34+ Nama Provinsi di Indonesia beserta Ibu Kotanya yang Harus Kamu Ketahui

NAMA PROVINSI DI INDONESIA┬á– Hallo teman-teman pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Nama Provinsi di Indonesia lengkap beserta ibu kotanya. Diantara kalian apa sudah ada yang mengetahui Nama Provinsi di Indonesia secara keseluruhannya?

Mungkin ada sebagian diantara kalian yang belum mengetahui secara keseluruhan Nama Provinsi di Indonesia, nah maka dari itu alasan seperti ini membuat saya untuk membuat artikel yang didalamnya membahas tentang nama-nama provinsi di indonesia.

Kenapa sih ka mau ngehabisin waktunya buat ngebahas nama-nama provinsi di Indonesia? Karena kita sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mengetahui secara keseluruhan nama-nama provinsi di Indonesia

Hey teman-teman ketahuilah bahwa nominal jumlah provinsi di Indonesia selalu berubah sewaktu-waktu, yang pada awalnya negara Indonesia ini hanya memiliki 8 Provinsi saja dan saat ini seiring perkembangan zaman dan waktu yang sangat begitu cepat, Negara Indonesia sudah memiliki 34 Provinsi.

Tidak usah banyak berbincang-bencang lagi, yuk langsung saja kita simak pembahasan tentang 34 nama provinsi di indonesia yang lengkap dengan nama ibu kotanya, silahkan diperhatikan baik-baik ya pembahasannya ­čÖé

Nama Provinsi di Indonesia

nama provinsi di indonesia
pastiguna.com

Gambar diatas adalah gambar peta seluruh wilayah negara Indonesia, di peta tersebut menjelaskan bahwa Negara Indonesia ini sangat luas sekali dan banyak juga pulau-pulau didalamnya. Nah didalam pulau-pulau yang ada di Negara Indonesia ini memiliki nama provinsi dan ibu kotanya.

Apa aja sih nama provinsi di Indonesia ini? Berikut dibawah ini pembahasan tentang 34 nama provinsi di Indonesia yang dilengkapi dengan masing-masing nama ibu kotanya.

Nama Provinsi di Indonesia Pulau Sumatera

nama provinsi di indonesia
flickr.com

Berikut dibawah ini nama-nama provinsi dan ibu kotanya:

  1. Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan nama Ibu Kotanya Banda Aceh
  2. Provinsi Sumatera Barat dan nama Ibu Kotanya Padang
  3. Provinsi Sumatera Utara dan nama Ibu Kotanya Medan
  4. Provinsi Kepulauan Riau dan nama Ibu Kotanya Tanjung Pinang
  5. Provinsi Riau dan nama Ibu Kotanya Pekanbaru
  6. Provinsi Jmbi dan Ibukotanya Jambi
  7. Provinsi Sumatera Selatan dan nama Ibu Kotanya Palembang
  8. Provinsi Bangka Belitung dan nama Ibu Kotanya Pangkal Pinang
  9. Provinsi Lampung dan nama Ibu Kotanya Bandar Lampung
  10. Provinsi Bengkulu dan nama Ibu Kotanya Bengkulu

Nama Provinsi di Daerah Pulau Jawa

nama provinsi di indonesia
Kopi-ireng.com

Berikut dibawah ini terdapat nama-nama provinsi indonesia di pulau jawa, diantaranya sebagai berikut:

  1. Provinsi Daerah Kerajaan Indonesia dan nama Ibu Kotanya adalah Jakarta
  2. Provinsi Jawa Barat dan nama Ibu Kotanya adalah Bandung
  3. Provinsi Jawa Tengah dan nama Ibu Kotanya adalah Semarang
  4. Provinsi Jawa Timur dan nama Ibu Kotanya adalah Surabaya
  5. Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan nama Ibu Kotanya adalah
  6. Provinsi Banten dan nama Ibu Kotanya Serang Banten

Nama Provinsi di Daerah Kepulauan Bali & Nusa Tenggara

nama provinsi di indonesia
beritacenter.com

Berikut dibawah ini terdapat nama-nama provinsi indonesia di daerah kepualauan Bali dan Nusa Tenggar, diantaranya sebagai berikut:

  1. Provinsi Bali dan nama Ibu Kotanya adalah Denpasar
  2. Provinsi Nusa Tenggara Barat dan nama Ibu Kotanya adalah Mataram
  3. Provinsi Nusa Tenggara Barat dan nama Ibu Kotanya adalah Kupang

Nama Provinsi di Kepualauan Kalimantan

nama provinsi di indonesia
tstatic.net

Berikut dibawah ini terdapat nama-nama provinsi indonesia di daerah Kalimantan, diantaranya adalah:

  1. Provinsi Kalimantan Barat dan nama Ibu Kotanya adalah Pontianak
  2. Provinsi Kalimantan Selatan dan nama Ibu Kotanya adalah Banjarmasin
  3. Provinsi Kalimantan Utara dan nama Ibu Kotanya adalah Tanjung Selor
  4. Provinsi Kalimantan Tengah dan nama Ibu Kotanya adalah Palangkaraya
  5. Provinsi Kalimantan Timur dan nama Ibu Kotanya adalah Samarinda

Nama Provinsi di Indonesia di Daerah Sulawesi

nama provinsi di indonesia
petasulawesi.blogspot.co.id

Berikut dibawah ini terdapat nama-nama provinsi indonesia di daerah Sulawesi, diantaranya adalah:

  1. Provinsi Sulawesi Tengah dan nama Ibu Kotanya Palu
  2. Provinsi Sulawesi Barat dan nama Ibu Kotanya Mamuju
  3. Provinsi Sulawesi Utara dan nama Ibu Kotanya Manado
  4. Provinsi Sulawesi Tenggara dan nama Ibu Kotanya Kendari
  5. Provinsi Sulawesi Selatan dan nama Ibu Kotanya Makassar
  6. Provinsi Gorontalo dan nama Ibu Kotanya Gorontalo

Nama Provinsi di Indonesia daerah Kepulauan Maluku & Papua

nama provinsi di indonesia
populer.web.id

Berikut dibawah ini terdapat nama-nama provinsi indonesia di Daerah Maluku dan Papua, diantaranya sebagai berikut:

  1. Provinsi Maluku Utara dan nama Ibu Kotanya adalah Ternate
  2. Provinsi Maluku dan nama Ibu Kotanya adalah Ambon
  3. Provinsi Papua dan nama Ibu Kotanya adalah Jayapura
  4. Provinsi Papua Barat dan nama Ibu Kotanya adalah Manokwari
  5. Provinsi Teluk Cendraawsih dan nama Ibu Kotanya adalah Serui

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

nama provinsi di indonesia
krjogja.com

Dimulai dari provinsi ini lalu pemberian nama DIY (Daerah Istemawa Yogyakarta) diberikan untuk Provinsi yang memang masih menggunakan sistem peraturan atau pemerintahan Kesultanan hingga sampai saat ini. Bukan hanya itu saja, di tahun ini juga daerah yang luas selain dari Provinsi Jawa yakni Provinsi Sumatera yang dibagi menjadi tiga provinsi besar.

Ada beberapa bagian dari provinsi-provinsi itu, diantaranya adalah Provinsi Sumatera Tengah, Provinsi Sumatera Utara, dan Provinsi Sumatera Selatan. Jadi jumlah keseluruhan saat itu ialah hanya 11 provinsi.

Lalu ketika pada tahun 1953 Provinsi Borneo dirubah menjadi Kalimantan namanya. Tapi saat ini sebutan nama Borneo masih tetap digunakan dan juga masih tetap dikatakan oleh orang-orang barat untuk memperlihatkan Pulau Kalimantan.

Tiga tahun silam, yakni kurang lebih sekitar pada tahun 1956 di daerah Aceh mulai membentuk dan memisahkan daerah kerajaannya dari Provinsi Sumatera Utara.

Daerah Kepulauan Kalimantan

nama provinsi di indonesia
ragamtempatwisata.com

Sedangkan didaerah Pulau Kalimantan baru mulai untuk penerapan pengembangan atau peluaasan. Demgam melakukan sebuah pemecahan Pulau Kalimantan menjadi tiga bagian provinsi kurang lebih sekitar tahun 1956, ada 3 provinsi yang mencangkup Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Barat.

Jadi ketika itu jumlah Provinsi di Kepulauan Kalimantan yakni berjumlah 11 provinsi.

Nama Provinsi di Indonesia yang Ada di Pulau Jawa

nama provinsi di indonesia
wisataarea.com

Berikut dibawah ini nama provinsi di Indonesia beserta lengkap dengan keterangannya:

Provinsi Banten

Provinsi Banten ialah provinsi di tanah Pasundan, dan letak wilayahnya terletak di daerah paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi Banten ini sempat menjadi salah satu bagian dari Provinsi Jawa Baratm namaun sesudah terjadinya perlebaran dan perluasan daerah di tahun 2000 Banten memutuskan untuk mendirikan daerahnya sendiri.

Berasaskan ketetapan UU No. 23 Tahun 2000. Kota Serang Banten menjadi pusat untuk pemerintahannya. Daerah Banten ialah 9.160,70 km² Provinsi Banten ini terdiri dari empat kota, empat kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Provinsi Jakarta

Daerah Kerjaan Indonesia Jakarta adalah Ibu kota dari Negara Indonesia, Kota jakartapun merupakan satu-satunya kota yang berada di Negara Indonesia yang memiliki status sederajat dengan Provinsi. Letak daerah Kota Jakarta ni berada di pinggiran bagian barat Pulau Jawa.

Daerah kekuasaan Jakarta Mempunyai Luas daerah kurang lebih sekitar 661,52 km┬▓, dan juga Kota Jakarta ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih jumlah penduduknya sekitar 28 juta orang selain itu, Jakarta ini merupakan kota metropolitan terbesar di wilayah Asia Tenggara atau masuk kedalam urutan nomer dua di dunia.

Bukan hanya itu saja. Kota Jakarta ini dijadikan sebagai tempat pusat untuk bisnis, kebudayaan, politik dan juga dijadikan sebagai pusat pembangunan dan pendirian pusat kantor BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, dan juga pembangunan perusahaan-perusahaan asing.

Perlu kita ketahui bahwa Jakarta ini ialah sebagai kota yang dijadikan tempat kerajaan-kerajaan lembaga pemerintah dan kantor Sekretariat ASEAN, dan Juga didukung dengan adanya layanan transportasi dua bandara yakni Bandara Halim Perdanakusuma dengan Bandara Soekarno-Hatta, dan satu pelabuhan kapal di daerah Tanjung Priok.

Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat adalah suatu provinsi yang ada di Negara Indonesia dan tempatnya berada di daerah Pulau Jawa bagian Barat. Ibu Kota dari provinsi Jawa Barat ini ialah Bandung. Perkembangan ekonomi yang terjadi dan terbentuk di daerah Jawa Barat dengan meningkatnya bagian jasa dan manufaktur.

Wilayah Jawa Barat ini berbatan dengan Lut Jawa di bagian utara, di sebelah timurnya dengan Jawa Tengah, di sebelah selatannya dengan Samudera Hindia, lalu di sebelah barat dengan daerah Banten dan daerah DKI Jakarta.

Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah bagian Provinsi yang terdapat di Negara Indonesia yang letaknya tepat berada di bagian tengah-tengah Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah ini menjadikan Kota Semarang Sebagai ibu kotanya. Daerah Jawa Tengah mempunyai keluasan wilayah kurang lebih sekitar 32.548 km² atau juga sekitar 28,94% dari luas Pulau Jawa

Keberadaan Jawa Tengah ini berbatasan dengan daerah Jawa Barat dibagian barat pulau jawa, dibagian selatan berbatasan dengan Daerah Istimewa Yogyakarta dan berbatasan juga dengan Samudera Hindia, disebelah Timur keberadaan Jawa Tengah berbatasan dengan Jawa Timur, nah disebelah Utara ini Jawa Tengah berbatasan dengan Laut Jawa.

Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur ialah sebuah provinsi yang ada di Negara Indonesia yang letaknya tepat berada di bagian sebelah timur Pulau Jawa. Ibu Kota Jawa Timur ini adalah Surabaya. Daerah provinsi Jawa Timur ini mempunyai luas wilayah kurang lebih sekitar 47.92222 km².

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang paling luas apabila dibandingkan dengan enam provinsi yang ada didalam Pulau Jawa. Selain dari itu, penduduk di Jawa Timur ini termasuk salah satu penduduk terbanyak sesudah daerah Jawa Barat.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta adalah daerah istimewah yang mempunyai taraf seperti Provinsi-Provinsi yang ada di Negara Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta ini terbentuk karena adanya penggabungan Kesultanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Paku Alaman yang letaknya terletak di daerah selatan Pulau Jawa.

Daerah Istimewa Yogyakarta ini mempunyai batasan-batasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan juga dengan Samudera Hindia, wilayah keluasan Daerah Istimewa Yogyakarta ini kurang lebih sekitar 3.185,80 km² yang terdiri dari satu kota madya, empat kabutapen, tujuh puluh delapan kabupaten, dan 483 kelurahaan/desa

 

 

Tinggalkan komentar