Contoh Surat Pengunduran Diri atau Resign yang Baik dan Benar

CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI – Contoh surat pengunduran diri ialah jenis dari salah satu surat yang saat ini banyak sekali orang-orang yang memerlukannya, mau itu di kantor tempat ia bekerja ataupun di rumah sakit dan lain sebagainya sebagai tempat ia bekerja selama ini.

Umumnya surat pengunduran diri ini dibuat oleh seseorang, karena seseorang itu ingin membeberkan ilmu dan seluruh kemampuan yang ia miliki di tempat/perusahaan lain. Selain itu, dibuatnya surat pengunduran diri oleh seseorang itu dikarenakan seseorang itu sudah tidak betah dan tidak cocok dengan pekerjaannya.

Apabila teman-teman ingin mengundurkan diri atau resign dari sebuah pekerjaan dengan menggunakan cara yang sopan dan juga terhormat, maka teman-teman semua sangat memerlukan sekali yang namanya membuat surat pengunduran diri dari kantor dan pekerjaan dengan baik, benar dan juga dengan tatanan bahasa yang sopan santun.

Lantas bagaimana jikalau kita tidak mengetahui bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar. Tenang, teman-teman tidak usah merasa khawatir, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai contoh surat pengunduran diri yang baik dan juga benar.

Namun, ketika kita hendak menulis atau membuat surat pengunduran diri terkadang akan terasa sulit dikarenakan timbulnya perasaan tidak enak kepada perusahaan yang pernah menampung kita untuk bekerja dan bisa membuat kita mendapatkan uang.

Terlebih jika kalian memegang posisi atau jabatan yang sangat penting didalam perusahaan tersebut, Maka dari itu, ketika membuat surat pengunduran ini membutuhkan susunan bahasa yang baik dan juga sopan ketika sedang menulisnya.

Baiklah dibawah ini saya akan sedikit memberikan contoh surat pengunduran diri dari sebuah pekerjaan yang baik, benar dan juga menggunakan tutur atau susunan bahasa yang sopan.

Akan tetapi sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan mengenai apa tujuan dan juga manfaatnya dari pembuatan surat pengunduran diri dan dilengkapi dengan pembahasan bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dengan menggunakan tutur bahasa yang sopan.

Manfaat dan Tujuan Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
mediamaya.net

Surat resign atau surat pengunduran diri kerja ialah suatu jenis surat resmi yang didalamnya terdapat isi untuk memberitahukan permohonan terhadap atasan atau kepala kantor untuk berhenti dari pekerjaan tersebut. Ketika kita menyodorkan atau mengajukan surat pengunduran diri dari sebuah pekerjaan, kita patut memberikan suatu alasan yang logis dan masuk akal yang bisa dipahami oleh atasan kita.

Dan yang terpenting ialah didalam surat pengunduran diri itu tidak menyinggung-nyinggung nama perusahaan dengan keputusan yang sudah kalian buat untuk berhenti dari bekerja dari perusahaan tersebut, ya meskipun hampir keseluruhan keputusan kalian untuk berhenti dari pekerjaan itu disebabkan dari perusahaan kalian yang tidak memiliki kemampuan untuk memberikan harapan-harapan para karyawan.

Dengan kita membuat surat pengunduran diri, kalian akan mendapati manfaat-manfaatnya. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Akan Terlihat Profesional dan Terhormat

Semua keputusan-keputusan yang kamu ambil harus diiringi dengan budi bahasa yang tinggi dan juga nilai-nilai kesopanan yang juga tinggi, jangan seenaknya saja pergi dan menghilang begitu saja tanpa adanya bahasa yang sopan kepada pihak perusahaan.

Terlebih didalam dunia pekerjaan, ada beberapa peraturan-peraturan dan adab-adab perusahaan yang perlu dan hukumnya wajib untuk kalian patuhi dan taati.

Ketika kamu ingin berhenti atau mengundurkan diri sebagai karyawan dari perusahaan tersebut dengan menggunakan tutur bahasa yang baik dan sopan, maka perusahaan tersebut akan melihat atau melihat kamu sebagai seorang yang sangat bertanggung jawab, juga terhormat dan memiliki tata krama yang bagus.

Berbeda halnya dengan seseorang yang ingin mengundurkan dirinya dari sebuah perusahaan yang tidak memakai atau menggunakan adab-adab/etika yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu, apabila seperti itu maka perusahaan tersebut akan melihat seseorang itu dengan hal-hal yang sangat negatif dan akan ditandai sebagai pribadi yang tidak memiliki rasa tanggung jawab dan buruk akhlak perbuatannya.

2. Perusahaan Mempunyai Peluang Kesempatan Untuk Mencari Karyawan Pengganti

Biasanya pengajuan surat pengunduran diri atau surat resign dari sebuah perusahaan ini sebelum kamu mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Misalkan contohnya seperti ini, kamu ingin berhenti bekerja dari perusahaan tersebut pada tanggal 23 Maret 2017, maka sebelum memasuki tanggal itu kamu sudah memberikan atau mengajukan surat pengunduran diri kepada atasan kamu.

Persoalan itu sangat perlu kalian kerjakan guna untuk menghargai perusahaan yang mana perusahaan tersebut adalah sebagai tempat kalian bekerja, pekerjaan-pekerjaan kalian selama ini tidak akan terbengkalai dan juga tidak akan meninggalkan kesan-kesan buruk terhadap diri anda.

Apabila kamu memiliki niatan untuk berhenti atau mengundurkan diri dari pekerjaan, maka dibawah ini kami akan memberikan sedikit contoh surat pengunduran diri dengan berbagai macam jenis tempat/posisi, diantara lainnya ialah:

Contoh Surat Pengunduran Kerja, Contoh Surat Pengunduran diri Perusahaan, Contoh Surat Pengunduran diri dari Bank, Contoh Surat Pengunduran diri Alfamart dan masih bayak contoh contoh surat pengunduran diri yang akan kami bahas satu persatu.

Namun sebelum membahas mengenai contoh surat pengunduran diri, saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara membuat surat pengunduran diri dan seperti apa format dari surat pengunduran diri ini. Berikut dibawah ini penjelasannya.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
sharingkali.com

Mungkin pada bagian ini kami akan mengulas mengenai persoalan-persoalan yang harus kamu pikirkan atau ketahui sebelum membuat surat pengunduran diri terhadap perusahaan. Lantas bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan benar serta apa saja yang harus kita pikirkan sebelum membuat surat pengunduran tersebut?

Berikut dibawah ini pembahasannya:

Alasan Kenapa Mengundurkan Diri

Umumnya seorang pegawai atau karyawan yang ingin mengundurkan diri atau memutuskan untuk berhenti dari suatu perusahaan tempat ia bekerja pasti mempunyai berbagai macam alasan-alasan tertentu. Biasanya alasan-alasan yang sering digunakan oleh para pegawai ini adalah kesehatan serta keluarga.

Akan tetapi, kalian semua tidak perlu bertele-tele dalam membuat surat pengunduran diri dan menuliskan alasan-alasan untuk mengundurkan diri. Kalian hanya cukup membuat surat pengunduran diri dengan padat, jelas dan juga bisa dipahami oleh atasan kita.

Membuat/Menulis Surat Pengunduran Diri

Biasanya surat pengunduran diri atau reseign ini terdiri dari aspek pembuka, isi dari tulisan tersebut, perkataan rasa terimakasih dan yang terakhir adalah kata-kata penutup. Aspek ini akan kami jelaskan secara jelas dan detail di bagian pembahasan selanjutnya. (Format Surat Pengunduran Diri).

Membuat Kesan Baik

Lebih bagus lagi apabila kamu menceritakannya langsung kepada atasan atau kepala kantor kamu mengenai latar belakang kenapa kamu lebih memutuskan untuk keluar dan berhenti dar perusahaan. Namun jangan sesekali kamu memberikan alasan seperti bosan, tidak betah, gaji kecil yang tidak kunjung naik, susah naik jabatan dan lain sebagainya.

Perkataan-perkataan seperti itu alangkah baiknya disembunyikan saja dan jangan sampai pihak kantor atau perusahaan mengetahuinya, cukup yang mengetahuinya hanya dirimu seorang dan hatimu saja.

Bagaimanapun kondisinya surat pengunduran diri itu sangat berguna untuk persyaratan administrasi dan perbincangan secara langsung dengan tutur bahasa yang sopan dan juga menjaga hubungan yang baik dengan pihak kantor atau perusahaan.

Format Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
mediamaya.net

Se belum mengulas secara detail tentang contoh surat pengunduran diri. Berikut dibawah ini kita akan bahas terlebih dahulu tentang format surat pengunduran diri. Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng pembahasan dibawah ini.

  • Kota & Tanggal Pembuatan Surat Pengunduran diri
    Pada bagian ini didalamnya berisikan tentang nama kota, tanggal, serta tahun surat pengunduran diri itu dibuat
  • Nama serta Alamat yang Akan di Tuju
    Biasanya surat itu diberikan kepada HRD (Human Resources Development) atau langsung diberikan kepada bagian instansi. Apabila patut menyeratkan nama atas atau apa pangkatnya maka tuliskanlah dengan benar dan jelas dengan gelarnya, bagian pekerjaan, serta nama perusahaan atau instansi kamu. Hindarilah penulisan di tempat, alangkah baiknya langsung saja utarakan langsung kota perusahaan kamu.
  • Salam Pembuka
    Pakailah salam pembuka pada tulisan surat pengunduran diri tersebut, yakni dengan cara menulis kata penghormatan atau menulikan salam dalam bahasa Arab.
  • Identitas Penulis Surat
    Sebutkan saja identitas lengkap anda, seperti nama lengkap anda, nomor karyawan anda, bagian anda bekerja, jabatan didalam pekerjaan anda, dan sebutkan informasi-informasi lainnya yang ada hubungannya dengan identitas anda di perusahaan tersebut.
  • Alasan Kenapa Mengundurkan Diri
    Mungkin pada bagian ini merupakan bagian yang sangat sulit untuk kalian. Namun, kalian bisa saja mengatakan alasan kenapa kalian mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dengan lantunan kata yang sopan dan nada bahasa yang rendah sehingga enak diterima oleh pendengar. Jangan mengatakan alasan kenapa anda mengundurkan diri dari perusahaan ini dikarenakan tidak betah dan perkataan-perkataan yang memang tidak harus disampaikan.
  • Tulis Kapan Tanggal Pengunduran Diri Anda
    Menegaskan kembali tanggal, bulan, tahun kapan anda menyatakan untuk mengundurkan diri dari perusahaan supaya semuanya nampak terlihat jelas dan juga terang.
  • Ucapkan Rasa Terimakasih
    Jangan sampai lupa untuk mengucapkan perkataan terimakasih kepada perusahaan dan juga atasan kamu ketika di perusahaan tersebut.
  • Menuliskan Permohonan Maaf
    Alangkah baiknya, kamu juga harus mengucapkan permohonan maaf terhadap kesalahan-kesalahan anda ketika selama bekerja didalam perusahaan tersebut. Dan jangan lupa untuk menambahkan juga sedikit harapan-harapan supaya perusahaan bisa semakin lebih berkembang serta menjaga citra positif ketika anda bekerja sebagai karyawan didalam perusahaan tersebut, walaupun pada kenyatannya terciptanya surat pengunduran diri ini terjadi disebabkan adanya suatu permasalahan antara individu dengan perusahaan atau adanya permasalahan antar karyawan.
  • Salam Penutup
    Apabila kamu mengawali surat dengan menggunakan bahasa Arab, maka pada akhir surat tersebut harus ditutup atau diakhiri dengan bahasa Arab.
  • Nama dan Tanda Tangan si Pembuat Surat
    Tuliskanlah nama lengkap kamu dan tambahkan juga tanda tangan di dalam surat tersebut. Terkadang, sebuah perusahaan ini meminta atau menginginkan surat tersebut terdapat materainya guna untuk melakukan pengurusan sebuah administratif. Tanda tangan bisa ditempatkan di bagian kanan atau kiri  setara dengan letak posisi tempat dan tanggal pembuatan surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
gulalives.co

Berikut dibawah ini kita akan memberikan sedikit contoh-contoh dari kumpulan contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. Yang mana contoh surat pengunduran diri itu bisa digunakan oleh karyawan atau pegawai yang ingin berhenti atau resign dari perusahaan, lembaga, hotel, bank dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang ingin membuat surat pengunduran diri atau resign dari pekerjaan, kalian semua bisa saja menyontoh contoh surat pengunduran diri yang ada dibawah ini. Yuk langsung saja kita simak contoh surat pengunduran diri agar terasa mudah ketika membuatnya.


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan Kesehatan


Sukabumi, 16 Juli 2018

 

Kepada Yth.
Direktur Utama
PT SINAR JAYA INDONESIA
Jl. Ir Koasasih No 144
Sukabumi

Mengenai: Surat Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Melewati surat pengunduran ini, saya yang menandatangani di bawah ini.

Nama : Dani Sudinar
NIK : 19830000095
Unit : Pemasaran
Kedudukan : Leader Marketing

Memiliki maksud untuk mengajukan pengunduran diri kerja yang dimulai dari tanggal 16 juli 2018. Disebabkan keadaan kesehatan tubuh yang saat ini kurang baik sehingga dengan keadaan tubuh seperti sekarang ini saya membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat intensif. Saya ucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya kepada perusahaan yang dulu sudah menerima saya bekerja kurang lebih selama 4 tahun serta terlibat juga dalam pembangunan perusahaan.

Saya memiliki keyakinan yang begitu besar  bahwa perusahaan ini bisa lebih maju berkembang untuk dimasa yang akan datang. Tak lupa juga didalam kesempatan ini, saya memohon maaf sebesar-besarnya atas kesalahan-kesalahan atau kekeliruan saya ketika bekerja di perusahaan ini

Sekian surat ini saya buat dengan alasan tanpa adanya paksaan dari bagian mana pun. Atas perhatian, kerja sama, serta perhatian dari Bapak/Ibu sekalian, di sini saya melantunkan ucapan rasa terimakasih saya atas semuanya.

Hormat Saya,

 

 

Dani Sudinar


2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan


Bandung, 11 Agustus 2018

 

Kepada Yth:
Ibu Silma Nuramalia
Manajer Utama
PT AGRAMAS
Jl. Ir. H. Djuanda
Bandung

 

Mengenai : Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat.

Beriringan dengan surat pengunduran diri ini. Saya atas nama Alvian Priatna dengan kedudukan pekerjaan terakhir sebagai Kepala Produksi dibagian Teknik. Dengan demikian saya memberitahukan mengenai pengunduran diri saya dari perusahaan ini sebagai pegawai yang selama ini telah di pimpin oleh Ibu pada tanggal 12 November 2017.

Saya mengatakan banyak sekali rasa terimakasih saya atas kesempatan dan juga pengalaman yang didapati selama saya bekerja didalam perusahaan yang ibu pimpin. Semoga dengan adanya surat pengunduran diri ini ibu bisa mengerti dan juga memahami dengan ketentuan yang telah saya pikirkan sebelumnya, serta mudah mudahan PT AGRAMAS ini selalu berkembang dan juga maju untuk menggapai keberhasilannya di masa yang akan mendatang.

Hormat saya,

 

 

Alvian Priatna


3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dengan Alasan Keluarga


Surabaya, 18 Oktober 2017

 

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Kusumawardani
Jl. Adiwijaya Kusumo No 106
Surabaya

 

Mengenai : Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan Hormat,

Melewati surat ini, saya selaku pegawai dari PT. Kusumawardani sesuai dengan isi dari surat ini yang didalamnya terdapat SKB (surat kesepakatan bersama) mengenai pegawai serta undang-undang tenaga kerja, oleh karena itu saya yang akan menandatangani surat ini :

Nama : Nurrahmi Permani
Kedudukan : Sekretariat
Departemen : Keuangan
Alamat : Jl. Pahlawan No 114, Semarang

Dengan demikian saya memiliki maksud tersendiri yakni untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai pegawai atau lebih tepatnya sebagai karyawan dari PT. Kusumawardani, diakibatkan saya ingin lebih dekat lagi dengan keluarga saya di daerah Yogyakarta. Dibuatnya surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada dan juga dengan kebijakan hubungan industrial serta tanpa adanya dorongan atau paksaan dari pihak lainnya.

Selain itu saya benar-benar mengucapkan banyak sekali rasa terimakasih kepada perusahaan dan seluruh bagian-bagiannya karena perusahaan ini telah menerima saya untuk bekerja dan menjadi karyawan di perusahaan ini kurang lebih selama 3 tahun lamanya.

Bukan hanya itu saja yang saya ucapkan, namun saya juga mengucapkan perkataan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama saya menjadi karyawan dan bekerja sama dengan PT. KUSUMAWARDANI ini terdapat kesalahan-kesalahan atau pun keliruan ketika sedang berlangsungnya pekerjaan.

Sekian surat pengunduran diri yang saya buat yang tidak ada sama sekali paksaan-paksaan atau motivasi negatif dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasamanya dan juga atas pengertian Bapak/Ibu sekalian saya ucapkan terimakasih sekali lagi sebanyak-banyaknya.

Hormat saya.

 

 

Nurrahmi Permani


4. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan


Bogor, 22 Januari 2018

 

Kepada Yth,
Supervisor PT. Sangkuriang Indonesia
Jl. Cihileut Pakuan No. 105 Pakuan
Bogor Kota

 

Mengenai : Permohonan Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,

Beriringan dengan adanya surat pengunduran diri ini. saya Andhika Pratama Gumelar dengan NIK 0981552639 mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan dari PT. Sangkuriang Indonesia sebagai Engineering Staff di departement Teknik. Dimulai dari tanggal 28 Januari 2018.

Dengan demikian saya mengucapkan terimakasih banyak dengan adanya kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Sangkuriang Indonesia kepada saya untuk bekerja didalam perusahaan ini kurang lebih selama 4 tahun.

Selain itu, tak lupa juga saya ucapkan permohonan maaf saya kepada atasan dan pihak perusahaan apabila selama saya bekerja didalam perusahaan ini terdapat kesalahan atau keteledoran dalam bekerja, maupun itu kesalahan dengan disengaja atau tidak saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Saya juga selalu berharap untuk kedepannya semoga PT. Sangkuriang Indonesia ini bisa lebih berkembang dan lebih sukses lagi di masa yang akan datang.

Sekian surat pengunduran diri yang saya buat dengan kesungguhan hati dan tidak ada dorongan atau motivasi negatif dari pihak manapun. Atas perhatian dan bantuan, kerjasama serta dukungan-dukungan yang telah diberikan kepada saya selama ini saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat Saya,

 

Andhika Pratama Gumelar


5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan Hamil


Purwakerto, 15 Mei 2018

 

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Sukasari Indonesia
Jl. Teuku Wisnu No. 105
Purwokerto

 

Mengenai : Permohonan pengunduran diri

 

Dengan Hormat,

Melewati surat ini, saya Rini Aristy memiliki maksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Sukasari Indonesia dimulai dari tanggal 15 Mei 2018. Disebabkan usia dari kehamilan anak kedua saya sudah mulai memasuki masa-masa pembesaran maka dari itu kami berkeinginan untuk lebih fokus lagi terhadap mengurus bayi yang ada didalam kandungan saya.

Sebelumnya saya mengucapkan rasa terimakasih sebesar-besarnya terhadap perusahaan yang mana perusahaan telah menerima dan menjadikan saya karyawan kurang lebih selama 3 tahun lamanya.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya jikalau selama saya kerja didalam perusahaan ini masih banyak kekurangan dan kesalahan baik yang disengaja atau pun yang tidak disengaja. Saya selalu berharap kepada PT. Sukasari Indonesia untuk kedepannya supaya bisa terus maju dan mengembangkan perusahaan sebaik-baik dan juga bisa menambahkan keberhasilan lebih untuk dimasa yang akan datang.

Sekian surat pengunduran diri yang saya buat dengan sepenuh hati saya dan tanpa ada rekayasa ataupun dorongan-dorongan dan motivasi hal negatif dari pihak manapun.

Hormat Saya,

 

Rini Aristy

Tinggalkan komentar