Contoh Paragraf Induktif Lengkap dengan Penjelasannya [Baca!]

 CONTOH PARAGRAF INDUKTIF – Paragraf induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif, paragraf induktif yakni sebuah paragraf yang ada diawal kalimat awal yang berisi tentang penjelasan dan perkataan-perkataan terakhir adalah salah satu pandangan utama dari paragraf tersebut.

Penjelasan sederhana mengenai paragraf induktif yakni yang mana kalimat atau perkataan utama yang letaknya berada di bagian akhir dan kalimat penjelas/penjelasan terdapat pada bagian awal. Paragraf induktif ini mempunyai struktur atau susunan paragraf yang dimulai dari yang ke khusus hingga ke umum.

Pola atau sistem pengembangan paragraf induktif ini dibagi menjadi tiga aspek/bagian, diantaranya ialah analogi, generalisasi, kasual atau alasan dampak. Pertama ialah sistem pengembangan generalisasi, sistem ini ialah sistem pengembangan yang mana penjelasan khusus sama sekali mirip dengan penjelasan kalimat utama atau kesimpulan.

Kedua ialah sistem pengembangan analogi, anaolgi ialah sistem pengembangan yang membandingkan dua persoalan yang memiliki kesamaan atau kemiripan. Ketiga ialah sistem pengembangan klausal, yang mana sistem pengembangan kasual ini  ialah sistem yang memakai kenyataan atau fakta-fakta untuk mempertegas suatu keputusan.

Ada ciri-ciri paragraf induktif yang memang patut kita kenali, diantara lainnya ialah kalimat utama yang letaknya berada di bagian akhir paragraf. Sementara kalimat-kalimat penjelas letaknya bera di bagian awal kalimat, kalian dapat langsung melihat contoh paragraf induktif yang telah kami tulis dibawah ini.

Didalam kehidupan kita patut untuk membiasakan memakai pola atau gaya hidup sehat. Untuk mengawali gaya hidup sehat, kalian bisa mengawali dari sifat jeli dalam berbagai macam persoalan. Misalkan seperti jeli ketika memilih atau menentukan suatu produk makanan yang akan kalian konsumsi.

Apabila kita menjadi salah satu konsumen dari produk makanan tersebut, maka kita patut untuk jeli melihat komposisi dan tanggal kadaluarsa guna untuk mengetahui kapan tanggal kadaluarsa dari produk yang dijual oleh sales tersebut.

Persoalan itu sangat penting dan berguna sekali untuk menjaga kesehatan pada tubuh kita, karena kita semua mengetahuii bahwa kesahatan itu sangat penting dan juga mahal didalam kehidupan kita.

Apabila kita sakit, kita harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan dan periksa kedokter, maka dari itu alangkah baiknya kita ini senantiasa menjaga diri kita agar selalu sehat dan jauh dari penyakit.

Disini kita bisa mengecek langsung bahwa kalimat penjelas ini mulai dari bagian “didalam kehidupan kita ….. kadaluarsa dari produk yang dijual”, sementara untuk kalimat kesimpulannya atau kalimat utama kita bisa langsung mengecek sendiri dimulai dari “persoalan itu sangat penting dan berguna ….. penting dan juga mahal didalam kehidupan kita”.

Dibawah ini ada beberapa macam contoh paragraf induktif yang bisa kalian pelajari dan kalian pahami, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng contoh paragraf induktif yang telah tercantum dibawah ini. Selamat menyimak 🙂

Contoh Paragraf Induktif

contoh paragraf induktif
contohparagraf.net

Apa saja contoh atau jenis dari paragraf induktif? Sebenarnya banyak sekali jenis dari contoh-contoh paragraf induktif yang bisa kalian ketahui, mungkin sebagian dari kalian ada yang belum benar-benar memahami atau mengetahui seperti apa contoh paragraf induktif ini. Berikut dibawah ini ada beberapa contoh yang bisa kalian baca dan pelajari.

Contoh Paragraf Induktif #1

contoh paragraf induktif
rwth-aachen.de

Ujian semester awal mata kuliah sistem pengembangan bisnis sudah selesai. sekarang hasil nilai ujian mahasiswa fakultas ekonomi bisnis semester awal dibagikan. Dalam urutan daftar nama mahasiswa yakni Dani Sudinar, Dini Sudinar, Agha Sopyan, Widianto, Nasrul Khaerul, Dina Mardiana dan Adhitya Mrp mendapati hasil nilai yang memang cukup memuaskan sekalia. Yakni mereka semua mendapatkan nilai A.

Sementara untuk mahasiswa dan mahasiswi lainnya rata-rata kebanyakan mendapati nila B dan ada juga satu mahasiswa yang mendapati nilai C. Akan tetapi, ketika berlangsungnya ujian mata kuliah sistem pengembangan bisnis ada dua mahasiswa yang tidak menghadiri sehingga tidak mendapatkan nilai sama sekali.

Dari semua nilai mata kuliah ekonomis bisnis bisa disebut bahwa mahasiswa dan mahasisw jurusan ekonomi bisnis bisa menyelesaikan ujian semester awal dengan mata kuliah sistem pengembangan bisnis dan juga sangat bagus dalam menganalisis suatu sistem bisnis.

Contoh Paragraf #2

contoh paragraf induktif
sarungpreneur.com

Telah kita ketahui bahwa struktur alam yang rapih dan teratur dengan adanya waktu siang dan malam, diumpamakan seperti mesin yang mempunyai struktur yang sistematis. Tata surya seperti planet, bintang dan benda-benda langit lainnya terstruktur dengan rapih dan berorbit sama dengan aturan mengelilingin matahari, contoh misalnya seperti roda kendaraan mobil atau motor yang berputar-putar.

Suatu mesin yang mempunyai kekuatan untuk memberi kemudahan dalam setiap diciptakan oleh manusia. Mesin yang diciptakan oleh manusia, tentu saja seluruh alam semesta ini ada penciptanya atau pembuatnya. Siapa sebenarnya yang menciptakan alam semesta ini? Yakni Allah SWT Sang Maha Pencipta Seluruh Jagat Raya Ini.

Mesin yang telah diciptakan oleh manusia dengan harapan yang sangat tinggi untuk bisa membantu ketika ingin melakukan atau mengerjakan suatu hal. Maka dari itu, Allah SWT menciptakan langit dan bumi atau menciptakan seluruh alam semesta ini karena beliau sangat sayang kepada seluruh hambanya yang beriman dan juga bertaqwa.

Contoh Paragraf Induktif #3

contoh teks paragraf induktif
pandaibesi.com

Siapa sih diantara kalian yang tidak mengenali yang namanya tanaman gelombang cinta, gelombang cinta ialah salah satu jenis tanaman yang mempunyai harga jual yang sangat mahal. Selain gelombang cinta, ada juga Jenmani yang mana Jenmani ini salah satu jenis anthurium yang saat ini sedang banyak dicari-cari, oleh karena itu tanaman-tanaman tersebut di banderol dengan banderol yang sangat tinggi.

Bukan karena harga tanamannya yang sangat mahal, namun tanaman Jenmani ini banyak sekali dicari oleh pencinta atau orang-orang yang hobinya mengoleksi tanaman-tanaman hias disebabkan tanaman Jenmani ini mempunyai daun yang sangat indah.

Sebenarnya bukan hanya tanaman gelombang cinta dan tanaman jenmani saja yang banyak diburu atau dicari oleh orang-orang yang hobi dengan mengoleksi tanaman-tanaman hias, tapi berbagai macam jenis anthurium pasti banyak sekali dicari dan juga diburu oleh orang-orang yang menyukai tanaman hias karena adanya keindahan pada daunnya.

Contoh Paragraf Induktif #4

contoh paragraf induktif
infoguruterbaru.blogspot.com

Seorang musisi handal memiliki kemampuan untuk membuat atau menciptakan lagu-lagu yang indah dan juga bisa menciptakan alunan musik yang syahdu, musisi itu menciptakan lagu dengan mengeluarkan seluruh imajinasi juga perasaannya sehinga terciptalah sebait syair lagu.

Seorang penulis buku apabila hendak menulis suatu karangan atau cerita, ia perlu dan juga membutuhkan untuk mengembangkan imajinasinya agar dapat menyusun dan merangkai kata-kata sebaik mungkin.

Begitu juga dengan seorang seniman yang mengeluarkan maha karyanya dalam wujud bentuk seni lukisan, mereka mengeluarkan seluruh karyanya dengan menggunakan imajinasi menjadi suatu karya yang amat sangat indah ketika dipandang oleh bola mota. Oleh karena itu imajinasi disini sangat dibutuhkan ketika hendak membuat sebuah karya.

Contoh Paragraf Induktif #5

contoh paragraf induktif
hidupsimpel.com

Dengan mempunyai suatu keunikan sehingga nampak terlihat beda dari yang lainnya, ia sangat dicari-cari oleh orang-orang banyak. Hanya sehelai daun yang mempunyai dua warna bahkan lebih. Dengan kelangkaannya ia semakin hari semakin hari makin dicari-cari oleh para kolektor. Sehingga harga jualnya pun sangat tinggi hampi menyerupai dengan karya seni, dan setiap hari akan semakin tinggi.

Disini hanya ada satu keinginan dari para kolektor, sebenarnya apa sih keinginan dari para kolektor itu? Yakni keistimewahannya. Coba deh kalian bayangkan, mempunyai satu peluang yang berbanding dengan satu juta kelahiran. Itulah suatu taman variegate.

Contoh Paragraf Induktif #6

contoh paragraf induktif
imperialstudy.com

Apabila kalian mendapati seseorang yang sedang terkena demam tinggi dalam waktu beberapa hari, maka harus kita curigai dengan gejala demam berdarah. Selain mendapati demam, orang yang sedang menderita demam berdarah mempunyai gejala-gejala seperti terjadinya pendarahan pada lubang hidung atau biasa disebut dengan sebutan mimisan.

Sebenarnya bukan hanya itu saja gejalanya, gejala yang paling terlihat yakni adanya bintik-bintik merah yang mengendap di kulit tubuh manusia. Jikalau kalian mendapati gejala-gejala tersebut hendaknya harus sangat diperhatikan, supaya si penderita tersebut dapat ditangani dan juga ditolong oleh dokter.

Contoh Paragraf Induktif #7

contoh paragraf induktif
abimuda.com

Saat ini banyak sekali perkembangan-perkembangan atau kemajuan-kemajuan kewirausahaan dari kecil, diawali dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dengan berkembang dan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga bisa memberi kemudahan kita untuk mengerjakan suatu usaha atau bisnis dengan gampang.

Diluar sana banyak sekali pemuda-pemuda yang telah merencanakan dan menyusun suatu rencana untuk membangun bisnis yang keren, sehingga ketika suatu saat mereka memiliki modal yang cukup maka mereka akan langsung mengerjakannya. Saat ini jiwa para pemuda khususnya untuk mahasiswa yang ingin menjadi suatu pengusaha semakin meningkat.

Contoh Paragraf Induktif #8

contoh paragraf induktif
windowsnesia.com

Dengan keberhasilannya produk ice cream, ice cream magnum ialah suatu kesempatan baik didalam suatu perkembangan bisnis. Kesempatan yang sangat baik ini, saat ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh pihak ice cream Magnum, yakni dengan membangun Magnum Cafe.

Sangat terbukti, sehingga saat ini banyak orang-orang yang lebih memilih mengambil barisan untuk mengantri di Magnum Cafe. Dengan memanfaatkan kesempatan baik, maka keberuntungan dan keberhasilan itu akan berpihak kepada orang tersebut disebabkan pintar dalam menggunakan kesempatan yang sangat baik.

Contoh Paragraf Induktif #9

contoh paragraf induktif
ceritaihsan.com

Penyakit apa saja yang diakibatkan dari rokok, penyakit yang diakibatkan dari rokok ialah seperti bronkitis, asma, janutung, serta kanker pada payu dara dan paru-paru. Adanya penyakit itu diakibatkan dari adanya asap rokok yang masuk kedalam tubuh hingga menimbulkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya.

Rokok ini mempunyai kandungan-kandungan yang sangat berbahaya, apa saja kandungan yang berbahaya didalam rokok ini? Salah satunya ialah tar, tar ini bisa membuat sel-sel kanker pada paru-paru dan sangat cepat sekali berkembang dan bertumbuh.

Bukan hanya itu saja, orang-orang yang mencoba untuk merokok akan ketagihan atau kecanduan yang bisa mengakibatkan adanya penyakit-penyakit berbahaya.

Kandungan yang ada didalam rokok ini bukan hanya tar saja, namun rokok juga mempunyai kandungan-kandungan berbahaya diantaranya seperti adanya nikotin yang bisa mengakibatkan otak menyandu akan adanya rokok sehingga orang itu susah berhenti dan jauh-jauh dari rokok.

Oleh karena itu, rokok ini sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia.

Contoh Paragraf Induktif #10

contoh paragraf induktif
satujam.com

12 Pelajaran di sekolah, Dani sangat menggemari sekali pelajaran Bahasa Inggris. Apabila sedang berlangsungnya pelajaran Bahasa Inggris maka dia sangat girang sekali terutama pada bagian listening, dan speaking. Dengan begitu senangnya dengan mata pelajaran Bahasa Inggris, Dani tidak pernah yang namanya bolos dalam mengikuti kelas Bahasa Inggris di sekolah.

Jikalau Dani tidak dapat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau memang tidak mengerti materi yang sedang guru terangkan, dia selalu bertanya kepada guru atau pun bertanya kepada temannya yang lebih memahami dan juga mengerti penerangan dari guru yang diberikan kepada murid-muridnya.

Apabila Dani telah mendapati materi atau sebuah pembelajaran baru, Dani secara terus menurus selalu berlatih untuk menuntaskan dan juga mengerjakan soal-soal yang telah diberikan oleh gurunya. Dengan seperti itu, Dani merupakan salah satu murid yang sangat pandai didalam bidang pelajaran Bahasa Inggris.

***

Sekian pembahasan tentang contoh paragraf induktif, semoga adanya pembahasan ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan baru untuk teman-teman semua 🙂