Contoh Teks Eksposisi | Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri Lengkap dengan Kaidahnya!

CONTOH TEKS EKSPOSISI Membahas contoh teks eksposisi pastinya tidak jauh dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Teks eksposisi ini adalah salah satu teks dari beragam jenis teks yang ada pada pelajaran bahasa. Tidak jauh beda dengan teks lainnya, teks eksposisi ini memiliki ciri – ciri, jenis, struktur, unsur – unsur kebahasaan dan beberapa macam contoh teks eksposisi lainnya yang bisa membedakan dengan jenis teks lainnya.

Baiklah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba sedikit mengulas mengenai contoh teks eksposisi, pengertian teks eksposisi, unsur kebahasaan teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi dan masih banyak pembahasan-pembahasan seputar teks eksposisi.

Mari kita buka pembahasan kali ini dimulai dengan membahas …

Pengertian dari Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
maknai.com

 Pengertiannya dari teks eksposisi ini adalah suatu karangan atau paragraph yang didalamnya berisikan tentang sebuah informasi dengan maksud untuk memaparkan memberikan sebuah pengertian dengan model yang sederhana tidak bertele –tele.

Ciri-Ciri dari Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
pixels

Berikut ini adalah ciri – ciri dari teks eksposisi.

  • Menggunakan kalimat ajakan
  • Teksnya disampaikan dalam bahasa baku, singkat dan jelas
  • Memaparkan sebuah informasi ilmu pengetahuan
  • Teksnya bisa disebut netral karena tidak ada tulisan pembelaan pada pembaca atau penulis
  • Teks ini tergolong objektif
  • Isi teksnya tergolong akurat
  • Terdapat sebuah fakta yang tertulis

Struktur Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
waktuku.com

Berikut ini adalah pembicaraan singkat mengenai struktur-struktur dari teks eksposisi:

Struktur teks eksposisi yang pertama adalah tesis atau pendapat

Tesis ini adalah suatu sudut pandang dari seorang penulis mencakup masalah yang akan dipaparkan didalamnya. Suatu tesis pasti berwujud sebuah pernyataan yang akan mendapat dukungan dari sebuah alasan. Tesis ini adalah bagian yang sangat  penting, penulisannya biasanya di awal ataupun di akhir.

Struktur teks eksposisi yang kedua adalah alasan atau argumentasi

Alasan atau argumentasi adalah suatu pernyataan yang bis mendukung sebuah pendapat yang tertulis di dalam tesis. Meskipun nyatanya alasan atau argumentasi bisa digunakan untuk  membuat sanggahan untuk memberikan respon penolakan pada suatu pernyataan. Alasan atau argumentasi ini bisa berwujud sebuah pernyataan umum hasil dari para pakar yang memiliki sumber terpercaya.

Struktur teks eksposisi yang ketiga adalah kesimpulan

Kesimpulan ini bisa berupa penegasan ulang suatu pendapat yang telah diutarakan sebagai penguat alasan atau argumentasi yang disokong oleh fakta yang ada.

Jenis-Jenis dari Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
brafton.com

Berikut dibawah ini adalah ulasan ringkas tentang jenis – jenis dari teks eksposisi.

  • Jenis teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi definisiTeks ini adalah suatu paragraph yang berisi tentang pengertian atau deinisi dari suatu bahasan tertentu.
  • Jenis teks eksposisi yang ke dua adalah teks eksposisi prosesTeks ini adalah suatu langkah – langkah atau tata cara untuk melaksanakan suatu hal dari awal sampai akhir.
  • Jenis teks eksposisi yang ke tiga adalah teks eksposisi ilustrasiTeks ini adalah sebuah gambaran yang dipaparkan secara sederhana tentang suatu bahasan tertentu.
  • Jenis teks eksposisi yang ke empat adalah teks eksposisi laporanTeks ini adalah sebuah paragraph yang berisi tentang pengamatan atau suatu peristiwa tertentu.
  • Jenis teks eksposisi yang ke lima adalah teks eksposisi perbandinganTeks ini adalah suatu gagasan untuk menjelaskan langkah –langkah membandingkan suatu hal dengan yang lainnya.
  • Jenis teks eksposisi yang ke enam adalah teks eksposisi pertentanganTeks ini adalah berupa paragraf yang memberikan suatu paparan mengenai pertentangan hal – hal yang di bahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

contoh teks eksposisi
sahabatnesia.com

Berikut ini adalah pembicaraan ringkas tentang kaidah – kaidah dari teks eksposisi.

Kaidah dari teks eksposisi yang pertama adalah pronomina, maksudnya adalah suatu kata yang berupa kata ganti untuk suatu pernyataan pribadi yang telah disampaikan. Pronomina terbagi menjadi dua :

  • Yang pertama yaitu pronomina personal, yakni sebuah kata ganti orang ( tunggal ).
  • Yang kedua yaitu pronomina non persona, yakni kata ganti barang atau sebuah petunjuk.

Kaidah dari teks eksposisi yang kedua adalah konjungsi, maksudnya adalah kata penghubung yang digunakan untuk memberi sokongan pada sebuah argument yang diutarakan. Konjungsi ini terbagi menjadi 13 buah, yaitu : 

  1. konjungsi untuk waktu.
  2. konjungsi untuk penggabungan.
  3. konjungsi untuk pembatasan.
  4. konjungsi untuk sebuah tujuan.
  5. konjungsi untuk persyaratan.
  6. konjungsi untuk perincian.
  7. konjungsi untuk sebab dan akibat.
  8. konjungsi untuk sebuah pertentangan.
  9. konjungsi untuk sebuah pilihan.
  10. konjungsi untuk sebuah penguatan.
  11. konjungsi untuk penjelasan.
  12. konjungsi untuk perbandingan.
  13. konjungsi untuk sebuah kesimpulan.

Kaidah dari teks eksposisi yang ketiga adalah kata leksikal, kata ini terdiri dari 4 bagian, yaitu yang pertama nomina, yaitu kata yang menjurus pada benda. Yang ke dua verba, yaitu kata yang mengacu pada makna sebuah perbuatan. Yang ke tiga adjektif, yaitu kata yang dibuat untuk memaparkan suatu sifat atau keadaan seseorang. Yang ke empat adverbial, yaitu kata tentang pemaparan secara lengkap mengenai sebuah informasi.

Contoh Teks Eksposisi Mengenai Perekonomian Indonesia

contoh teks eksposisi
okistudio.com

PEREKONOMIAN NEGARA INDONESIA

Bagian utama, tesis :

Pada saat keadaan ekonomi global kian kritis, terlihat pertumbuhan perekonomian Indonesia masih tergolong baik. Hal ini dibandingkan dengan tiga bulan ke dua pada awal tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun kemarin, ternyata perekonomian Indonesia mengalami peningkatan sebesar kurang lebih 6%.

Pertumbuhan perekonomian ini masih berpusat di kepulauan Jawa dengan ukuran peningkatan yang mencapai kurang lebih 57 %.  Dan jika di jumlahkan dengan di perhitungan pertama tahun 2012 lebih baik dari pada perhitungan di tahun 2011.

Bagian kedua, alasan atau argumentasi :

Dikatakan Salamuddin Daeng, pertumbuhan perekonomian Indonesia mengalami suatu anomaly. Pertumbuhan perekonomian ini dianggap belum seimbang karena masih belum diimbangi dengan kesejahteraan yang ada di masyarakat.

Bukan hanya itu saja, kata Daeng, masih ada empat faktor yang bisa membuat perekonomian Indonesia mengalami sebuah anomaly.

Yang pertama, yaitu perekonomian di Indonesia masih mempunyai hutang asing yang tiap tahun mengalami peningkatan.

“ Diperkirakan hutang yang dimiliki oleh Indonesia sudah mencapai kurang lebih Rp. 2,8 triliunan. Hutang ini kian bertambah bahkan jadi sumber penghasilan dari pemerintah untuk mendorong perekonomian di Indonesia, “ kata Daeng.

Yang kedua, semakin meningkatnya daya konsumsi masyarakat yang dianggap bisa menyokong pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Sifat konsumtif masyarakat ini semata – mata untuk sebuah peningkatan kebutuhan sandang dan pangan yang mendapat dorongan dari kredit konsumtif.

Yang ketiga, pertumbuhan perekonomian Indonesia  disokong oleh ekspor bahan – bahan mentahan. Contohnya hasil dari hutan, kebun dan pertambangan.

Yang terakhir adalah pertumbuhan perekonomian Indonesia yang di dukung oleh penanaman asing. Hal ini menjadikan sumber dayanya makin dikuasai oleh pihak luar.

Dari pihak yang lain, yaitu A Tony Prasetiantono, seorang pengamat ekonomi dari Universitas Gajah Mada, menurutnya sector domestic menopang tumbuh kembang perekonomian Indonesia. Melalui deficit dari neraca perdagangan serta penurunan ekspor pada kuartal tiga dan empat di tahun ini membuat dampat krisis global.

Senada dengan hal tersebut, seorang ekonom yang bernama Mirza Adityaswara. Menurutnya beberapa jumlah sector dari perekonomian di dalam negeri tumbuh karena tersokong oleh suku bunga yang masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari terjadinya peningkatan kredit yang mencapai sekitar 2 % yang sekaligus mendapat dukungan dari harga BBM yang mash tergolong rendah dan mendapat subsidi.

Otomotif, manufaktur, akomodasi, komunikasi dan perdagangan adalah sector yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Lanjutnya.

Deficit neraca perdagangan ini kian besar seiring dengan tumbuhnya sector dalam negeri.

Bagian ketiga, penegasan ulang :

A Tony Prasetiantono menyatakan bahwa anggaran belanja pemerintah lebih tinggi dan tergolong cepat dalam menyokong pertumbuhan ekonomi. Selaras dengan hal tersebut ukuran dari inflasi masih ada di bawah 5 %. Hal ini berdampak pada subsidi energy yang kian meroket dan sebetulnya sangat buruk.

***

Demikianlah contoh teks eksposisi mengenai perekonomian negara Indonesia yang bisa kalian pahami dan cermati masing-masing. Selain membahas tentang bidang perekonomian negara Indoneisa, sebenarnya masih banyak lagi contoh teks eksposisi lainnya yang didalamnya membahas berbagai macam bidang.

Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita perhatikan contoh teks eksposisi yang ada dibawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Mengenai Hukum

contoh teks eksposisi
ruangseni.com

Fakta Hukum yang ada di Indonesia

Bagian awal, Tesis:

Seperti yang telah diaturkan dalam perundang – undangan mengenai hukum Indonesia secara tegas akan menghukum siapa saja yang bertindak criminal.

Namun, nyatanya seringkali ketidakadilanlah yang terjadi, hal ini sangat merugikan bayak orang. Hukum yang sudah paten memiliki ketegasan bisa menjadi tumpul karena berhadapan dengan tikus berdasi saat ini.

Bagian ke dua, alasan atau argumentasi:

Bukanlah hal yang tertutupi, bahwa tikus berdasi di Negara Indonesia mendapatkan hukuman yang tergolong tidak berat, bahkan penjara dari tikus berdasi tersebut terdapat fasilitas yang cukup mewah. Padahal jelas – jelas secara terang – terangan membuat Negara rugi.

Kerap kali kita ditampakkan bahwa pencuri, pencopet babak belur di hadang masa. Akan tetapi, tidak pernah di sejarah Indonesia bahwa tikus berdasi di habiskan oleh masa sampai ia mati.

Bagian ke tiga, penegasan ulang:

Pada rakyat kecil hukum di Indonesia bisa disebut meruncing. Misalnya pada kasus yang pernah ada yaitu mengenai kasus nenek Asyani.

Padahal kasusnya hanya karena diduga nenek tersebut mencuri kayu, ia diancam dengan hukuman 5 tahun bui. Sungguh menyedihkan, hukuman di Indonesia sangatlah tidak adil dibandingkan dengan hukuman yang diberikan kepada tikus berdasi.

***

Demikianlah contoh teks eksposisi tentang hukum yang bisa kalian pahami dan cermati masing-masing. Selain membahas tentang bidang hukum, sebenarnya masih banyak lagi contoh teks eksposisi lainnya yang didalamnya membahas berbagai macam bidang.

Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita perhatikan contoh teks eksposisi yang ada dibawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

contoh teks eksposisi
ruangseni.com

PERUBAHAN KURIKULUM YANG ADA DI INDONESIA

Bagian pertama, tesis :

Tatanan pendidikan di Indonesia kini mengalami suatu perubahan. Perubahan ini menyangkut dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan.

Dimana, pada KTSP 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun masih belum semua sekolah menjalankannya.

Bagian kedua, alasan atau argumentasi :

Kurikulum 2013 menurut kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) hanya digunakan pada sekolah – sekolah favorit bertaraf internasional yang sudah terakreditasi A.

Kurikulum 2013 ini adalah suatu bentuk susunan pengajaran yang berfokus pada keterampilan anak dan pembentukan karakter pada anak.

Bukan hanya itu saja, kurikulum ini sangat berfokus pada proses belajar dengan mensyukuri pemberian Tuhan terhadap manusia.

Hal ini dipraktekkan dalam bentuk, anak melakukan pengamatan, berpikir nalar, mencoba suatu hal dan menciptakan sesuatu.

Menurut wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Musliar Kasim, kurikulum 2013 ini hanya berupa praktik – praktik nyata. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak itu sendiri.

Dari kurikulum 2013 ini diharapkan dapat mencetak generasi yang lebih produktif, kreatif, mampu berinovatif dan afektif. Dalam kurikulum ini anak didik bisa membentuk sebuah karakter dan sikap.

Menurut Meutia Hatta, seorang anggota Dewan Pertimbangan Presiden, berargumen bahwa kurikulum 2013 ini memiliki tujuan yang berkualitas yakni membentuk karakter anak yang cinta tanah air. Bukan hanya itu, tapi juga peran secara aktif dalam pembelajaran sehingga para generasi bisa memiliki jati diri yang lebih berkualitas.

Bagian ke tiga, penegasan ulang :

Namun, di pihak masyarakat terjadi cukup banyak penolakan penggunaan kurikulum 2013. Menurutnya perubahan ini cenderung karena pemaksaan.

Adapula yang berpendapat, bahwa penggabungan mata pelajaran pada sub tema ini menyebabkan kurang focus terhadap substansi pembelajaran yang ada.

Meskipun begitu, secara sederhana tingkat dari pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki anak didik akan mengalami penurunan karena kurang bisa menyesuaikan pembahasan yang terkesan campur aduk.

***

Demikianlah contoh teks eksposisi tentang pendidikan yang bisa kalian pahami dan cermati masing-masing. Selain membahas tentang pendidikan, sebenarnya masih banyak lagi contoh teks eksposisi yang membahas berbagai macam bidang lainnya.

Dari pada penasaran, yuk langsung saja kita perhatikan contoh teks eksposisi yang ada dibawah ini.

Contoh Teks Eksposisi mengenai Politik

contoh teks eksposisi
ruangseni.com

MENGHINDARI CALEG DARI PELAKU KORUPSI

Bagian pertama, tesis:

Ada standar yang berlaku dalam perekrutan calon anggota legislative yang terbung dalam partai politik yang akan ikut serta dalam pemilihan umum.

Calon wakil rakyat harus memiliki karakter yang jelas dan terjauh dari riwayat hidup yang buruk di masa lalunya.

Misalnya adalah adanya calon wakil rakyat yang memiliki kasus korupsi atau pelanggaran pada HAM, ditinjau dari kasusnya ini dapat dilihat bahwa ia tidak memenuhi persyaratan yang ada. Karena calon wakil rakyat harus murni orang baik yang mempunyai sikap kredibilitas, integritas dan kapabilitas yang baik.

Hal ini juga berlaku pada partai politik yang mempunyai mekanisme khusus. Kriteria yang ada bisa saja tidak memiliki persamaan dengan partai politik lainnya. Namun, setidaknya memiliki prinsip masing – masing.

Bagian kedua, alasan atau argumentasi :

Berdasarkan pada bukti dan juga hasil pengamatan yang ada, bahwa pihak parlemen tingkat pusat ataupun daerah dianggap sebagai lembaga yang korup.

Hal ini dijelaskan oleh Jojo Rohi, selaku Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP). Berkaitan dengan kriteria dalam penyeleksian wakil rakyat oleh beberapa partai politik untuk mendapatkan dukungan dalam pemilihan umum.

Bagian ke tiga, penegasan ulang :

Sesuai dengan penetapan standar calon wakil rakyat ia harus memiliki kriteria yang tegas serta jelas.

Memiliki sikap anti korupsi sebagai prinsip utama. Selain itu, ia bukan seorang pelanggar HAM. Hal ini berlaku sebagai bentuk warisan yang sampai saat ini menjadi PR.

Jika salah satu calon wakil rakyat memiliki historis sebagai pelanggar HAM, ia tidak boleh dicalonkan karena memungkinkan untuk mengulangi kesalahan yang sama suatu saat nanti.

***

Demikianlah contoh teks eksposisi tentang politik yang bisa kalian pahami dan cermati masing-masing. Selain membahas tentang politik, sebenarnya masih banyak lagi contoh teks eksposisi yang membahas hal-hal lainnya, dari pada penasaran yuk langsung saja kita perhatikan contoh teks eksposisi yang ada dibawah ini.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

contoh teks eksposisi
ruangseni.com

 

MANFAAT DARI LIDAH BUAYA

Bagian pertama, tesis :

Sejak masa silam, di zaman nenek moyang lidah buaya sudah banyak dikenal dengan banyak manfaat yang dikandungnya. Tumbuhan ini dikenal dengan nama latin aloe vera yang manfaatnya bukan hanya untuk penyubur dari rambut saja tapi juga memiliki manfaat  untuk kesehatan badan.

Ciri – ciri yang di miliki dari tanaman ini adalah daunnya cukup tebal dan panjang, memiliki daging dengan serat bening. Daunnya berwarna hijau.

Bagian ke dua, alasan atau argumentasi :

Meskipun sejak dulu aloe vera ini terkenal dengan banyak manfaat yang dimiliki, tetapi tak banyak orang yang tahu bahwa tumbuhan ini sangat menguntungkan.

Menurut peneliti, ada berbagai macam manfaat dari tumbuhan ini. Berikut penjelasannya.

Yang pertama, di bagian tertentu pada tumbuhan ini bisa mempercepat penyembuhan bekas luka baik luka bakar ataupun luka cidera.

Yang kedua, memiliki anti inflamasi. Tumbuhan ini bisa memperlambat peradangan yang terjadi. Dengan menggunakan gel pada daunnya bisa mengurangi peradangan yang terjadi.

Yang ketiga, bisa meningkatkan system kerja pencernaan dan mendetoksi tubuh. Bukan hanya itu, tumbuhan ini mampu membantu masalah sembelit.

Yang ke empat, lidah buaya bersifat anti jamur dan bakteri, hal ini sangat cocok sekali digunakan untuk menangkal adanya radikal bebas dan sebagai antioksidan yang baik.

Yang ke lima, bisa digunakan untuk mengobati diabetes mellitus.

Bagian ke tiga, penegasan ulang :

Lidah buaya memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan. Seperti sebagai penyubur rambut dan sebagai makanan alami yang cukup menyehatkan badan.

***

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai contoh teks eksposisi yang dilengkapi dengan struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan dan pengertian dari teks eksposisi sendiri. Bagi Anda yang merasa belum paham mengenai teks ini, Anda bisa memahaminya pada contoh yang ada.

Semoga adanya artikel Contoh Teks Eksposisi ini bermanfaat untuk Anda 🙂

 

Tinggalkan komentar