimbang dan juga merata sehingga dengan persoalan tersebut pendidikan yang ada di negara Indonesia ini tidak bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

contoh paragraf argumentasi
obatrindu.com

Saat ini musim kemarau merupakan musim kemarau yang sangat parah. Selama 6 bulan lamanya hujan pun tidak kunjung turun yang mengakibatkan tanah-tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut penelitian BMKG bahwa BMKG ini telah memprekdisikan tahun sekarang ini hujan akan turun ketika pada awal bulan depan.

Jikalau persoalan ini terjadi, maka dapat dipastikan juga kejadian musim kemarau pada tahun ini bukanlah kemarau biasa, mengapa? Karena terjadinya kemarau ini melebihi batas normal, yakni 7 bulan lamanya.

Sementara menurut data yang telah di teliti oleh BMKG pada tahun lalu, musim kemarau ini akan terjadinya hanya selama 5 bulan saja. Dengan adanya persoalan seperti itu banyak para petani-petani yang merugi karena gagalnya panen padi yang diakibatkan kurangnya air yang mengalir di ladang atau persawahan mereka.

Tinggalkan komentar