Contoh Paragraf Narasi | Teks, Ciri-Ciri | Lengkap Pengertian & Penjelasan

CONTOH PARAGRAF NARASI – Hallo teman-teman semua kita jumpa lagi dengan kami yang mana pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai contoh paragraf narasi, contoh teks narasi, ciri-ciri teks narasi, jenis-jenis dari teks narasi, pengertian dari teks narasi dan masih banyak pembahasan-pembahasan lainnya.

Sebelum masuk kedalam inti pembahasan saya mau tanya dulu nih ke teman-teman semua. Diantara kalian apakah ada yang mengetahui apa itu paragraf narasi dan seperti apa wujud contoh paragraf narasi itu? Tentunya didalam pembahasan paragraf narasi ini sangat luas sekali ya.

Selain dari kita membahas contoh paragraf narasi, kita juga akan mengulas secara detail mengenai contoh teks narasi, ciri-ciri teks narasi. Kalo begitu langsung saja kita buka pembahasan ini diawali dengan pembahasan ..

Pengertian Teks Narasi

contoh paragraf narasi
ngelmu.id

Teks narasi ialah sebuah karya tulis yang mengulas atau mengisahkan secara jelas tentang terjadinya suatu peristiwa atau kejadian berlandaskan susunan waktu. Kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi didalam teks narasi ini memang bisa saja benar-benar terjadi atau pun hanya sepintas imajinasi saja.

Dengan pengertian diatas, apakah teman-teman telah ada bayangan yang nampak benak kalian mengenai pengertian teks narasi ini? Jadi inti dari pengertian tersebut ialah teks narasi ini bukan hanya berawal dari peristiwa-peristiwa atau kejadian nyata saja, namun dapat juga diambil melalui kisah-kisah yang mana kisah itu bersifat khayalan seperti halnya dengan cerpen, novel, drama dan dengan biografi.

Jenis Jenis Teks Narasi

contoh paragraf narasi
contohparagraf.net

Apakah teman-teman semua sebelumnya sudah ada yang mengetahui tentang jenis jenis teks narasi ini seperti apa wujudnya? Jikalau diantara kalian ada sebagian yang belum mengetahui seperti apa wujud dari jenis jenis teks narasi bahkan memang sama sekali belum mengetahui sama sekali, berikut dibawah ini jenis jenis teks narasi:

1. Contoh Teks Narasi Sugestif

contoh paragraf narasi
jeremiekubicek.com

Teks narasi sugestif ini ialah sebuah narasi yang berusaha untuk menyampaikan suatu amanat yang terselimuti terhadap para pembaca dan para pendengarnya atau juga untuk memberikan maksud-maksud tertentu. Sehingga akan terlihat seolah-olah si pembaca dan si pendengar itu bisa memandang dan juga mengetahui inti dari maksud tersebut.

2. Contoh Teks Narasi Ekspositorik

contoh paragraf narasi
satujam.com

Teks narasi ekspositorik ini ialah paragraf narasi yang memiliki objek atau sasaran untuk memberikan suatu informasi secara tepat mengenai sebuah peristiwa atau kejadian-kejadian yang dituju untuk melebar luaskan wawasan dan juga pengetahuan mengenai cerita seseorang.

Ciri Ciri Teks Narasi

contoh paragraf narasi
infokekinian.com

Oh iya, apakah diantara teman-teman semua sudah ada yang mengetahui mengenai ciri ciri teks narasi itu seperti apa konteks nya? Apabila diantara teman-teman semua ada sebagian uang memang belum mengetahui atau juga memang belum mengetahui sama sekali mengenai ciri ciri teks narasi itu seperti apa?

Berikut dibawah ini akan kami beri tahu untuk teman teman semua tentang ciri ciri teks narasi:

  • Teks narasi ini mempunyai sifat fiksi dan juga sifat non fiksi
  • Teks narasi ini mempunyai tiga bagian utama yaitu diantara lain seperti waktu, peristiwa/kejadian dan tokoh
  • Teks narasi ini mempunyai tujuan tertentu yakni untuk memberikan atau menyampaikan sebuah informasi atau pun membuat pengalaman yang berkesan untuk para pembaca dan juga para pendengar
  • Teks narasi ini mengandung cerita dan peristiwa

Demikianlah ciri ciri teks narasi yang bisa kalian ketahui, selain dari contoh teks narasi, ciri ciri teks narasi kami juga akan memberikan sedikit contoh paragraf narasi yang bisa kalian pelajari dan juga bisa kalian bedakan dengan contoh paragraf paragraf lainnya.

Baca juga referensi Paragraf Argumentasi

Contoh Paragraf Narasi #1

contoh paragraf narasi
bericontoh.com

PERJUANGAN BAPAK IR. SOEKARNO

Tanggal 4 Juli tahun 1927 Ir. Soekarno membangun PNI (Partai Nasional Indonesia) dengan memiliki tujuan tertentu yaitu dengan tujuan agar negara Indonesia harus segera merdeka dan berjaya. Akan tetapi pada kenyataannya di tanggal 19 Desember tahun 1929, negara Belanda memenjarakan beliau ke dalam penjara Sukamiskin di daerah Kota Bandung hingga pada tanggal 31 Desember tahun 1931.

Ir. Soekarno pun dilepaskan lalu langsung bergabung dengan Partindo namun sayang sekali untuk yang kedua kalinya beliau ditangkap kemudian dibuang ke Ende, Flores ketika itu menginjak tahun 1933. Setelah itu Ir. Soekarno langsung dipindahkan ke daerah Bengkulu.

Sesudah melewati atau melalui perjuangan yang memang sangat panjang dan penuh dengan pengorbanan yang sangat besar, beliau bersama Bung Hatta membacakan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tepat dengan tanggal 17 Agustus tahun 1945.

Contoh Paragraf Narasi #2

contoh paragraf narasi
windowsnesia.com

PERANG SURABAYA

Tanggal 10 November tahun 1945 meledaklah suatu gerakan perjuangan seluruh rakyat Surabaya yang bertujuan untuk mengusir para penjajah-penjajah kejam Belanda dan juga mengusir para sekutunya didaerah tanah air Indonesia Raya terkhususnya untuk wilayah Kota Surabaya.

Terjadinya peperangan ini berasal dari kemarahan anggota tentara Inggris yang diakibatkan tewasnya pimpinan mereka dibunuh oleh rakyat atau para pejuang wilayah Kota Surabaya. Akibat meninggalnya jenderal atau pimpinan mereka, Inggris dan juga para sekutunya memberikan suatu peringatan untuk para pejuang-pejuang negara Indonesia yang berada di sekeliling Kota Surabaya untuk segera menyerah.

Adanya peringatan yang diberikan oleh Inggris dan sekutunya terhadap para pejuang Indonesia yang berada di daerah Kota Surabaya, para pejuang Indonesia pun tidak merasa takut dan juga tidak akan mundur untuk menyerah. Mereka semua membuat suatu wajib militer untuk melawan Inggris yang mengancam para pejuang Surabaya untuk menyerah.

Setelah Inggris mengetahui peringatan-peringatan yang diberikan untuk para pejuang Surabaya ditolak secara mentah-mentah, akhirnya negara Inggris dan para sekutunya benar-benar mengeluarkan amarah yang sangat besar. Lalu pada tanggal 10 November pagi hari mereka melakukan serangan besar-besaran terhadap para pejuang Surabaya melewati laut, darat dan udara dengan mengirimkan kurang lebih sekitar 30.000 pasukan tentara.

Pesawat terbang, kapal perang dan tank baja benar-benar ditujukan untuk menuju Kota Surabaya. Dikala itu Kota Surabaya benar-benar diserang habis-habisan oleh sekutu Belanda. Mereka semua memborbardir gedung-gedung pemerintahan yang berada di dalam Kota Surabaya dan juga membunuh para pejuang-pejuang Kota Surabaya.

Ketika itu peristiwa yang sangat mengerikan, pembunuhan-pembunuhan manusia pun terjadi dimana-mana, darah manusia pun saring berceceran di jalanan raya dan membuat para pahlawan Kota Surabaya ini semakin terdesak dengan keadaan.

Akan tetapi diluar dugaan sama sekali, rencana-rencana mereka yang telah direncanakan sebelumnya untuk menguasai Kota Surabaya dalam jangka waktu 3 hari gagal total. Semua pahlawan atau pejuang dan rakyat Surabaya ikut serta turun ke jalan untuk melakukan perjuangan untuk melawan para penjajah.

Ketika itu semangat para pejuang dan rakyat pun sangat membara. Persoalan ini diakibatkan munculnya seseorang pemuda yang mana pemuda tersebut bernama Bung Tomo. Ketika itu Bung Tomo berdiri tegak dengan gagah berani untuk memberikan sebuah pidato kepada seluruh rakyat Surabaya untuk membakar seluruh semangat berjuang yang mereka miliki meskipun hingga titik darah penghabisan tiba.

Peperangan Surabaya itu berlangsung kurang lebih selama 3 minggu dan diraih oleh pihak sekutu, walaupun Kota Surabaya jatuh ke genggaman para sekutu, pembelaan dan perlawanan rakyat Surabaya ketika itu membangkitkan seluruh semangat pejuang seluruh masyarakat Indonesia.

Contoh Paragraf Narasi #3

contoh paragraf narasi
dikatama.com

HARI MINGGU

Hari minggu ialah hari yang sangat melelahkan. Apabila ketika di pagi hari banyak sekali para remaja-remaja yang menghabiskan waktunya untuk liburan dan bersantai bersama teman-temannya. Namun dengan kegiatan seperti itu tidak berlaku bagiku.

Aku sejak jam 5 pagi telah terbangun dari tidur ku untuk melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim yaitu solat subuh dan seletah itu membantu ibu untuk memasak, kemudian setelah selesai membantu ibu memasak di dapur aku pun harus menemani adik-adik di rumah untuk bermain hingga mereka tertidur lelap.

Contoh Paragraf Narasi #4

contoh paragraf narasi
pixabay.com

PERTEMPURAN DINI HARI

Ketika itu sang mentari belum terbangun dari tidurnya, ayam jago pun belum mengeluarkan suara sebagai tugasnya dipagi hari. Akan tetapi pak Doni keluar dari dalam rumahnya. Kulit yang terlihat sudah keriput dan juga tipis seolah-olah tidak mempan lagi dengan hembusan pagi yang berupaya untuk membekukan kulit tubuhnya.

Tangan pak Doni yang besar dan kuat itu membawa cangkul dengan tangan kirinya sementara ditangan kanannya pak Doni ini menggenggam suatu bingkisan besar. Ketika saat beliau melangkahkan kakinya untuk menuju ke ladang, tiba-tiba langkah kakinya pun terhenti karena mendengar tangisan anak bayi yang merusak kesunyian dikala itu.

Pak Doni pun sangat kaget sekali ketika beliau melihat sesosok orang mungil dan sangat lucu itu tergeletak begitu saja di bawah pohon beringin besar itu. Ketika beliau hendak mencoba untuk mengambil bayi itu, tiba-tiba muncul harimau yang lumayan cukup besar yang akan menyerang tubuh pak Doni.

Namun dengan sangat cepat reaksi pak Doni ini menghindar dari serangan binatang buas itu. Ternyata suara tangisan bayi itu ikut mengundang seekor harimau dan terlihat pada harimau tersebut bahwa harimau itu nampak terlihat seperti yang sedang kelaparan.

Harimau itu selalu melihat dan memandangi bayi yang sedang nangis dibawah pohon beringin itu. Melihat harimau yang ingin memangsa sang bayi, pak Doni pun berusaha untuk menjauhkan harimau dengan menggunakan alat untuk bertani, yaitu sebuah cangkul dengan gagang kayu.

Namun usaha pak Doni itu membuat harimau tersebut kembali melakukan perlawan kepada dirinya. Harimau tersebut berbalik untuk menerkam pak Doni dan berhasil membuat luka di tubuh pak Doni. Pak Doni pun terjatuh ke tanah dan terdesak, ketika harimau mendekat dan ingin menerkamnya lagi dengan sangat cepat pak Doni pun langsung mengambil cangkulnya yang berada tepat di samping tubuhnya.

Singkat cerita pak Doni itu berhasil untuk menyerang kembali harimau itu dan mengalahkannya. Cangkul yang digunakan untuk bertani itu berhasil untuk merenggut nyawa harimau (mati). Sesudah beliau berhasil membunuh binatang buah tersebut, pak Doni pun langsung mengambil dan menggendong bayi yang lucu itu untuk ia bawa pulang ke rumahnya yang akan di urus dan juga diangkat sebagai anak angkatnya.

Contoh Paragraf Narasi Singkat #1

contoh paragraf narasi
ruangseni.com

Buku Novel Habibie dan Ainun ini mengisahkan mengenai romantika sebuah kehidupan Habibie dan Ainun. Mengulas mengenai betapa besar cintanya antara Habibie dan Ainun serta memberikan sebuah motivasi dalam keberhasilan dan juga kesuksesan Habibie yang tidak lain menjadi suami tercintanya Ainun.

Catatan : Salah satu jenis dari paragraf narasi diatas ialah jenis paragraf sugesti yang mana mengisahkan tentang cerita Habibie dan Ainun didalam novel yang sangat populer.

Contoh Paragraf Narasi Singkat #2

contoh paragraf narasi
satriabajahitam.com

Hari ini ialah yang mana hari yang takkan pernah aku lupakan, karena tepat pada hari ini aku bertambah usia dan juga mendapati sebuah kejutan dari teman-teman sekolahku dan teman-teman lainnya. Sebelumnya aku sudah sangat mencurigai dengan perilaku teman-temanku yang tiba-tiba tingkah laku mereka sangat aneh semua di pandanganku.

Namun dugaanku benar-benar terwujud, sesudah selesai mata pelajaran terakhir dan waktu pulang sekolah pun tiba, teman-temanku memberikan sedikit kejutan berwujud kue ulang tahun dan juga hadiah ulang tahun yang sangat-sangat bagus sekali.

Catatan : Mengisahkan mengenai diri pribadi yang mendapatkan sebuah kejutan ulang tahun. Akan tetapi sebelum terjadinya sebuah kejutan aku telah mengiranya karena tingkah laku dari teman-temanku ini sangat aneh sekali.

Contoh Paragraf Narasi Singkat #3

contoh paragraf narasi
data.whicdn.com

Didalam hutan yang lebat, ada kedua anak yatim piatu yang hidup mereka bernama Sifa dan Silva. Gadis kembar itu tinggal didalam sebuah gubuk sederhana dan juga keseharian yang mereka lakukan ialah berburu hewan untuk dijadikan makanan sehari-hari.

Sesudah beberapa lama kemudian, kedua anak kembar itu dijumpai oleh seorang juragan yang amat sangat kaya raya kebetulan saudagar itu sedang memiliki keinginan untuk berburu binatang didalam hutan. Tak lama kemudian saudagar tersebut ketika sedang berburu berjumpa dengan Sifa dan Silva, singkat cerita kedua gadis kembar itu ia bawa kerumahnya untuk di urus dan dijadikan sebagai anak angkatnya.

Catatan : Contoh paragraf narasi diatas mengisahkan mengenai dua anak kembar yang hidup di tengah-tengah hutan belantara, ketika mereka berdua sedang berburu binatang didalam hutan, mereka berdua berjumpa dengan saudagar yang amat sangat kaya raya yang kebetulan saudagar tersebut sedang berburu binatang juga. Pada akhirnya Sifa dan Silva dibawa kerumah saudagar tersebut dan dijadikanlah sebagai anak angkatnya.

***

Demikianlah ulasan ringkas tentang contoh paragraf narasi, ciri ciri paragraf narasi dan teks narasi. Semoga adanya artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasanmu. 🙂

Tinggalkan komentar