Di Balik Keindahan Gunung Ciremai Terdapat Beberapa Misteri

Assalamualaikum WRB. Saya akan berbagi sedikit cerita tentang misteri misteri di balik keindahan gunung ciremai di jawa barat ini. Penasaran kan gimana cerita nya? Ayo teman temang semua mari kita simak cerita itu tersebut.

  • GUNUNG CIREMAI

Gunung Ciremai ini dari dulu sangat terkenal di kalangan pecinta alam, khususnya mereka yang pernah mendaki gunung-gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 MDPL (meter di atas permukaan laut) Selain mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa, Gunung Ciremai ini juga mempunyai misteri, jadi di balik keindahan gunung ciremai, gunung ciremai ini mempunyai misteri misteri yang konon katanya gunung ini sangat angker. Mengenai misteri misteri gunung ciremai sangat angker ini saya mendapatkan cerita dari teman saya yang sudah berpengalaman mendaki gunung ciremai tersebut. Gunung ciremai ini ialah merupakan salah satu gunung yang paling menakjubkan ketika di daki oleh para pendaki gunung. Gunung ciremai yang berbentuk seperti nasi tumpeng ini membentang di 3 kabupaten, mulai dari wilayah Majalengka, Kuningan hingga ke wilayah Cirebon pun sampai.

Gunung ciremai ini tergolong sudah lumayan lama tidak menunjukan peningkatan peningkatan aktifitas vulkanik yang sangat membahayakan manusia, namun gunung ciremai ini masih tetap gunung berapi yang masih aktif dan suatu saat nanti gunung ciremai ini bisa saja mengalami peningkatan aktifitas. Gunung ciremai pernah mengalami letusan besar yang terakhir terjadi pada tahun 1937 ketika masih jaman penjajahan belanda dan hingga saat ini aktifitas vulkanik gunug ciremai ini terlihat datar datar saja dan hanya sekali gempa tektonik yang mengakibatkan penaikan aktifitas.

Sepertinya tidak usah panjang lebar ketika kita pembahasaan tentang geografis di gunung ciremai ini, mari kita membahas tentang misteri misteri gunung ciremai. Pada penasaran kan apasih misteri misteri di balik keindahan gunung ciremai ini? Ayo, mari kita ungkapkan misteri misteri tersebut!
Setiap wilayah pegunungan yang lainnya juga pasti selalu menjadi tempat nya sarang sarang lelembut atau makhluk makhluk ghaib, di gunung Ciremai juga mengandung banyak cerita misteri tak kalah menariknya dengan gunung gunung yang lain. Adapun berbagai macam macam misteri gunung ciremai yang sering diceritakan oleh masyarakat setempat ataupun di ceritakan oleh pendaki-pendaki gunung lainnya. Penasaran dengan cerita misteri tersbut? Ayo, mari kita simak cerita tersebut dibawah ini!

  • MENGENAI CERITA SEJARAH PARA WALI SONGO DI G. CIREMAI

    batu lingga

Adanya mitos yang beredar di masyarakat setempat, konon katanya para wali songo atau bisa disebut dengan waliyullah itu adalah tokoh penyebaran agama islam di daerah pulao jawa ini mendaki gunung cieremai untuk melakukan musyawarah dengan para wali lainnya yang di pandu oleh Sunan gunung jati.
Rupanya dalam perjalanan tersebut Sunan Gunung Jati itu yang sudah berusia cukup tua memutuskan untuk beristirahat. Karena usia beliau yang sudah cukup tua (sepuh) beliau memutuskan untuk beristirahat dan berhenti di sebuah batu yang saat ini lebih di kenal dengan batu lingga.

Kiasah cerita wali songo yang ke 2 menyebutkan bahwa Sunan Gunung Jati ini memang pernah berada di gunung ciremai namun bukan untuk bermusyawarah. Tetapi keberadaan Sunan Gunung Jati di wilayah gunung ciremai ini untuk bersemedi, mendekatkan diri pada Tuhan yang maha esa yaitu ALLAH SWT dan bertadzabur di sebuah batu yang dari dulu hingga saat ini dikenal sebagai batu lingga .

  • KISAH CERITA WANITA TUA YANG BERNAMA NYI LINGGI DI G. CIREMAI

    Nyi Linggi

Kisah cerita Nyi linggi ini pun ada sangkut pautnya dengan batu lingga yang pernah di singgahi oleh Sunan Gunung Jati, awal mulanya entah dari mana kisah nyi linggi ini sampai sampai saat ini pun nama seorang nyi linggi ini masih dikenal oleh masyarakat setempat.

Kisah cerita tentang nyi linggi yang telah beredar di masyarkat setempat ini mengatakan bahwa seorang nyi linggi ini melakukan pertapaan dengan dua ekor hewan peliharaan nyi linggi itu, yaitu 2 ekor macan kumbang.

Beliau melakukan pertepaan atau bersemedi di tempat ini konon katanya untuk memiliki ilmu ilmu tertentu yang ingin dikuasai oleh nya. Tetapi belum sempat proses ritual pertapaan nya selesai nyi linggi ini terlebih dahulu meninggal dunia. Begitu juga dengan 2hewan peliharaan nyi linggi ini menghilangkan jejak tanpa bekas.

Mendengar kisah warga yang menceritakan tentang sesosok nyi linggi ini bahwa ada seorang warga setempat yang pernah melihat sesosok nenek tua memakai tongkat kayu dengan 2ekor hewan tersebut di sekitar kawasan batu lingga itu. Entah siapa nenek tua yang memakai tongkat kayu tersebut yang pasti nya nenek tua yang menampakan sosok nya dengan kedua hewan peliharaan nya itu adalah nyi linggi.
Singkat cerita hal ini juga pernah di alami oleh pendaki pendaki lain termasuk teman saya juga pernah mengalami kejadian yang sama seperti ini. Kisah kisah pengalaman pendaki yang lain nya juga sama seperti kisah cerita warga setempat yaitu melihat sesosok wanita tua yang bertongkat dan menggunakan pakaian kuno yang didampingi oleh dua macan tutul sewaktu sedang melakukan perjalanan pendakian melalui jalur linggar jati. Apa mungkin penampakan yang telah di alami oleh pendaki pendaki dan teman saya itu merupakan sesosok wujud nyi linggi?

  • KUNTILANAK

Kuntilanak ini adalah sesosok makhluk ghaib yang jail yang berada dalam jalur pendakian gunung ciremai. Sudah tak aneh lagi apa bila pendaki pendaki yang mendaki gunung ciremai ini pernah mendengar suara kuntilanak atau di tampakan sesosok wanita yang menggunakan pakaian warna putih yang dekil itu di sepanjang perjalanan batulingga.

Oh iya buat teman teman kusus nya yang mempunyai kepekaan mata batin atau mempunyai indra ke 6 pasti bisa merasakan sesuatu yang aneh, misalkan seperti menyium bau bau harum, bau bau busuk atau kemenyan. Udah deh gak salah lagi ada makhluk halus yang tak kasap mata yang mengikuti perjalanan pendakian kalian.

Setiap ingin melakukan pendakian maka dari itu para pendaki pendaki gunung tersebut harus menaati tata tertib dan ketentuan yang telah di terapkan dan di jadikan peraturan peraturan ketika hendak mendaki.

  • SUARA GAMELAN

soal suara suara yang tak asing lagi yang sering di dengar oleh telinga kita. Bahkan hampir di setiap gunung sering ada kejadian seperti suara suara aneh tersebut yang selalu terdengar oleh telinga kita. Salah satunya suara yang sering terdengar di gunung ciremai ini adalah suara gamelan jawa. Tapi yang jadi anehnya itu jika kita sedang mendengarkan suara gamelan itu seolah olah suara itu semakin menjauh.
Pendaki gunung dan masyarakat setempat itu meyakini bahwa suara tersebut bersumber dari para lelembut atau makhluk halus yang telah menghuni  pegunungan yang sengaja mengganggu konsentrasi para pendaki agar pendaki yang mendaki gunung itu tersesat dari jalur utama.

 

Kisah di atas ini hanya menceritakan beberapa kisah dari sekian banyak nya misteri gunung ciremai. Dan satu hal yang wajib  kita waspadai ketika kita hendak mendaki gunung yaitu jangan sampe lupa untuk berdoa dan mengucapkan salam,dan dalam perjalanan lebih mengutamakan keselamatan dan sopan santun ketika kita berbicara saat perjalanan mendaki. Dengan demikian insyaallah atas izin AllAh SWT yang maha esa ini perjalanan kita akan dipermudah dan lancar sebagaimana yang kita harapkan. Amin

Mungkin hanya ini yang bisa saya tulis, sedikit atau banyak nya saya mohon maaf apabila ada salah salah kata dan bahasa yang kurang bagus atau sopan . Terimakasih juga untuk kalian yang telah membaca artikel saya ini, apabila kalian ada yang pernah berpengalaman seperti yang saya tulis ini bisa kalian share dengan menulis komentar di kolom yang telah di sediakan di bawah ini.

Akhir kata Wassalamuaikum WRB .

Tinggalkan komentar