Ekologi Adalah? Berikut ini Ada Penjelasan Ekologi Beserta Contohnya

EKOLOGI ADALAH – Apa itu ekologi? Mungkin dari kalian ada yang belum mengetahui tentang apa itu ekologi, mungkin juga sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui tentang apa itu ekologi.

Kebetulan, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu pengertian dari kata ekologi. Menurut bahasa, kata ekologi ini merupakan kata dari bahasa Yunani, yaitu oikos dan logos. Arti dari ekois ini adalah habitat, dan arti dari logos ini adalah ilmu. berarti arti kata ekologi adalah habitat ilmu.

Mr. Ersns Haeckel merupakan salah satu orang pertama di dunia yang mengunakan nama ekologi. Menurut dasar dari pengertian kata ekologi adalah ilmu yang mendalami perkara hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi ini ada kaitannya dengan ekosistem. Maka dari itu pengertian dari kata ekologi bisa diartikan sebagai ilmu yang bisa mempelajari tentang ekosistem dan bagian-bagian lainnya.

1. Pengertian Ekologi

Ekologi adalah
portal-piyungan.id

Ekologi itu adalah pengetahuan yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan dan lain sebagainya. Kata ekologi ini berasal dari bahasa Yunani, dalam bahasa yunani ekologi itu oikos yang arti dari kata oikos itu adalah Habitat (Tempat).

Arti dari logi dalam bahasa Yunani itu adalah logos, yang mana arti dari kata logos ini adalah ilmu. Ekologi ini bisa diartikan sebagai tempat ilmu yang mempelajari dengan baik hubungan makhluk hidup dan hubungan pada lingkungannya.

Didalam ekologi, yang biasa dipelajari oleh makhluk hidup itu kesatuan sistem dengan lingkungannya. Pembahasan tentang ekologi ini tidak hanya dari pembahasan ekosistem yang mana ekosistem itu dengan berbagai bagian-bagian penyusunan-nya, yaitu seperti pada faktor abiotik dan faktor biotik.

Faktor dari abiotik ini adalah air, suhu, kelembaban, cahaya, dan topografi. Sedangkan faktor dari biotik ini adalah makhluk-makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan lain sebagainya.

Ekologi ini berkaitan erat dengan tahapan-tahapan lembaga makhluk hidup, misalkan seperti populasi, komunitas, ekosistem yang silih mempengaruhi, dan ekosistem ini menggambarkan suatu sistem yang menunjukan kesatuan.

Nah ekologi ini merupakan salah satu cabang ilmu yang masih baru, yang mana ekologi ini muncul pada tahun 1970. Namun, ekologi ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap cabang-cabang biologinya.

Didalam ekologi ini mempelajari tentang bagaimana makhluk hidup itu bisa mempertahankan kehidupannya dengan menggunakan hubungan pada makhluk lainnya, dan menggunakan benda mati atau benda tak hidup didalam lingkungannya.

Ekologi, biologi, dan ilmu-ilmu kehidupan lainnya silih melengkapi satu sama lain dengan zoologi dan botani yang melukiskan bahwa ekologi ini mencoba memprediksikan, dan ekonomi energi ini yang akan menggambarkan banyaknya rantai makanan manusia.

Menurut para ahli-ahli ekologi yang telah mempelajari hal tersebut seperti ini:

  • Perpindahannya energi dan materi dari makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya kedalam lingkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkan perpindahan tersebut
  • Adanya perubahan pada rakyat dengan waktu yang berbeda dalam faktor-faktor menyebabkannya.
  • Terjadinya hubungan spesies makhluk hidup dengan hubungan makhluk hidup lainnya dan lingkungannya.

Saat ini orang-orang yang telah belajar tentang ekologi lebioh fokus kepada ekowilayah bumi dan riset dalam perubahan iklim.

2. Ekologi Lingkungan

Ekologi adalah
dwiyanto95.blogspot.co.id

Didalam ekologi lingkungan, manusia memiliki hak khusus yang mana hak khususnya itu dilihat dari kepentingan-kepentingan manusia, namun manusia juga harus memiliki rasa tanggung jawa yang paling besar kepada lingkungannya, yang mana rasa tanggung jawab ini tidak mungkin diberikan kepada makhluk-makhluk hidup lainnya.

Manusia melihat alam dari sudut penglihatan manusia itu disebut dengan sebutan antroposentrik. Manusia menganggap alam ini diciptakan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Secara implicit sudah jelas, maka sejak lama sudah dibutuhkan bangunan-bangunan alam supaya terciptanya lingkungan yang sesuai dengan lingkungan hidup manusia.

Dengan pandangan manusia yang antroposentrik disertai dengan keinginan-keinginan hidup yang semakin tinggi dan perkembangan-perkembangan ilmu teknologi yang semakin pesat, kehidupan lingkungan semakin meningkat.

Condongnya peningkatan itu ditambah  dengan anggapan-anggapan adanya sumber daya umum yang dimiliki secara bersamaan kepemilikannya, atau tidak ada yang memilikinya.

Maka dari itu kita perlu sekali yang namanya mempelajari ilmu lingkungan hidup supaya bisa menempatkan diri sesuai dengan posisinya pada lingkungan yang harus dijaganya.

3. Ekologi Populasi (Sumber Kehidupan)

Ekologi adalah
banjarmasin.tribunnews.com

Populasi ini merupakan salah satu bagian dari ekologi, yang mana populasi ini dijadikan sebagai perkumpulan individual organisme pada suatu tempat.

Yang mana tempat itu mempunyai sifat yang sama, memiliki asal-usul yang sama, dan tak ada tak ada yang menghadang salah satu anggotanya untuk berhubungan satu sama lain, dan mengembangkan keturunan-keturunannya dengan kebebasan, karena individu ini merpuakan suatu kumpulan heteroseksual. 

Pada dasarnya konsep pertumbuhan masyarakat yang diteliti bagi makhluk selain sejenis manusia, haru berlaku juga untuk manusia yang dibilang oleh para pakar sebagai dinamika masyarakat, atau demografi menjadi patokan-patokan khusu untuk manusia, diantaranya adalah lajunya pertumbuhan masyarakat menjadi lebih stabil.

 4. Konsep Ekologi

Ekologi adalah
slideserve.com

Hubungan yang terkait dan ketergantungan pada seluruh komponen-komponen ekosistem harus dipertahankan sebaik munkin dalam kondisi yang stabul dan seimbang. Adanya perbuhan terhadap satu komponen-komponen akan mempengaruhi pada komponen lainnya.

Homeostatis adalah berkecenderungan sistem biologi kegunaannya untuk menahan apabila adanya perubahan dan selalu ada dalam keseimbangan.

Ruang lingkup dapat memelihara dan mengatur dirinya sendiri seperti halnya pada komponen-komponen penyusun nya, yaitu populasi dan organisme.

Dengan demikian, ruang lingkup bisa dianggap suatu cibernetik di alam. Akan tetapi, manusia condong mengganggu dalam sistem-sistem pengendalian alam ini. Ekosistem atau ruang lingkup merupakan kumpulan dari berbagai macam-macam alam, contoh pertama seperti hewan, kedua tumbuh-tumbuhan, lingkungan, dan yang terakhir ini adalah manusia.

5. Ekosistem Hutan

Ekologi adalah
ekologi-hutan.blogspot.co.id

Ekosistem ini meriuapakan suatu pola hubungan antara komponen-komponen abiotik dan biotik yang didalamnya itu saling terkait satu dengan yang lainnya. Ada beberapa macam jenis ekosistem ini yang apabila ekosistem itu disatukan, maka akan membentuk biosfer.

Salah satu dari jenis ekosistem yang sangat penting keberadaan tempat nya adalah hutan. Hutan ini merupakan kelompok-kelompok ekosistem alam yang terletak di daratan, mana ekosistem hutan ini kerap dijuluki sebagai julukan “Paru-paru bumi”.

Salah satu indikator yang mudah untuk mengukur kesehatan bumi adalah dengan memperhatikan keadaan pada hutan nya.

Apabila mengambil sampel pada saat ini, dapat kita simpul kan sendiri, bahwa bumi ini sedang sakit. Mengapa sakit? karena semakin hari semakin hari ekosistem hutan ini semakin terbatas wilayahnya, dan ekosistem hutan ini hanya ada pada wilayah-wilayah tertentu saja.

Ekosistem pada hutan ini sangat penting sekali, mengapa ekosistem hutan ini sangat penting? Karena, hutan ini adalah alam, yang mana alam itu terdapat keanekaragaman yang tertinggi di daratan. Hutan juga merupakan salah satu rumah bagi tumbuh-tumbuhan dan juga para hewan-hewan.

Keberadaan hutan ini bukan hanya sebagai saluran udara saja, tetapi adanya hutan ini memiliki peran-peran yang sangat penting.

6. Piramida Ekologi

Ekologi adalah
adf.ly

Gambar diatas ini adalah menandakan gambar piramid, yang mana gambar piramid pada gambar diatas ini adalah piramida ekologi.

Piramida ekologi adalah skema yang menggambarkan gambaran bagaimana faktor yang penting secara ekolgis, contohnya seperti biomasa, dan ukuran pada kehidupan yang bervariasi antara tingkat trofik didalam suatu ekosistem dengan cara tradisional.

Grafik ini menunjukan produsen primer, yaitu oragisme fotosintesis seperti pada tanaman pada bagian bawah, dan tingkat trofik yang tertinggi ada pada bagian atas grafik. Yang terkait pada ukuran posisi grafik ini dalam setiap trofiknya menunjukan jumlah energi, biomassa, atau juga dengan jumlah individu yang temukan pada setiap trofik.

Susunan-susunan trofik pada ekosistem bisa dilihat dalam bentuk gambar piramida ekologi. Oh iyah piramida ekologi ini terbagi menjadi 3 bagian, yang pertama piramida biomassa, piramida energi, dan piramida jumlah.

 1. Piramida Biomassa

Ekologi adalah
rizkibio.com

Piramida biomassa ini menunjukan perbandingan masa yang terjadi pada seluruh makhlkuk hidup pada tempat tertentu yang telah diukur, dan dinyatakan pada satuan gram. Biomassa ini merupakan salah satu ukuran berat materi hidup yang telah ditetapkan pada waktu tertentu.

Piramida biomassa adalah suatu piramida yang menunjukan berkurangnya perpindahan atau pengiriman energi pada setiap tingkat trofik didalam suatu ekosistem. Pada umumnya, bentuk gambar dari piramida biomassa ini akan mengecil pada arah puncaknya, karena pemindahan energi dengan tingkat trofik yang tidak sesuai.

Fungsi dari piramida biomassa ini untuk menunjukan massa pada seluruh organisme pada tempat tertentu yang telah diukur dalam gram. Untuk meng antisipasi kerusakan tempatnya, biasanya hanya mengambil sedikit sampel untuk diukur, setelah diukur langsung di total secara keseluruhan biomassa untuk dihitung.

Dengan adanya cara pengukuran seperti ini akan bisa mendapatkan informasi yang lebih tepat mengenai apa yang telah terjadi pada sistem atau suatu ekosistem, dan massa pun akan berbentu terbalik.

2. Piramida Jumlah

ekologi adalah
slideshare.net

Makhluk hidup (organisme) pada masing-masing tingkatan trofik bisa dilihat dalam gambar piramida jumlah, misalkan seperti kita makhluk hidup (organisme) pada bagian pertama biasanya yang paling melimpah atau banyak.

Sedangkan tingkatan organisme yang kedua, ketiga, dan yang lainnya semakin akan berkurang. Bisa dikatakan bahwa banyaknya komunitas normal, jumlah tumbuh-tumbuhan selalu lebih banyak daripada makhluk hidup (organisme) herbivora.

Begitu pula dengan jumlah herbivora yang lebih banyak dari pada dengan jumlah karnivora tingkatan pertama, begitu juga dengan karivora tingkat pertama selalu lebih banyak daripada jumlah karnivora pada tingkat ke 2.

Piramida jumlah ini berdasarkan atas jumlah makhluk hidup pada tiap tingkatan trofiknya.

3. Piramida Energi

ekologi adalah
marlenniadiya.wordpress.com

Piramida energi ini sering sekali tidak selalu mengasih informasi yang sedang dibutuhkan oleh kita tentang ekosistem-ekosistem tertentu. Berbeda sekali dengan piramida energi yang terbuat menurut observasi yang dilakukan dalam menggunakan waktu yang cukup lama.

Piramida energi ini dapat menunjukan gambaran yang paling tepat tentang aliran-aliran energi dalam ekosistem.

Didalam piramida energi ini terjadi penurunan-penurunan jumlah energi secara berturut-turut yang tersedia pada tiap-tiap trofiknya.

Adanya pengurangan energi yang terjadi pada setiap trofiknya itu disebabkan karena adanya kejadian-kejadian seperti ini:

  • Hanya pada jumlah makanan tertentu yang ditangkap, dan dimakan oleh tingkatan trofik selanjutnya.
  • Ada beberapa makanan yang dapat dimakan tetapi tidak bisa di keluarkan atau dicerna sebagai sampah.
  • Hanya sebagian dari makanan yang dapat diolah menjadi bagian tubuh-tubuh organisme, sedangkan sisanya akan digunakan sebagai sumber-sumber energi.

Itulah penjelasan-penjelasan tentang ekologi, mudah-mudahan adanya penjelasan ekologi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang belum mengetahui tentang ekologi menjadi mengetahui tentang ekologi.

Terimakasih telah membaca 🙂

Tinggalkan komentar