Contoh Paragraf Deskripsi | Pengertian, Jenis, Subjektif [Lengkap]

CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI – Halo teman-teman semua selamat datang di website baabun, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas atau membahas mengenai contoh paragraf deskripsi yang mana paragraf tersebut memiliki banyak sekali macam-macam jenisnya.

Memahami berbagai macam jenis-jenis dari paragraf deskripsi ini memang sangat sekali kita ketahui disaat sedang menulis artikel atau sedang membaca artikel.

Dari berbagai jenis-jenis yang sering kita jumpai adalah paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi ialah sebuah paragraf yang isinya menjelaskan atau mendeskripsikan suatu sasaran/objek-objek tertentu melalui kalimat-kalimat yang dapat membuat panca indera si pembaca seakan-akan ia benar-benar mencermati dan mengalami sendiri sasaran yang telah dijelaskan oleh si penulisnya.

Bagian-bagian yang dijelaskan bisa berwujud karakteristik, suasana/keadaan, sifat ataupun rasa yang dimiliki dari sasarannya. Ada juga maksud dari paragraf deskripsi yaitu memberikan penjelasan utuh untuk si pembaca supaya merka mengetahui dan juga memahami apa yang telah dituliskan secara rinci, baik itu dalam bagian fisik ataupun pada model abstrak yang misalnya seperti sifat, sikap, rasa dan lain sebagainya.

Paragraf deskripsi juga bisa dianggap sebagai hasil dari observasi. Misalkan seperti informasi yang digunakan untuk menjelaskan tujuan atau sasaran agar tujuan tersebut bisa menjadi jelas dan juga setara dengan daya dan juga kenyataan dari objek itu sendiri.

Agar dapat dipahami perbedaan-perbedaan paragraf deskripsi dengan paragraf-paragraf lainnya kita bisa saja mengetahui lebih dulu dengan mengenali ciri-ciri dari paragraf deskripsi itu sendiri. Umumnya paragraf deskripsi ini menjelaskan sebuah tujuan atau objek, misalkan contohnya seperti tempat, benda, atau juga keadaan-keadaan tertentu melewati kalimat-kalimat.

Selain dari mencakup panca indera manusia seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, dan juga perabaan disini paragraf deskripsi juga menjelaskan tentang ciri-ciri fisik dan juga sikap dari tujuan tertentu seperti ukuran, bentuk, warna-warna, dan kepribadian dari tujuan tersebut.

Didalam paragraf deskripsi juga didapati frase atau kalimat yang mana kalimat tersebut memiliki makna suasana ataupun kata sikap.

INILAH PEMBAHASAN MENGENAI CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI, PENGERTIAN, DAN JENIS-JENISNYA

contoh paragraf deskripsi
sarungpreneur.com

Paragraf deskripsi bisa kita bedakan menjadi 3 bagian, diantaranya adalah paragraf deskripsi subjektif yang didalamnya membawa gambaran dan lukisan sebuah sasaran yang sesuai dengan tafsiran, perasaan dan kesan dari seorang penulisnya.

Sedangkan paragraf deskripsi spacial ini didalamnya menjelaskan atau menerangkan suatu sasaran atau objek seperti ruang dan tempat. Sehingga dibagian jenis paragraf spacial ini lebih menjelaskan tentang objek-objek tertentu melewati pendapat dari seorang penulisnya.

Nah jenis paragraf yang ketiga adalah paragraf deskripsi objektif yang mana paragraf ini menjelaskan dan juga mendefinisikan objek-objek tertentu dengan apa adanya, jadi setiap orang yang membaca dapat membayangkan keadaan sebenarnya terhadap objek tersebut.

Paragraf deskripsi objektif ini tidak memberitahukan pendapat ataupun kesan-kesan pribadi dari sang penulis.

Agar mudah untuk memahami dan mengerti, dibawah ini kami akan membahas mengenai berbagai macam contoh paragraf deskripsi yang bisa kalian pahami, namun sebelum memulai langsung ke pembahasan contoh paragraf deskripsi, kami akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian paragraf deskripsi.

Yuk langsung saja kita simak ulasan dibawah ini:

PENGERTIAN PARAGRAF DESKRIPSI

contoh paragraf deskripsi
kakakpintar.com

Sebelum membahas mengenai contoh paragraf deskripsi, sudah seharusnya apabila kita ini memahami maksud dari pengertian paragraf deskripsi tersebut supaya ketika memasuki ulasan yang lebih jelas mengenai paragraf deskripsi ini kita semua dapat langsung mengerti dan tidak akan merasa bingung.

Paragraf deskripsi ialah suatu paragraf yang dibuat oleh seorang penulis dengan memiliki tujuan utama yakni menjelaskan mengenai suatu objek yang sedang dituju, sehingga orang-orang yang membaca seakan-akan dapat melihat dan memandang objek tersebut.

Selain dari pengertian diatas paragraf deskripsi juga bisa kita definisikan sebagai suatu paragraf yang menjelaskan suatu objek yang tertata didalam suatu kutipan/tulisan yang bisa dirasakan oleh indera manusia.

Ketika menulis paragraf deskripsi penulis diwajibkan untuk memberikan penjelasan tentang objek yang sudah dilihat olehnya secara rinci (jelas). Bagian-bagian yang menjadi penjelasan si penulis didalam ceritanya dapat berwujud seperti keadaan, perasaan dan juga sifat.

Dengan maksud untuk membuat para pembaca tersebut seakan-akan menjumpai objek yang dijelaskan oleh penulis ketika sedang membaca cerita atau karangannya yang telah ia ciptakan menjadi sebuah buku.

JENIS JENIS PARAGRAF DESKRIPSI

contoh paragraf deskripsi
lenterahidup.net

Menurut jenisnya paragraf deskripsi ini terbagi menjadi beberapa bagian dan macam. Yang mana pada setiap jenis-jenis paragraf deskripsi ini mempunyai berbagai macam perbedaan. Entah itu perbedaan dari cara penulisannya, dari pengambilan materi atau bahkan bisa jadi dari tujuan paragraf itu sendiri.

Untuk kelengkapan materinya mari langsung saja kita simak bareng-bareng penjelasan mengenai jenis-jenis dari paragraf deskripsi yang ada dibawah ini:

  • Deskripsi Objektif merupakan deskripsi yang dikutip menurut dari kenyataan yang benar-benar pernah terjadi, serta ketika dalam penyampainnya si penulis tidak memberikan suatu pendapat atau kesan-kesan dari si penulis.
  • Deskrispsi Subjektif merupakan sebuah paragraf yang dikutip dengan hasil dari pemikiran si penulis. Didalam paragraf ini penulis memberikan pendapat-pendapat dalam karya tulis atau karangan yang sudah ia ciptakan menjadi sebuah buku.
  • Deskripsi Spasial merupakan suatu paragraf yang dikutip dengan menjelaskan suatu tujuan tertentu, yang mana isi dari paragraf ini dijelaskan secara rinci oleh si penulis. Umumnya didalam paragraf ini penulis menjelaskan mengenai benda, ruangan atau tempat.

CARA MEMBUAT PARAGRAF DESKRIPSI

contoh paragraf deskripsi
alfidy.com

Halo teman-teman, sebelum saya memberitahu informasi tentang contoh paragraf deskripsi, kali ini pada kesempatan yang tidak akan saya sia-siakan, saya akan sedikit berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana cara membuat paragraf deskripsi yang baik dan benar.

Yuk langsung saja kita simak ulasan dibawah ini:

Menentukan Objek

contoh paragraf deskripsi
cloudinary.com

Cara pertama yakni memastikan suatu objek atau sasaran yang ingin kalian jelaskan menjadi suatu paragraf deskripsi. Sasaran atau objek tersebut seperti tema yang ada didalam sebuah lain, misalkan seperti karya ilmiah, cerpen, argumentasi dan karangan karangan lainnya.

Jikalau kalian belum pernah sama sekali membuat atau menulis paragraf deskripsi dan juga belum pernah menentukan untuk memilih objek yang tepat, disini saya akan sedikit memberikan saran kepada kalian untuk mengambil objek yang letaknya berada dilingkungan sekitar kalian.

Kenapa demikian?

Karena saya sangat yakin sekali jikalau kamu mengambil objek yang letaknya berada dilingkungan kamu tentunya akan sanggup untuk menjelaskannya didalam paragraf deskripsi. Atau singkatnya kamu dapat menerangkan mengenai kejadian yang pernah kalian dapati sebelumnya.

Menentukan Jenis

contoh paragraf deskripsi
assol.com

Sesudah menentukan suatu objek, maka langkah-langkah selanjutnya ialah memilih jenis-jenis deskripsi yang akan dibuat. Mulailah kalian untuk memilih salah satu dari macam-macam jenis deskripsi yang sudah saya sebutkan satu persatu pada tulisan di atas.

Kalian dapat memilih jenis deskripsi sesuai dengan keahlian diri anda sendiri, jikalau kalian lebih gemar menulis mengenai persoalan yang ada hubungannya dengan pendapat, maka kalian bisa memilih jenis deskripsi yang objektif.

Adanya perkara ini bisa sangat menolong kalian ketika sedang membuat atau menciptakan sebuah deskripsi. Mengapa demikian? Karena, jikalau kita sedang mengerjakan persoalan atau bagian yang menjadi pilihan kita, terlebih kita lebih mempunyai banyak alasan untuk fokus dan serius dalam membuatnya.

Jikalau dari awal kita sudah bermalas-malasan, maka bisa sangat dipastikan bahwa buah atau hasil yang kalian buat tidak akan bagus dan terlihat maksimal.

Menggunakan Bahasa yang Mudah di Pahami

contoh paragraf deskripsi
pexels

Sesuai kalian sukses melalui kedua tahapan sebelumnya, tentunya saat ini kalian sudah mempersiapkan diri untuk membuat suatu deskripsi. Dalam mengutarakan sebuah deskripsi, kalian patut memakai bahasa-bahasa yang gampang untuk dipahami dan juga dimengerti oleh orang yang membaca, serta mendeskripsikan objek atau sasaran tersebut secara mendetail, namun tidak berbelit-belit dalam mendeskripsikannya.

Mengapa demikian? Karena persoalan tersebut kan menciptakan kepada semua orang yang membaca paragraf deskripsi yang kalian buat terasa nyaman. Jikalau mereka orang-orang yang membaca deskripsi kalian merasa gembira dan senang serta tertarik dengan karya tulis yang kalian ciptakan, ada kemungkinan besar jikalau kalian membuat deskripsi lagi akan dibaca oleh mereka.

Bukan hanya itu saja, kalian juga patut mengerti siapa target pembaca paragraf deskripsi yang kalian buat. Jikalau kalian memperlihatkan deskripsi yang sudah kalian buat yang dituju untuk anak-anak kecil, maka pakailah tutur bahasa yang gampang untuk dicerna oleh otak anak-anak kecil.

Akan tetapi, jikalau target pembaca deskripsi yang kalian buat itu dituju kepada orang-orang yang berilmu, maka pakailah tutur bahasa yang tinggi supaya deskripsi yang kalian buat itu mempunyai nilai-nilai tinggi didepan pandangan mereka.

Menentukan Judul Artikel yang Menarik

contoh paragraf deskripsi
liesindisguise.com

Dalam memilih atau menentukan judul artikel yang bagus dan menarik itu sangat penting sekali untuk kalian perhatikan, kenapa? Karena pertama kali artikel dipandang oleh seorang pembaca adalah judul artikel, setelah judul artikel baru isi dari konten tersebut. Maka dari itu sangat penting sekali dalam memilih atau menentukan judul artikel yang bagus dan juga menarik.

Sebagian manusia yang ada di muka bumi menilai sebuah karya tulisan itu diawali dari sebuah judul yang iya terapkan pada karya tulis yang ia buat. Meskipun karya tulis kita ini mempunyai isi-isi konten yang menarik jikalau tidak dilengkapi oleh judul yang menarik, maka kemungkinan besar seorang pembaca tidak akan membuka dan membaca tulisan yang telah kalian buat dengan susah payah.

Melebihkan Objek yang Akan Kalian Bahas

contoh paragraf deskripsi
heritagewnc.org

Ingat! cara seperti ini hanya bisa kalian pakai dalam deskripsi subjektif saja dan tidak akan berlaku dalam deskripsi objektif. Jikalau kalian memang memaksakan untuk memakai cara ini yang akan diterapkan pada deskripsi objektif, maka diibaratkan kalian menyampaikan berita-berita hoax.

Disini saya akan sedikit lebih menekankan mengenai penggunaan cara ini, cara seperti ini hanya bisa digunakan dalam deskripsi yang didalamnya mengandung pendapat-pendapat atau opini saja. Jadi intinya cara seperti ini hanya bisa dipakai dalam satu deskripsi saja, yakni deskripsi subjektif.

Tujuan utama dari menggunakan cara ini ialah untuk membuat para nitizen akan selalu penasaran dengan sasaran-sasaran atau objek yang sedang kita bahas. Jikalau mereka para nitizen baper atau tersentuh ketika membaca deskripsi yang telah kalian buat, maka ada kemungkinan mereka akan menyelesaikan bacaannya sampai tamat.

Kenapa demikian? Karena biasanya orang-orang lebih menyukai dan merasa senang membaca bagian-bagian yang bisa membuat mereka semua penasaran.

Membuat Deskripsi Penting untuk Diketahui Pembaca

contoh paragraf deskripsi
pexels

Cara yang terakhir ialah membuat atau menulis deskripsi yang mana deskripsi itu sangat penting sekali untuk diketahui oleh para pembaca. Dalam bagian ini kalian harus membuat deskripsi tersebut seolah-olah isi atau teks dari deskripsi tersebut harus diketahui oleh para pembaca.

Jadi, seolah-olah mereka semua yang membaca teks deskripsi yang kalian buat merasa sangat membutuhkan sekali informasi-informasi yang terkandung didalam deskripsi tersebut. Dengan seperti itu kamu tidak usah yang namanya repot-repot atau susah payah untuk mencarikan seseorang demi ingin deskripsi yang kalian buat itu dibaca olehnya.

Lantas seperti apa praktek yang harus kalian kerjakan? Dalam prakteknya, kalian hanya mencari informasi-informasi yang memang sangat dibutuhkan oleh lingkungan-lingkungan sekitar kalian (masyarakat pada umumnya).

***

Demikian ulasan mengenai cara membuat deskripsi menurut pandangan saya. Ketika kalian mencobanya jangan salahkan saya ketika cara seperti ini tidak berhasil. Karena setiap orang dalam melakukan atau menyelesaikan sebuah pekerjaan mempunyai cara dan metodenya sendiri.

Setelah usai menyelesaikan pembahasan tentang pengertian paragraf deskripsi, jenis-jenis deskripsi, dan bagaimana cara membuat deskripsi yang baik dan benar, maka dibawah ini saya akan sedikit memberikan beberapa contoh paragraf deskripsi yang bisa kalian pelajari sendiri di rumah kalian masing-masing.

Yuk, langsung saja kita simak langsung beberapa contoh paragraf deskripsi yang ada dibawah yang akan diawali dengan …

CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI SUBJEKTIF

contoh paragraf deskripsi
ibizaturismo.com

Ada beberapa orang yang memiliki pendapat bahwa pantai kapuk adalah daerah yang kurang menarik untuk dikunjungi, karena disebabkan kurangnya pengunjung atau wisatawan-wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Namun, menurut saya pribadi pantai yang berada di Kecamatan Suka Jaya itu sangat nyaman dan tenang.

Pada akhirnya pantai kapuk pun menjadi sangat bersih dan indah sekali. Bahkan disekitar pantai tersebut tidak ada sampah sedikitpun yang berserak-serakan.

Lantas apa saja yang ada pada sekitar pantai kapuk itu? Yang ada pada sekitaran pantai kapuk itu hanyalah hamparan pasir putih yang bersih dan juga luas. Menurut saya, pemandangan-pemandangan alam di sekitar pantai tersebut sangat menarik untuk dijadikan tempat santai dan foto-foto.

Malahan apabila menjelang tibanya waktu senja, kita sebagai wisatawan yang berada di pesisir pantai itu bisa menikmati pemandangan senja yang amat sangat indah. Jangan menanyakan seperti apa ombak di pantai tersebut, pantai itu mempertunjukkan juga ombak-ombak yang bagus.

Apakah bisa ombak itu dipakai untuk berselancar? Ya tentunya ombak-ombak yang berada di lautan pantai kapuk itu bisa digunakan untuk olahraga berselancar, karena ombak yang lumayan besar dan tidak terlalu deras tidak akan berbahaya ketika kita gunakan untuk berselancar.

Disekitar pesisir pantai itu terdapat tumpukan batu-batu yang memiliki ukuran besar dan juga di hias dengan deburan-deburan ombak yang menerjang pinggiran batu tersebut. Momen-momen seperti itulah yang sangat tepat untuk digunakan foto-foto.

Itulah alasan kenapa pantai kapuk termasuk kedalam kriteria pantai yang amat indah dan juga nyaman untukku. Ya meskipun hingga saat ini pantai kapuk tersebut masih terlihat sepi, pantai kapuk tidak akan kalah indah apabila kita bandingkan dengan pantai-pantai yang ada di pulau Bali.

CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI OBJEKTIF

contoh paragraf deskripsi
pixels

Pantai kapuk yang letaknya berada di Kecamatan Suka Jaya, Kabupaten Mekar Sari, Provinsi Bandar Lampung. Ketika ingin melihat pantai itu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam dengan jarak 15 KM dari pusat kota. Pantai itu terbebas dari yang namanya limbah-limbah dan juga pantai tersebut sangat terawat. Pasir putih halus yang menghampar luas dipenjuru pantai menghiasi lautan yang sangat luas.

Ombak yang besar dan juga bisa terbilang lumayan cukup tinggi membuat para wisata-wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang jauh jauh dari pesisir pantai. Pada bagian selatan pantai, disana teradapat tumpukan-tumpukan batu yang tinggi dan juga beesar, sedangkan pada bagian pantai sebelah timu ada hutan yang masih sangat alami.

Di tepi pantai sebelah barat, disana terdapat sungai kecil yang airnya mengalir ke laut lepas. Hampir di sepanjang pantai itu ada pohon kelapa yang saling berbaris dengan rapih.

Letak keberadaan pantai dan jalan utama kurang lebih 2 kilometer, jadi bisa terbilang lumayan jauh untuk kita yang memakirkan kendaraan pribadi ditempat yang telah ditetapkan serta harus jalan kaki untuk melewati hutan-hutan yang lumayan terbilang cukup lebat agar bisa melihat pemandangan kecantikan Pantai Kapuk.

CONTOH PARAGRAF DESKRIPSI SPASIAL

contoh paragraf deskripsi
pexels

Ruangan yang memiliki ukuran 9m x 8m ini memang sangat terasa nyaman sekali untuk kita tempati. Terdapat sebuah sofa empuk yang memiliki warna putih dan dihiasi dengan bantal, meja kayu yang berwarna coklat dan terletak tepat berada di ruangan tengah.

Sedangkan disamping sofa terdapat rak buku yang mana rak buku tersebut terdapat beberapa novel dan juga buku-buku ilmiah yang diletakkan mepet dengan dinding yang dihiasi dengan pot berisi pohon palem kecil yang seolah-olah menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna abu-abu muda.

Diluar ruangan tengah, ada kolam kecil yang memiliki ukuran 2,5m x 2m dan didalam kolam tersebut terdapat beberapa ikan hias koi yang saling berseliweran. Suara rintikan air yang mengaliri kedalam kolam menambahkan sejuk dan ademnya suasana di ruang tamu yang dimiliki oleh Pak Dani ini.

Tinggalkan komentar