Senjata Tradisional Jambi

Ini Dia! 5 Senjata Tradisional Jambi Berikut Penjelasan dan Gambarnya, Penasaran? Yuk Langsung Saja Buka Artikel Ini

SENJATA TRADISIONAL JAMI – Masih bersamaa baabun, kali ini baabun akan memberikan informasi mengenai Senjata Tradisional Jambi, yang mana provinsi Jambi ini memiliki beragam suku-suku adat, misalnya seperti Suku Kerinci, Suku Anak Dalam, Suku Buku, Suku Melayu, dan yang terakhir ini adalah Suku Batin.

Yang mana dari salah satu suku yang ada di Provinsi Jambi ini mempunyai barang perkakas yang bekas peninggalan-peninggalan orang-orang tertua/sesepuh Jambi. Yang mana dahulu perkakas-perkakas (Senjata) tersebut sering mereka gunakan.

Kebetulan sekali teman-teman, bahwa dibawah ini akan ada pembahasan mengenai Senjata Tradisional Jambi, yang mana penjelasan mengenai Senjata Tradisional Jambi ini sangat penting untuk menambah wawasan/Ilmu pengetahuan tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada di Negara Indonesia

Senjata Tradisional Jambi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu

Senjata Tradisional Jambi
disiniaja.net

Sebenernya penduduk Jambi ini mempunyai beragam jenis varian senjata tradisional. Adanya kemajuan pada kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dimasa lampau mewariskan pengetahuan-pengetahuan tentang ragam senjata tradisional tersebut.

Akan tetapi seiring berjalannya kemajuan pada zaman, banyak diantara senjata-senjata itu yang telah punah, sehingga saat ini hanya tersisa 5 senjata tradisional sebagai salah satu warisan-warisan dari para sesepuh Jambi.

1. Ini Adalah Senjata Tradisional Jambi Yang Diberinama Keris Jambi

Senjata Tradisional Jambi
jambi.tribunnews.com

Ini adalah senjata tradisional Keris Jambi, yang mana senata yang bernama Keris ini mempunyai fungsi tersendiri, yaitu sebegai identitas diri/tanda pengenal. Jika kita melihat/memperhatikan logo resmi Provinsi Jambi saat ini, kita dapat melihat gambar keris pada bagian tengah logo tersebut.

Gambar keris yang ada pada logo itu adalah gambar Keris Siginjai, yang mana Keris Siginjai ini adalah senjata tradisional asal Jambi.

Menurut kisah sejarah, Keris Siginjai ini adalah keris yang dimiliki oleh seorang Raja Jambi, yang mana raja itu sangat bijaksana.

Raja Jambi itu bernama Raja Rangkayo Hitam. Senjata keris tersebut adalah peralatan senjata yang digunakan oleh raja untuk melindungi diri.

Ketika raja hendak bepergian, raja selalu membawa keris itu kemanapun ia pergi, karena keris tersebut selalu disimpan sebagai tusuk konde. Tusuk konde yang ada pada dalam Bahasa Jambi itu disebut “Ginjai” nama “Ginjai” ini merupakan salah satu asal-usul nama dari senjata tradisional Jambi itu.

Senjata ini yang bernama Keris Siginjai diwariskan oleh sang raja secara turun temurun kepada raja-raja yang bertahta. Kepimpinan/Raja terakhir yang bernama Sultan Achmad Zainudin inilah yang mewarisi senjata Keris Siginjai ini.

Raja Sultan Achmad Zainudin ini adalah raja yang berkuasa pada awal abad 20 M. Diatas terdapat gambar Keris Siginjai, yang mana Keris Siginjai ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 39 CM, lekukan pada keris itu terdapat 5, dan keris tersbut terbuat dari bahan nikel, besi, emas, dan bahan kayu untuk dijadikan sebagai serangka Keris Siginjai tersebut.

2. Senjata Tradisional Jambi – Badik Tumbuk Lada

Senjata Tradisional Banten
chenkoachang.blogspot.co.id

Senjata tradisional yang bernama Badik Tumpuk Lada ini merupakan salah satu senjata terpopuler, Senjata ini berupa seperti badik, badik ini berartikan (Senjata tikam). Senjata ini memiliki keunikan tersendiri, keunikan dari senjata tersebut terdapat pada gagang, sarung, dan bilahnya.

Senjata tradisional khas Jambi Badik Tumpuk Lada ini berbeda dengan Badik khas Sulawesi, Badik Tumpuk Lada ini mempunyai kesan yang lebih sederhana, pada senjata Badik Tumpuk Lada ini tidak terdapat banyaknya ukiran-ukiran atau hiasan selain pada bagian gagangnya.

Pada bagian gagang-atau pegangannya pun hanya dilengkapi dengan hiasan-hiasan yang bermotif sangat sederhana.

Gambar yang telah dicamtumkan di atas ini merupakan salah satu penampakan wujud dari senjata tradisional tersebut.

Badik Tumbuk Lada ini adalah salah satu senjata tradisional yang berasal dari daerah Jambi. Badik ini adalah senjata khas melayu yang berada didaerah Sumatera, kepualauan Riau, Semenanjung Melayu.

Nama dari senjata ini sangat terkenal oleh kalangan penduduk masyarakat semenanjung melayu.

Asal-usul dari nama senjata Badik Tumpuk Lado ini diambil dari serapan kata penduduk Bugis, yang arti dari Badik ini adalah “Senjata”

Begitu juga dengan nama Tumpuk Lado, nama Tumpuk Lado ini berasal dari bahasa melayu memiliki arti, yang mana nama dari Tumpuk Lado ini adalah “Tumpuk Lada”

Secara jelas, bahwa senjata tradisional yang bernama Tumpuk Lada ini biasa gunakan oleh penduduk untuk mendukung kehidupan masyarakat-masyarakat Melayu pada setiap harinya.

Senjata khas Jambi ini mempunyai kesamaan persis dengan senjata-senjata tradisional dari Negara Tetangga, yaitu Negara Malaysia.

Ketika pada zaman dahulu, badik ini kerap digunakan oleh masyarakat setempat untuk berburu, dan berperang. Tetapi selain digunakan untuk berperang, Tumbuk Lada pada zaman dahulu ini menjadi salah satu kelengkapan pakaian adat didaerah Jambi.

Selain menjadi pelengkapan pakaian adat didaerah Jambi, Badik Tumbuk Lada ini juga menjadi pelengkap pakaian adat di kepulauan Riau, Siak, Deli, dan Semenanjung Tanah Melayu.

Bukan hanya dulu saja, tetapi sampai saat ini pun Senjata Badik Tumpuk Lada ini masih digunakan sebagai kelengkapan-kelengkapan pakaian adat.

3. Senjata Tradisional Jambi – Tombak Jambi

Senjata Tradisional Jambi
suarawajarfm.com

Senjata Tombak ini memang sangat dikenal oleh sebagian besar suku-suku yang ada di nusantara, senjata tombak ini dikenal oleh suku-suku nusantara sebagai salah satu senjata yang banyak fungsinya.

Terkecuali dengan penduduk suku Jambi. Walaupun begit, tombak khas Jambi ini memiliki beberapa keunikan pada bentuk senjata tersebut.

Dibagian tangkai gagang pegangan paling pangkal tombak ini biasanya ikut di runcingkan seperti pada bagian atas tombaknya. Setelah di runcingkan bagian bawahnya, kemudian pada tangkai yang dekat dengan mata tombak itu diberi semacam penadah.

Anda bisa melihat bentuk wujud dari penampakan senjata tradisional Jambi pada gambar yang telah dicantumkan di atas.

4. Senjata Tradisional Jami-Sumpit Suku Kubu

Senjata Tradisional Jambi
disiniaja.net

Senjata sumpit ini merupakan senjata tradisional yang banyak dipergunakan suku-suku adat yang ada di Negara Indonesia. Tidak terkecuali di daerah Jambi. Pada Suku kubu ada sumpit yang dipergunakan oleh penduduk tersbut untuk berburu binatang.

Suku Kubu ini seperti suku yang terdapat di pedalaman hutan, yang mana sampai saat ini suku tersebut masih tetap bertahan hidup didalam hutan yang belantara dan menjauhkan diri dari lingkungan luar/perkotaan.

Ketika berburu hewan didalam hutan, suku kubu ini sering menggunakan sumpit sebagai peralatan utama yang kerap digunakan untuk berburu.

Hewan buruan tersebut disumpit dengan menggunakan selongsong panjang, yang mana sumpit itu diisi racun pada anak panahnya, sehingga hewan-hewan buruan nya pun tidak dapat kabur jauh bila telah terkena oleh anak panah yang diberi racun tersebut.

5. SenjataTradisional Jami – Pedang

Senjata Tradisional Jambi
zipoer7.wordpress.com

Pedang pada gambar diatas ini adalah salah satu senjata tradisional terakhir dari daerah Jambi, Pedang khas jambi ini memiliki bentuk wujud sama seperti pedang-pedang pada umumnya, Tetapi bila lebih diperhatikan lebih jelas lagi, kita bisa melihat adanya 2 mata pada besi pedang ini.

Kedua mata pada besi pedang ini sangat tajam sekali dan dapat melukai anggota tubuh, pedang ini sangat berbeda dengan pedang-pedang lainnya, yang mana kebanyakan pedang-pedang pada umumnya hanya memiliki 1 mata yang tajam.

Demikian lah gambar-gambar dan penjelasan tentang Senjata Tradisional Jambi, mudah mudahan informasi tentang sejarah ini dapat bermanfaat, dan menambah wawasan ilmu tentang senjata tradisional.

Terimakasih untuk teman-teman telah membaca artikel yang ala kadar nya ini , hehe 🙂

Tinggalkan komentar