Jenis ikan cupang yang mahal

Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Tercantik di Dunia-Versi Baabun

Artikel kali ini akan membahas mengenai 6 Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Tercantik di Dunia. Siapa sih yang tidak mengenali jenis-jenis ikan hias cupang yang cantik ini? tentunya, hampir semua kalangan manusia pasti mengenali yang namanya ikan-ikan hias, seperti ikan cupang.

Pada umumnya masyarakat yang sangat mencintai berbagai jenis ikan-ikan hias pasti sangat mengenali ikan hias yang namanya ikan hias cupang.

Ikan cupang ini memiliki ber-aneka ragam warna-warna yang sangat indah pada tubuhnya, maka dari itu nama ikan tersebut dijuluki dengan julukan Ikan hias.

Ikan-ikan hias seperti ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki keindahan pada tubuhnya, yang mana tubuhnya itu dihiasi dengan ber-aneka ragam warna-warni yang sangat indah.

Ikan hias cupang ini memang paling banyak habitatnya, kebanyakan habitat-habitat ikan cupang ini berada di wilayah Asia Tenggara, dan salah satu contoh habitatnya berada di Negara Indonesia

Ikan hias ini memiliki berbagai macam jenis-jenis, yang mana jenis-jenis ikan cupang yang pertama itu adalah ikan cupang halfmoon, yang kedua jenis ikan cupang crown tail (serit), yang ke tiga jenis ikan cupang cagak (double tail), yang ke empat jenis ikan cupang laga (plakat), yang kelima jenis ikan cupang giant (raksasa), dan yang ke enam/terakhir jenis ikan cupang Baggan.

Nah, jenis-jenis ikan cupang tersebut sering menjadi hewan peliharaan favorit orang-orang untuk mengisi dan menghiasi isi akuarium yang ada dirumah, dan di dalam kamar.

Ikan cupang ini memiiliki kemampuan untuk bertahan hidup yang luar biasa, selain memiliki kemampuan untuk bertahan hidup yang luar biasa, ikan cupang ini sangat mudah untuk dipelihara dan di budidayakan (dikembangkan) didalam aquarium/toples kecil tanpa menggunakan bantuan aerator.

Ikan cupang tersebut memiliki keunggulan, yang mana keunggulan pada ikan cupang tersebut disebabkan karena ikan cupang tersebut memiliki rongga labirin, rongga labirin pada ikan cupang tersebut sama seperti pada rongga ikan lele, dan ikan-ikan rawa lainnya.

Mengapa kebanyakan para penggemar ikan-ikan hias pasti ada saja yang suka dengan memelihara ikan hias cupang? Karena ikan cupang hias itu dipelihara untuk dinikmati keindahan-keindahan bentuk tubuh ikan, warna-warni pada tubuh ikan, dan gerakan-gerakan ikan cupang tersebut.

Pertama-tama yang perlu kita ketahui mengenai ikan cupang ini adalah, ada beberapa di negara lain yang melagakan ikan hias cupang itu termasuk perbuatan yang ada konsekuensi sangsi hukum.

Ikan hias cupang ini mempunyai beberapa raga jenis, dan setiap jenisnya masing masing pasti memiliki keunikan tersendiri.

Ikan cupang ini memiliki sifat-sifat yang sangat unik. Didalam kehidupan alamiahnya, ikan cupang tersebut lebih cenderung gesit dan agresif ketika melindungi diri, dan tempat tinggalnya.

Didalam lingkungan para pecinta ikan hias cupang, ikan hias cupang ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, perbedaan kelompok antar ikan cupang tersbut diantaranya yaitu ikan cupang adu, dan ikan cupang hias.

Ikan cupang adu, dan Ikan cupang hias itu dapat dibedakan dari sifat agresif dan sifat bentuk tubuhnya. Menurut data ilmiah-ilmiah, didalam bumi ini kurang lebih ada 75 spesies ikan cupang yang tinggal di dalam bumi. Namun, dari 75 spesies ikan cupang tersebut hanya ada sebagian saja yang disebut populer sebagai ikan cupang hias peliharaan.

Selepas dari itu semua, ikan cupang ini merupakan salah satu ikan hias yang termasuk cukup terfavorite bagi kalangan penggemar ikan-ikan hias. Ikan hias cupang ini memilii berbagai jenis dan kombinasi pada warna-warna yang indah dang sangat unik.

Didalam kalangan para penggemar ikan cupang, ikan cupang itu berbagi menjadi 2 kelompok, kelompok yang pertama adalah ikan cupang hias, dan kelompok yang kedua adalah jenis ikan cupang adu.

Dibawah ini ada beberapa jeni ikan cupang hias, dan ikan cupang adu yang dilengkapi dengan gambar, dan harga-harga ikan cupang tersebut, langsung saja kita simak mengenain ikan hias cupang yang ada pada penerangan dibawah ini.

Jenis Ikan Cupang Hias yang Meliki Hiasan Pada Tubuh yang Begitu Indah

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
bacaterus.com

Seperti yang sudah di jelaskan pada tulisan yang terdapat diatas gambar ini, bahwa para pecinta ikan hias cupang ini membagikan kelompok jenis-jenis ikan cupang yang berdasarkan dengan penampilan, bentuk, dan yang terakhir adalah corak warnanya.

Setiap hasil pengawinan ikan cupang yang memiliki bentuk dengan sifat-sifat yang khas, maka ikan tersebut akan dikasih nama sendiri sesuai dengan bentuk, dan karakternya.

Bentuk ikan cupang yang berdasarkan hasil peniliana kontes dari MCHI (Masyarakat Cupang Hias Indonesia), dari kanan ke kiri.

Dibawah ini akan ada pembicaraan ringkas mengenai jenis-jenis ikan hias cupang beserta harga cupang dari yang murah sampe harga yang termahal, langsung saja kita simak jenis-jenis cupang hias yang telah dibagu menjadi beberapa macam jenis, yaitu:

1. Jenis Ikan Hias Cupang Bulan Sepotong (Halfmoon)

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
bettaid.com

Sama dengan pada gelarnya, ikan cupang yang berjenis halfmoon itu merupakan jenis ikan hias cupang yang diberi ekor dan sirip, apabila ekor dan siripnya bermekar, ekor dan sirip itu akan mebentuk setengah lingkaran seperti setengah lingkaran bulan.

Apabila jika mengamati ikan cupang halfmoon dari samping, sirip dan ekor cupang halfmoon ini ketika mekar akan membentuk seperti setengah lingkaran bulan.

Cupang halfmoon dijadikan sebagai ikan perliharan ini, karena memiliki keindahan bentuk sirip dan ekor yang sangat anggun.

Jenis ikan hias cupang halfmoon ini memiliki beragam corak warna-warni yang menghiasi tubuh cupang tersebut. Corak-corak warna pada ikan cupang halfmoon ini dimulai dari warna merah, kuning, dan ada beberapa jenis warna lainnya.

Harga Dari Jenis Ikan Cupang Hias Halfmoon

Jenis Ikan Cupang Yang Mahal
pinterest.com

Di lingkungan para pemburu ikan cupang, ikan ini diberi harga kurang lebih pada kisaran sekitar Rp. 5.000 sampai dengan kisaran harga Rp. 300.000.

Harga tersebut akan bertambah menjadi semakin tinggi lagi, apabila kalian dapat merawat ikan dan telah memenangi beberapa kontes kejuaran atau perlombaan ikan hias, sangat menarik bukan?

Tipe ikan cupang Halfmoon ini mempunyai ekor, sirip yang lebar dan simetris, yang mana bentuk ekor dan sirip ini hampir menyerupai bentuk separo lingkaran bulan.

Jenis cupang hias seperti ini pertama kali dikembang biakan kurang lebih sekitar pada tahun 182 oleh seorang yang ahli dengan hal ini di daerah Amerika Serikat yang bernama Peter Goettner.

2. Jenis Ikan Cupang Cagak (Double Tail)

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
ekspedisiilmu.web.id

Jenis ikan hias cupang yang satu ini diberi julukan nama double tail, yang mana jenis disebut jenis double tail ini, karena bagian pada sirip ekor ikan cupang tersebut terbelah menjadi dua bagian, seolah-olah bercagak ganda.

Ikan hias cupang sejenis double tail ini termasuk jenis ikan hias yang sangat sulit dipelihara. Mengapa? Karena kehadiran jenis ikan cupang double tail ini masih langka di jual belikan di pasaran.

Harga Dari Jenis Ikan Cupang Hias Double Tail (Cagak)

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
khoirulsofyanblog.blogspot.co.id

Ikan cupang hias ini merupakan salah satu ikan hias yang bisa dibilang mempunyai harga yang lumayan cukup mahal. Selain memiliki warna-warna yang lebih cantik, ikan cupang jenis double tile ini memang banyak disukai oleh orang-orang yang menggemari ikan-ikan hias.

Mengapa kebanyakan dari penggemar ikan hias menyukai ikan cupang yang berjenis double tile (cagak) ? Karena ikan cupang tersebut memiliki keindahan pada tubuh, dan mempunyai gerakan yang cukup agresif.

Oh iyah, mengenai soal harga ikan cupang hias double tile ini kurang lebih sekitar kisaran mulai dari harga Rp. 15.000 sampai dengan harga Rp. 50.000. Harga tersebut disesuaikan dengan kecerahaan pada kulit ikan, dan umurnya.

Jika warna kulit ikan cupang lebih menimbulkan warna yang cerah, dan umur dari ikan tersebut sudah agak tua, maka harga ikan cupang tersebut bisa langsung melesat tinggi.

3. Jenis Ikan Hias Cupang Raksasa (Betta)

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
budidaya-ikan-mudah.blogspot.co.id

Seperti dengan nama jenis ikan nya, jenis giant betta  ini adalah jenis ikan cupang yang mempunyai ukuran tubuh yang lumayan besar.

Tubuh ikan cupang giant betta ini bisa mencapai kurang lebih 15-15 cm, dengan tubuh yang lumayan besar ini akan membuat gerakan ikan cupang jenis giant betta ini lebih lambat, dan lebih tepatnya itu adalah kurang agresif dalam berenang.

Harga Dari Ikan Cupang yang Jenis Giant Betta (Raksasa)

Jenis Ikan Cupang yang Mahal
ikanhias-id.blogspot.co.id/

Apabila ikan ini dipasarkan dipasaran penjualan ikan hias, ikan cupang yang berjenis giant betta ini memiliki harga jual yang sangat lumayan tinggi, mulai dari kisaran harga Rp. 10.000 sampai dengan harga Rp. 350.000.

Harga jual dari jenis ikan ini bisa menjadi semakin mahal apabila ikan cupang tersebut telah memenangkan kejuaraan beberapa event kejuaraan-kejuaraan atau perlombaan ikan hias. Sangat menarik bukan?

4. Jenis Ikan Cupang hias Serit (Crown Tile)

Jenis ikan cupang yang mahal
duniaair.com

Mengenai jenis ikan cupang ini banyak yang mengatakan, bahwa jenis ikan cupang serit ini merupakan salah satu perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia. Namun, mengenai kabar yang telah beredar tentang siapa yang melakukan perkawinan silang ikan cupang tersebut, sampai saat ini belum diketahui secara detile.

Sudah tak harus diragukan lagi, apabila ada jenis-jenis ikan cupang yang bagus itu ujung-ujung nya pasti berasal dari hasil perkawinan silang antara jenis cupang ini dengan jenis-jenis cupang lainnya.

Sesuatu dapat terkenal/tenar oleh orang banyak itu apabila sesuatu itu banyak dikenal oleh orang-orang, begitu juga dengan ikan cupang ini, ikan cupang tersebut dapat dikenal oleh masyarakat-masyarakat tersebut, karena ikan cupang seperti atau jenis lainnya emang di ajukan untuk dijadikan kontes-kontes kecantikan, keindahan pada bentuk, dan bentuk yang ada pada tubuh ikan tersebut.

Mengenai informasi tentang data-data munculnya pertama kali ikan crown tile (Serit) ini berasal dari tangan orang pribumi, yaitu orang Indonesia sendiri.

Harga dari ikan cupang yang berjenis crown tile (serit)

Jenis ikan cupang yang mahal
suherlin.com

Ikan cupang crown tile ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak disukai oleh para penggemar-penggemar ikan-ikan hias.

Keindahan dari ikan cupang ini adalah memiliki ekor yang sangat undik, sehingga untuk membedakan ikan cupang ini dengan jenis ikan cupang lainnya itu sangat mudah sekali.

Jenis ikan cupang seperti ini (crown tile) ini mempunyai ekor yang hampir mirip dengan mahkota-mahkota raja, yang mana bentuk sirip dan ekornya tersebut yang dapat membuat ikan tersebut menjadi lebih indah lagi.

Menganai soal harga ikan hias ini sangat beragam, tergantung dengan keindahan dan keunggulan pada cupang tersebut. Harga dari jenis ikan cupang crown tile ini kurang lebih sekitar Rp. 10.000 sampai dengan harga Rp. 300.000 lebihan.

5. Jenis Ikan Cupang Liar

Jenis ikan cupang yang mahal
infoikan.com

Memang secara penampilan fisik, ikan cupang liar ini tidak memiliki perbaad yang sangat jauh. Namun, ikan cupang liar ini hanya sedikit dibedakan dari segi habitatnya, bahkan ikan cupang liar tersebut bisa dijadikan sebagai ikan cupang aduan.

Mengapa demikian? Karena gerakan ikan cupang liar tersebut cukup agresif dan kuat, maka dari itu ikan cupang ini cocok untuk dijadikan cupang adu.

Pada umumnya jenis ikan cupang yang banyak dicari oleh orang-orang ini adalah jenis cupang hias, ya meskipun ada beberapa yang mencari jenis ikan cupang lainnya, misalkan seperti jenis ikan cupang, halfmoon, crown tile, double tile, liar, atau lain sebagainya, semua itu tergantung selera peminat masing-masing.

Mengenai Harga Ikan Cupang yang Bejenis Liar (Aduan)

Jenis ikan cupang yang mahal
id.pinterest.com

Ikan cupang liar ini bisa dikatakan jenis cupang yang paling alami, dan hingga saat ini masih banyak di berbagai perairan di seluruh dunia, entah itu rawa-rawa, entah itu sungai, entah itu laut, dan lain sebagainya.

Jenis ikan cupang liar bukan termasuk jenis ikan cupang yang lahir dari rekayasa layaknya seperti jenis ikan cupang lainnya.

Dari segi kecantikan dan keindahan tubuh, mungkin ikan cupang liar ini tidak seindah ikan-ikan cupang hias lainnya.

Akan tetapi jika kita membicarakan tentang agrefitas atau membicarakan dari segi kegalakan ikan cupang tersebut, ikan cupang liar tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata.

Hal tersebut tentunya dapat dibuktikan dari segi harga, meskipun cupang ini nampak terlehat seperti biasa saja, Tapi mengenai harga ikan cupang liar ini bisa mencapai dari mulai harga Rp. 20.000 sampai harga Rp. 300.000 bahkan bisa mencapai jutann rupiah.

Semua harga itu tergantung dari kualitas ikan cupang tersebut. Gila yah ikan cupang aja harganya sampe mahal kaya gitu, tapi bagi penggemar ikan-ikan hias tak pernah memandang yang namanya harga, jika menurut dia itu bagus meskipun harganya mahal, maka ikan tersebut akan tetap dibelinya.

Baiklah teman-teman, ini uraian mengenai ikan jenis ikan cupang yang mahal dan yang tercantik didunia, mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, dan khususnya dapat bermanfaat bagi para penggemar ikan-ikan hias.

Terimakasih telah mengunjungi web saya, dan telah membaca web saya sampai selesai 🙂

3 pemikiran pada “Jenis Ikan Cupang yang Mahal dan Tercantik di Dunia-Versi Baabun

Tinggalkan komentar