contoh resensi novel

Contoh Resensi Novel Terlengkap Sesuai dengan EYD

CONTOH RESENSI NOVEL – Biasanya resensi novel sama saja dengan resensi-resensi buku non fiksi. Namun didalamnya terdapat sedikit perbedaan dari resensi tersebut. Resensi novel ini memiliki tujuan tertentu yakni untuk menarik para pembaca supaya si pembaca itu akan membeli buku tersebut

Inilah hal yang menurut saya paling penting dan jangan pernah dilewatkan apabila sedang merensi sebuah novel, hal yang terpenting dalam merensei novel ini ialah memperhatikan isi novel atau data-data novel tersebut, misalakan seperti sinopsis, identitas buku, kelebihan, kekurangan, dan kisah cerita pada novel tersebut.

Berikut dibwaah ini kami akan membahas tentang cara meresensi buku yang baik dan benar, pengertian resensi, dan juga dilengkapi dengan novel fiksi lengkap dengan unsur-unsur intinsik dan sinopsil novelnya.
Berikut ini ialah penjelasannya:

Pengertian Resensi

contoh resensi novel
academicindonesia.com

Kata resensi ini berasal dari bahasa latin yakni revidere atau juga recensie yang mana arti dari kata latin itu ialah menimbang, menilai atau melihat kembali. Dalam KBBI, resensi ialah penjelasan dari sebuah buku. Jadi disini resensi ini merjpakan penjasan singkat yang menjelaskan tentang isi suatu buku, majalah, novel, drama atau film-film yang umumnya biasa ditanyangkan oleh media-media sosial.

Adapun adanya kegiatan merensi ini adalah untuk memberikan sebuah pembahasan, penilaianm mengkritik, atau juga mengungkapkan kembali isi-isi yang pernah ada di dalam sebuah buku.

Tujuan Resensi

contoh resensi novel
pixabay.com

Apakah diantara teman-teman semua ada yang mengetahui kenapa adanya tujuan resensi? Nah, saya sangat yakin bahwa dari antara kalian terdapat beberapa orang yang belum mengetahu apa tujuan resensi ini, baiklah langsung saja kita ulas secara bareng-bareng, yuk langsung saja kita simak ulasan yang telah tertulis dibawah in:

Berikut ialah terdapat beberapa tujuan merensi buku:

  1. Membujuk  para pembaca untuk melakukan kegiatan berdiskusi lebih jauh lagi mengenai masalah-masalah yang diangkat dalam sebuah karya yang dibentuk resensi. Entah karya tersebut berupa novel, buku ataupun berupa majalah.
  2. Dibuatnya resensi ini untuk memberikan sebuah pehaman dan juga informasi lebih kepada pembaca mengenai karya yang akan diresensi
  3. Memberikan sebuah estimasi kepada pembaca mengenai kepantasan atau kelayakan sebuah karya untuk diterbitkan atau untuk dibaca.
  4. Memberikan sebuah informasi dan juga jawaban kepada para pembaca tentang pertanyaan-pertanyaan yang kerap dikeluarkan atau dilontarkan oleh para pembaca tentang sebuah karya yang memang sudah diliriskan atau diterbitkan.

Manfaat Resensi

contoh resensi novel
kumpulan.net

Apakah teman-teman semua sudah mengetahui apa fungsi dan manfaat dari resensi ini? Saya kira ada beberapa orang diantara kalian yang memang belum mengerti atau belum faham tentang apa fungsi dan manfaat adanya resensi ini.

Berikut dibawah ini ada beberapa manfaat tentang resensi novel atau buku:

  1. Sebagai bahan yang dijadikan sebagai pertimbangan untuk memberikan sebeuah penjelasan umum kepada orang yang membaca buku atau novel tersebut dan juga untuk mempengaruhi si pembaca atas adanya karya tersebut.
  2. Bisa menambatkan imbalan berupa uang atau jenis lainnya, dan juga bisa mendapatkan buku atau novel yang telah diresensi secara gratis langsung dari pencipta buku jikalau karya yang telah diresensinya akan dipajang di majalah atau koran.
  3. Resensi ini merupakan sebuah media atau sarana promosi sebuah buku. Buku yang telah di resensi berarti buku itu merupakan buku baru yang mana buku tersebut belum pernah di resensi oreh orang lain. Dengan begitu, resensi ini merupakan sebuah tempat promosi buku baru yang bertujuan untuk menarik perhatian-perhatian orang-orang yang memang gemar sekali membaca.
  4. Sebagai pengembangan sebuah kreatifitas. Semakin kerep menulis, maka kita juga akan terus semakin terlatih untuk lebih berimajinasi atau berinocasi dalam menulis. Dengan adanya melakukan hal ini sangat berguna dan bermanfaat sekali, yakni bisa mengembangkan tingkat kreativitas yang telah kita miliki.

Unsur Unsur Resensi

contoh resensi novel
academicindonesia.com

Nah, setelah kita selesai membahas tentang manfaat resensi maka untuk pembahasan selanjutnya ialah kita akan membahas tentang unsur-unsur resensi, yang mana unsur-unsur resensi ini perlu kita ketahui apabila kita ingin menjadi penulis atau penerbit buku yang baik.

Berikut dibawah ini ialah unsur-unsur resensi yang harus kita ketahui:

1. Identitas Buku

Identitas buku ini meliputi berbagai hal, yakni salah satunya:

  • Judul uku.
  • Nama pengarang buku tersebut.
  • Nama penerbit buku tersebut.
  • Seberapa tebalnya buku tersebut atau ketebalan buku.
  • Tahun terbitnya buku.
  • Nomer edisi buku.

Identitas atau ciri-ciri buku juga bisa melingkupi ilustrasi jilid buku, warna buku dan ukuran buku. Namun untuk kepentingannya dengan adanya penulisan resensi, hal ini jarang sekali ditimbulkan atau dimunculkan.

2. Ikhtisar Buku

Ikhtisar buku ditata atau disusun berdasarkan dengan kebutuhan yang terkandung didalam bukunya, Namun, karena buku yang akan di resensinya berwujud atau berupa novel maka untuk cara menentukan pokok atau kebutuhannya berbeda sekali dengan cara menentukan pokok duku non fiksi.

Pokok-pokok dari isi novel ini bisa juga ditentukan sebagai kondisi atau keadaan atau kejadian-kejadian penting yang memang dijelaskan di dalam novel.

3. Pengarang

Seorang pengarang kerap sekali dikisahkan didalam resensi novel. Perkara ini ada kaitannya dengan latar belakang, sikap-sikap, keahlian, dan sebuah karya yang telah dibuatnya. Pada masing bagian-bagian tersebut biasanya selalu dikisahkan secara ringkas dan tidak melibihi dari satu paragraf.

Biasanya sosok pengarang ini akan dicantumkan dibagian halaman pertama atau dibagian halaman belakang novel atau buku tersebut. Nah dari sanalah kalian semua dapat berbincang mengenai unsur kepengarangan. Bagi para pengarang yang memang sudah terkenal dan sangat populer, kalian bisa membaca dari sumber-sumber lainnya misalkan seperti di internet dan sumber-sumber lainnya.

4. Kelemahan dan Keunggulan Buku

Kelemahan dan keunggulan suatu buku ini yang ada pada resensi ini bisa berkaitan juga dengan unsur-unsur novel. Mengenai unsur-unsur ini, kalian bisa memberikan sebuah nilai atau penilaian, baik itu berlandaskan sebuah kesederhanaan, kekhasan, kepenguasaan, kejelasan, masalah dan bagian-bagian lainnya yang bisa kamu tentukan sendiri yang setara dengan kreatifitas kalian.

Cara Melakukan Resensi Novel Fiksi yang Baik

contoh resensi novel
petapixel.com

Sudahkah anda mengetahui langkah-langkah atau cara untuk membuat resensi yang baik dan benar? Belum kan? Berikut dibawah ini ialah langkah-langkah atau cara membuat resensi novel fiksi yang baik dan benar:

Bagian-bagian Untuk Merensi Buku:

  1. Judul resensi
  2. Judul buku yang bakal di resensi
  3. Rangkuman pada buku
  4. Identitas buku
  5. Kekurangan buku
  6. Kelebihan buku
  7. Pendapat atau anggapan penulis.

1. Memilih Buku yang Akan di Resensi

langkah awal yang harus kali kerjakan ialah memilih atau menentukan buku yang mana buku itu akan di resensi oleh kalian. Oh iyah, untuk buku yang memang pantas dan layak untuk diresensi ialah bukun yang memenuhi persyaratan sebagai keterangan persyatan yang telah tertulis dibawah ini:

  • Buku yang didalamnya berisi hal yang aqtual
  • Buku yang memilki kualitas sangat baik
  • Buku yang memang belum pernah di resensi sama sekal
  • Terbitan baru

2. Menulis Identitas/Ciri Ciri Buku

Ciri-ciri atau identitas buku yang benar-benar harus kalan perhatikan ialah mulai dari judul buku, penerbit buku, penulis buku, tahun berapa buku itu terbit, kota tempat terbit buku, dan masih ada beberapa jumlah halaman-halaman yang ada di buku tersebut.

Misal Contohnya Seperti dibawah ini:

Judul Buku tersebut : Laskar Pelangi

Penulis dari Buku Tersebut : Andrea Hirata

Penerbit Buku Tersebut : P.T Bentang Pustaka

Kota atau Tempat Penerbitan Buku : Yogyakarta

Cetakan Buku : III

3. Menulis Rangkuman atau Sinopsis Pada Buku

Merangkum isi buku ini memilki tujuan untuk mendapatkan sebuah penjelasan tentang isi buku. Kalian juga harus membaca buku tersebut dengan benar-benar dan juga cermati dngan baik untuk bisa mmahami isi dari buku tersebut.

Rangkuman disini harus mencerminkan garis besar pada isi buku secara kelengkapan.

4. Mempersentasikan Kekurangan dan Kelebihan Buku

Apabila sudah selesai merangkum semua isi buku, maka langkah selanjutnya kalian harus menulis dan menjelaskan mengenai kekurangan dan kelebihan isi dari buku tersebut. Maka dari itu ketika kamu sedang merangkum sebuah buku yang kamu rangkum kamu harus bisa juga untuk menilai tentang kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

Ketika kamu sedang menilai buku tersebutm kamu bisa memberi tanggapan atau komentar kepada buku yang akan kamu resensi. Ya walaupun begitu, penilaian yang kalian berikan ini harus dikerjakan secara jujur dan objektif.

5. Menulis Resensi Lengkap

Sesudah kamu mendapatkan data-data yang sangat lengkap, maka langkah berikutnya ialah data-data yang sudah kalian dapati itu kalian resensi dengan sebuah tulisan yang padu. Dan jangan sampai lupa juga untuk memberikan atau mengasihi sebuah rekomendasi atas kepantasan atau kelayakan buku tersebut untuk dibaca oleh para pembaca.

Jenis Jenis Resensi

contoh resensi novel
sayabukanguru.blogspot.co.id

Setelah kita selesai membahas tentang unsur unsur resensi dan membahas cara melakukan resensi yang baik dan benar itu seperti apa, maka selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis resensi, yang mana jenis-jenis resensi ini sangat penting sekali.

Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng pembahasan yang telah tertulis dibawah ini:

1. Resensi Informatif

Apa itu resensi informatif? Resensi informaf ialah resensi yang didalamnya hanya memberikan sebuah informasi tentang isi-isi dari resensi terebut secara umum dan singkat dari semua buku atau karya yang ada.

2. Resensi Deskriptif

Apa itu resensi deskriptif? Resensi deskriptif ini berbeda dengan resensi informatif, yang mana resensi deskriptif ini ialah resensi yang didalamnya mengulas secara lebih jelas di setiap bagian-bagian atau setiap babnya.

3. Resensi Kritis

Resensi Kritis ialah jenis-jenis resesnsi yang terakhir, yang mana resensi kritis ini berwujud sebagai penjelasan yang lebih jelas lagi dengan menggunakan metodologi ilmu.

Contoh Resensi Novel Non fiksi dan Fiksi

contoh resensi novel
pixabay.com

Resensi novel dengan nuku non fiksi ini didalamnya memiliki beberapa perbadaan yang mana perbedaan tersebut ialah terdapat unsur-unsur karya sastra seperti pada unsur kstinsik dan instrinsik. Sementara untuk buku non fiksi didalmnya memiliki sebuah isi yang membahas tentang kekurangan buku dan kelebihan buku.

Resensi novel juga memilki berbagai macam manfaat, salah satu manfaat tersebut ialah bisa menambah sebuah wawasan untuk kita, bisa mengetahui yang namanya kelemahan dan kelebihan dari buku tersebut, bisa juga untuk meningkatkan pengetahuan si penulis, berfikir kritis dan yang sangat berharga ialah, yakni akan mendapatkan sebuah imbalan dari si penerbit buku tersebut.

Enak bukan seperti itu?

Ketika sedang merensi sebuah novel, kalian haru benar-benar yang namanya memperhatikan beberapa unsur-unsur yang membentuk novel tersebut. Misalkan contoh seperti judul resensi, data-data atau identitas novel, pengarang, sinopsis, unsur intrinsik, dan kekurangan dan kelebihan novel terebut dan tak lupa juga untuk memberikan sebuah kesimpulan.

Contoh Lengkap Resensi Novel Laskar Pelangi

contoh resensi novel
cseashawaii.org

Berikut dibawah ini ialah penjelasan tentang contoh dari novel laskar pelangi:

Judul Novel: Sang Pemimpi

Pengarang Cerita Novel: Andrea Hirata

Penerbit Novel: PT. Bentang Pustaka

Tahun Terbit Novel: 2011

Ketebalan Novel: 248 Halaman

Jenis Novel: Fiksi

Sinopsis Novel Sang Pemimpi

Sang pemimpi ialah sebuah novel dari hasil karya penulis yang namanya Andrea Hirata. Novel Sang Pemimpi ini amat sangat kental sekali dengan rasa semangat dan perjuangan untuk mencapai sebuah cita-cita yang ia inginkan. Perjuangan yang tak pernah mati dan padam untuk meraih sebuah impian berada di berada di Kota Sorbenne, Prancis.

Karya novel atau buku fiksi ini memiliki unsur-unsur persahabatan sejati dan juga ada sedikit sentuhan-sentuhan mengenai cerita kisah percintaan yang amat sangat unik sekali. Di dalam novel ini saya sepakat bahwa Andrea Hirata sebagai orang yang menulis novel tersebut memiliki maksud dan tujuan yang sangat jelas.

Apa maksud dan tujuan tersebut? Yakni ingin sekali mengutarakan dan menyampaikan sebuah pemikiran mengenai sebuah cita-cita suci yang harus didasarkan semangat dan tekad yang sangat kuat dan juga ketika ingin menggapai sebuah impian tersebut kita tidak mengenali yang namanya putus asa.

Melewati karyanya ini, beliau mengajak dan mengajarkan kita untuk menyadari dan melihat bahwa sistem peraturan pendidikan di Negara Indonesia ini sangat lemah.

Sang pemimpi pun mengisahkan mengenai betapa sulitnya hidup di wilayah Belitung yang mana sang pemimpi itu diperankan oleh anak-anak yang memiliki jutaan impian. Mereka semua ialah seorang bocah atau anak kecil yang memang berjuang dan tetap semangat dalam menjalin hidup dengan melewati berbagai macam rintangan.

Anak-anak inilah yang selalu berjuang demi melanjutkan sekolah atau pendidikan SMA di SMA Negeri yang lokasinya terletak amat sangat jauh dari pemukiman atau kampung halamannya. Dan pada akhirnya mereka semua bermusyawarah dan memutuskan untuk tetap menetap di daerah pasar yang kumuh.

Mereka tinggal di daerah atau wilayah pasar kumuh itu bukan hanya tetap tinggal saja, akan tetapi mereka semua nya bekerja menjadi kuli ngambat yang bertujuan untuk masih tetap bisa bertahan hidup walaupun di lingkungan yang seperti ini.

Peran utama Novel Sang Pemimpi ini ialah seorang laki-laki yang namanya Ikal. Beliau adalah anak dari seorang pegawai PT. Timah mana usaha orang tuanya itu terancam akan kebangkrutan. Selain Ikal yang menjadi tokoh, ternyata masih ada tokoh-tokoh lainnya yang bernama Arai, yang mana Arai ini ialah seorang anak yang hidup hanya sebatang kara (Sendirian)

Tidak lupa juga dngan si Jimbron, Jimbron adalah seorang anak yang dididik oleh seorang pendetan akan tetapi justru si Jimbron ini selalu tetap teguh dengan pendirian agama yang dianutnya sejak kecil, yakni agama Islam. Beliau juga adalah seorang anak yang selalu mempunyai cita-cita ingin sekali memiliki seekor kuda.

Arai ialah orang yang menjadi orang pertama dari semua mimpi-mimpi mereka. Arai juga termasuk orang yang selalu memiliki rasa semangat yang tinggi juga selalu memberikan semangat kepada kedua sahabatnya tersebut supaya sahabat-sahabat arial ini bisa meraih mimpi dan cita-cita mereka menjadi sebuah kenyataan.

 

Satu pemikiran pada “Contoh Resensi Novel Terlengkap Sesuai dengan EYD

Tinggalkan komentar