Contoh Paragraf Deduktif | Pengertian Lengkap dengan Ulasannya [Baabun]

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF РParagraf adalah suatu bagian yang ada didalam artikel atau karangan yang didalamnya berisikan mengenai kumpulan-kumpulan kalimat, dan pada setiap kalimat itu mempunyai satu kalimat utama yang diiringi juga dengan beberapa kalimat penjelasan.

Ternyata didalam paragraf ini ada dua jenis paragraf yang berdasarkan dengan letak pada kalimat utama, jenis paragraf yang pertama ialah paragraf deduktif dan jenis paragraf yang kedua ialah paragraf induktif. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas seperti apa sih contoh paragraf deduktif itu?

Di seluruh penghujung dunia pasti ada yang namanya pelajaran bahasa, misalkan seperti Negara Indonesia yang disetiap masing-masing sekolah pasti akan mempelajari Bahasa Indonesia, pastinya didalam pelajaran Bahasa Indonesia itu akan membahas mengenai paragraf, contoh paragraf deduktif misalnya.

Melalui pengertian atau pemahaman yang mendalam tentang berbagai macam jenis paragraf dan khususnya untuk paragraf deduktif ini bisa memberi kemudahan untuk kita dalam mencari ini dari suatu kalimat yang ada.

Selain itu, untuk teman-teman semua yang memang suatu saat nanti kalian ingin menulis atau mengarang sebuah cerita yang sudah memahami ciri-ciri dan contoh paragraf deduktif ini akan memudahkan kita ketika sedang mengerjakannya.

Maka dari itu sebelum kalian menulis atau mengarang sebuah cerita alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu paragraf deduktif, bagaimana contoh paragraf deduktif dan seperti apa ciri-ciri paragraf deduktif ini? Jikalau kalian sudah memahami secara keseluruhan, maka hal seperti ini akan membantu dan memudahkan kalian dalam menulis artikel atau membuat karangan.

Yuk, tunggu apalagi langsung saja kita simak pembahasan mengenai contoh paragraf deduktif.

Pengertian Paragraf Deduktif

contoh paragraf deduktif
windowsnesia.com

Apasih sebenarnya pengertian dari paragraf ini? Sebenarnya pengertian dari paragraf ini adalah salah satu bagian tulisan yang berisikan dari satu kalimat utama. Kemudian dikembangkan dengan kalimat pendukung atau kalimat penjelas, sebagai penjelasan yang jelas mengenai suatu persoalan.

Penempatan kalimat deduktif ini tergantung dengan penempatan kalimat utamanya. Namun, biasanya letak dari kalimat deduktif ini berada didalam awal paragraf, lalu diiringi dengan kalimat pendukung atau juga bisa disebut dengan kalimat penjelas.

Inti dari pola paragraf ini adalah dari yang global menuju yang khusus (Inti). Sehingga untuk kelanjutannya bisa memberi kemudahan kepada kita ketika kita semua hendak membuat artikel atau menulis karangan cerita dengan menggunakan pola paragraf deduktif, sebab inti dari sebuah informasi yang akan kita tulis itu berada di awal paragraf artikel atau pun karangan tersebut.

Agar dapat membedakan paragraf deduktif dengan jenis-jenis paragraf lainnya, kalian dapat saja untuk mengenali ciri-ciri yang ada didalam paragraf deduktif itu. Salah satu contohnya ialah kalimat utama paragraf deduktif letaknya terletak di awal paragraf, lalu diiringi lagi dengan susunan-susunan kalimat paragraf deduktif yakni dari yang global kepada yang khusus.

Supaya bisa lebih mudah untuk memahami dan mengerti tentang paragraf deduktif dan juga apa saja bagian-bagian yang menjadi salah satu pembeda jenis-jenis paragraf lainnya. Berikut dibawah ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang contoh paragraf deduktif.

Contoh Paragraf Deduktif

contoh paragraf deduktif
articles.bplans.com

Sebelumnya kalian semua apakah sudah mengetahui seperti apa sih contoh kalimat paragraf deduktif ini? Mungkin ada sebagian dari kalian yang memang belum mengetahui dan memahami tentang paragraf deduktif, baiklah berikut dibawah ini akan ada beberapa contoh paragraf deduktif yang dapat kalian pahami.

1. Contoh Paragraf Deduktif Pola Hidup Sehat

contoh paragraf deduktif
deherba.com

Pola hidup sehat itu bukan hanya pola makan yang teratur saja, namun olahraga ini juga bisa termasuk kedalam bagian pola hidup sehat yang pada intinya untuk meningkatkan kapasitas atau kualitas hidup manusia.

Dikatakan melalui pendapat dari Guru Besar, bahwa setiap orang yang didalam kehidupannya jarang sekali melakukan aktivitas seperti ber-olahraga maka didalam tubuhnya akan mendapati penurunan kualitas tubuh secara drastis.

Sebenarnya, ketika kita sedang melakukan aktivitas atau melakukan kegiatan-kegiatan berat lainnya adanya kualitas atau kapasitas cadangan yang ada didalam tubuh kita sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena, ia akan memberikan sebuah contoh kepada seseorang yang di masa mudanya dia jarang melakukan aktivitas olahraga.

Orang-orang yang di masa mudanya jarang melakukan aktivitas olahraga, ketika ia memasuki usia atau umur 30 tahun maka orang itu akan berasa seperti orang yang sudah memasuki usia 50 tahun yang selalu lemah dan lesu ketika sedang melakukan aktivitas.

Misalkan kita ambil dari contoh kecilnya saja ketika ada seseorang yang sedang menapak jejak yang lumayan cukup jauh maka akan terasa sangat cape dan ngos-ngosan ketika bernafas, berbeda sekali dengan orang yang ketika di masa mudanya sering ber-olahraga meskipun sudah memiliki usia 50 tahun, orang itu tidak akan mudah cape seperti halnya dengan orang yang masih berada didalam usia 30 tahun.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang pola hidup sehat. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

2. Contoh Paragraf Deduktif Kemacetan Jalan

contoh paragraf deduktif
hipwee.com

Permasalahan yang sering terjadi didalam kota ialah kemacetan lalu lintas, yang mana kemacetan lalu lintas ini diakibatkan oleh beberapa macam faktor permasalahan. Permasalahan pertama ialah semakin banyaknya bertambah kendaraan roda dua dijalanan pada tiap tahunnya.

Penyebab sering terjadinya pertambahan jumlah kendaraan roda dua diakibatkan adanya kartu credit, dengan kartu kredit orang-orang bisa melakukan transaksi pembelian kapan pun dan dimana pun dia berada. Itulah yang menyebabkan di Indonesia banyak sekali jumlah kendaraan bermotor atau kendaraan roda dua.

Dengan melakukan pembayaran seperti kredit dengan leasing, maka setiap orang bisa saja mendapatkan motor meskipun hanya melakukan kredit sebesar satu juta saja. Selain dari permasalahan bertambahnya kendaraan bermotor, kemacetan terjadi bisa juga karena ketidak seimbangnya lahan pada jalan raya yang ada.

Dengan hal seperti itu sehingga bisa memicu kemacetan yang parah, karena lahan yang minim jadi tidak bisa melakukan pelebaran dan perluasan jalan raya.

Maka dari itu, jalanan raya yang memang sangat sempit dan jumlah penduduk yang menggunakan kendaraan bermotor semakin banyak menjadi tidak seimbang dan rata. Untuk faktor permasalahan terjadinya kemacetan yang terakhir yakni adanya pemakaian lahan seperti halnya dengan trotoar yang dipakai untuk berdagang atau juga banyaknya pedagang kaki lima yang berdagang di pinggir jalan sehingga sering menimbulkan kemacetan.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang kemacetan. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

3. Contoh Paragraf Deduktif Lingkungan

contoh paragraf deduktif
Obatrindu.com

Musim perubahan cuaca atau biasa juga disebut dengan musim pancaroba (Musim pengalihan antara musim hujan dan musim kemarau), musim pancaroba ini ialah suatu musim yang memang harus sangat kita waspadai karena ketika berlangsungnya musim pancaroba akan banyak penebaran-penebaran bibit penyakit.

Hujan yang membasahi bumi tidak akan turun merata, dan juga didaerah lainnya masih banyak yang panas dan banyaknya debu-debu yang berterbangan karena disebabkan adanya angin kencang yang meniup debu dan hujan tidak turun secara merata sehingga debu-debu akan berterbangan kemana-mana.

Sehingga ketika musim pancaroba ini berlangsung banyak sekali orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak yang memang masih kecil merupakan salah satu orang yang paling terkena penyakit. Umumnya penyakit-penyakit yang kerap menyerang pada musim itu ialah batuk, bersin-bersin, pilek, sesak nafas dan juga ada macam-macam penyakit berbaha lainnya seperti demam berdarah dan diare.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang lingkungan. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

4. Contoh Paragraf Deduktif Sosial

contoh paragraf deduktif
hidupsimpel.com

Di desa Cibereum Hilir organisasi Karang Taruna membuat peraturan baru kepada pemuda yang khususnya masih sekolah untuk menggunakan jam belajar dengan tertib. Dibuatnya peraturan seperti ini karena di Desa Cibereum Hilir ini masih banyak anak-anak sekolah yang berada di luar rumah ketika pada waktu jam belajar.

Seluruh anggota kelompok Karang Taruna mendatangi ke semua orang tua dengan memberikan sedikit arahan supaya bisa lebih memperhatikan lagi anak-anaknya ketika mereka sedang berada di jadwal jam belajar.

Sangat disayangkan sekali apabila di waktu jam belajar mereka gunakan untuk menongkrong diluar rumah, maka dari itu seluruh anggota karang taruna berinisiatif untuk mendatangi satu persatu orang tua mereka guna untuk memberikan sedikit arahan yang baik.

Apabila ada salah satu warga yang menjumpai anak-anak nongkrong diluar rumah atau nongkrong dijalan ketika pada waktu jam belajar, maka akan diberi sedikit nasihat dan juga akan diajak untuk belajar bersama-sama. Karang taruna menentukan jam wajib belajar untuk pemuda yang masih sekolah ialah pada jam 18.00 sampai jam 20.00.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang sosial. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

5. Contoh Paragraf Deduktif Pengalaman Pribadi

contoh paragraf deduktif
bisnismoo.com

Hari ini adalah hari senin, yang mana hari senin ini adalah salah satu hari yang paling istimewa bagiku. Dimana di hari senin pagi ini kebahagiaan yang sudah ku dapati banyak sekali, salah satunya ialah kakakku dengan tiba-tiba mengetuk-ngetuk pintu kamarku dan memberikan sedikit hadiah untukku.

Dan ada satu hal yang bisa menambah kebahagiaanku pada hari senin ini, yaitu barang yang telah diberikan oleh kakak adalah salah satu barang yang memang sudah aku impi-impikan dari dulu. Kali ini kebahagiaanku tidak hanya didalam rumah saja, tapi kebahagianku berkelanjutan di sekolah.

Di hari senin ini juga hasil nilai dari ulangan umum matematika dan bahasa inggris sudah keluar, dan aku salah satu siswa dikelas yang mendapatkan nilai 9. Hal seperti ini sangat memuaskan sekali untukku. Sungguh ketika melihat hasil nilai dari ulangan tersebut, aku benar-benar tidak menyangka bahwa aku akan mendapatkan nilai setinggi itu.

Aku bersyukur kepada Allah SWT karena dialah yang telah membantuku untuk mendapatkan nilai sebagus itu. Ketika jam sekolah sudah mau selesai dan persiapan berkemas-kemas untuk kembali kerumah masing-masing. Ketika itu aku mendapatkan sedikit kejutan dari teman-teman kelasku.

Yang mana kejutan itu ada salah satu diantara mereka yang membawakan kue ulang tahun untukku, dan juga semua teman-teman masing-masing membawa sedikit bingkisan kado untukku, oh tuhan betapa senang dan bahagianya pada hari ini.

Ketika sudah berada di rumah dan sedang berkumpul dengan keluarga, pas jam 7 malam bapak sama ibu mengajak diriku dan keluarga untuk makan malam ke luar rumah sekalian juga untuk acara merayakannya hari lahir atau ulang tahunku.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang pengalaman pribadi. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

6. Contoh Paragraf Deduktif Teknologi Informasi

contoh paragraf deduktif
utopicomputers.com

Saat ini zaman semakin maju dan perkembangan teknologi informasi dan perkembangan komunikasi pun sangat cepat. Berbeda sekali apabila kita bandingkan dengan zaman dulu ketika itu orang-orang hanya bisa menyampaikan surat dengan menggunakan burung merpati atau menggunakan kurir berkuda.

Sesudah merasakan dan mendapati perkembangan, manusia di dunia ini menemukan berbagai macam cara untuk mengirimkan surat atau pesan dengan cepat tanpa harus menggunakan kurir seperti burung merpati dan kuda.

Tapi, pemakaian surat juga lumayan bertahan cukup lama, sesudah manusia mendapatkan teknologi komputer den elektronik dan terciptalah sebuah alat komunikasi genggam (Handphone). Namun kegunaan Handphone ini bukan hanya digunakan untuk mengirim surat saja, handphone ini bisa digunakan juga untuk alat komunikasi yang paling murah.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang teknologi informasi. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

7. Contoh Paragraf Deduktif Pertanian

contoh paragraf deduktif
hidupsimpel.com

Tikus adalah hama yang sangat merugikan sekali seluruh petani. Adanya banyak tikus yang mendekati padi-padi di sawah, maka sawah itu gagal dari panen. Sebenarnya bukan hanya tanaman padi saja yang merupakan santapan tikus ini, singkong dan tanaman-tanaman lainnya juga merupakan bagian tanaman yang sering dijadikan santapan para tikus.

Sebenarnya mangsa dari si tikus ini bukan hanya singkong dan padi saja, namun masih banyak sekali tanaman-tanaman atau tumbuh-tumbuhan yang merupakan salah satu santapan yang sering dimangsa oleh tikus. Selain dari tanaman, hewan seperti bebek dan ayam juga merupakan bagian santapan dari tikus juga.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang pertanian. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

8. Contoh Paragraf Deduktif Budaya/Kehidupan

contoh paragraf deduktif
inspiratorfreak.com

Perkara ini ialah perkara yang harus kita ketahui sebagai warga Negara Indonesia yang baik. Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar. Kita dapat melihat dan memandang banyaknya jumlah suku-suku yang teradapat di Negara Indonesia ini, misalkan seperti suku Jawa, Batak, Lampung dan Bali.

Dan masing-masing suku di Indonesia ini mempunyai berbagai macam bahasa daerahnya masing-masing, sehingga Negara Indonesia ini mempunyai berbagai macam kebudayaan yang telah terbentang luas dari sabang sampai merauke.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang kebudayaan/kehidupan. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

9. Contoh Paragraf Deduktif Wisata/Liburan

contoh paragraf deduktif
eksotisjogja.com

Derah Istimewa Yogykarta adalah salah satu tempat untuk berlibur di Indonesia yang memang cukup menyenangkan sekali. Yang mana disekitar daerah Istimewa Yogyakarta ini banyak sekali tempat-tempat indah dengan pemandangan alam yang sangat memukau sekali. Contohnya seperti pantai parangtritis dan contoh lain sebagainya.

Bukan hanya menyediakan tempat wisata keindahan saja, melainkan di Daerah Istimewa Yogyakarta ini ada sedikit kebudayaan atau kehidupan yang sangat ramah, unik dan lain sebagainya. Di

Maka dari itu, banyak para wisata dan wisatawan lokal atau pun non lokal yang sering sekali berkunjung dan berwisata ke Daerah Isitimewa Yogyakarta.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang wisata. Baiklah mari kita lanjutkan kepada pembahasan contoh paragraf deduktif selanjutnya.

10. Contoh Paragraf Deduktif Kerja Bakti/Gotong Royong

contoh paragraf deduktif
Beritalima.com

Saya sangat setuju sekali apabila kegiatan kerja bakti masyarakat yang selalu diselenggerakan setiap satu minggu sekali. Karena, dengan diadakan atau diselenggarakan kerja bakti maka lingkungan hidup kita itu akan menjadi lebih bersih dan juga sehat yang selalu terjauh dari penyakit-penyakit jahat.

Maka dari itu kerja bakti di Desa Cibereum Permai ini harus dikerjakan, ya minimalnya setiap jari jum’at aja.

***

Demikianlah contoh paragraf deduktif tentang kerja bakti. Mudah-mudahan adanya artikel yang membahas tentang contoh paragraf deduktif ini bisa bermanfaat untuk orang-orang banyak.

Tinggalkan komentar