Contoh Teks Eksplanasi Singkat | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur & Kaidah Kebahasaan

CONTOH TEKS EKSPLANASI –Ā Mungkin teman-teman yang membaca judul artikel ini memiliki pendapat bahwa teks eksplanasi adalah suatu teks yang menceritakan suatu peristiwa/kejadian. Mungkin juga diantara kalian banyak yang belum mengetahui apa itu teks eksplanasi dan seperti apa wujudnya contoh teks eksplanasi ini.

Kita semua pastinya kerap sekali membaca sebuah artikel yang ada didalam majalah, koran-koran, ataupun membaca artikel melewati media online mengenai terjadinya kejadian-kejadian alam, seperti penampilan budaya ataupun informasi-informasi seputar penemuan suatu hal yang ditemui oleh para ilmian. Nah itulah yang dinamakan dengan yang namanya contoh teks eksplanasi.

Sebenarnya contoh teks eksplanasi ini banyak sekali macam-macam/jenis-jenis dari contoh teks eksplanasi yang bisa kalian ketahui. Lantas apakah kalian ingin mengetahui secara jelas seperti apa wujudnya contoh teks eksplanasi itu? Ya, tentu saja kami ingin mengetahuinya.

Eitsss, tunggu dulu! Disini saya selaku penulis memang akan membahas contoh teks eksplanasi secara rinci, namun sebelum membahas contoh teks eksplanasi alangkah baiknya jikalau kita membahas dulu mengenai semua bagian yang ada hubungannya dengan teks eksplanasi dan contoh teks eksplanasi, baik itu membahas tentang pengertian, kaidah, tujuan, kebahasaan, serta membahas strukturnya.

Karena menurut saya mengetahui semua bagian-bagian dari teks eksplanasi ini sangat penting untuk diri kita yang akan membuat contoh teks eksplanasi, kenapa?

Supaya ketika kalian atau kita semua ingin membuat teks eksplanasi dan telah mengetahui semua bagian-bagian yang ada, jadi karya tulis yang akan kalian buat ini tidak akan sia-sia dan akan terlihat bagus dikarenakan kalian telah memahami semua bagian-bagian yang terkait dengan teks eksplanasi.

Untuk ulasan lebih jelas lagi, kalian semua bisa langsung menyimak dan bener-bener memahami ulasan yang ada pada artikel ini. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat šŸ™‚

Pengertian Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi
hidupsimpel.com

Teks Eksplanasi adalah tulisan yang didalamnya diisi pembahasan mengenai sebuah proses “Bagaimana dan Mengapa. Proses “Bagiamana dan Mengapa” itu bisa berwujud seperti adanya sebuah peristiwa atau kejadian pada alam, budaya, kehidupan sosial, ilmu pengetahuan dan peristiwa-peristiwa lain sebagainya.

Karena sebuah kejadian yang terjadi di sekitar lingkungan kita akan selalu memiliki yang namanya “Penyebab & Akibat” serta suatu proses. Kejadian-kejadian itu tidak hanya untuk kita perhatikan dan kita rasakan. Nah, teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang akan mengulas atau menjabarkan secara keseluruhan kepada pendengar yang dilakukan melewati tulisan.

Perlu kalian ketahui bahwa eksplanasi ialah sebutan yang berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti “tindakan untuk menjelaskan atau menerangkan dan juga suatu keterangan, menjelaskan pernyataan atau menjelaskan mengenai kenyataan dari suatu kejadian/peristiwa alam dan sosial yang terjadi”.

Teks eksplanasi adalah tulisan yang memiliki tujuan untuk menerangkan seluruh kejadian-kejadian alam dan kejadian sosial yang berlangsung. Ada dua pengertian dari para tokoh tentang teks eksplanasi, diantaranya adalah :

  1. Menyebutkan bahwa pengertian dari teks eksplanasi itu ialah tulisan atau teks yang menjelaskan tentang proses berlangsungnya kejadian sosial ataupun kejadian alam.
  2. Menyebutkan bahwa teks eksplanasi dibuat dengan menggunakan struktur yang didalamnya terdiri dari aspek-aspek yang menunjukkan cetusan umum (pembukaan), jajaran-jajaran penjelasan (isi), dan interprestasi (bagian penutup).

Jadi dalam penulisan teks eksplanasi ini didasari dari ketiga cetusan umum itu.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi
hidupsimpel.com

Guna mempermudah ketika sedang membedakan teks ekplanasi dengan teks-teks lainnya, maka patut kita ketahui ciri-ciri dari teks eksplanasi ini. Kenapa begitu? Agar ketika mengetahui dan memahaminya juga akan terasa lebih gampang. Enak bukan jikalau kita mengetahui ciri-ciri yang ada dalam teks eksplanasi ini?

Berikut dibawah ini ialah ciri-ciri dari teks ekspalanasi yang patut kita ketahui satu persatu, diantaranya adalah:

1. Struktur yang terdiri dari penjelasan umum, memiliki penyebab akibat, dan juga interpretasi (penutup)
Susunan dalam teks ekspalanasi ini selalu diawali dengan kata-kata sebab dan akibat dari kejadian yang telah berlangsung. Lalu akan diterangkan dengan lebih jelasnya dalam isi dari teks tersebut. Umumnya yang terakhir ada penutup/interpretasi dari si penulis.

2. Mengandung berita/informasi berdasarkan dengan kenyataan
Berita-berita atau inforasi yang diserat ialah kejadian kenyaatan dan bukan kejadian yang direkayasa oleh manusia sendiri. Berita yang diberikan itu mempunyai bukti-bukti kuat yang berwujud waktu dari kejadian perkara itu dan juga penyebab serta akibat dari terjadinya kejadian itu.

3. Kenyataan atau fakta itu mengandung peristiwa tentang keilmuan/ilmiah
Tulisan dari teks ekspalanasi ini berdasarkan dari berita-berita atau informasi mengenai peristiwa yang selalu diserat dengan penjelasan dari hasil analisa tentang penyebab terjadinya kejadian itu. Menurut keilmuaanya kejadian itu memang telah di analisa dan juga telah terbongkar penyebab dan akibatnya serta gejala-gejalanya.

4. Mempengaruhi pembaca dan juga memiliki sifat informatif
Teks eksplanasi ialah sebuah karya tulis yang memberitahukan/mengumumkan kepada para pembaca tentang penyebab dan akibat dari terjadinya kejadian-kejadian yang selaras dengan keilmuan yang sudah di analisa sebelumnya dan juga selalu memberikan pengaruh kepada para pembacanya untuk mempercayai kepada hal-hal yang telah ditulis oleh penulis.

Struktur Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi
pixabay

Teks eksplanasi ini memiliki struktur didalam strukturnya terdiri dari pernyataan umum, lalu dilanjuti oleh penyebab dan akibat, dan yang terakhir di akhiri dengan interpretasi (penutup). Untuk penjelasan lebih jelasnya kalian bisa langsung menyimak dan memperhatikan ulasan dibawah ini:

1. Pernyataan Umum

Didalam pernyataan umum ini berisi mengenai ulasan atau penjelasan umum mengenai kejadian dan peristiwa yang akan dibicarakan, bisa itu berwujud pengenalan kejadian itu atau ulasannya, Ulasan umum yang diserat dalam teks ini berwujud penjelasan secara general mengenai apa, kenapa dan juga mengenai bagaimana proses kejadian alam itu bisa terjadi.

2. Pernyataan Penjelas

Pernyataan jelas dalam teks eksplanasi ini berisi mengenai proses mengepa peristiwa itu bisa terjadi atau terwujud. Rangkaian penjelas mendevinisikan sebab akibat dari kejadian alam dan kejadian sosial yang tengah berlangsung.

3. Interpretasi

Interpretasi dalam teks eksplanasi ini ialah tulisan penutup yang memiliki sifat pilihan, bukan sifat keharusan. Interpretasi ini boleh ditulis ataupun tidak ditulis sekaligus tidak menjadikan persoalan yang rumit. Yang dimaksud dari kalimat penutup ialah, kalimat yang didalamnya merupakan kesimpulan atau intisari dari pernyataan umum dan juga pernyataan penjelas. Interpretasi ini bisa berupa tanggapan dari pernyataan umum dan juga pernyataan penjelas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

contoh teks eksplanasi
maknai.com

Selain mempunyai ciri-ciri secara general, penulisan teks eksplanasi ini pun mempunyai beberapa ciri kebahasaannya agar si pembaca akan lebih mudah lagi dalam memahami isi dari teks tersebut, serta penulis juga akan lebih mudah dalam pembuatannya.

Berikut dibawah ini adalah kaidah atau ciri-ciri kebhasaan teks eksplanasi:

  1. Fokus kepada bagian general (umum), bukan kotestan manusia, contoh misalnya banjir, gempa bumi, hujan, dan tsunami.
  2. Memakai sebuah ilmiah.
  3. Dalam teks eksplanasi lebih banyak memakai kata kerja relasional dan kata material.
  4. Eksplanasi ini ditulis guna membuat justifikasi bahwa sebuah hal yang dijelaskan secara kasual itu memang benar-benar nyata dan ada.
  5. Dalam teks eksplanasi ini lebih banyak memakai kata kerja material dan juga menggunakan kata kerja relasional.
  6. Memakai konjungsi waktu dan kausal, contoh mislanya seperti apabila, jika, sehingga, pertama, sebelum, dan kemudian.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

contoh teks eksplanasi
infoana.com

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah suatu goncangan atau getaran yang berlangsung dikarenakan adanya pergeseran atau pergerakan-pergerakan dalam lapisan bumi yang berawal dari dasar permukaan bumi. Fenomena-fenomena alam seperti ini kerap sekali terjadi di wilayah yang mana wilayah tersebut dekat dengan gunung yang masih aktif dan juga wilayah yang dekat dilingkari oleh lautan yang sangat luas.

Terjadinya gempa bumi ini dikarenakan adanya gerakan pada lapisan dasar bumi dan terjadinya letusan gunung berapi yang sangat besar. Bukan hanya itu saja, berlangsungnya gempa bumi yang sangat cepat maka akan diiringi dampak yang sangat besar untuk lingkungan yang berada di sekitarnya.

Getaran gempa bumi yang besar dan juga bisa merembet ke seluruh arah sehingga bisa melenyapkan bangunan-bangunan tinggi dan juga bisa mendatangkan korban jiwa. Menurut penyebab berlangsungnya gempa bumi, gempa bumi bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Diantaranya adalah gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Terjadinya gempa teknik dikarenakan lapisan pada kerak bumi telah menjadi lembek, sehingga mendapati pergerakan dan pergeseran pada isi bumi. Dalam teori “Tektonik Plate” menerangkan bahwa bumi yang kita duduik ini terdiri dari lapisan-lapisan buatan.

Sebagian besar wilayah lapisan kerak ini akan mengapung pada lapisan dan juga hanyut, seperti misalnya hanyutnya salju yang terbawa air. Lapisan-lapisan bumi ini akan bergerak amat sangat begitu lambat, sehingga pergerakan yang lambat itu bisa terjadi perpecahan dikarenakan saling bertabrakan satu sama lain.

Demikianlah yang mengakibatkan kenapa gempa bumi ini bisa berlangsung. Sedangkan, berlangsungnya gempa bumi vulkanik ini disebabkan adanya letusan-letusan pada gunung berapi yang sangat besar. Gempa bumi vulkanik ini jarang sekali terjadi apabila dibandingkan dengan gempa tektonik.

Gempa bumi ini bisa saja berlangsung kapan saja tanpa memandang suatu musim. Walaupun seperti itu, konsentrasi pada gempa bumi ini lebih condong berlangsung di wilayah-wilayah atau tempat-tempat tertentu saja, misalkan di perbatasan plat Pasifik.

Tempat ini sangat dikenal sekali oleh publik, dikarenakan tempat ini dipenuhi dengan lingkaran api disebabkan banyaknya gunung-gunung berapi di daerah tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana

contoh teks eksplanasi
cosmosmagazine.com

TSUNAMI

Pernyataan umum:

Tsunami adalah salah satu jenis dari bencana alam yang ada hubungannya langsung dengan gelombang-gelombang air di lautan. Tsunami tidak akan datang secara tiba-tiba. Akan tetapi pada umumnya terjadinya tsunami ini ada yang menghantarkan, sehingga terjadilah kejadian tsunami.

Kejadian yang bisa menghantarkan atau mendatangkan tsunami ialah gempa bumi yang terjadi di dasar laut, letusan-letusan gunung yang berada di dasar laut, berlangsungnya longsor yang berada di dasar laut dan adanya hantaman-hantaman yang berada di dalam laut.

Pernyataan penjelas:

Tsunami ialah sebuah bencana alam yang dahsyat yang ada kaitannya dengan gelombang air laut. Tsunami ialah penjelasan ombak besar yang menghantam sampai daerah daratan. Kata tsunami ini berasal dari bahasa Jepang Tsu yang memiliki arti pelabuhan dan Nami memiliki arti gelombang.

Secara harfiah tsunami ini mempunyai arti ombak besar yang ada di pelabuhan.

Lebih rasional lagi, yang dimaksud dengan tsunami ialah terjadinya perpindahan badan air yang diakibatkan oleh pergerakan dasar laut secara vertikal yang terjadi secara tiba-tiba. Gelombang tsunami ialah jenis gelombang yang bisa bergerak ke segala arah bahkan jaraknya bisa mencapai ribuan kilometer.

Kekuatan kerusakan yang disebabkan dari gelombang tsunami ini akan semakin kuat jikalau wilayah daratan tersebut dekat dengan pusat terjadinya gangguan gelombang tsunami. Jikalau di lautan, tinggi dari gelombang tsunami ini tidak terlalu tinggi hanya berkisar 1 meter saja.

Walaupun seperti itu, kecepatan-kecepatan yang dipunyai oleh gelombang tsunami ini bisa menggapai 500 bahkan bisa mencapai 1000 KM/jamnya. Pergerakan kecepatan ini menyerupai dengan pergerakan kecepatan pada pesawat jet. Saking cepatnya gerakan gelombang tsunami ini, kapal-kapal yang sedang berada di lautan tidak akan kerasan dengan kehadiran gelombang tsunami.

Begitu juga dengan sebaliknya, semakin mendekati denganĀ ekosistem pantai, kecepatan-kecepatan pada gelombang ini akan semakin menurun, kecepatan pada gelombang ini hanya berkisar 35 hingga 50 kilometer per jamnya. Akan tetapi, tinggi dari gelombang tersebut akan semakin naik, bahkan tinggi dari gelombang tersebut bisa mencapai 20 meter.

Dengan ketinggian gelombang yang sedemikian, maka gelombang tsunami ini bisa masuk ke daerah daratan dan bisa menyebar sampai puluhan kilometer.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang gelombang tsunami.

Interpretasi:

Jadi, tsunami itu ialah suatu fenomena alam yang sangat dahsyat dan diakibatkan oleh beberapa faktor yang mengakibatkan gelombang tsunami itu hadir, misalkan seperti berlangsungnya gempa bumi yang berada di dasar laut, letusan-letusan gunung berapi yang berada di bawah laut, berlangsungnya longsor yang ada di bawah laut dan juga adanya hantaman meteor yang mengarah ke dasar laut.

Gelombang tsunami ini mempunyai kecepatan yang sangat tinggi di lautan dan apabila mendekati ekosistem laut maka gelombang tsunami itu akan menurun dengan sendirinya, namun dengan catatan “Tinggi dari gelombang tsunami itu akan semakin tinggi, bahkan bisa mencapai 20 meter ketinggiannya”.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

contoh teks eksplanasi
hidupsimpel.com

BULLYING

Bullying ialah pemakaian kekerasan, ancaman, bahkan pakasaan yang digunakan untuk mengintimidasi atau menyalahgunakan orang lain. Perbuatan ini bisa menjadi sebuah kebiasaan dan juga bisa melibatkan ketidak seimbangan kekuasaan sosial maupun fisik.

Perkara ini bisa meliputi ancaman atau pelecehan secara lisan, kekerasan fisik kepada seseorang atau paksaan-paksaan dan sering diulang-ulang kepada korban-korban kekerasan tertentu, mungkin atas dasar agama, ras, gender, seksualitas atau kemampuan.

Perbuatan penindasan ini terdiri dari empat macam. Diantaranya adalah herbal, fisik, emosional dan cyber. Kebiasaan penindasan ini bisa saja berkembang menjadi besar dimana-mana selagi masih ada terjadinya sebuah interaksi antar manusia dengan manusia lainnya.

Misalkan seperti interaksi yang dimulai di sekolah, tempat kerja (kantor), rumah tangga dan juga lingkungan.

Biasanya bullying ini muncul ketika orang itu sedang duduk di bangku sekolah. Pelaku Bullying ini mempunyai karakter sendir. Biasanya mereka tergolong dari anak-anak yang berani, tidak gampang takut, dan mempunyai motif dasar tersendiri. Motif pertama yang umumnya dilakukan kepada pelaku bullying ialah adanya agresifitas

Sedangkan, ada motif lain yang mana motif tersebut bisa dimiliki oleh pelaku Bully, yakni adanya rasa rendah diri dan kecemasan Bullying ini menjadi bentuk dalam pertahanan diri yang dipakai pelaku untuk menutupi perasaan rendah diri dan kecemasannya itu.

Keberhasilan pelaku dalam melakukan perbuatan bullying ini tidak akan mungkin berlanjut ke wujud pada kekerasan lainnya, malahan bisa lebih dramatis lagi.

Ada yang menarik dari karakter pelaku dan para korban Bully. Korban bullying mungkin mempunyai karakteristik yang tidak memiliki rasa keberanian untuk melawan dan membela diri, mempunyai rasa cemas, mempunyai rasa takut yang tinggi, yang mana karakter itu bisa mengakibatkan si anak itu menjadi korban bully secara terus menerus,

Dampak dari mendapat perilaku seperti ini, korban itu akan selalu menyimpan rasa dendam atas tingkah laku tidak sewajarnya yang ia alami. Selanjutnya, bukan tidak mungkin korban bully menjadi pelaku bully kepada anak-anak lain yang dia lihat setara dengan tujuannya, yakni untuk bisa mendapatkan kepuasan dan membalas dendam yang telah terkumpul banyak dalam benaknya.

Alasan bullying yang sering terjadi di sekolah sekarang ini semakin berkembang, salah satunya ialah dikarenakan sebagian besar dari korban tidak menceritakan kejadian-kejadian perilaku yang tidak enak mendatangi mereka ke pihak sekolah atau ke pihak-pihak yang memiliki kekuatan untuk merubah cara fikir mereka dan juga menyudahi perilaku bullying. Seperti sekolah dan orang tua.

Apabila korban merahasiakan atau tidak menceritakan bullying yang terjadi kepada mereka dikarenakan takut si pelaku akan semakin melakukan bullying secara terus menerus ke mereka. Maka dampak yang akan terjadi kepada si korban untuk kedepannya bisa semakin menyerap pandangan-pandangan bullying yang dilakukan oleh seniornya.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks

contoh teks eksplanasi
alfidy.com

GUNUNG MELETUS

Pernyataan Umum :

Gunung meletus adalah peristiwa bencana alam yang berlangsung yang disebabkan adanya endapan magma di dalam perut bumi yang kemudian disemburkan oleh gas yang mempunyai kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi adalah salah satu bencana alam yang sangat dahsyat.

Ada beberapa gunung-gunung berapi di Indonesia yang mengalami ledakan yang sangat dahsyat, diataranya adalah:

  • Gunung Krakatau.
  • Gunung Merapi.
  • Gunung Toba.
  • Gunung Kerinci.
  • Gunung Tambora.

Sebenarnya masih banyak gunung-gunung lainnya, akan tetapi daftar-daftar nama gunung diatas itu adalah data-data yang kami dapatkan yang mana nama-nama gunung diatas ini pernah pernah mengalami ledakan secara dahsyat di Negara Indonesia.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Hampir seluruh kegiatan gunung berapi ada hubungannya dengan zona-zona kegempaan yang aktif dikarenakan adanya hubungan langsung dengan batasan lempeng /kerak bumi. Terjadinya peristiwa gunung meletus itu dimulai dari kegiatan pada batas kerak/lempeng bumi yang mendapati pergerakan pada tekanan dan suhu yang bena.

 

Sehingga bisa membuat melelehkan seluruh material bebatuan di sekeliling itu, yang mana biasa disebut dengan sebutan magma atau juga disebut dengan cairan pijar. Magma tersebut akan mengintruksi material-material yang letaknya berada di daerah sekelilingnya melewati bongkahan-bongkahan yang mendekati dasar bumi.

Magma ini diciptakan melewati suhu yang amat sangat panas yang berada didalam perut bumi. Di kedalaman yang sangat relatif, suhu panas yang sangat tinggi bisa membuat leleh semua material yang ada pada dalam perut bumi. Ketika semua material-material ini meleleh, maka ketika itu akan menghasilkan gas yang kemudian gas tersebut akan bercampur dengan cairan magma itu.

Magma-magma meleleh yang dikeluarkan oleh gunung meletus itu tercipta dalam kedalaman yang ukurannya kurang lebih sekitar 60 hingga 160 KM dibawah dasar bumi.

Lalu magma itu akan membawa gas, berada di dasaran tekanan batu-batu padat yang mana batu-batu tersebut berada di sekitar kawah. Adanya tekanan ini bisa mengakibatkan magma itu meledak dan bergerak keluar menuju ke dasar bumi.

Gas serta magma ini akan bersamaan meledak sehingga bisa menciptakan lubang yang mana lubang tersebut biasa disebut dengan sebutan lubang utama. Dari sebagian besar magma dan material-material vulkanik lainnya lalu mengeluarkannya melewati lubang utama.

Sesudah semburan dari gunung meletus itu berhenti, kawah yang bentuknya menyerupai dengan bentuk mangkuk umumnya terbentuk di bagian puncak gunung berapi tersebut. Sedangkan lubang utama yang berada di bawah kawah itu dampak dari letusan gunung berapi itu bisa menjadi dampak positif dan bisa juga menjadi dampak negatif.

Dampak negatif yang akan terjadi dari meledaknya gunung berapi itu ialah berbentuk bahaya langsung yang akan bisa dirasakan langsung oleh manusia dan juga oleh setiap makhluk hidup lainnya yang masih hidup dan bernafas di muka bumi.

Seperti halnya dengan awan panas, debu vulkanik, gas beracun, dan rintikan-rintikan piroklastik yang keluar dari gunung berapi itu yang menjatuhi ke dataran bumi akan membuat bahaya yang sangat luar biasa kepada seluruh penduduk bumi yang masih hidup.

Sementara bahaya-bahaya yang tidak akan langsung terjadi sesudah berakhirnya erupsi gunung ialah berlangsungnya hujan lahar yang bisa merusak seluruh ladang pertanian dan juga perkebunan-perkbunan yang ada, dan juga bisa menjadi suatu ancaman yang mana ancaman tersebut berbentuk berbagai macam penyakit. Salah satu dari penyakit itu adalah gangguan pada saluran pernafasan.

Ada juga dampak positif yang akan terjadi dan juga bisa dirasakan oleh seluruh makhluk hidup di muka bumi ini adalah lahan-lahan seperti sawah dan ladang kebun akan subur, material-material yang keluar dari perut bumi itu bisa digunakan dan juga bisa dijadikan sebagai mata pencarian masyarakat, area wisata alam, energi panas bumi danĀ  juga sumber daya air.

Interpretasi :

Maka dari itu, sampai sekarang ini gunung berapi masih menjadi suatu ancaman yang sangat berbahaya dan juga mengerikan untuk masyarakat yang masih hidup di muka bumi. Kenapa demikian? Dikarenakan apabila terjadinya letusan gunung berapi itu bisa membelah pulau sehingga membentuk danau.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

contoh teks eksplanasi
budaya

PENYEBAB TERJADINYA KELUNTURAN BUDAYA INDONESIA

Kebudayaan yang ada didalam Negara Indonesia menjadi luntur disebabkan kurangnya kesadaran-kesadaran para penduduknya, sangat kecilnya komunikasi budaya, dan juga kurangnya sebuah pembelajaran mengenai kebudayaan.

Bisa dikatakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap budaya lokal disebabkan mereka ini lebih memilih untuk mengikuti dan memahami budaya asing yang lebih modern dan praktis yang sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini.

Akibat dari kurangnya kesadaran masyarakat ini akan menimbulkan kebudayaan Indonesia tidak lagi terurus dan secara perlahan-lahan kebudayaan Indonesia ini akan menghilang, bahkan bisa juga diklaim oleh negara lain.

Kemampuan dalam berkomunikasi ini sangat penting sekali supaya bisa menjadi penghalang dari terjadinya kesalah pahaman mengenai budaya yang dianut secara turun menurun dari nenek moyang terdahulu. Minimnya sebuah komunikasi kerap menimbulkan pertentangan antar suku yang kedepannya akan terjadi penurunan ketahanan budaya bangsa.

Untuk menanggulangi perkara-perkara tersebut, maka adanya komunikasi-komunikasi atau hubungan antar masyarakat dengan masyarakat lainnya merupakan persoalan yang sangat penting sekali.

Apabila kita memberitahukan budaya dan mengenalkan budaya kita ke masyarakat-masyarakat lainnya yang belum mengetahui tentang budaya kita, dan juga mengenalkan budaya ini kepada generasi-generasi penerus kita maka budaya tersebut akan tetap hidup dan juga lestari.

Peristiwa-peristiwa yang berlangsung sekarang ini ialah anak di usia dini sudah diajarkan dengan berbagai maam budaya barat, sehingga ada istilah atau sebutan seperti sebutan “Kids jaman now”. Adanya perkara seperti ini tentunya akan menggeser budaya lokal dengan sangat cepat.

Sebenarnya dengan adanya pelajaran kebudayaan negara di sekolah kita, maka kita akan bisa membangun dan membentuk bangsa untuk mengkolaborasikan budaya lokal di tengah-tengah maraknya era globalisasi seperti sekarang ini.

Dengan seperti itu, budaya-budaya yang ada di Negara Indonesia ini akan tetap bisa terjaga dan juga menjadi budaya yang lebih maju serta bisa diikuti oleh orang-orang asing yang berkunjung ke negara indonesia.

***

Demikianlah ulasan kali ini yang membahas tentang contoh teks eksplanasi dan juga membahas secara lengkap mengenai pengertian teks eksplanasi, tujuan dari pembuatan teks eksplanasi, ciri-ciri teks ekspalanasi, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

Mudah-mudahan adanya pembahasan mengenai contok teks eksplanasi bisa bermanfaat dan juga bisa membantu kalian ketika ingin membuat contoh teks eksplanasi.

CONTOH TEKS EKSPLANASI

Tinggalkan komentar