Tanda tanda kiamat

Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra Menurut Al-Qura’n

Tanda-Tanda Kiamat-Tanda-tanda kiamat ini telah terjadi diseluruh penghujung dunia. Pada zaman sekarang, banyak sekali tanda-tanda kiamat yang telah terjadi sedikit demi sedikit, mulai dari tanda-tanda kecil sampe tanda-tanda yang besar.

Hari kiamat adalah salah satu hari akhir yang wajib kita yakini, karena hari kiamat ini merupakan salah satu bagian-bagian dari rukun iman dalam agama Islam, beriman kepada hari kiamat sudah termasuk beriman kepada rukun iman yang ke lima, yaitu beriman bahwa adanya hari akhir (Kiamat).

Rukun iman yang ke 5 adalah beriman kepada hari kiamat, yang mana hari kiamat ini telah ditakdirkan oleh Rabb yang maha esa, yaitu Allah SWT.

Sebelum diciptakan langit dan bumi beserta isinya, Allah SWT telah menyusun skenario-skenario terlebih dahulu, maka dari itu Allah SWT menciptakan langit dan bumi ini karena memiliki maksud dan tujuan tersendiri.

Allah menciptakan langit dan bumi agar penduduk-penduduk bumi beriman kepada Allah, mematuhi segala perintah-perintah Allah, dan menjauhi larangan-larangan yang diberikan oleh Allah SWT yang telah diberikan untuk penduduk bumi.

Hari kiamat adalah hari penghancuran, yang mana seluruh alam sesemesta beserta seluruh isinya akan di hancurkan oleh Allah SWT.

Ketika terjadinya hari kiamat atau hari penghancuran, saat itu yang namanya seorang suami tak akan perduli lagi dengan seorang istrinya, seorang ibu/orang tua tak akan perduli dengan anaknya, begitu pun seorang anak tak akan perduli dengan yang namanya orang tua.

Pada masa itu (Hari Kiamat) tidak ada lagi yang namanya keluarga, sahabat, teman, atau lain sebagainya. Pada hari kiamat semua penduduk bumi (Manusia) akan merasakan yang namanya ketakutan, dan tidak akan memperdulikan orang lain.

Terjadinya peristiwa hari kiamat ini akan diawali dengan peniupan terompet sangkakala oleh malaikat isrofil, yang mana peniupan terompet itu sebagai tanda akan hancurnya alam semesta ini.

Apa yang terjadi dengan hari kiamat? Yang terjadi pada hari kiamat adalah, yang mana hari kiamat ini langit-langit akan terpecah belah, bumi akan berhancuran dan menjadi hamparan yang sangat luas, planet-planet pun akan berterbangan, gunung-gunung akan hancur, laut pun akan meluap, dan masih banyak peristiwa-peristiwa mengerikan yang akan terjadi pada hari kiamat

Maka dari itulah kita yang menjadi orang musilm/beragama Islam, kita diwajibkan untuk mempercayai yang namanya hari akhir (hari kiamat), Selain mempercayai adanya hari akhir, kita sebagai umat muslim harus memiliki bekal iman dan amal soleh untuk menghadapi peristiwa yang sangat besar, dan mengerikan.

Lalu kapan hari kiamat itu akan terjadi? Sampai hari ini dan detik ini tidak ada satu makhluk hidup yang mengetahui kapan akan terjadinya hari kiamat, yang mengetahui akan terjadinya hari kiamat ini hanya Allah SWT.

Meskipun tidak ada yang mengetahui kapan datang nya hari kiamat, Nabi Muhammad SAW telah memberi peringatan dari jauh-jauh hari mengenai tanda-tanda akan datangnya dengan hari kiamat.

Baiklah dibawah ini akan ada pembahasan mengenai tanda-tanda kiamat yang saat ini telah diperlihatkan kebenerannya.

A. Tanda-Tanda Kiamat Banyak yang Mengonsumsi Minuman Keras (Khamr)

Tanda tanda kiamat
bataranews.com

Minuman keras atau disebut dengan miras, saat ini sudah banyak yang menjual dengan terang-terangan, sehingga minuman keras itu sangat gampang untuk didapatkan oleh orang-orang. Selain itu, orang-orang pun sudah tak mempunyai rasa malu ketika meminumnya di depan banyak orang (Umum).

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW bahwa akan terjadinya hari kiamat apabila seluruh umat yang hidup di bumi melanggar larangan-larangan dari Allah SWT.

Salah satu contoh dari larangan Allah ini adalah dilarang meminum minuman keras (Khamr).

Pada tahun 2002 WHO mencatat bahwa 91 juta dari penduduk bumi yang menggunakan alkohol terdapat 42% salah satu peminum minuman keras ini adalah remaja.

Karena banyak yang mengonsumsi minum-minuman keras, maka itulah tanda-tanda kiamat akan terjadi.

B. Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra yang Perlu di Ketahui

Tanda tanda kiamat
howslife1sora.wordpress.com

Arti dari sugra ini adalah kecil. Kiamat sugra atau kiamat kecil ini adalah berakhirnya kehidupan dari sebagian makhluk-makhluk didalam bumi maupun secara pridabi atau secara kelompok.

Semua makhluk yang hidup didalam bumi, semuanya pasti akan merasakan yang namanya kematian, didalam bumi tidak ada makhluk yang hidup kekal abadi. Semua makhluk yang hidup didunia ini akan dibinasakan dan dimusnahkan.

Nah, peristiwa-peristiwa kematian itulah yang dinamakan dengan ciri-ciri kiamat sugra, berikut dibawah ini akan ada beberapa contoh kiamat sugra dan penjelasannya.

1. Meninggalnya Seseorang Dari Dunia

Tanda tanda kiamat
cintaislami.com

Semua makhluk yang hidup didalam bumi yang mempunyai nyawa, semuanya akan kembali pulang kepada sang pecipta, yaitu Allah SWT.

Makhluk hidup yang didalam bumi, sebenernya mereka ini sedang diberi cobaan yang membinasakan, kenapa? Bagaimana supaya manusia/insan ini dapat bertahan hidup dibumi ini dengan baik dan sesuai dengan pedoman dari Al-Quran.

Mengenai kapan terjadi meninggalnya manusia dari bumi, seluruh makhluk hidup tidak ada yang tahu selain sang pecipta, yaitu Allah SWT.

Mau meninggal di usia dini, di usia tua, ketika masih balita, kandungan rahim, meninggal ketika sakit, kecelakaan, atau pun meninggal ketika sedang tidur. Yang mengetauhi semua itu hanya Allah SWT.

Maka dari itu, kita sebagai hamba (manusia) yang telah diciptakan oleh Allah SWT ini harus mematuhi segala perintah dan larangan dari Allah SWT.

Selain itu ketika hendak melakukan sebuah kegiatan kita di anjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, mengapa? Karena kita sebagai manusia biasa tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya pada diri kita, maka dari itu kita di anjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Kita yang hanya berstatus makhluk hidup hanya bisa menyerahkan diri dan tetap melaksanakan kewajiban sebagai umat yang beragama Islam dengan melakukan hal-hal yang positif supaya kita dapat mendapatkan pahala yang cukup banyak untuk dipertanggung jawabkan di yaumil hisab nanti.

2. Terjadinya Bencana-Bencana Alam

Tanda tanda kiamat
kampoengilmu.com

Adanya bencana alam ini merupakan salah satu teguran dari Allah SWT untuk para manusia yang selalu melanggar perintah-perintah dari Allah SWT.

Bencana-bencana alam yang sering terjadi didalam bumi ini merupakan salah satu tanda-tanda kiamat sugra.

Maka dari itu, kita sebagai umat manusia harus selalu bertaubat dan minta perlindungan kepada Allah SWT supaya ketika hari kiamat nanti kita akan dilindungi oleh Allah SWT.

Dibawah ini akan ada beberapa contoh dari terjadinya bencana alam:

  • Terjadinya Banjir
  • Terjadinya Tsunami
  • Terjadinya Letusan Gunung Merapi
  • Adanya Angin Puyuh
  • Terjadinya Gempa Bumi
  • Terjadinya Kebakaran Liar
  • Terjadinya Hujan Es
  • Terjadinya Tanah Longsor

Bahkan ada beberapa bencana alam yang terjadi dengan cara tak alami, misalkan contohnya seperti kelaparan, kelaparan itu disebabkan kekarena kurangan bahan-bahan makanan dalam jumlah yang lumayan cukup besar

Yang mana mengenai hal ini disebabkan karena faktor manusia dan faktor alam.

Nampak terlihat dari usia bumi yang semakin lama semakin tua, dari usia bumi yang tua itu banyak sekali bencana-bencana alam yang terjadi di sekeliling kita, bencana alam itu entah karena ulah manusia sendiri atau emang alam sendiri yang menimbulkan gejala bencana alam itu terjadi.

Bencana alam yang kerap terjadi di Negara Indonesia ini seperti banjir, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi, dan masih banyak bencana-bencana lainnya.

Kita yang berstatus hanya menjadi seorang makhluk hidup biasa hanya bisa berdoa dan memohon perlindungan kepada sang pecipta, memasrahkan diri dan berusaha untuk bisa mengatasi dan menghindari dari datangnya bencana tersebut.

Jadi inti dari kiamat sugro ini kita harus mewaspadai, karena kiamat sugra ini dapat datang kapan saja atau dimana saja, bahkan disekiling kita.

C. Penjelasan Mengenai Tanda-Tanda Kiamat Kubra yang Wajib di Ketahui

Tanda tanda kiamat
sraksruk.blogspot.co.id

Arti dari kata kubra dalam Bahasa Indonesia ini adalah besar. Kiamat kubra ini adalah kiamat besar, apabila kiamat kubra ini terjadi, maka seluruh makhluk-makhluk yang hidup didunia akan lenyap dan akan berakhirnya kehidupan didalam dunia ini.

Untuk mengetahui kapan kiamat kubra terjadi, tidak ada satu orang pun yang akan mengetahui kiamat kubra ini terjadi, mau orang yang paling pintar, mau orang yang bisa meramal, mereka semua ini tidak akan bisa mengetahui kapan akan terjadinya kiamat kubra.

Hanya sang pencipta lah yang mengetahui kapan akan terjadinya hari akhir (Hari Kiamat).

Bahkan tingkatan para nabi, dan malaikat pun tidak ada yang mengetahui kapan akan terjadinya hari kiamat ini, apalagi kita yang hanya sebagai manusia biasa. Hari kiamat ini yang mengetahuinya hanya Allah SWT.

Jika diteliti dengan sistem teknologi yang cagih dan ilmu pengetahuan yang diluar dari kemampuan manusia, semua itu tidak akan dapat memprediksikan kapan akan terjadinya dengan hari kiamat ini.

Berikut dibawah ini akan ada beberapa informasi mengenai tanda-tanda kiamat kubro, yuk langsung saja simak informasi tersebut:

1. Terbitnya Matahari dari Sebelah Barat

Tanda tanda kiamat
tribunnews.com

Matahari ini biasanya memang selalu terbit dari arah timur, dan terbenam ke arah barat. Akan tetapi suatu saat nanti ada saatnya matahari ini akan terbit dari arah barat, dan keterbitan matahari dari arah barat ini akan memusnahkan seluruh kehidupan makhluk yang ada didalam dunia ini.

2. Mulainya bermunculan Binatang-Binatang Ajaib yang Dapat Bercakap Dengan Manusia

Tanda tanda kiamat
bintang.com

Seperti yang telah dikatan oleh Allah SWT didalam Al-Qur’an Qs An-Naml ayat ke 82, yang arti dari ayat ke 82 ini adalah ” Dan apabila perkataan mereka telah jatuh atas mereka, kami keluarkan binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka”.

Sangat disayangkan sekali apabila pada zaman modern seperti saat ini banyak tayangan- tayangan yang bermunculan di TV, yang mana tayangan pada televisi tersebut menggunakan sesosok hewan untuk dijadikan sebagai aktor dalam tayangan TV, dan hewan tersebut memiliki kemampuan bicara dengan manusia, atau dapat berbicara dengan hewan lainnya.

Sebenernya, apabiila kita membuat tayangan televisi untuk menghibur para penonton tidak perlu menggunakan aktor semacam itu, ya cukup berikan tontonan yang sangat menarik dan tontonan itu dapar menghibur para penonton itu saja sudah cukup, tidak terlalu over/berlebihan dan yang paling penting itu alur ceritanya nyambung dan masuk akal.

Yaitulah yang dinamakan dengan akhir zaman, yang mana tanda-tanda kiamat ini perlahan sedikit-demi sedikit akan kelihatan dengan sendirinya

3. Munculnya Dajjal ke Permukaan Bumi

Tanda tanda kiamat
liverostrum.com

Dajjal ini dikatakan sebagai sosok orang kafir dan orang jahat, dajjal tersebut akan muncul dibumi ini ketika akan menjelangnya hari kiamat, dajjal lah yang akan membawa fitnah-fitnah, dan adanya dajjal muncul di bumi ini menjadi ujian terbesar yang dialami oleh manusia yang masih hidup di bumi.

Menurut pendapat para ulama dan menurut dari hadits, dajjal ini mempunyai ciri fisik seperti ada yang cacat dari mata sebelah kirinya, selain itu dajjal ini mempunyai rambut yang keriting dan rambutnya itu tebal.

Sementara itu, ada juga yang berpendapat lain, yang mana pendapat lain itu mengatakan bahwa mata kanannya buta.

Perawakan dari bentuk tubuh dajjal ini pendek, dan memiliki bentuk kaki yanng bengkok. Di jidat/diatas kedua mata ini ada tulisan yang mana tulisan itu adalah KA-FA-RA, arti dari kata tulisan KA-FA-RA ini adalah kafir, dan tulisan tersebut hanya dapat dibaca oleh orang-orang yang beriman saja.

Keluarnya dajjal kebumi ini menjadi salah satu tanda-tanda akan datangnya kiamat kubra, dajjal ini akan muncul ke bumi dimulai dari kaum muslimin sedang mempunyai kekuatan yang besar, dan dajjal ini keluar mempunyai maksud tujuan tertentu, yaitu untuk mengalahkan kekuatan-kekuatan umat muslim.

Sebelum muculnya dajjal di bumi ini, ujian yang terlbih dahulu diberikan kepada manusia ini adalah adanya ujian kemarau panjang, dan kelaparan, hujan yang tak turun-turun ke bumi selama 3 tahun berturut-turut, pepohonan dan tumbuh-tumbuhan pun akan musnah, berikut juga dengan hewan-hewan peliharaan/ternak akan mati.

Dajjal ini akan berkunjung semua negeri yang ada di dalam bumi, terkecuali kota makkah dan madinah, dajjal tidak akan berani masuk kedalam kota tersebut.

Selain tidak akan masuk kedalam kota mekkah dan madinah, dajjal juga tidak akan masuk ke dalam 4 mesjid, 4 mesjid itu diantaranya adalah:

  • Masjid Nabawi
  • Masjid Al-aqhsa
  • Masjid Al-Haram
  • Mesjid At-Thur

Sedangkan Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada seluruh umat muslim untuk membaca surat Al-Kahfi, bahkan umat muslim ini disuruh menghafal surat Al-Kahfi sebanyak 10 ayat pertama dari halaman utama Surat Al-Kahfi.

Keuntungan menghafal surat Al-Kahfi ini adalah bentuk perlindungan diri dari kejahatan-kejahatan dan fitnah-fitnah dajjal.

Rasulullah SAW pun menegaskan kepada umatnya (Umat Islam) apabila ada yang mendengar tentang Dajjal, dianjurkan jangan sampe mendekati dirinya, karena hal tersebut akan berpengaruh begitu besar.

4. Munculnya Imam Mahdi di Bumi

Tanda tanda kiamat
kabarmakkah.com

Siapa Imam Mahdi? Imam Mahdi ini adalah seorang muslim yang memiliki usia muda, yang mana Imam Mahdi ini adalah orang muda yang terpilih oleh Allah SWT.

Imam Mahdi ini utusan dari Allah SWT untuk menghancurkan segala kezaliman yang ada di muka bumi ini, dan mendirikan ke adailan di muka bumi sebelum tibanya hari akhir (Hari Kiamat).

Selain menghancurkan segala kezaliman yang ada di bumi, Imam Mahdi ini adalah sesok pemimpin yang adil dan jujur dalam segala hal, misalkan seperti dalam menggunakan harta kekayaannya untuk kemajuan pengikutnya.

Berdasarkan dari penjelasan-penjelasan Nabi Muhammad SAW, Bahwa Imam Mahdi ini dibilang dari kalangan umat Nabi Muhammad SAW, yang mana bentuk fisik dari Imam Mahdi adalah mempunyai kening lebar, hidung yang mancung, dan Imam Mahdi ini berusia 7 tahun, dan beliau masih keturunan dari cucu Nabi Muhammad SAW.

Kedatangan Imam Mahdi ini bukan berdasarkan kemauannya sendiri, tetapi karena takdir yang telah di tentukan oleh sang pecipta, yaitu Allah SWT yang mana takdir tersebut pasti akan berlaku.

C. Tanda-Tanda Akhir Zaman Menurut Al-Qur’an

Tanda tanda kiamat
penulispro.com

Selama seribu tahun lamanya, manusia ini sudah hidup di dunia yang mana zaman itu tekah berlalu, dan mengalami perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan perkembangan hidup manusia.

Saat ini Agama Islam ini sangat meyakini bahwa kehidupan manusia saat ini sedang hidup di akhir zaman, yang mana akhir zaman ini adalah hari kiamat/hari akhir, dan hari akhir ini manusia akan dibangkitkan kembali.

Walaupun tak ada yang mengetahui kapan hari kiamat itu akan terjadi, yang mengetahui hari kiamat itu terjadi hanya Allah SWT, selain dari sang pencipta tidak akan ada yang mampu mengetahui kapan hari kiamat itua akan datang.

Walaupun tak ada yang tau kapan hari akhir itu terjadi kecuali hanya Allah SWT lah yang mengetahuinya.

Kita sebagai umat yang beragama Islam sudah menjadi kewajibanuntuk beriman kepada hari akhir/hari kiamat karena ketika hari kiamat manusia yang sudah mati akan di hidupkan kembali oleh Allah SWT untuk di hisab dan diminta pertanggung jawaban selama kehidupannya di dunia ini.

Tanda-Tanda Akhir Zaman

Walaupun tidak ada makhluk hidup di dunia ini yang mengetahui kapan hari kiamat itu datang, ada beberapa hal yang menandai bahwa saat ini manusia sedang hidup di akhir zaman, atau yang dikenal dengan sebutan nama Asyath as saah.

Berikut, dibawah ini akan ada struktur-struktur mengenai tanda-tanda akhir zaman:

  • Diutusnya Nabi Muhammad SAW.
  • Meninggalnya Nabi Muhammad SAW.
  • Penaqlukan Batulmaqdis/Masijid Aqsa
  • Banyaknya Harta Hingga Lupa Menyedahkannya.
  • Terjadinya Wabah Penyakit dan Mengakibatkan Banyak yang Meninggal Dunia.
  • Munculnya Berbagai Fitnah-Fitnah.
  • Manusia Banyak yang Mengaku Bahwa Dirinya Seorang Nabi.
  • Tersebarnya Stabilitas Keamanan.
  • Terjadinya Fenomena Api Hijaz.
  • Terjadinya Peperangan dengan Bangsa Turki.
  • Terjadinya Peperangan dengan Bangsa A’jam.
  • Mulai Hilangnya Sebuah Amanat.
  • Banyaknya yang Mendudukung Kezaliman.
  • Banyaknya yang Melakukan Perzinaan.
  • Diangkatnya Ilmu oleh Allah SWT.
  • Mulai Merajalela Prakter Riba.
  • Terjadinya Anggapan Bahwa Alat Musik Itu Halal.
  • Banyak yang Mengonsumsi Minuman Keras/Khamr.
  • Banyak yang Berlomba-lomba untuk Menghias Masjid.
  • Banyaknya yang Membangun Bangunan yang Tinggi.
  • Banyaknya Kasus Pembunuhan.
  • Zaman Semakin Singkat.
  • Putaran Waktu Semakin Cepat.

Tulisan diatas ini merupakan salah satu struktur-struktur akan terjadinya hari kiamat.

D. Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi

Tanda tanda kiamat
kabarmakkah.com

Mengenai Masjidil Haram pasti sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai umat muslim, di Masijidil Haram inilah menjadi tempat kebudayaan agama Islam yang bersinar pada keseluruhan bumi sang pencipta ini, yaitu Allah SWT.

Tempat itu akan terjaga dengan aman, Insha Allah akan terjamin keamanan-keamanannya hingga Akhir Zaman. Disana ada Baitullah (Rumah Allah) yang mana baitullah ini dijadikan kiblat umat Islam diseluruh dunia, ketika sedang melaksanakan kewajiban sebagai orang muslim.

Baitullah ini lah yang jadi patokan syimbol ketika sedang melaksanakan kewajiban sebagai orang mu’min (shalat). Kewajiban seorang muslim ini adalah melaksanakan solat 5 waktu.

Tempat ini tak pernah yang namanya sepi, tempat ini selalu dikunjungi oleh jutaan-jutaan manusia dari berbagai negara, tak heran, apabila ada banyak orang yang sudah merasakan solat di masjidil haram, orang itu pasti akan merasakan yang namanya ketagihan dan merasakan rindu yang sangat dalam ketika sedang solat di masjidil haram.

Tapi, ada yang berbeda dengan keadaan Masjidil Haram saat ini. Mungkin dari kebanyakan orang yang telah biasa-biasa saja ketika melihat ada banyaknya perubahan-perubana di sekitar Masjidil Haram, mungkin juga ada yang terkagum ketika melihat Gedung-Gedung mewah yang beridiri di samping Tempat Suci ini.

1. Pembangunan Gedung-Gedung Tinggi di Sebelah Masjidil Haram

Tanda tanda kiamat
skmahdi.wordpress.com

Coba kalian perhatikan gambar gedung diatas ini, gambar gedung yang diatas ini adalah gedung yang dibangun di pinggir Masjidil Haram, lebarnya bangunan gedung ini sangat lebar sekali. Coba kalian bandingkan saja dengan gedung-gedung lainnya yang ada didaerah Mekkah.

Gedung ini diberi nama “The Royal Clock Tower Meca” bangunan gedung ini mempunyai luas gedung sekitar 1.500.000 meter persegi, bayangkan luas nya bangunan gedung ini.

Kalian dapat bayangkan beberapa banyak bangunan-bangunan diderah sana yang digusur untuk proses pembangunan gedung ini, selain bangunan-bangunan yang di gusur, bukit-bukit yang berada di sebelah Masjidil Haram juga ikut di bongkar.

Astaghfirullah bumi Allah akan dirusak dengan mesin-mesin raksa-sa untuk memenuhi hawa nafsu manusia serakah. Hal ini sudah termasuk menjadi tanda-tanda akan tibanya hari kiamat, mengapa? karena orang-orang telah berlomba-lomba untuk membangun gedung-gedung yang tinggi dan besar.

2. Masyarakat Akan Merasa Kagum dengan Pembangunan Gedung Besar disamping Masjidil Haram

Tanda tanda kiamat
gizmosnack.com

Yang akan jadi penghuni sebuah gedung mewah ini siapa? Apa hanya dijadikan sebagai lahan bisnis dan kepentingan politik saja? Lantas, pantaskah kita sebagai umat muslim untuk kagum akan adanya gedung besar dan mewah ini?

Kita sebagai umat muslim seharusnya bersedih akan adanya bangunan-bangunan gedung-gedung yang besar dan mewah ini, kenapa umat muslim harus sedih? Karena adanya keserakahan pada manusia ini merupakan salah satu tanda-tanda kiamat yang nyata! Allahhurobbuna Kariim.

Ketika membaca sebuah Hadits yang telah diriwayatkan oleh seorang sahabat Nabi, yaitu Umar bin Khatab R.A. (Radiyallahu Anhu) yang menceritakan tentang kedatangan Malaikat Jibril Alaihissalam didepan hadapan umar, dan para sahabat-sahabat lainnya.

Kedatangan Malikat Jibril Alaihissalam ini adalah utusan dari Allah SWT untuk menanyakan beberapa pertanyaan kepada Rasulullah SAW. Yang mana pada masa itu Malaikat Jibril Alaihissalam ini mendatangi Rasulullah SAW dengan menjelma sebagai manusia biasa.

Dibawah ini ada sebuah cerita dari Umar R.A mengenai kedatangannya Malaikat Jibril kehadapan Rasulullah dan para Sahabat-sahabat R.A lainnya:

Disuatu hari pada waktu itu (Umar R.A dan Para Sahabat-Sahabat R.A) sedang duduk bersama Nabi Muhammad SAW. Lantas tak lama kemudian ada seseorang yang menggunakan pakaian putih muncul dihadapan Nabi Muhammad SAW, dan para sahabat-sahabat R.A.

Ciri-Ciri dari seorang yang menjumpai itu berambut hitam, dan tidak nampak tanda-tanda perjalanan, dan dari para sahabat-sahabar r.a pun tidak ada yang mengenalinya.

Setelah itu, dia langsung duduk didepan hadapan Nabi Muhammad SAW, dan kedua kakinya itu menghimpit kedua kaki Nabi Muhammad SAW. Kemuadian orang itu berkata kepada Nabi:

Malaikat Jibril Alaihissalam  : Ya Muhammad, beritaulah aku tentang Agama Islam?

Nabi Muhammad SAW              : Islam adalah yang mengucapkan kalimat syahadat, bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan solat, membayar zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan mengerjakan ibadah haji apabila sanggup.

Malikat Jibril Alaihissalam    : Sekarang, beritahulah kepadaku tentang apa itu iman?

Nabi Muhammad SAW              : Beriman kepada sang pencipta yaitu Allah SWT, beriman kepada malaikat-malaikatnya, beriman kepada hari akhir, beriman kepada kitab-kitab, beriman kepada qodar maupun baik atau buruk.

Malaikat Jibril Alaihissalam  : Sekarang, beritahulah aku tentang apa itu insan?

Nabi Muhammad SAW              : Bersembahyang/beribadah kepada sang pencipta Allah SWT seolah-olah kamu meilhat nya walaupun sebener nya kamu tidak bisa melihatnya, karena sesungguhnya Allah SWT dapat melihat kamu.

Malaikat Jibril Alaihissalam  : Sekarang kamu beritahu akulah tentang apa itu azab kiamat?

Nabi Muhammad SAW              : Sesungguhnya azab kiamat ini yang mengetahui hanya Allah SWT saja.

Malaikat Jibril Alaihissalam  : Sekarang kamu beritahu aku tentang adanya tanda-tanda hari kiamat?

Nabi Muhammad SAW              : Orang-orang tanpa sandal, orang yang menggunakan baju setengah telanjang, melarat, para penggembala-penggembala unta masing-masing saling berloma untuk membangun gedung-gedung tingkat, besar, dan mewah.

Kemudian setelah Nabi Muhammad SAW menjawab semua pertanyaan dari orang itu, kemudian orang itu langsung pergi dan menghilang dari pandangan mata.

Setelah Malaikat Jibril yang menjelma sebagai manusia itu pergi, Nabi Muhammad SAW langsung bertanya kepada salah satu sahabatnya, yaitu Umar Bin Khatab R.A.

Nabi Muhammad SAW   : Wahai sahabatku Umar, apakah engkau tahu siapa orang yang barusan datang dihadapan kita dan orang itu bertanya kepadaku ?

Ummar Bin Khatab R.A : Ya Rasulullah kekasih Allah, sesungguhnya yang mengetahui orang yang barusan datang itu hanya Allah dan Rasul nya.

Nabi Muhammad Saw   : Orang yang barusan datang ke hadapan kita dan duduk di hadapanku, dia adalah Malaikat Jibril Alaihissalam yang di utus oleh Allah SWT menjadi manusia untuk mengajarkan agama kepada kalian “(HR.MUSLIM)”

Inti dari yang kita tuliskan diatas ini adalah bahwa tulisan diatas ini tertulis jelas bahwa Nabi Muhammad SAW memberi kabar kepada para sahabat-sahabat r.a bahwa nanti sebelum terjadinya hari kiamat, manusia-manusia yang masih hidup akan berlomba-lomba untuk membangun gedung-gedung yang tingkat.

Jadi, diantara dari tanda-tanda kiamat itu adalah, ketika suatu kaum yang biasanya hanya menggembala domba, tidak memakai alas kaki/beralas kaki, tidak memakai baju, dan ia adalah orang miskin berlomba-lomba untuk membangun gedung-gedung yang tinggi dan megah.

Mengenai hal ini, biasanya banyak pertanyaan-pertanyan yang muncul, bagaimana bisa para penggembala seekor kambing dapat membangun gedung-gedung yang tinggi?

Apabila dipahami secara logika emang mustahil banget seorang penggembala kambing, yang tidak memakai alas kaki dapat membangun gedung-gedung yang tinggi dan mewah.

Bagaimana bisa orang miskin tiba-tiba dapat menjadi kaya raya dan bisa membangun gedung-gedung megah, tinggi dan gedung mewah. Memang agak sulit untuk memahaminya.

Akan tetapi, apabila kita melihat hadits-hadits yang lain, kita akan mempunyai persepsi/pemahaman baru, bahwa yang dimaksud dari orang yang menggembala kambing/domba , dan tidak beralas kaki itu bukan orang perorangan melainkan dari sebuah kaum.

Yang mana kaum itu dahulunya suka menggembala domba tanpa menggunakan alas kaki, dan tanpa menggunakan baju.

Dahulu Nabi Muhammad SAW pernah ditanya oleh seorang sahabatnya tentang siapakah orang yang dimaksud dengan penggembala domba yang tidak beralas kaki, tidak menggunakan baju, dan orang itu miskin? Kemudian beliau SAW bersabda “Yang dimaksud dari orang-orang tersebut adalah, Orang-orang Arab”.

Memang kebanyakan dari orang-orang Arab pada zaman dulu mereka ini menggembala domba, tanpa menggunakan alas kaki, dan bertelanjang dada. Tapi pada saat zaman sekarang, Jazirah Arab yang dulunya padang pasir yang luas dan gersang, saat ini berubah dengan dipenuhi gedung-gedung pencakar langit.

Dan pada zaman sekarang ini, gedung-gedung yang besar dan angkuh itu telah mendesak halaman-halaman Masjidil Haram.

Tidak hanya itu, ada beberapa bukit-bukit diserkitar tempat dimana Nabi Ibrahim Ailaihissalam, dan putranya mendirikan tonggak-tonggak Baitullah (Rumah Allah) itu saat ini telah dihancukan, dan diganti dengan bangunan-bangunan gedung-gedung tinggi dan megah yang bersifat komersial seraka.

Apakah mereka Orang-orang yang membangun gedung-gedung mewah itu tidak mendengarkan firman Allah SWT yang didalam Al-qur’an ini disebutkan bahwa Tanah Haram tempat untuk seluruh manusia, bukan tempat yang dijadikan untuk berbisnis.

Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman didalam Al-Qur’an (QS Al-Hajj 22-25) yang berbunyi:

Sesungguhnya orang-orang kafir dan menghalangi manusia dijalan Allah dan Masjidil Haram yang Kami jadikan untuk seluruh umat manusia, baik yang bermukim disitu maupun di padang pasir, dan siapa yang bermaksud didalamnya melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan kami rasakan sebagian siksa-siksa yang sangat pedih (QS. AL-HAJJ 22-25).

Inilah penjelasan mengenai tanda-tanda akan datang nya hari kiamat di akhir zaman, mudah-mudahan dengan adanya informasi berharga yang membahas tentang tanda-tanda kiamat ini dapat dijadikan sebagai renungan kita semua.

Apabila ada kesalahan kata, dan kesalahan dalam penyampaian informasi, diri saya pribadi memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terimakasih telah berkunjung ke website ini, mudah mudahan yang telah berkunjung ke website ini dan telah membaca isi artikel-artikel yang ada di website ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua. Amin 🙂

Satu pemikiran pada “Tanda-Tanda Kiamat Sugra dan Kubra Menurut Al-Qura’n

Tinggalkan komentar