pengertian demokrasi

Pengertian Demokrasi | Ciri-Ciri | Arti | Macam | Prinsipnya

PENGERTIAN DEMOKRASI – Kata demokrasi itu asalnya berasal dari bahasa Yunani yang mana demokrasi dalam bahasa Yunani itu adalah demokratia yang mana arti dari kata tersebut ialah kekuasaan rakyat. Disini demokratis sendiri terbagi menjadi dua kata yakni Demos yang mempunyai arti “Rakyat” sementara kata Kratos ini memiliki arti kekuasaan.

Demokrasi ini mencangkup dengan keadaan kehidupan, sosial dan ekonomi yang mana hal tersebut memungkinkan ketika terjadinya sebuah praktik kebebasan politik baik itu secara bebas atau setara.

Biasanya demokrasi ini ialah suatu bentuk pemerintahan yang mana setiap pada warga negaranya memiliki yang namanya hak yang sama ketika sedang pengambilan suatu keputusan yang mana keputusan tersebut akan memberikan efek atau dampak dalam kehidupan mereka.

Disini demokrasi juga dapat kita definisikan sebagai bentuk sebuah kedudukan yang tinggi yang dipegang atau dikuasai oleh rakyat.

Saat demokrasi, masyarakat atau warga negara mendapat sebuah perizinan untuk ikut serta berpartisipasi yang aktif secara langsung atau juga melewati perwakilan-perwakilan ketika sedang mengerjakan sebuah pengembangan, perumusan dan juga pembuatan hukum.

Untuk ulasan lebih jelasnya, berikut dibawah ini akan kami sajikan dan kami jelaskan secara ringkas mengenai demokrasi, seluk beluk dari sistem demkorasi dan lain sebagainya. Semoga penjelasan artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

pengertian demokrasi
belapendidikan.com

Berikut dibawah ini ialah penjelasan demokrasi menurut masing-masing para ahli yang harus kita ketahui. Yuk langsung saja kita simak pengertian-pengertian tentang demokrasi tersebut:

  • Menurut Abraham Linclon pengertian dari demokrasi ini ialah salah satu sistem atau aturan pemerintahan yang dibentuk dari rakyat, oleh rakyat dan memang sistem-sistem tersebut untuk rakyat.
  • Menurut Charles Costello pengertian dari demokrasi iniialah aturan sosail dan juga politik pemerintahan diri dengan kedudukan pemerintah yang dihalangi atatu didindingi oleh hukkum dan kebiasaan-kebiasaan untuk mencagarkan dalam setiap hak perorangan penduduk.
  • Menurut Hans Kelsen pengertian dari demokrasi ialah sistem kepemerintahan yang dikerjakan oleh rakyat dan memang untuk rakyat. Ada juga yang mengerjakan kedudukan negara ialah wakil-wakil rakyat yang memang sebelumnya telah terpilih. Rakyat pun sudah meyakini bahwa dalam segala kepentingannya itu akan ada aturan-aturan yang dibentuk oleh para wakil-wakil rakyatnya ketika sedang pelaksanaan kedudukan Negara.

Macam Macam Demokrasi

pengertian demokrasi
satujam.com

Demokrasi ini memiliki macam-macam yang berbeda, demokrasi ini terbagi menjadi kedua bagian macam, apa saja bagain-bagian d

Demokrasi terbagi ke dalam beberapa macam, antara lain sebagai berikut.

A. Macam-Macam Demokrasi Berlandaskan Fokus Perhatiannya

pengertian demokrasi
ngelmu.id
  • Demokrasi Fromal: Demokrasi Formal ialah demokrasi yang memiliki fokus dalam bidang politik tanpa adanya pengurangan sedikitpun perbedaan ekonomi.
  • Demokrasi Material: Demokrasi Material ialah demokrasi yang memiliki fokus dalam bidang ekonomi tanpa harus mengurangi sedikitpun perbedaan-perbedaan dengan politik.
  • Demokrasi Gabungan: Demokrasi Gabungan ini ialah suatu demokrasi yang di gabung yang terdiri dari demokrasi material dan demokrasi formal.

B. Macam-Macam Demokrasi Berlandaskan dari Penyaluran Masyarakat

pengertian demokrasi
postwaves.com
  • Direct Democracy (Demokrasi Langsung): Demokrasi secara langsung ini bisa melibatkan masyarakat untuk pengambilan sebuah keputusan kepada suatu negara. Misalkan contoh kecilnya seperti pengambilan keputusan dalam memilih ketika sedang pemilu.
  • Indirect Demokrasi (Demokrasi Secara Tidak Langsung): Demokrasi dengan secara tidak langsung ini bisa juga melibatkan seluruh masyarakat suatu negara dalam pengambilan suara atau juga pengambilan suatu keputusan. Misalkan contoh kecilnya seperti suatu keputusan-keputusan yang diputuskan oleh para wakil-wakil masyarakat (DPR, DPRD, dan DPD)

Ciri Ciri Demokrasi

pengertian demokrasi
menulis-makalah.blogspot.co.id

Saat ini yang perlu kita ketahui dari demokrasi ialah, demokrasi ini memiliki berbagai macam ciri-cirinya. Diantara kalian semua apakah sebelumnya sudah ada yang mengetahui tentang ciri-ciri dari demokrasi? Jikalau belum, maka ditulisan yang telah tercantum dibawah ini akan saya jelaskan satu per satu penjelasan dari ciri-ciri demokrasi.

Berikut dibawah ini ialah 5 dari ciri-ciri demokrasi:

  1. Seluruh keputusan yang ditentukan oleh pemerintah semuanya berdasarkan dari kepentingan dan kehendak rakyat.
  2. Memumpunyai ciri-ciri perwakilan, yaitu ketika sedang mengatur seluruh urusan negara, kekuasaan dan kedaulatan rakyat yang telah diwakili oleh beberapa orang yang mana sebelumnya telah dipilih sendiri oleh rakyat itu sendiri.
  3. Ciri dalam pemilihan umum, yaitu ciri dari segala aktivitas polotik yang dikerjakan untuk memilih suatu pihak yang mana pihak tersebut akan menjalankan perintah.
  4. Mempunyai ciri konstitusional, yaitu tentang kekuasaan, kehendak atau kepentingan masyarakat yang memang telah dituliskan didalam suatu undang-undang negara.
  5. Ciri-ciri kepartaian, yaitu partai yang menjadi salah satu tempat atau media atau juga sarana sebagai bagian-bagian pelaksanaan atau sistem kerja demokrasi.

Prinsip Demokrasi

pengertian demokrasi
harnas.co

Demokrasi ini memliki prinsip-prinsip demokrasi tersendiri, biasanya prinsip-prinsip demokrasi ini ialah sebagai berikut:

  • Suatu kebebasan yang diakui dan diterima oleh warga negara.
  • Memiliki kesamaan dalam setiap warga negara.
  • Keikutsertaan warga negara tentang dalam pembuatan keputusan politik.
  • Setiap masing-masing warga negara mempunyai kesamaan-kesamaan dan kesetaraan dalam hal praktik politik.

Itulah prinsip-prinsip yang ada didalam demokrasi.

Kekurangan dan Kelebihan Demokrasi

pengertian demokrasi
risingsunchatsworth.co.za

Demokrasi, demokrasi ini tentunya memiliki yang namanya kelebihan dan kekurangan dalam setiap halnya. Apakah sebelumnya diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan demokrasi? Mungkin ada beberapa diantara kalian yang memang belum mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan demokrasi.

Baiklah berikut dibawah ini akan kami jelaskan secara ringkas mengenai kelebihan dan kekurangan demokrasi:

Keuntungan atau Kelebihan Sistem Demokrasi

pengertian demokrasi
perpusku.com
  1. Perbandingan hak bisa membuat setiap penduduk atau warga bisa ikut serta dalam sistem politik.
  2. Mencegah atau melindungi dari terjadinya monopoli kekuasaan atau kerajaan.
  3. Orang yang memegang kekuasaan atau kerajaan dipilih berdasarkan suara rakyat dan keinginannya masing-masing.

Kekurangan atau Kelemahan Demokrasi

pengertian demokrasi
asg1056.wordpress.com.
  1. Kepercayaan seseorang atau rakyat akan mudah sekali digoyangkan melewati pengaruh-pengaruh negatif. Misalkan contohnya seperti media yang tidak seimbang atau jelas dalam memberikan atau menyampaikan informasi.
  2. Perbandingan-perbandingan hak dianggap seperti tidak adil karena menurut para ahli setiap orang yang memiliki pengetahuan politik yang tidak sama.
  3. Keseriusan pemerintah atau pejabat yang sedang menjabat akan terasa berkurang ketika sudah mendekati pemilihan umum selanjutnya.

Nah diatas inilah penjelasan secara ringkas mengenai masing-masing kelebihan dan kekurangan demokrasi. Semoga penjelasan secara ringkas mengenai kelebihan dan kekurangan demokrasi ini bisa menjadi tambahan wawasan untuk teman-teman semua.

Membangun/Membentuk Demokrasi

pengertian demokrasi
temukanpengertian.com

Ketika membangun atau membentuk demokrasi, negara Indonesia sudah melintasi masa-masa transisi dari demokrasi semu ke demokrasi yang sebenarnya. Dalam sepeuluh tahun terakhir negara ini banyak sekali mengalami kemajuan-kemajuan yang sangat pesat dalam berdemokrasi.

Pera ketua atau pimpinan lembaga negara menyepakati bahwa salah satu kunci dari kesuksesan dalam membangun demokrasi Indonesia ialah dengan memperkuat dan memperkokoh empat tiang kebangsaan, yakni:

  1. PANCASILA
  2. UUD TAHUN 1945
  3. NKRI (NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA)
  4. BHINEKA TUNGGAHL IKA

Ke empat pilar atau tiang yang sudah kami tulis pada tulisan diatas ini merupakan salah satu pondasi-pondasi negara Indonesia. Perjuangan yang sangat gigih dari Founding Father (Bapak pendiri) bangsa ini sudah dicetuskan untuk membentuk dan membangun demokrasi.

Dengan memperkokoh dan memperkuat ke empat pondasi tersebut maka diharapkan sekali supaya para Pemimpin atau pimpinan dalam setiap Lembaga Negara bisa mengatasi atau menanggulangi dan menuntaskan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.

Yang pastinya kita akan mengharapkan kepada semuanya yang bisa berjalan dengan seimbang sehingga akan terciptanya suasana yang harmonis dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Peraturan atau aturan-aturan sebagus apapun itu jikalau tidak dipatuhi maka peraturan tersebut tidak akan sempurna.

Sementara peraturan-peraturan yang sederhana namun peraturan sederhana itu ditaati dan dipatuhi, maka peraturan tersebut akan menjadi sebuah peraturan yang sempurna dan juga peraturan yang akan membawa kemaslahatan.

Negara ini sangat dibutuhkan untuk menghasilkan dan menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan kita telah memahami dan melakukan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang tercangkup dalam empat tihan kebangsaan.

Maka itu akan cukup dengan empat tihang tersebut apabila semuanya menjalankan pekerjaan dan peraturan dengan baik dan tulus, maka bisa dipastikan negara Indonesia ini akan menjadi sebuah negara yang besar dan juga negara yang berdaulat penuh.

Saat ini dipenghujung dunia banyaknya negara demokrasi, seluruh warga engaranya masih merupakan salah satu kekuasaan yang berdaulat, tapi kekuasaan-kekuasaan politiknya dikerahkan secara tidak langsung melintasi dari perwakilan (DPR).

Persoalan ini ialah persoalan yang dikatakan sebagai demokrasi perwakilan. Konsep-konsep demokrasi perwakilian tiba-tiba timbul dari institusi dan ide-ide yang berkembang di abad pertengahan Eropa, era renaissance (pencerahan), Amerika Seriak dan revolusi Perancis.

Penyalahgunaan Demokrasi

pengertian demokrasi
klikkabar.com

Demokrasi ialah suatu sistem yang berada didalam pemerintahan yang mana pada setiap warga negaranya mempunyai hak-hak dan kesempatan yang sama. Demokrasi ini tidak mengenal atau memandang dari suku bangsa, tidak memandang atau mengenal juga dari jenis kelamin manusia dan juga tidak memandang tentang golongan atau status sosial.

Mengapa demikian? Karena demokrasi ini berarti dari rakyat oleh rakyat dan juga untuk rakyat.

Dalam sistem demokrasi ini wargalah sebagai peranan utama yang menjadi penentu dari sebuah keputusan-keputusan yang akan dibuat, tidak ada sebuah keputusan-keputusan yang dapat diambil oleh pihak-pihak pemerintahan tanpa harus melibatkan percampuran tangan suara dari rakyat.

Katanya Amerika Serikat ialah negara yang paling demokrasi di seluruh dunia, dengan sistem-sistem seperti itu kepemerintahan Amerika Serikat menjadi negara dengan memiliki tingkat kebebasan yang amat sangat tinggi dalam bentuk persoalan apapun.

Misalnya sebagai contoh kecilnya saja kita bisa melihat dari kehidupan warga negara Amerika baik itu dari segi sosial, eknomi, termasuk juga dengan budaya atau kehidupan yang ada di Negara Amerika Serikat.

Dengan bermodalkan demokrasi yang sudah sukses di dalam pemerintahannya. Amerika Serikat menyebar luaskan kepemahaman tersebut ke berbagai negara di penghujung dunia. Penyebaran tersebut ada yang berhasil mengadopsinya dan juga ada yang tidak berhasil dalam menerapkan pemahaman tersebut pada suatu negara.

Begitu juga tidak akan ketinggalan dengan negara kita yaitu Negara Indonesia. Negara Indonesia pun sudah lama menerapkan atau memakai sistem pemerintahan yang mana sistem pemerintahan tersebut terlihat seperti sedang menuhankan rakyat ini.

Apakah negara Indonesia ini memang berhasil dalam menerapkan Demokrasi? Sejauh ini kita lihat sendiri bahwa negara Indonesia ini berhasil secara sisten akan tetapi penerepan-penerapannya masih sangat jauh dari kata rakyat oleh rakyat dan memang untuk rakyat, masih sangat jauh sekali.

Kita bisa ambil contoh dari penerapan-penerapan demokrasi yang mana penerapan tersebut paling terlihat ialah ketika sedang saat pemilihan kepala daerah atau pemilihan uimum. Mengenai peristiwa itu lebih dikenal oleh orang-orang sebagai pesta demokrasi dalam rangkan untuk menentukan pemimpin yang akan memimpin kepala daerah atau negara.

Ketika sedang proses terjadinya pesta demokrasi ini banyak sekali yang mendapati berbagai macam penyalahgunaan atau penyelewangan yang menjadi bukti bahwa sistem demokrasi ini terlihat sangat buruk untuk diterapkan.

Berikut ini ialah penjelasan secara ringkas mengenai penyelewengan yang kerap terjadi ketika sedang berjalannya pesta demokrasi yang ada di negara Indonesia.

Money Politik/Uang Politik

pengertian demokrasi
industryweek.com

Persoalan ini adalah sebuah tradisi baru yang akan terus bekelanjutan mengikuti proses demokrasi ketika sedang menentukan atau memutuskan pilihan-pilihan terhadap calon pemimpin atau ketua. Dengan memanfaatkan keadaan rakyat-rakyat yang memiliki kekurangan dalam ekonomi.

Maka dengan mudah orang-orang yang memiliki suatu kepentingan terhadap seorang calon ketua atau pemimpin akan memberikan bahan-bahan pokok atau memberikan sejumlah uang sebagai wadah untuk menukar suara atau membeli suara dari rakyat-rakyat tersebut.

Pendahuluan Saat Kampanye

pengertian demokrasi
metrotvnews.com

Walaupun telah dipaparkan didalam aturan proses pemilihan umum mengenai berbagai aturan-aturan yang meliputi proses pemilu seperti kampanye namun hal ini termasuk persoalan penyelewengan dalam demokrasi yang kerap dilakukan.

Sudah berbagai macam cara dilakukan, misalkan seperti pemasangan baliho, spanduk dan selebaran. Kerap juga terjadi para bakal calon pemimpin atau ketua mencuri start dengan melakukan kegiatan seperti kunjungan-kunjungan ke berbagai macam daerah.

Intimidasi

pengertian demokrasi
sindonews.net

Intimidasi ini merupakan salah satu cara yang sangat berbahaya seklai apabila dilakukan atu dikerjakan. Misalkan sebagai contohnya terdapat beberapa oknum-oknum yang muncul dari salah sati pihak si calon pemimpin yang melakukan intimidasi kepada warga supaya warga tersebut akan mengeluarkan suaranya untuk si calon tersebut.

Persoalan ini sangat tidak sesusai dengan peraturan-peraturan yang telah dicantumkan ketika sedang pemilu atau sedang pemilihan calon pemimpin.

Kampanye Negatif

pengertian demokrasi
terbitsport.com

Kampanye negatif ini dapat saja muncul karena kurangnya sosialisasi bakal calon kepada masyarakat. Persoalan ini diakibatkan sebaguian rakyat masih terlihat sangat kurang kepada pentingnya tempat atau media informasi. Jadi mereka semua hanya nurut dengan orang yang memang berada di sekitar mereka yang merupakan panutannya.

Adanya kampanye negatif ini bisa mengarahkan kepada fitnah-fitnah yang bisa menghancurkan kejujuran atau integritas dari daerah tersebut. Selain dari itu terdapat juga gosip-gosip yang bertujuan untuk menjatuhkan salah satu lawan atau musuh politiknuya.

Satu pemikiran pada “Pengertian Demokrasi | Ciri-Ciri | Arti | Macam | Prinsipnya

  1. Pelajaran kewarganegaraan banget nih. Jadi inget dulu sampai pusing bacanya, gak kuat apalinnya. Sampai sekarang sih.. Eh kamu malah bahas ini, yaaa gak papa sih buat reminder dan bersyukur negara kita menjunjung demokrasi

Tinggalkan komentar