Hak Asasi Manusia: Pengertian & Penjelasan Pelanggaran Ham

HAK ASASI MANUSIA – Hallo teman-teman kita berjumpa lagi dengan baabun, oh iya pada kesempatan kalia ini kami akan membahas tentang Hak Asasi Manusia yang mana pembahasan ini sangat penting sekali untuk kita semua. Yuk langsung saja kita simak bareng-bareng ulasan yang telah tertulis dibawah ini.

Ketika manusia terlahir di dunia, manusia ini telah memiliki hak asasi manusia yang dibawa tinggi dan juga diakui oleh semua orang. Hak-hak tersebut lebih penting sekali apabila dibandingkan dengan hak seorang raja atau penguasa.

Yang perlu kalian ketahui tentang ham adalah bahwa ham atau biasa disebut dengan sebutan hak asasi manusia ini berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT yang diberikan kepada seluruh manusia. Namun, di era seperti saat ini banyak sekali diluar sana yang kita dapati orang-orang yang melanggar hak asasi yang tujuannya untuk mempertahankan hak atau kepentingan pribadinya.

Hak disini bisa diartikan sebagai kekuasaan ketika sedang mengerjakan sesuatu hal atau kepunyaan pribadi, sementara arti dari kata asasi ialah perosalan yang utama, dasar. Sehingga hak asasi manusia ini kerap disebut dengan sebutan HAM.

Ham disini bisa juga diartikan sebagai kepunyaan atau milik yang bersifat melekat dan pokok di setiap insan sebagai sebuah anugerah yang sudah diberikan oleh ALLAH SWT untuk seorang hambanya. Untuk penjelasan lebih detailnya kalian bisa simak benar-benar tulisan yang ada dibawah ini.

Pengertian Hak Asasi Manusia

hak asasi manusia
fxfreddy.blogspot.co.id

Hak Asasi Manusia atau biasa disebut oleh orang-orang sebagai HAM ini ialah hak-hak yang telah dimiliki oleh seseorang sejak orang itu masih berada didalam kandungan ibu. Hak asasi manuisa bisa berlaku secara keselurhan.

Dasar-dasar HAM yang tercantum didalam deklarasi pernyataan atau pengumuman kemerdekaan Amerika Serikat atau Declaratioan of Independence of USA dan juga yang terungkap didadalam UUD Tahun 1945 Republik Indonesia, seperti yang ada didalam pasal 27 ayat 1, terdapat di pasal 28 ayat 2, pasal 31 ayat 1. dan pasal 30 ayat 1.

Didalam teori perjanian negara, disitu terdapat Pactum Unionis dan Pactum Subjectionis. Pactum Unionis ini ialah merupakan sebuah perjanjian pribadi yang berguna untuk membentuk negara, sementara dengan Pactum Subjectionis ini ialah merupakan perjanjian pribadi atau perorangan dan negara yang dibentuk.

Thomas Hobbes menanggapi Pactum Subjectionis dan akan tetapi tidak menanggapi Pactum Unionis. Jhon Lock menanggapi kedua persoalan tersebut yakni Pactum Unionis dan Pactum Subjectionis, sementara dengan Roessaeu hanya menanggapi Pactum Unionis saja.

Ketiga ahli tersebut memiliki masing-masing pendapat. Akan tetapi biasanya teori tentang perjanian ini bertujuan untuk mengamanahkan adanya sebuah perlingdungan Has Asasi Warga Negara yang harus atau wajib dijamin oleh raja dan bentuk dari jaminan tersebut ialah harus tercantum didalam konstitusi.

Ada kaitannya dengan persoalan tersebut, hak asasi manusia ini ialah merupakan hak fundamental yang tidak bisa dicabut, kenapa? Karena ia ialah seorang manusia. HAM yang saat ini dirujuk adalah seperangkat hak yang dikembangkan oleh PBB dari awal selesainya perang dunia ke II.

Sebagai sebuah konsekuensinya, sebuah negara tidak bisa berkilah untuk tidak menjaga atau melindungi hak asasi manusia yang bukan warga negaranya.

Selama itu masih melibat atau menyangkut persoalan HAM di masing-masing negara, tanpa terkecuali pada tingkatan tertentu yang memiliki rasa tanggung jawab dan khususnya yang terikat pemenuhan hak asasi manusia pribadi yang ada di jurisdiksinya.

Maka dari itu pada tingkatan tertentu akan menjadi sangat salah untuk menyerupai antara HAM dengan hak-hak lainnya yang dipunyai oleh warga negara. Yang perlu kita ketahui tentang HAM adalah HAM ini telah dipunyai atau dimiliki oleh siapa saja.

Alasan-alasan diatas juga yang bisa mengakibatkan HAM merupakan dari bagian integral dari tiap masing-masing kajian ketika sedang belajar ilmu hukum internasional. Maka dari itu persoalan tersebut bukanlah dari sebuah bagian yang kontroversial lagi jikalau organisasi atau komunitas internasioan memiliki kepedulian yang serius dan juga bersifat nyata kepada berbagai gosip mengenai HAM (hak asasi manusia) tingkat nasional.

Disini peranan dari organisasi atau yang biasa disebut sebagai komunitas sangat penting sebagai perlindungan HAM karena sifat dan watak dari HAM itu sendiri merupakan sebuah sistem perlindungan dan pertahanan pada setiap perorangan kepada kekuasaan negara yang terbuka untuk di salahgunakan, sebagaimana yang kerap dibuktikan oleh sejarah umat manusia sendiri.

Berikut dibawah ini terdapat contoh-contoh mengenai pelanggaran HAM:

Contoh Pelanggaran Hak Asasi Manusia

hak asasi manusia
zubairidjoerban.org
  • Penindasan dan merampas seluruh hak-hak masyarakat dan opsisi dengan cara melakukan hal yang sewenang-wenang.
  • Membatasi dan menghambat dalam kebebasan pers, anggapan atau pendapat, dan berkumpul untuk hak rakyat dan oposisi.
  • Memperlakukan hukum dengan cara memperlakukan yang tidak adil dan juga tidak memiliki pri kemanusiaan dan keadilan.
  • Oposisi dan tanpa diiringi oleh rakyat atau masyarakat.
  • Manipulatif dan membentuk peraturan pemilihan umum yang setara dengan keinginian dari raja atau penguasa dan partai otoriter tanpa diiringi oleh masyarakat dan oposisi.
  • Petugah keamanan dan penegak hukum melakukan sebuah kekerasan kepada masyarakat dan oposisi.
  • Deskriminasi ialah pengucilan, pembatasa, dan pelecehan-pelecehan yang dikerjakan maupun itu secara langsung atau tidak langsung yang dilandaskan atas perbedaan manusia ras, suku, etnis dan agama.
  • Penyiksaan adalah merupakan sebuah perbuatan yang mengakibatkan rasa sakit mau itu dari jasmani ataupun rohani.

Itulah contoh-contoh mengenai pelanggaran hak asasi manusia yang saat ini sering terjadi dan sering juga dilakukan.

Pengertian Hak Asasi Manusia Menerut Para Ahli

hak asasi manusia
viva.co.id

Apakah diantara kalian sudah ada yang mengerti tentang pengertian hak asasi ini? Berikut dibawah ini ada sedikit penjelasan mengenai pengertian hak asasi manusia menurut para ahli. Tunggu apa lagi, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng tentang pengertian HAM yang telah tertulis dibawah ini:

1. Pengertian HAM Menurut UU No. 39 Tahun 1999

Menurut UU No. 39 Tahun 1999 HAM adalah sebuah seperangkat hak yang menyatu kepada hakikat dalam setiap keberadaan manusia yang merukan sebuah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa yakni Allah SWT. Hak ini adalah sebuah anugerah pemberian dari Allah SWT untuk seorang hambanya yang memang harus sangat dihormati.

Selain dari di hormati, hak juga harus selalu dijunjung tinggi, dan juga dilindungi oleh sebuah negara, pemerintah, hukum dan juga setiap orang untuk kehormatan dan juga suatu perlindungan derajat kedudukan manusia.

2. Pengertian HAM Menurut John Locke

HAM adalah sebuah hak yang diberikan langsung untuk manusia dari Tuhan Yang Maha Esa yang mana HAM ini bersifat kodrati. Artinya ialah hak yang dimiliki oleh manusia menurut masing-masing kodratnya dan tidak akan bisa dipisahkan dengan hakikatnya, sehingga sifat dari HAM ini ialah suci.

3. Pengertian HAM Menurut Kevin Boyle dan Davit Beetham

Fundamental dan Hak Asasi Manusia ialah hak-hak perorangan yang awal mulanya berasal dari berbagai macam kebutuhan dan juga kapasitas manusia.

4. Pengertian HAM Menurut Haar Tilar

Pengertian HAM menurut Haae Tilar ialah hak-hak yang menyangkut pada diri setiap manusia, jikalau setiap manusia tidak mempunyai hak-hak tersebut maka setiap manusia ini tidak akan dapat hidup seperti manusia. Hak ini didapatkan di mana ketika itu manusia terlahir ke dunia.

5. Pengertian HAM Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto

Pengertian HAM menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto adalah sebuah hak yang memiliki sifat mendasa. Hak yang sudah dimiliki oleh setiap manusia dengan berlandaskan kodrat atau takdirnya yang tidak akan bisa dipisahkan dengan hakikat sehingga HAM ini bersifat suci.

6. Pengertian HAM Menurut Mahfudz M.D

Pengertian HAM menurut Mahfudz ialah HAM merupakan sebuah hak yang sudah menyatu kepada kedudukan setiap manusia dan hak itu telah dibawa ketika saat manusia terlahir ke dunia dan pada hakikatnya ialah hak tersebut mempunyai sifat kodrati.

7. Pengertian HAM Menurut Muladi

Hak Asasi Manusia ialah segala hak pokok atau mendasar yang menatu dan menempel pada diri setiap manusia yang hidup di dunia dalam kehidupan sehari-harinya.

8. Pengertian HAM Menurut Peter R. Baehr

Hak Asasi Manusia ialah hak dasar yang mana HAM ini bersifat mutlak dan memang harus dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini dengan tujuan tersendiri yaitu untuk perkembangan dirinya.

9. Pengertian HAM Menurut Karel Vasak

Hak Asasi Manusia ialah merupakan sebuah 3 generasi yang ditemukan dari revolusi Francis. Karel Vasak menyebut generasi persoalan ini karena yang dimaksud oleh beliau ini ialah guna untuk merujuk pada inti dan pada ruang lingkup dari hak-hak yang menjadi sebuah prioritas utama dalam beberapa waktu tertentu.

10. Pengertian HAM Menurut Miriam Budiarjo

Pengertian HAM menurut Miriam Budiarjo ialah Hak Asasi Manusia ini memang harus dimiliki oleh setiap manusia yang dijunjung dari lahir ke dunia dan juga Miriam Bidarjo ini memiliki pengertian tersendiri mengenai HAM ini, yakni hak tersebut mempunyai sifat yang mana sifat dari hak tersebut ialah universal, persoalan ini karena dimiliki tanpa adanya sebuah perbedaan-perbedaan suku, ras, budaya atau kehidupan, jenis kelamin dan lain sebagainya.

11. Pengertian HAM Menurut C. de Rover

Hak Asasi Manusia ialah merupakan salah satu hak hukum yang memang harus dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia. Hak tersebut mempunyai sifat yang manasifat dari hak tersebut ialah universal dan juga dimiliki oleh setiap orang.

Namun hak tersebut kerap sekali dilanggar oleh manusia-manusia yang tidak memiliki rasa tanggung jawab sama sekali, akan tetapi hak-hak tersebut tidak akan pernah untuk bisa dihapuskan dari kehidupan manusia. Hak asasi ialah merupakan suatu hak hukum, persoalan ini memiliki arti bahwa hak itu sendiri merupakan hukum.

HAM itu sendiri dilindungi atau dijaga oleh hukum nasional dan konstitusi yang berada disetiap berbagai macam negara yang ada di penghujung dunia. HAM ialah merupakan sebuah hak dasar yang dijunjung oleh manusia dari lahir yang merupakan anugerah pemeberian dari Tuhan Yang Maha Esa yaitu Allah SWT.

Adanya HAM yang merupakan sebuah anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita sebagai manusia yang hidup di dunia harus memiliki rasa hormat kepada hak tersebut, selain memiliki rasa hormat kita juga senantiasa harus melindungi atau menjaga hak tersebut, dan juga dibawa tinggi. HAM ini memiliki sifat universal dan kekal abadi.

12. Pengertian HAM Menurut Austin-Ranney

Pengertian HAM menerutu Austin-Ranney adalah Hak Asasi Manusia ini adalah merupakan suatu ruang kebebasan untuk setiap perorangan yang dirumuskan dengan detail, rinci dalam konstitusi dan juga telah dijamin dengan pelaksanaannya oleh setiap masing-masing pemerintahnya.

13. Pengertian HAM Menurut A.J.M Miline

Pengertian HAM menurut dari pengertian A.J.M Miline bahwa Hak Asasi Manusia ini merupakan sebuah hak yang telah dimiliki oleh semua manusia yang hidup di dunia, pada segala masa, dan juga di segala tempat karena keutamaan keberadaannya adalah sebagai manusia.

14. Pengertian HAM Menurut Franz Magnis Suseno

Hak Asasi manusia adalah hak-hak yang telah dimiliki di setiap manusia yang hidup di dunia ini dan juga bukan karena diberikan oleh masyarakat. Bukan juga karena hukum positif yang berjalan dan berlaku, akan tetapi dengan berlandaskan kedudukannya sebagai seorang manusia. Manusia mempunyai HAM karena dia ialah manusia.

15. Pengertian HAM Menurut Oemar Seno Adji

Pengertian HAM menurut Oemar Seno Adji adalah hak asasi manusia ini ialah sebuah hak yang menyatu di setiap kedudukan manusia sebagai insan yang merupakan ciptaan dari Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun itu, entah itu pejabat atau lain sebagainya.

16. Pengertian HAM Menurut G.J. Wolhos

Pengertian HAM menurut dari pengertian G.J. Wolhos adalah hak asasi manusia ini ialah hak yang telah melekat atau menyatu dan juga telah mengakar didalam benak manusia yang hidup di dunia dan juga hak-hak tersebut tidak ada yang boleh untuk menghapuskannya, karena menghilangkan hak asasi manusia orang lain sama saja telah menghilangkan sebuah derajat yang dimiliki oleh manusia.

17. Pengertian HAM Menurut Leah Kevin

Angan-angan tentang HAM memiliki dua makna dasar. Yang pertama ialah bahwa hak-hak hakiki ini tidak bisa dipisahkan menjadi hak seseorang yang hanya karena seseorang tersebut ialah manusia. Hak tersebut merupakan hak molar yang awal mulanya berasal dari keberadaannya yang terlahir sebagai manusia.

Makna yang kedua dari HAM ini ialah hak-hak hukum, mau itu secara nasional ataupun secara internasional.

18. Pengertian HAM Menurut Komnas HAM

HAM ialaha hak asasi manusia yang meliputi atau mencakup dari berbagai macam bidang dalam kehidupan manusia, baik itu politik, sipil, sosial dan kebudayaan, ataupun ekonomi. Bidang-bidang tersebut tidak akan bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Hak-hak asasi sipil dan politik tidak memiliki arti jikalau masyarakat masih harus saja bertempur dengan yang namanya kemiskinan dan penderitaan. Akan tetapi, di lain pihak mengenai perosalan kemiskinan, keamanan, dan alasan-alasan lainnya tidak bisa dipakai untuk melakukan pelanggaran hak asasi manusia dan kebebasan politik dan sosial masyarkat.

HAM juga tidak mendukung sama sekali adanya individualisme, melainkan dengan membendungnya dengan cara melakukan perlindungan terhadap perorangan atau individu, kelompok, ataupun golongan-golongan yang berada di tengah-tengah kehidupan yang modern.

Hak Asasi Manusia ialah merupakan salah satu tanda solidaritas yang mana HAM tersebut bersifat nyata dari sebuah negara dengan warga negaranya yang memang bisa dibilang lemah.

Ciri Khusus Hak Asasi Manusia

hak asasi manusia
satukeadilan.org

HAM atau biasa disebut dengan sebutan hak asasi manusia ini memiliki beberapa ciri khusus dan pabila dibandingkan dengan hak-hak lainnya. Berikut tulisan dibawah ini ialah ciri khusus tentang HAM yang perlu kita ketahui:

  1. Tidak akan bisa dicabut atau dicopot, dan juga HAM ini tidak akan bisa dihilangkan atau diberikan.
  2. HAM tidak akan bisa dibagi, semua orang dan setiap orang yang terlahir kedunia berhak untuk mendapatkan seluruh hak baik itu dari persoalan ekonomi, politik, sipil, kehidupan atau budaya, dan sosial.
  3. Hakiki, HAM ialah merupakan sebuah hak asasi manusia telah muncul dan ada di setiap manusia terlahir dari rahim ibu ke dunia ini.
  4. Universal, HAM ini berlaku untuk seluruh atau semua orang tanpa harus memandang sebuah status atau lain sebagainya. Persamaan adalah salah satu dari berbagai macam ide hak asasi manusia yang mendasar.

Macam Macam HAM

hak asasi manusia
elheraldodechihuahua.com.mx

Secara garis besar terdapat berbagai macam hak asasi manusia, hak asasi manusia bisa dikelompokan menjadi 6 bagian. Berikut dibawah ini ialah macam-macam HAM yang perlu kita ketahui:

1. Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi adalah hak yang masih ada hubungannya dengan kehidupan pribadi manusia. Misalkan contoh seperti dari hak asasi pribadi ialah sebagai berikut:

  • Sebuah hak kebebesan untuk tetap bisa bergerak, berpergian kemana-mana, dan bisa berpind-pindah tempat sesuka hati dan sesuai keinginan pribadi sendiri.
  • Hak kebebasan ketika menyatakan atau mengeluarkan sebuah pendapat yang hendak dikeluarkan.
  • Hak kebebasan ketika ingin memilih sebuah pemimpin dan juga aktif didalam sebuah organisasi yang hidup.
  • Hak kebebasan ketika memeluk, memilih, dan menjalankan agama yang dianut atau diyakini oleh setiap manusia yang hidup.

2. Hak Asasi Politik

Hak asasi politik adalah hak yang memiliki hubungan dengan kehidupan politik. Berikut dibawah ini terdapat contoh dari hak asasi politik:

  • Hak dalam memilih atau menentukan dalam suatu pemilihan umum.
  • Hak keikut sertaan dalam berbagai macam aktivitas pemerintahan.
  • Hak guna dalam membuat atau membangun dan mendirikan partai politik dan juga membentuk organisasi politik lainnya.
  • Hak untuk mengajukan dan membuat suatu usulan petisi.

3. Hak Asasi Hukum

Hak asasi hukum adalah kesaman kekuasaan dalam hukum dan juga pemerintahan, yakni hak yang memiliki hubungan atau berhubungan dengan berbagai macam kehidupan hukum dan juga berhubungan dengan pemerintahan. Berikut dibawah ini ialah contoh dari hak asasi hukum:

  • Hak guna untuk mendapatkan sebuah perilaku atau perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
  • Hak untuk menjadi pegawai negeri sipil atau menjadi PNS.
  • Hak untuk mendapatkan perlindungan hukum dan layanan yang baik.

4. Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi adalah hak yang memilki hubungan atau berhubungan dengan berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang berbau perekonomian. Berikut dibawah ini ialah beberapa contoh mengenai hak asasi ekonomi:

  • Hak kebebasan ketika sedang melakukan perdagangan atau jual beli.
  • Hak kebebasan ketika sedang melakukan perjanjian kontrak.
  • Hak kebebasan dalam mengadakan aktivitas atau mengadakan sebuah kegiatan utang piutang atau sewa menyewa.
  • Hak kebebasan untuk memiliki seusatu.
  • Hak mempunyai dan mendapatkan pekerjaan yang baik dan memang layak.

5. Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan adalah hak untuk dipekerjakan sama kepada tata cara pengadilan. Berikut dibawah ini ialah beberapa contoh mengenai hak asasi peradilan:

  • Hak untuk mendapatkan pembelaan hukum didepan pengadilan.
  • Hak persamaan ketika sedang dalam perlakuan penggeledahan, penahanan, penangkapan, penyelidikan, dan penangkapan di muka hukum.

6. Hak Asasi Sosial Budaya/Kehidupan

Hak asasi sosial budaya adalah hak yang berkaitan dengan kehidupam dalam bermasyarakat. Berikut dibawah ini ialah contoh hak asasi sosial budaya yang harus kita ketahui:

  • Hak ketika sedang memlih, menentukan, dan juga hak dalam mendapatkan pendidikan.
  • Hak untuk mendapatkan pengajaran.
  • Hak ketika sedang mengembangkan kehidupan yang setara dengan bakat yang dimiliki dan juga minat.

 

Tinggalkan komentar