Pengalaman Travelling ke Kota Semarang Menggunakan Motor

Waktu Pemberangkatan

Assalamu’alaikum Wr.Wb. Dihari minggu yang cerah itu tepatnya pada tanggal 15 januari lalu, saya berdua dengan teman saya sedang dalam melakukan perjalanan menuju kota semarang dan dalam perjalanan itu saya dan teman saya menggunakan kendaraan pribadi. Untuk menempuh perjalanan jauh itu saya dan teman saya hanya menggunakan 1 motor.

Awalnya kami berdua ini tidak akan menggunakan motor, tadinya itu kami berdua ini akan menggunakan mobil karena perjalanan yang akan kami tempuh itu sangat jauh sekali jaraknya, tapi setalah di pikir-pikir oleh saya dan teman saya yang bernama “Andri”, nah setelah di fikirkan kita berdua ini lebih memutuskan untuk menggunakan motor saja, lebih enak dan asik menggunakan motor daripada menggunakan mobil.

Sesampainya di Kota Sumedang

Saya dan teman saya melakukan perjalanan itu sekitar pukul 02:30 malam. Ketika melakukan perjalanan pada malam hari itu memang sangat berbahaya sekali, apalagi melakukan perjalanan yang cukup lumayan jauh dengan menggunakan motor, dan dalam perjalanan itu hanya memakai 1 jaket saja untuk melindungi tubuh dari angin malam tersebut, kami berduapun untuk memutuskan istirahat sejenak di kota sumedang sambil menikmati makanan khas sumedang, yaitu tahu sumedang .

Kami tiba di kota sumedang itu sekitar pukul 06:30 bagi, sangat cepat bukan perjalanan dari sukabumi hingga sumedang itu? Tentu saja, Soalnya jika kita melakukan perjalanan pada malam hari itu tidak akan terkena macet oleh kendaraan-kendaraan yang lainnya. Meskipun tidak terkena macet oleh kendaraan-kendaraan lainnya, melakukan perjalanan malam itu sangat bahaya sekali apalagi melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor bukan mobil.

Sesudah menikmati makanan khas sumedang itu, kami berdua telah sepakat untuk menyempatkan mampir ke alun-alun sumedang untuk melihat bagaimana suasana di alun-alun sumedang itu.

Ternyata di alun-alun sumedang ini terdapat monumen  Lingga. Menurut ceritan masyarakat sumedang, tugu lingga ini di bangun pada pemerintahan Pangeran Soeriaatmadja, yang kala itu beliau masih menjabat sebagai Bupati Sumedang.

Kita berdua pun tidak berlama-lama di kota sumedang, karena untuk sampai ke kota semarang ini masih banyak perjalanan yang harus dilewati, dalam perjalanan menuju semarang ini kita melewati beberapa kota, dan dalam perjalanan  itu saya merasa sangat senang sekali semenjak melakukan perjalanan menuju semarang ini kita dapat merasakan berbagai masakan pada setiap daerahnya, Maklum namanya juga perjalanan jauh jadi laper terus hehe.

Memasuki Kota Cirebon

Nah kemudian sesampainya di kota cirebon ini kami berdua memutuskan untuk beristirahat sejenak di indomart yang berada di pinggir jalan dan di samping SPBU itu, sekitar sudah 30 menit beristirahat kami berdua pun meneruskan perjalanan tersebut, karena setelah kota cirebon ini masih banyak kota-kota lain yang harus kita lewati.

Tak lama kemudian setelah kami berdua meneruskan perjalanan menuju semarang, rintikan hujan pun sudah mulai terasa berjatuhan membasahi bumi, perlahan-lahan tubuh kita semua ini terkena rintikan hujan tersebut dan pada akkhirnya sedikit demi sedikit tubuh kita mulai basah.

Saya pun langsung mengangkat suara untuk berbicara kepada teman saya ini:
saya: “ndri gimana nih hujan kaya gini mau di lanjutin ga?” ujar saya seperti itu.
Andri: “tanggung lik kalo misalkan kita istirahat dulu, soalnya hujan kaya gini pasti nggak akan lama” ujar andri seperti itu.
Saya: “oke ndri kalo mau di terusin juga ngga papa ndri mumpung hujan nya masih kecil” ujar saya seperti itu.
Andri: “yaudah lik gas lagi aja lik sampe semarang, ayo lik semangat bawa kendaraannya” ujar andri seperti itu.

Maka dari itu kami berdua itu memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju kota semarang itu tanpa harus beristirahat,  dan pada akhirnya rintikan hujan itupun berubah menjadi hujan yang sangat besar pada waktu itu. Mau tak mau kami berdua ini memutuskan untuk berteduh sejenak.

Sekitar 30 menitan hujan pun belum kunjung reda, hujan itu masih sama derasnya seperti tadi, maka dari itu kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju kota semarang. Karena seorang baikers sejati itu tidak pantang menyerah walaupun ada badai yang menghadangnya. hehe

Mengalami Sedikit Musibah di Kota Tegal

Ketika kita sedang dalam perjalanan itu kami berdua mengalami beberapa musibah ringan, dan sesampainya di kota tegal motor saya ini tiba-tiba mogok, kalo ngga salah mogok nya itu sekitar pukul 17:30 menjelang waktu maghrib, dan kita berdua itu mendorong-dorong motor di kota tegal. Sedih yah di kota orang ngedorong-dorong motor huhuhu.

Sudah sekian kilo mendorong motor, kami berdua sama sekali tak menemukan bekel yang buka, untung nya di dalam tas saya ada beberapa alat untuk membongkar motor jadi tidak begitu khawatir, berhubung cuaca sudah mulai gelap dan hujan deras itu masih mengguyur, pada akhirnya kami berdua mencari sebuah ruko untuk berteduh sambil membongkar beberapa mesin motor.

Setelah menemukan ruko tersebut, tak lama lagi saya bergegas untuk segera memeriksa dan membongkar karburator motor tersebut untuk di perbaiki agar dapat nyala kembali. Setelah saya periksa karburatornya ternyata dengan guyuran hujan yang begitu deras karburator motor saya pun terkena air. Sehingga motor saya itu mogok karena telah tercampurnya air hujan dengan pertamax yang dapat mengakibatkan karburator tidak berfungsi.

Setalah karburator dibongkar dan di bersihkan, tak banyak kata lagi sayapun langsung memasangnya dan mencoba menyalakan sambil menyetel ulang karburator itu. Pada akhirnya motorpun kembali normal sehingga motor itu dapat di gunakan untuk melanjutkan perjalanan kembali

Hujan yang Sangat Deras Masih Membasahi hingga Malam Hari

Meskipun hujan yang sangat deras masih membasahi jalanan hingga malam hari, jalanan yang tak begitu terlihat jelas karena banyaknya air yang mengganggu penglihatan saya. Sayapun tidak menyerah begitu saja! Sudah sangat tanggung sekali apabila kita berhenti di tengah jalan, karena pakaian yang kita gunakan itu telah basah kuyup maka dari itu perjalananpun kami teruskan hingga sampai pada tujuan utama kami yaitu Kota Semarang.
Sesampainya kami di daerah alas roban sayapun memutuskan berhenti sejenak di indomart untuk membeli makanan dan minuman sebagai pengganti makan malam kami berdua, meskipun tubuh basah kuyup dan kotor kamipun tetap PD (percaya diri) untuk berbelanja di indomart.

Ini adalah foto kami berdua ketika sedang beristirahat di indomaret alas roban.


Meskipun  muka kami ini terlihat sangat dekil dan pakaian kami ini sangat kotor, kami masih bisa tersenyum manis seperti gambar yang di atas itu hehe.

 

Sampai di Kota Semarang

Alhamdulillah kamipun telah sampai pada tujuan utama kita yaitu sampainya di Kota Semarang Jawa tengah. Kami tiba di Kota Semarang ini sekitar pukul 21:00 WIB. Menurut kalian apakah sangat lama perjalanan kami? Tentu saja lama, mengapa lama? Karna perjalanan trip kita kali ini memiliki jarak tempuh yang sangat jauh.

Ada yang berani nyoba untuk melakukan trip jarak jauh dengan menggunakan kendaraan bermotor? Jika ada yang berani melakukannya silahkan tinggal kan komentar pada artikel ini.

Itulah singkat cerita tentang pengamalaman travelling saya menggunakan sepeda motor bersama teman saya. Sebenernya masih  banyak sekali tentang pengalaman-pengalaman saya, mau dari pengalaman mendaki gunung, pengalaman belajar usaha, pengalaman holiday ke pantai, pengalaman perjalanan ke palembang dengan menggunakan motor, dan .masih banyak pengalaman-pengalaman lainnya. Penasaran? Boleh di tunggu cerita di artikel sebelumnya.

Akhirul kalam wassalamu’alaikum wrb.

Tinggalkan komentar