Kesan-Kesan saat Pertama kali Mendaki Gunung

Assalamualaikum Wr.Wb. Hallo teman-teman semua kali ini saya akan menulis beberapa cerita tentang pendakian ke Gunung Pangrango Sukabumi Jawa Barat. Kebetulan saya ini adalah salah satu orang pecinta alam.

Mengenai soal pendakian gunung ini sudah tidak aneh lagi bagi saya dan teman-teman pecinta alam lainnya, bahkan mendaki gunung sudah menjadi kebiasaan kami atau bisa di bilang dengan Hobby kami.

Dulu ketika saya belum mengikuti kegiatan pembelajaran programmer di sintesa, kegiatan mendaki gunung ini dalam setiap bulannya dapat mencapai dua kali pendakian sekaligus.

Apa ga cape?Kalo dibilang cape si iya, tapi berhubung mendaki gunung itu sudah menjadi suatu kebiasaan saya, jadi rasa cape dan letihpun ilang dengan sendirinya.

Baiklah disini saya akan sedikit menceritakan kenapa saya ini bisa senang sekali dengan yang namanya mendaki gunung, penasaran? Ayo mari kita simak cerita yang telah saya tulis disini.

Mengapa Saya Sangat Suka Sekali Mendaki gunung

mengapa saya suka sekali dengan yang namanya mendaki gunung? Awal mulanya itu, saya diceritakan tentang gunung oleh temen saya yang sudah berpengalaman mendaki gunung terlebih dahulu, ternyata setelah mendengar sebuah cerita tersebut kaya yang asik dan ramai sekali.

Disitulah saya mulai penasaran dengan yang namanya mendaki gunung. Kebetulan sekali, dulu orang tua saya ini adalah salah satu pecinta alam Indonesia yang gemar sekali dengan mendaki gunung.

Saya pun tak mau kalah dengan orang tua saya yang telah melakukan beberapa pendakian gunung di Indonesia.

Awalnya sih saya tidak dizinkan oleh orangtua saya untuk mendaki gunung, mengapa demikian? Karena orang tua saya sangat khawatir apabila terjadi apa-apa kepada saya ketika sedang mendaki.

Walaupun sempat tidak diberi izin oleh orangtua saya, saya pun tidak pernah menyerah untuk merayu orangtua saya agar saya diberu izin untuk mendaki gunung seperti anak-anak pecinta alam lainnya.

Alhamdulillah, Setelah berusaha merayu kedua orangtua saya, dan hasil usaha saya itu cukup memuaskan sekali dan sesuai dengan apayang saya harapkan selama ini, Sesudah mendapatkan izin dari kedua orangtua saya, sayapun sudah tidak sabar menunggu untuk melakukan pendakian gunung tersebut.

Dari hari demi hari, waktu demi waktu, saya pun selalu bersabar tuk menunggu kapan pendakian itu akan dilaksanakan. Pada suatu hari, saya dan teman-teman pendaki lainnya berkumpul di Podium Lapang Merdeka sukabumi dalam rangka merapatkan kapan pendakian akan dimulai.

Pada akhirnya setelah selesai merapatkan mengenai perihal pendakian tersebut, kami semua berdoa agar semua yang sudah dirapatkan dan telah ditentukan tanggal keberangkatannya oleh kami ini tidak meleset, dan tepat pada waktunya.

 Pertama Mendaki Gunung Pangrango

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
wisatagunung.com

Akhirnya sekitar tanggal 28 oktober 2014 lalu pertama kalinya saya mendaki Gunung Pangrango. Rasanya sangat senang, dan sangat bersyukur sekali ketika saya masih diberi kesempatan oleh Allah Swt untuk mendaki gunung tersebut.

Ketika saat pendakian itu saya bertemu dengan teman lama saya yang bernama Away, sangat kaget sekali ketika saya berada dirombongan bersama teman lama saya yang sudah sekian tahun tak kunjung jumpa.

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
tripadvisor.com

Kami semua mendaki Gunung Pangrango ini melewati jalur pendakian resmi, yaitu jalur pendakian Cibodas, Cianjur Jawa Barat.

Awal perjalanan pendakian saya dan teman-teman ini melewati jalur pendakian Cibodas, Cianjur Jawa Barat. Mengapa lewat jalur pendakian Cibodas? Karena melewati jalur pendakian Cibodas, Cianjur Jawa Barat itu sangat dekat dari tempat tinggal kami.

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
detik.com

Perjalanan dari jalur pendakian Cibodas, Cianjur Jawa Barat menuju Puncak Gunung Pangrango ini sekitar 6 atau 7 jam perjalanan. Perlahan-lahan kamipun mulai mendaki untuk menginjakan telapak kaki di puncak Gunung Pangrango 3019 MDPL.

Setelah melewati beberapa pos pendakian, berhubungnya banyak pendaki gunung yang baru termasuk saya juga baru melakukan pendakian kali ini, kamipun memutuskan untuk beristirahat sejenak agar stamina kita semua dapat terjaga.

Setelah beberapa menit beristirahat, kamipun segera melanjutkan perjalanan menuju tempat perkemahan untuk tempat istirahat selanjutnya sebelum menempuh perjalanan menuju puncak Gunung Pangrango.

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
satujam.com

Ketika dalam perjalanan, sayapun melewati hutan-hutan yang sangat lebat, yang saya lihat dikanan dan dikiri saya terdapat pepohonan yang ditutupi oleh awan berkabut, sangat menyeramkan sekali bagi pemula pendaki gunung.

Walaupun dalam perjalanan mendaki itu ada sebagian yang menyeramkan, ya meskipun melewati hutan yang lebat, sayapun tak kunjung nyerah untuk bisa menginjakan kedua kaki saya dipuncak Gunung Pangrango tersebut.

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
detik.com

Tidak lama kemudian setelah sekian lama perjalanan, kamipun tiba ditempat persinggahan yang bernama Kandang Badak. Dimana kandang badak ini sudah menjadi tempat perkemahan para pendaki yang hendak mendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango.

Ketika Tiba di Puncak Gunung Pangrango

kesan-kesan-saat-pertama-kali-mendaki-gunung
doyanjalan.com

Karena sudah beristirahat lumayan cukup lama, Sekitar pukul 04:30 pagi, kita semua sudah mulai melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Pangrango.

Terlihat Gunung Pangrango sudah semakin dekat dan menjulang tinggi. pepohonan disekitar saya pun sudah mulai tak terlihat begitu tinggi, itu pertandanya sebentar lagi akan mencapai puncak gunung tersebut.

ketika dalam perjalanan pun, rasanya sudah tak sabar lagi tuk menginjakan kedua kaki saya di puncak Gunung Pangrango. Detik-detik hampir sampainya di puncak Gunung Pangrango sayapun sudah mulai merasa lelah, tetapi meskipun merasakan lelah sayapun selalu tetap semangat tuk mencapai puncak Gunung Pangrango tersebut.

Keringat yang bercucuran dan tenaga yang sudah mulai terkuras, semuanya hilang seketika saat sampai di puncak gunung tersebut. Wow! Sangat menajubkan sekali! Pada akhirnya sayapun berhasil tuk menginjakan kedua kaki saya dipuncak Gunung Pangrango tersebut.

Dimana setelah berada diatas puncak Gunun Pangrango itu saya bersyukur dan bersujud kepada Allah Swt. Karena Allah Swt telah memberikan kesempatan kepada saya agar dapat melihat pemandangan-pemandangan diatas Gunung Pangrango yang sangat indah.

Itu adalah kesan pertama saya ketika saya pertama kalinya melihat keindahan alam dari atas puncak Gunung Pangrango. Melihat senja yang begitu indah dengan deretan gunung yang berdiri gagah.

 

Bagaimana Perasaan Ketika Melihat Bunga Edelweis yang Bermekaran

Kesan-Kesan saat Pertama kali Mendaki Gunung
buruan.co

Selain melihat keindahan pemandangan dari atas puncak Gunung Pangrango. Saya juga mendatangi suatu lembah yang luas dan sangat indah, nama lembah tersebut adalah lembah Mandalawangi.

Wow! Keren sekali, disana terhampar luas bunga Edelweis. Ketika saya berada ditengah-tengah lembah tersebut, saya bisa menikmati keindahan lembah itu dengan menghirup harumnya aroma bunga Edelweis.

Ketika sudah menginjak puncak Gunung Pangrango, dan lembah mandalawangi rasa lelah yang saya rasakan itu telah terbayar semuanya.

Dari pertama melihat pemandangan dari atas puncak Gunung Pangrango, dan melihat beribu-ribu bunga Edelweis yang bermekaran di Lembah Mandalawangi itu telah membayar rasa cape yang telah saya alami saat pendakian.

Diatas itu adalah sedikit cerita yang telah saya tulis tentang pengalaman pertama saya mendaki Gunung, ketika pertama kali melakukan pendakian gunung itu banyak sekali pelajaran-pelajaran tentang alam, dalam mendaki juga dapat mengajarkan bagaimana mempunyai rasa kepedulian kita terhadap teman kita sendiri.

Sebenernya masih banyak cerita-cerita tentang pengalaman gunung yang telah saya alami selama ini, mungkin suatu saat saat nanti saya akan menuliskan pengalaman-pengalaman yang lainnya.

Akhir kata, saya ucapkan terimakasih karena sudah mau membaca cerita saya, mudah-mudahan cerita saya ini dapat bermanfaat bagi para pembaca tuk dijadikan inspirasi cerita-cerita pengalaman kalian semua.

Tinggalkan komentar