32+ Contoh Teks Anekdot | Lucu, Singkat, Lengkap Pengertian & Strukturnya

CONTOH TEKS ANEKDOT – Apa ada yang tahu apa yang dimaksud dari teks anekdot? Bisa jadi kita sendiri pernah mendengar kata-kata anekdot namun masih belum mengerti dan paham dengan artinya dan juga dengan apa yang dimaksud dari teks anekdot ini.

Intinya, teks anekdot ini ada ikatannya dengan perkataan-perkataan atau kata-kata lucu dan juga kata-kata berupa sindiran. Mungkin kebanyakan dari kita belum benar-benar memahami apa itu teks anekdot, nah pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit membahas mengenai contoh teks anekdot yang bisa kalian pelajari.

Didalam artikel ini apa saja sih yang akan saya bahas selain dari contoh teks anekdot? Tenang saja, selain membahas tentang contoh anekdot, saya juga akan membahas tentang sturuktur teks anekdot, kaidah teks anekdot, apa saja ciri-ciri teks anekdot, pokoknya lengkap deh.

Selain itu, saya juga akan memberikan beberapa contoh teks anekdot yang bisa kalian tiru. Yuk langsung saja kita simak pembahasan tentang contoh teks anekdot dibawah ini.

Pengertian Teks Anekdot

contoh teks anekdot
waktuku.com

Teks Anekdot ialah sebuah kisah pendek yang memiliki sifat lucu didalam teksnya, namun lebih memiliki maksud untuk mengkritik seseorang. Umumnya yang dikritik didalam teks anekdot ini ialah seperti layanan publik, lingkungan, bidang sosial dan politik juga termasuk bidang yang akan di kritik oleh teks anekdot.

Teks Anekdot adalah sebuah kisah singkat yang sangat lucu dan juga bisa menghibur orang-orang banyak yang kemungkinan besarnya diambil dari pengalaman-pengalaman hidup seseorang.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

contoh teks anekdot
ratumavro.wordpress.com

Selain membahas tentang pengertian teks anekdot, saya juga akan sedikit memberi penjelasan mengenai ciri-ciri teks anekdot, ulasan ini harus kalian perhatikan sehingga kalian semua bisa membedakan teks anekdot dengan teks-teks lainnya.

Berikut dibawah ini ialah ciri-ciri anekdot yang bisa kalian pelajari:

  • Biasanya memperlihatkan figur manusia dan karakter hewan
  • Lebih melekati perbandingan mengenai cerita/dongeng
  • Berupa sendirian
  • Bersifat humoris atau humor
  • Tertuju kepada orang-orang penting
  • Ada ikatan dengan kenyataan, walaupun perbandingan dan anekdot ini mempunyai perpaduan

Penjelasan Struktur Teks Anekdot

contoh teks anekdot
sahabatnesia.com

Sebenarnya bukan hanya teks lainnya saja yang memiliki struktur, akan tetapi teks anekdot juga mempunyai struktur-struktur tersendiri. Berikut dibawah ini ialah pembahasan mengenai struktur dari teks anekdot:

  • Abstrak, ialah bagian-bagian depan paragraf yang memiliki fungsi untuk memberikan sebuah penjelasan yang jelas mengenai semua isi dari teks anekdot.
  • Orientasi, ialah suatu penjelasan keadaan dan suasana yang sedang terjadi di awal cerita.
  • Event, ialah penjelasan-penjelasan dari karangan sebuah cerita yang sudah terjadi.
  • Krisis, ialah problem atau masalah utama yang ada didalam teks anekdot.
  • Reaksi, yakni salah satu cara untuk menuntaskan sebuah masalah yang muncul didalam krisis.
  • Koda, ialah suatu perubahaan yang terjadi kepada suatu tokoh.
  • Re-Orientasi, ialah sebuah penutup atau bagian-bagian akhir dari teks anekdot.

Berikut diatas ini ialah penjelasan mengenai sturuktur teks anekdot yang bisa kalian pahami ketika kalian ingin membuat teks anekdot.

Kaidah Teks Anekdot

contoh teks anekdot
satriabajahitam.com

Selain dari membahas mengenai pengertian teks anekdot, ciri-ciri teks anekdot, dan struktur teks anekdot, saya juga akan sedikit membahas mengenai adanya beberapa kaidah bahasa yang ada didalam teks anekdot, diantaranya seperti dibawah ini:

  • Memakai waktu yang lalu
  • Memakai konjungsi atau kata penghubung
  • Memakai kalimat perintah (kata suruh)
  • Memakai penjelasan atau pernyataan yang roturis
  • Memakai kata kerja
  • Memakai perkataan atau kalimat seru

Nah, diatas ini ialah pembahasan mengenai kaidah bahasa teks anekdot. Semoga bisa dipahami dan juga bermanfaat untuk kalian semua.

Berikut dibawah ini saya akan memberikan beberapa contoh teks anekdot yang bisa kalian baca dan juga bisa kalian tiru.

Contoh Teks Anekdot Lucu

contoh teks anekdot
azzamaviero.com

Penjual Roti

Tepat hari senin pukul 9:30 ada penjual roti yang melewati depan rumah ku, terus ada salah satu temanku yang bernama Dani memanggil si penjual roti itu. Tak lama kemudian, si penjual roti datang untuk menghampiri si dani yang lagi duduk-duduk santai didepan rumahku.

Dani : “Jual roti apa aja bang? pada enak nggak?”

Penjual Roti : “Banyak de macam-macam, ya tentunya enak dong de.”

Dani : “Wah mantep tuh kalo enak, yang ini rotinya rasa apa ya bang?”

Penjual Roti : “Iya de, roti yang ini rasanya coklat de”

Dani : “Oh coklat, kalo roti yang ini dalemnya rasa apa ya bang?”

Penjual Roti : “Roti yang ini didalamnya ada selai strawberry de, jadi rasa strawberry”

Dani : “Kalo roti yang ini rasanya apa ya bang?

Penjual Roti : “Kalau roti yang ini rasanya nanas dek”

Dani : “Lah terus rotinya mana ya bang? Ko dari tadi ngomongnya buah-buahan terus ngga ada ngomongin rotinya? Emangnya abang ini jualan roti atau jualan buah si bang? bingung saya bang, kalo gini caranya aku nggak jadi beli deh bang. Habisnya ngebingungin sih”

Penjual Roti : “Hening seketika”

Setelah itu, si penjual rotipun mendadak pingsan.

Bagian Struktur Teks Anekdot Penjual Roti

  • ABSTRAKSI: Tepat hari senin pukul 9:30 ada penjual roti yang lewat depan rumahku
  • ORIENTASI: Temanku yang bernama Dani memanggil
  • KRISIS: Lah terus rotinya mana ya bang? Ko dari tadi ngomongnya buah-buahan terus ngga ada ngomongin rotinya? Emangnya abang ini jualan roti atau jualan buah si bang? bingung saya bang, kalo gini caranya aku nggak jadi beli deh bang
  • REAKSI: Suasana berubah menjadi hening/sunyi
  • KODA: Setelah itu si penjual rotipun mendadak pingsan

Nah, demikianlah contoh teks anekdot lucu yang bisa kami berikan untuk kalian.

Contoh Teks Anekdot Singkat

contoh teks anekdot
inarkansas.com

JATUH 

Ketika itu pada hari senin yang sangat cerah, datanglah seorang laki-laki ke Rumah Sakit dengan kondisi kedua kakinya terkena luka goresan.

DOKTER: “Loh, ada apa dengan kaki anda pak?”

PASIEN: “Jadi begini dok, Tadi saya sedang jalan di jalan yang banyak krikilnya, neh ketika itu ada teman saya yang jail dan mendorong saya hingga terjauh ke jalanan yang penuh dengan krikil itu”

DOKTER: “Oh begitu pak kronologi ceritanya, saya sangat mengerti sekali dengan keluhan bapak yang dikeluarkan, lantas kalo kaki kiri bapak kenapa lagi?”

PASIEN: “Nah justru itu dok, si pintar itu sengaja mendorong saya hingga terjatuh lagi dok”

Bagian Struktur Teks Anekdot Jatuh

  • ABSTRAKSI: Ketika itu pada hari senin yang sangat cerah
  • ORIENTASI: datanglah seorang laki-laki ke Rumah Sakit dengan kondisi kedua kakinya terkena luka goresan
  • KRISIS: Jadi begini dok, Tadi saya sedang jalan di jalan yang banyak krikilnya, neh ketika itu ada teman saya yang jail dan mendorong saya hingga terjauh ke jalanan yang penuh dengan krikil itu
  • REAKSI: Oh begitu pak kronologi ceritanya, saya sangat mengerti sekali dengan keluhan bapak yang dikeluarkan, lantas kalo kaki kiri bapak kenapa lagi?
  • KODA: Nah justru itu dok, si pintar itu sengaja mendorong saya hingga terjatuh lagi dok

Nah, demikianlah contoh teks anekdot singkat yang bisa kami berikan untuk kalian.

Contoh Teks Anekdot Serta Sturukturnya

contoh teks anekdot
ruangseni.com

BEO NAKAL

Silma, Silvia, Dan Agniya mereka semua bertetanggaan rumahnya dan juga selalu bersama-sama ketika pergi kerja ke kantor. Sebelum tiba di jalan raya untuk menaiki kendaraan atau transportasi umum, mereka bertiga ini harus melalui gang terlebih dahulu, juga termasuk harus melalui salah satu rumah yang memelihara burung beo.

Pasti saja burung beo ini selalu menyebutkan tiga warna, ketika ketiga perempuan itu melalui depan rumah orang yang memelihara burung beo. Kemudian Silma pun mencurigai bahwa si burung beo itu mengetahui warna pakaian dalam yang dipakai oleh ketiga perempuan itu.

Lalu untuk benar-benar membuktikan benar atau tidak benarnya, mereka bertiga ini memutuskan untuk keesokan harinya menggunakan pakaian dalam dan celana dalam yang warnanya sama.

Tibalah keesokan harinya, akhirnya mereka bertiga ini melalui gang itu lagi untuk membuktikan bahwa si burung beo itu benar-benar bisa melihat apa yang sedang dipakai oleh ketiga perempuan itu, lalu si beo itu berkata “Biru, biru, biru.” Tak banyak reaksi lagi, ketiga perempuan itu terdiam seketika karna terpana dan kagum.

Keesokan harinya lagi dengan tepat sekali si beo itu menebak apa warna celana dalam yang sedang mereka pakai dengan berkata “Pink, pink, pink.”

Silvia pun memiliki ide yang agak sedikit konyol. “Gimana kalo besok kita semua nggak usah pake celana dalam? Gimana, kalian semua mau kan? Aku penasaran deh sama si beo itu bakal bilang apa?”

Lalu keesokan harinya, ketiga perempuan itu sepakat untuk tidak menggunakan celana dalam dan pakaian dalam, mereka bertiga pun melewati gang dan melewati ruamh yang memelihara burung beo itu. Ketika mereka bertiga melewati rumah si pemilhara burung beo, burung beo pun merasa kebingungan dan mondar-mandir didalam kandangnya.

Akhirnya Silma dan teman-temannya pun mulai tertawa terbahak-bahak karena mereka bertiga berhasil ngerjain burung beo yang nakal itu. Namun, tertawa mereka bertiga tidak berlangsung lama karena si beo itu berkata “Lurus, lurus, keriting.”

Nah, demikianlah contoh teks anekdot yang bisa kami berikan untuk kalian.

Contoh Teks Anekdot Hukum

contoh teks anekdot
gosocio.co.id

MENCURI PAKAIAN

ABSTRAKSI

Di suatu pagi, Away lagi asik-asiknya makan bubur di tukang bubur langganannya. Sesudah kenyang, Awaypun langsung segera untuk beranjak pulang kembali ke rumah.

ORIENTASI

Ditengah-tengah perjalanan pulang, Away mendapati sedikit kecelakan yaitu terserempet oleh pengendara motor yang ugal-ugalan. Kecelakaan ringan itu menyebabkan kaos Away robek-robek karena terjatuh dan terkena aspal.

Dengan terpaksa Away langsung berjalan kaki dengan memakai kaos yang robek itu. Karena rumah Away itu jauh, maka ia memutuskan untuk pergi ke toko kaos untuk membeli 1 pcs kaos yang baru, namun apa daya uangnya tidak mencukupi dan akhirnya Away pun tidak jadi untuk membeli kaos di toko itu.

KRISIS

Karena uang Away tidak cukup untuk membeli kaos, Away pun memiliki niat untuk mencuri kaos yang ada dijemuran rumah orang yang letak rumah itu hanya beberapa meter saja jarak dari toko kaos tersebut. Away pun ingin mengambil kaos yang bagus yang ada di jemuran kaos itu.

Sambil duduk-duduk manis didepan teras rumah yang menjadi target Away, ia benar-benar memperhatikan setiap orang yang melewati rumah itu. Jadi ketika sudah tidak ada orang-orang yang melewati rumah yang menjadi target untuk dicuri kaosnya, Away pun langsung mengambil kaos itu.

Ternyata perbuatannya itu berjalan dengan lancar dan mulus, Away berhasil mendapatkan kaos yang berwarna merah maroon yang merupakan kaos yang paling bagus yang ada di jemuran itu. Tidak di sangka-sangka si pemilik rumah itu menyadari bahwa si Away itu telah mencuri dan mengambil kaos yang sedang dijemur olehnya.

Pemiliki rumah yang sekaligus pemilik kaos itu teriak-teriak dan mengejar si Away. Apes sekali si Away itu, perutnya yang buncit sehingga tidak bisa membuat si Away lari kencang. Singkat cerita, si Away pun diseret ke kantor polisi untuk dilaporkan kejahatan yang telah dilakukan oleh si Away.

Sesudah dilakukan pemeriksaan oleh polisi, Akhirnya Away pun di vonis denga pasal pencurian dan kasus yang dilakukan oleh Away ini akan di sidang satu minggu lagi. Sial sekali nasip Away ketika itu, persoalan sepele seperti ini bisa membuatnya terseret ke meja hijau dan kedalam sel.

REAKSI

Akhirnya tibalah hari persidangan, Away pun duduk di kursi tersangka dengan raut wajahnya yang pucat dan menundukan kepalanya kebawah.

Hakim: “Baiklah, Away, usiamu 22 tahun, sudah terbukti dan tertangkap basah bahwa kau telah mencuri pakaian orang yang sedang dijemur di halaman rumahnya yang harga kaosnya 50.000 . Dengan tindakan dan perbuatan negatif ini, anda akan melanjuti hukuman selama 5 tahun penjara.”

Away: “Loh?! Tunggu dulu pak hakim, hukuman yang diberikan untuk saya ini tidak adil sekali! Kenapa hukuman yang diberikan oleh pak hakim terhadap saya lebih berat dibandingkan dengan hukuman para koruptor?”

KODA 

Lalu pak hakim pun memberikan sedikit penjelasan kepada Away, bahwa ia telah mencuri kaos sehingga merugikan 50.000 rupiah. Sementara para koruptor yang melakukan korupsi ini mencuru uang sebanyak 2 miliar, sehingga merugikan masyarakat dan rakyat Indonesia.

Nah, jikalau dihitung para koruptor ini hanya merugikan 10 rupiah saja setiap orangnya. Jadi kerugian-kerugian yang diakibatkan oleh Away ini lebih besar dibandingkan dengan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang korupsi (koruptor)

Contoh Teks Anekdot Kesehatan

contoh teks anekdot
prokal.co

OBAT SAKIT PERUT

ABSTRAKSI

Suatu hari ketika bulan puasa, ada seseorang kakek-kakek yang singgah bersama cucunya yang sedang asik-asik menonton siaran acara di televisi

ORIENTASI

Seperti biasa si kakek ini lagi menonton acara telivi favoitnya, yakni “raja jalanan”. Di setiap tiga puluh menit sekali muncullah iklan-iklan di televisi kami, salah satunya ialah muncul iklan obat sakit perut. Iklan tersebut menerangkan bahwa obat itu bisa diminum ketika perut kita sedang merasa kesakitan.

KRISIS

Lagi asik-asiknya nonton TV, tiba-tiba sang kakek pun merasa sakit didalam perutnya. Sang kakek pun langsung memanggil cucunya yang lagi bermain bola dihalaman depan rumah untuk membelikan obat sakit perut untuk kakeknya.

Sesudah cucunya tiba di rumah, dengan segera sang kakek meminum obat yang telah dibelikan oleh cucunya.

KODA

Tanpa diragukan lagi, si kakek lansung menjawab “Itulah enaknya diapet coy, bisa mencegah perut kita kalo lagi sakit!!!

Contoh Teks Anekdot Politik

contoh teks anekdot
politiktoday.com

KAOS TAHANAN KPK

ABSTRAKSI

Ada dua orang kader partai politik, sebut saja namanya ialah Dani dan Wahyu yang sama-sama memiliki maksud untuk mencalonkan dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

ORIENTASI

Selepas selesai memberikan berkas-berkas pencalonannya ke KPU di wilayahnya, Dani dan Wahyu mengobrol yang disambi dengan meminum kopi di kantin gedun gitu. Mereka berdua terikat kedalam percakapan yang amat seru.

KRISIS

Dani: “Way, kamu tau kan di Negara kita banyak sekali politis-politis yang sudah kaya raya?!”

Wahyu: “Kalo masah itu mah aku juga udah tau, Dan!”

Dani: “Saking kayanya mereka semua, mereka semua sanggup untuk memiilki baju termahal di Indonesia.”

Wahyu: “Lho, maksud kamu apa ya dan?”

Dani: “Ya, apalagi kalo bukan kaos tahanan KPK.”

REAKSI

Wahyu: “Kok malah kaos tahanan KPK si dan?”

Dani: “Yaiyalah, coba aja deh kamu pikir way, seorang politis minimal harus mengambil uang Negara sebanyak 1 miliyar terlebih dahulu baru mereka semua dapat menggunakan kaos tersebut.”

Wahyu: “Oalaah, ternyata maksud kamu gitu tog dan, baru ngeh aku.”

KODA

Kemudian mereka berdua memesan kopi lagi sambil mengenang masa lamu mereka yang telah dapat mengenakan kaos termahal itu.

Contoh Teks Anekdot Pendidikan

contoh teks anekdot
indolearn.com

KANTIN SEKOLAH

Hari senin tanggal 02 maret, di suatu sekolah tetapnya didalam kelas ada seorang guru yang sedang mengabsen satu-satu siswa-siswinya sebelum dimulainya pelajaran.

Guru: “Ajeng?”

Ajeng: “Hadir bu!”

Guru: “Dani?”

Ajeng: “Tidak ada bu, mungkin dani masih diluar kelas atu dikantin bu!”

(beberapa kemudian tibalah dani dan masuk kedalam kelas)

Dani: “Permisi bu guru, apakah saya boleh masuk kedalam kelas bu?”

Guru: “Dari mana saja kamu Dani jam segini baru masuk kelas?”

Dani: “Saya habis jajan beli makanan diluar sekolah bu”

Guru: “Loh bukannya sekolah kita menyediakan kantin ya Dani?

Dani: “Iya bu betul, tapi saya nggak mau jajan di kantin bu soalnya tempatnya kotor kaya gudang”

(Semua teman-temannya Dani tertawa terbahak-bahak ketika mendengar perkataan yang diucapkan oleh Dani)

Guru: “Dani kamu itu, kamu harusnya bersyukur di sekolah ini masih punya kantin, namun kamu juga Dani ada benarnya. Soalnya kantin yang ada di sekolah kita ini memang sangat kotor sekali dan kurang dijaga kebersihannya.”

Mendengar persoalan itu, siswa dan siswi langsung kembali belajar dan sang ibu gurupun langsung membuatkan jadwal piket untuk pembersihan dan perawatan kantin serta menyuruh kepala sekolah untuk memperbaiki kantin itu.

 

Contoh Cerita Anekdot Ringkas Tentang Sedekah

contoh teks anekdot
tstatic.net

Dikisahkan didalam sebuah cerita seorang bapak pengemis tua yang lagi meminta sedekah kepada anak muda, katakanlah anak muda itu adalah seorang mahasiswa.

Bapak Pemengeis: Mas, maaf bapak mau minta sedikit sedekahnya …

Mahasiswa: Sambil menggigit Hpnya kemudian ia mengeluarkan dompet dari kantongnya dan memberi uang 10 ribu kepada bapak pengemis itu “Ini pak, kembaliin 5 ribu yah pak.”

Bapak Pengemis: Ini mas kembalian uang masnya, sambil memegang mangkuk yang didalam mangkuk itu berisi uang.

Mahasiswa: Loh pak, ini kok uangnya 7 ribu? harusnya kan 5 ribu?

Pengemis: Enggak papa mas, itu itung-itung saya juga lagi sedekah buat masnya

Tinggalkan komentar