Contoh Kata Penutup Makalah yang Baik dan Benar, Juga Cocok untuk Dijadikan Sebagai Bahan Referensi

CONTOH PENUTUP MAKALAH – Hallo teman-teman semua apakabar? Pasti pada sehat kan? Nah kali ini baabun akan membuat artikel yang membahas tentang bagaimana caranya untuk membuat contoh kata penutup. Selain dari itu kami akan memberika sedikit contoh kata penutup kepada teman-teman semua.

Dimulai dari contoh penutup laporan prakerin, contoh penutup makalah, contoh penutup proposal usaha, contoh penutup kliping dan contoh penutup karya ilmiah yang mana contoh-contoh tersebut bisa kalian jadikan sebagai sebuah contoh atau referensi.

Sebagaimana halnya yang sudah kita ketahui secara bersama bahwa laporan atau makalah dan sejenis lainnya mempunyai beberapa bagian yang mana bagian tersebut ialah terdiri dari penutup. Sebelumnya diantara kalian apakah sudah ada yang pernah membuat laporan atau membuat makalah?

Jikalau diantara kalian belum pernah sama sekali membuat makalah atau membuat laporan, maka kami sarankan kepada teman-teman semua untuk membaca artikel ini sampai bawah (selesai). Nah, ketika kalian sudah selesai membaca secara keseluruhan dari isi artikel ini, disitulah kalian akan menemukan sedikit referensi kata penutup untuk kata penutup dalam pembuatan sebuah laporan atau pembuatan makalah.

Ingin mengetahui bagaimana cara membuat kata penutup makalah yang baik dan benar? Yuk, langsung saja kita simak beberapa contoh penutup makalah yang tertulis dibawah ini:

Baca juga referensi artikle contoh kata pengantar makalah

Cara Membuat Kata Penutup Makalah atau Laporan yang Baik dan Benar

contoh penutup makalah
gopena.com

Pada bagian penutup makalah lebih melihatkan atau menonjolkan tentang pendapat atau bisa juga disebut dengan kesimpulan yang bisa didapat di dalam makalah yang telah kalian buat. Untuk membentuk pendapat yang benar dan baik, terdapat beberapa persoalan yang harus kalian perhatikan, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Isi dalam pendapat harus seperti penjabaran dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema-tema yang sudah diangkat. Bisa juga seperti inferensi atau bisa juga seperti implikasi.
  • Isi dalam pendapat itu sebaiknya memuat saran-saran yang dibuat untuk ditukuan kepada para pembaca.
  • Kesimpulan sebuah makalah sebaiknya dibentuk dengan menjabarkan secara singkat dari isi karya ilmiah yang memang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.
  • Ketika kalian sedang membuat pendapat atau kesimpulan dari karya tulis ilmiah, alangkah baiknya kita menghindari untuk menyimpulkan materi yang tidak dijelaskan didalam pembahasan.

Contoh Penutup Makalah

contoh penutup makalah
sharingkali.com

Berikut dibawah ini ialah contoh penutup makalah yang baik dan benar yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

5.1 Kesimpulan

Menurut dari informasi dan data yang sudah dijelaskan diatas maka sang penulis itu bisa menanggapi bahwa pemakaian bahan pengawet pada jajanan anak-anak sekolah itu sngat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh sehingga tindakan negatif seperti itu harus ditindak lanjutkan untuk pencegahan.

Perbuatan seperti itu mencangkup menghidangkan jajanan yang sehat di kantin-kantin sekolah dan melarang para siswa dan siswi untuk tidak jajan sembarangan. Adanya pengawasan dari guru dan orang tua juga sangat penting sekali untuk menangani faktor permasalahan ini.

5.2 Saran

Walaupun penulis menginginkan kerapihan dan kesempurnaan ketika menyusun makalah ini namun pada kenyatannya masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki ulang oleh penulis. Persoalan ini dikarenakan masih sangat sedikitnya pengetahuan penulis.

Maka dari itu penulis sangat berharap sekali bahwa para pembaca selalu memberikan sebuah kritikan dan saran kepada penulis agar penulis bisa menjadikan saran dan kritikan yang diberikan oleh para pembaca ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk selanjutnya.

Contoh Kata Penutup Laporan PKL

contoh penutup makalah
qualtrics.com

Setelah kita selesai membahas mengenai contoh penutup makalah yang baik dan benar, nah maka dibawah ini kita akan membahas mengenai contoh penutup laporan prakerin yang baik dan benar yang bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi.

A. Kesimpulan

Menurut dari ulasan diatas bisa kami dapati bahwa aktivitas Praktek Kerja Lapangan (PKL) memiliki banyak manfaat untuk para siswa dan siswi SMK (Sekolah menengah kejuruan) ataupun bagi pihak industri.

Selain dari itu aktivitas atau kegiatan PKL (Praktek kerja lapangan) menjadi sebuah tempat untuk mengasah ketrampilan yang dimiliki di setiap manusia dan khususnya didalam persoalan praktek yang mana mereka dapat belajar lebih luas lagi didalam dunia pekerjaan dan tempat untuk melatih para siwswa dan siswi menjadi seoran generasi muda yang memiliki tanggung jawab yang tinggi dan juga profesional.

B. Kesan

Adapun kesan-kesan yang kami dapati selama melakukan aktivitas Kegiatan Praketk Kerja Lapangan ini sangat senang sekali dan juga berterimakasih kepada kepala kantor dan rekan-rekan semua, karena selama kami mengikuti aktivitas Praktek Kerja Lapangan ini kami mendapati banyak sekali ilmu-ilmu yang sangat bermanfaat.

Selain dari ilmu kamipun mendapati sebuah pengalaman yang sangat luar biasa yang mana sebelumnya pengalaman ini belum kami dapati di sekolah.

Kami juga tidak lupa untuk mengucapakan rasa terimakasih kami kepada seluruh pihak yang sudah membimbing kami dan juga memberikan ilmu yang bermanfaat dan pengalaman-pengalaman tersebut sehingga kami selaku para siswa dan siswi dapat mengembangkan keterampilang yang kami miliki didalam dunia pekerjaan

C. Saran

Untuk menyempurnakan laporan ini kita akan memberikan sebuah saran yang mana saran tersebut dapat membantu untuk mengisi kekurangan-kekurangan yang ada, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu kita harus menguasai teori tersebut sebelum melakukan praktek kerja lapangan.
  • Mengutamakan keselamatan dalam bekerja.
  • Menggunakan atau memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.
  • Jangan pernah sesekali merasa bangga dan merasa puas dengan hasil pekerjaan yang sudah digapai.

Contoh Penutup Proposal Bisnis/Usaha

contoh penutup makalah
sarungpreneur.com

Setelah kita selesai membahas tentang contoh penutup makalah, contoh penutup laporan pkl, dan saat ini kami akan membahas mengenai contoh penutup laporan usaha yang mana contoh penutup laporan usaha atau bisnis ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi oleh teman-teman semua.

Yuk tunggu apalagi langsung saja kita simak pembahasan yang telah tertulis dibawah ini:

A. Kesimpulan

Sekian proposal ini yang telah kami buat dengan tujuan untuk mengajukan surat permohonan pembangunan perusahaan yang saya bangun bisa diterima oleh pihak yang bersangkutan. Pembuatan proposal ini tak lain dengan tujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan mengenai peluang didalam fashion bisnis dan juga memperluas wawasan.

Dari pembangunan atau pembentukan usaha ini, saya bisa sedikit menanggapi bahwa berdirinya suatu perusahaan ialah dikarenakan dengan kebutuhan masyarakat dan permintaan-permintaan pasar yang sangat banyak dan juga mendukung perkembangan dari perusahaan tersebut.

Bukan hanya itu saja tujuan saya dalam membangun perusahaan ini, saya membangun atau mendirikan perusahaan ini dengan tujuan untuk bisa membantu pemerintah dalam mengurangi orang-orang penganggran di zaman atau era krisi global perekonomian seperti saat ini.

Saya sangat menyadari sekali bahwa tidak ada satu orangpun yang sempurna atau memiliki kesempurnaan di dunia ini terkecuali ia Tuhan yang Maha Esa yakni Allah SWT. Dalam pembentukan proposal ini tentu saja masih terdapat beberapa kekurangan yang harus saya perbaiki.

Maka dari itu, selaku saya yang membuat proposal ini sangat berharap sekali adanya kritik dan saran yang baik dari Bapak/Ibu yang mana sifat dari kritikan dan saran tersebut bisa saya jadikan sebagai bahan evaluasi untuk selanjutnya supaya bisa menjadi lebih baik lagi dalam pembuatan proposal.

Akhir kata dari penulisan proposal ini saya mengucapkan rasa terimakasih saya kepada seluruh pihak yang sudah mau meluangkan waktunya untuk ikut membantu dan juga ikut berpatisipasi dalam menyusun dan pembangunan atau pendirian perusahaan “Baabun”.

Selain itu, saya juga mengucapkan rasa terimakasih juga atas penerimaan proposal ini, dan juga saya selalu berharap supaya pekerjaan perusahaan yang saya bangun ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Amin.

B. Saran

Supaya pekerjaan usaha bisa berjalan dengan baik dan juga berjalan lancar, saya mempunyai beberapa saran yang mana saran tersebut mungkin bisa dipakai dan diterapkan. Diantara lain ialah sebagai berikut:

  • Selalu yakin dan juga percaya bahwa bisnis atau usaha bisa dilakasanakan.
  • Memiliki rasa semangat yang tinggi dalam bekerja.
  • Pintar dan pandai dalam berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain.
  • Tidak gampang menyerah dan juga tidak mudah putus asa.
  • Selalu mau menerima kritik dan jug saran dari orang lain.
  • Mampu untuk menciptakan produk-produk yang memiliki kualitas unggul.
  • Selalu disiplin, keratif dan inofativ, dan juga selalu memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.
  • Selalu memprioritaskan atau mengutamakan kepuasaan para pelanggan dan konsumen.

Baca juga referensi artikel contoh makalah

Contoh Penutup Karya Ilmiah

contoh penutup makalah
squarespace.com

Setelah tadi kita membahas dan menjelaskan tentang contoh penutup makalah, contoh penutup laporan PKL, contoh penutup proposal, dan juga membahas tentang bagaiamana cara membuat makalah yang baik dan benar.  Nah, untuk saat ini kita akan membahas mengenai contoh penutup karya ilmiah.

Yang mana pembahasan tentang contoh penutup karya ilmiah ini bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk teman-teman semua. Yuk. tunggu apalagi langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini. Semoga bermanfaat ya 🙂

Contoh Penutup Karya Ilmiah (Ilmu)

Adanya pendidikan ini sangat penting sekali bagi perkembangan hidup manusia dan juga untuk membuat dan menciptakan masa depan yang akan lebih cerah lagi. Sehingga metode pembelajaran dalam pendidikan ini harus dibenahi, pembelajaran disini ialah merupakan peraduan dari kegiatan belajar mengajar yang mempunyai tujuan yang sama.

Apa tujuannya? Yakni memiliki tujuan untuk merubah perilaku seseorang kepada arah yang lebih baik lagi yang berguna untuk masa depan yang sukses dan berhasil. Dalam pendidikan ini terdapat banyak sekali faktor-faktor atau masalah yang terlibat ketika pembelajaran.

Misalkan seperti saja di sekolah ada seorang guru, murid/siswa, fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan, tujuan dan program, kurikulum, rencana dan masih banyak faktor-faktor lainnya.

Pembelajaran memiliki beberapa prinsip penting yang sangat baik untuk kita ketahui. Sehingga terciptanya tujuan-tujuan pembelajaran sendiri dapat tergapai dengan baik. Ketika pembelajaran sekolah tidak terlepas dari permasalahan yang bisa mengganggu metode terjadinya ketika proses belajar mengajar, namun faktor atau permasalahan tersebut dapat diatasi jikalau semua bisa bergabung menjadi satu untuk menanganinya.

Saran

Berikut dibawah ini terdapat beberapa saran yang penulis cantumkan yang bertujuan untuk arah perkembangan selanjutnya:

  • Menggabungkan atau menyatukan faktor-faktor yang terlibat dalam metode pembelajaran suapaya berkesinambungan.
  • Mari kita bergabung dan menjadi satu untuk memeperbaik saran dan prasarana dalam metode atau proses pembelajaran yang belum sama atau yang tidak sama dengan teknik pembelajaran di sekolah.
  • Pembelaran di sekolah menggunakan proses pembelajaran yang sebelumnya sudah teruji.

Contoh Penutup Kliping

contoh penutup makalah
tukinfo.net

Terimakasih terhadap waktu yang kalian berikan untuk membaca sebuah Kliping, yang mana kliping tersebut saya yang membuat sendiri. Apabila didalam tulisan ini terdapat kata-kata yang kurang bisa dipahami dan dimengerti saya selaku pembuat dan penulis memohon permintaan maaf yang sebesar-besarnya dan juga mohon untuk dimaklumi, karena saya ini masih proses pembelajaran.

***

Nah demikianlah ulasan secara ringkas tentang contoh penutup makalah yang baik dan benar. Selain dari membahas contoh penutup makalah, didalam artikel ini juga ikut membahas pembahasan tentang contoh penutup laporan pkl, contoh penutup laporan usaha, contoh penutup karya ilmiah, dan contoh penutup kliping yang bisa kalian atau teman-teman jadikan sebagai bahan referensi.

CONTOH PENUTUP MAKALAH

Tinggalkan komentar