Pengertian Drama | Naskah, Jenis Lengkap dengan Pengertian Teater

PENGERTIAN DRAMA – Seperti apa pengertian drama itu? Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pengertian drama, ciri-ciri drama, jenis drama, unsur-unsur drama, pengertian naskah drama dan juga akan dilengkapi dengan pengertian teater.

Drama adalah suatu bentuk karya sastra yang didalamnya menjelaskan mengenai kehidupan manusia dengan gerakan. Drama ini menjelaskan tentang realita kehidupan, sifat seseorang, dan juga menjelaskan mengenai tingkah laku seseorang melewati peranan serta perbincangan yang ditampilkan.

Cerita dan kisah yang ada didalam drama meletakkan sebuah konflik dan juga emosi yang mana emosi tersebut secara khusus ditujukan untuk pertunjukan teater. Naskah drama dibentuk dengan sedemikian rupa sehingga untuk kedepannya bisa ditampilkan dan juga bisa dinikmati oleh banyak penonton.

Bagi kalian yang memang belum mengetahui dan mengerti apa sih pengertian drama itu. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pengertian drama, ciri-ciri drama, unsur-unsur drama, jenis drama dan dilengkapi dengan pengertian teater. Jadi teman-teman semua jangan merasa khawatir yah.

Berikut dibawah ini mari kita buka pembahasan tersebut dengan mengawali pembahasan tentang ….

Pengertian Drama

pengertian drama
ganimahir.blogspot.co.id

Kata kata drama ini awalnya diambil dari bahasa Yunani yakni domari yang mana kata tersebut memiliki arti berbuat, begerak mengerhajan aksi setara dengan naskah dan bertindak. Biasanya drama ialah sebuah karya sastra yang dikutip dalam bentuk perbincangan dan juga ditampilkan oleh aktor-aktor.

Pertunjukan drama ini sangat dikenali sekali dengan sebutan teater. Selain itu, drama juga dapat disebutkan sebagai kisah yang berkonsep naskah dan juga drama ini bisa ditampilkan diatas panggung. Biasanya drama ini memiliki dua arti, yakni secara sempit dan juga secara luas.

Drama didalam arti luas ialah suatu karya yang berwujud pertunjukan atau tontonan yang didalamnya mengandung kisah yang ditampilkan di hadapan keramaian manusia atau di hadapan keramaian umum. Sementara drama dalam arti sempit yakni suatu cerita hidup manusia yang dipentaskan di atas panggung dan dilihat oleh khalayak umum.

Drama ialah karangan yang menjelaskan tentang kehidupan serta menjelaskan tentang sifat atau karakter manusia yang mana penjelasan tersebut akan dijelaskan melalui perilaku yang ditampilkan dalam beberapa episode.

***

Berikut dibawah ini pembahasan kedua yang akan membahas tentang …

Pengertian Drama Menurut Para Ahli

pengertian drama
gilaseni.files.wordpress.com

Mungkin diantara teman-teman semua ada sebagian dari kalian yang belum mengerti dan juga belum mengetahui pengertian drama menurut para ahli, maka dari itu selaku saya sebagai penulis akan sedikit memberikan penjelasan tentang pengertian drama menurut para ahli.

Tujuannya ialah supaya teman-teman yang belum mengetahui bisa mengetahui dan teman-teman yang sudah mengetahui bisa lebih mengetahui lagi tentang pengertian drama menurut para ahli. Berikut dibawah ini pengertian drama menurut para ahli yang bisa kita ketahui bersama. Selamat menyimak dan semoga bisa bermanfaat.

  • Menurut Balthazar Vallhagen – Drama ialah salah satu karya sastra yang menjelaskan tentang alam dan juga sifat manusia dalam bentuk pergerakan.
  • Menurut Ferdinand Brunetierre – Bahwa drama itu patut membangkitkan keinginan oleh gerakan atau aktivitas.
  • Menurut Moulton – Bahwa drama itu ialah cerita hidup atau perjalanan hidup seseorang yang dijelaskan melalui gerakan (ditampilkan langsung dalam aksi).
  • Menurut Budianta 2002 – Bahwa drama itu adalah jenis karya sastra yang menampilkan penampilan fisik dengan cara menggunakan lisan untuk sebuah perbincangan antara ketua disana.
  • Menurut Seni Handayani – Drama ialah bentuk aransemen yang berlandaskan dua bagian seni, seni pertunjukan dan seni sastra sehingga drama dikelompokkan menjadi dua bagian, diantara yakni drama dalam wujud teks tersirat dan drama dalam wujus penampilan.
  • Menurut Wildan – Drama adalah bentuk aransemen berdasarkan dengan dua kelompok seni, yaitu seni pertunjukan dan seni sastra.
  • Menurut Tim Mattrix Media Literata – Drama ialah berwujud narasi yang menjelaskan mengenai cerita kehidupan dan alam manusia melewati tingkah laku yang ditampilkan dihadapan orang banyak.
  • Menurut dari Anne Civardi – Drama merupakan sebuah cerita yang dikisahkan menggunakan kata-kata dan juga bisa menggunakan melalui pergerakan.

***

Setelah selesai membahas pengertian drama menurut para ahli, saya juga akan sedikit mengulas tentang awal mula adanya sejarah drama di muka bumi ini. Berikut dibawah ini ulasannya.

Sejarah Drama

pengertian drama
murid.info

Drama ialah sebuah karya sastra yang dimainkan oleh beberapa orang, drama ini telah dijadikan sebagai tontonan-tontonan masyarakat dari nenek moyang kita masih ada malahan sampai detik ini banyak sekali diluar-luar sana yang sangat meminati karya sastra ini.

Nenek moyang menyelenggarakan pertunjukan drama ini dari beberapa abad yang lalu. Adapun bukti tersirat bahwa adanya drama ini telah muncul dari abad ke-5 sebelum masehi.

Persoalan ini berlandaskan dengan penelitian naskah drama yang berada di Yunani sana. Yang dikutip oleh Aeschylus yang diperkirakan hidup pada abad 525 sampai 256 sebelum masehi. Isi dari teks naskah drama pertama kali ada ialah mengenai pesembahan kepada para dewa.

Naskah Drama

pengertian drama
inspirasi.co

Naskah drama, naskah drama ialah gabungan kalimat yang terdiri dari dua kalimat, yakni “Naskah” dan “Drama”. Banyak juga orang lain yang sudah mengetahui bahwa kalimat “Naskah” ini pasti ada kaitannya dengan tulisan, teks dan juga perbincangan.

Ada beberapa jenis drama tergantung dari dasar yang digunakannya. Dalam bentuk pembagian jenis drama, biasanya digunakan 3 dasar, yaitu : berdasarkan penyajian kisah drama, berdasarkan sarana, serta berdasarkan keberadaan naskah drama tersebut. Berdasarkan penyajian kisah, drama dapat dibedakan menjadi 8 jenis, antara lain:

Naskah drama merupakan salah satu jenis karya sastra yang setara dengan puisi dan juga prosa. Berbeda sekali dengan puisi ataupun prosa, naskah drama ini mempunyai wujud atau bentuk sendiri yakni dikutip didalam wujud percakapan yang dilandasi dengan persoalan batin serta memiliki kemungkinan untuk ditampilkan.

Pengertian Naskah Drama Menurut Para Ahli

Waluyo, 2003 : 2

Drama ini memiliki arti seperti tindakan, dan perbuatan. Kata drama ini awal mulanya berasal dari bahasa Yunani “Draomai” yang mana kata tersebut memiliki arti berlaku, berbuat, bertindak dan lain sebagainya. Drama ialah kehidupan yang dijelaskan dengan menggunakan cara gerak. Permasalahan atau konflik dari sifat manusia ialah sumber utama dari drama.

Sendarasik

Berdasarkan pengertian sendarasik bahwa naskah drama ini ialah bahan-bahan dasar suatu penampilan dan belum terbentuk sempurna wujudnya jikalau drama tersebut ditampilkan. Naskah drama sendiri ialah suatu ungkapan atau pernyataan penulis yang didalamnya berisikan tentang nilai-nilai dari pengalaman umum serta ide-ide dasar untuk para aktor.
Dalam naskah drama tidak hanya berisikan mengenai perbincangan-perbincanganyang monoton, namun didalam naskah drama ini terdapat jalan cerita. Namun bukan hanya itu saja, seorang tokoh atau aktor juga memperaktekkan cara bagaimana ia mengerjakan aktivitas yang setara dengan alur yang berada didalam cerita.

Jenis Jenis Drama

pengertian drama
indianexpress.com

Terdapat berbagai macam tipe-tipe drama tergantung dari awal untuk apa drama itu digunakan. Biasanya dalam wujud bentuk pembagian jenis-jenis drama menggunakan 3 darasan, yakni : Berdasarkan dengan penyampaian drama, berlandaskan tempat, dan berdalandaskan dengan keberadaan dari naskah drama tersebut.

Berdasarkan dengan penyampaian cerita, drama ini bisa dibagikan menjadi delapan jenis drama, diantara lain ialah seperti dibawah ini:

  • Tragedi: Drama yang didalamnya menceritakan hal-hal kesedihan atau duka.
  • Komedi: Drama yang didalamnya menceritakan mengenai hal-hal yang bisa membuat orang tertawa karena kelucuan dari alur cerita tersebut.
  • Tragedi Komedi: Kombinasi antara cerita drama tragedi dan drama komedi.
  • Melodrama: Drama yang perbincangannya dikatakan serta diiringi oleh musik-musik
  • Opera: Drama yang perbincangannya dengan menggunakan cara dinyanyikan serta diiringi oleh musik-musik yang syahdu.
  • Farce: Drama yang bentuknya menyamai dagelan, akan tetapi tidak seutuhnya drama itu dagelan.
  • Tablo: Tipe drama yang lebih memprioritaskan gerak, seluruh anggota pemainnya tidak mengatakan sebuah perbincangan akan tetapi melakukannya dengan berbagai macam pergerakan.
  • Sendratari: Sendratari ialah jenis drama yang digabungkan antara seni drama dengan seni tari.

Unsur Unsur Drama

Struktur Drama

Pengertian Teater

Dari cerita sejarahnya, kalimat teater ini awal mulanya berasal dari bahasa inggris “theater atau thaetre”, serta berasal dari bahasa Yunani “theatron”. Menurut pengertian etimologis, kalimat teater ini bisa didefinisikan sebagai gedung atau tempat pertunjukan sebuah acara.

Sementara sebutan dari kalimat teater ini didefinisikan sebagai persoalan yang diperlihatkan diatas penampilan untuk dijadikan sebagai bahan konsumsi penonton.

Selain dari itu, sebutan teater ini bisa juga didefinisikan dengan dua cara yakni luas dan sempit. Teater dalam arti sempit ini dijelaskan sebagai suatu drama yang mana drama itu ialah kisah perjalanan hidup seseorang yang dikisahkan dan diperlihatkan di atas panggung, dilihat oleh banyak orang menurut dari naskah yang tersirat.

Sementara teater dalam arti luas, bahwa teater itu ialah seluruh peranan atau adegan yang ditampilkan di hadapan banyak orang (umum), misalkan seperti ludruk, ketoprak, wayang, janger, sintren, dagelan, mamanda, akrobat, sulap dan masih banyak jenis-jenis teater lainnya.

Dalam pertumbuhannya, sebutan teater ini selalu dihubungkan dengan kalimat drama. Hubungan kata “teater” dan “drama” ini bersebelahan dengan sedemikian akrab pada ajarannya bahwa kedua hal itu merupakan sebutan yang berbeda.

Drama adalah sebutan yang awal mulanya berasal dari bahasa Yunani Kuno “Draomai” yang mana arti dari kalimat tersebut ialah berbuat, bertindak, tingkah laku. Dan kata drama didalam bahasa Perancis ialah “Drame” yang mana kalimat tersebut mendeskripsikan perilaku kehidupan kelas menengah.

Dari seluruh ulasan diatas, bahwa teater ini ada hubungan langsung dengan suatu pertunjukan, sementara drama ini ada hubungannya dengan peranan atau naskah kisah yang mana naskah kisah tersebut akan diperlihatkan.

Jadi intinya teater ini ialah penggambaran dari drama yang dipertontonkan di atas panggung serta akan disaksikan oleh banyak penonton. Dengan istilah lainnya drama ialah salah satu bagian atau unsur-unsur dari teater.

Tinggalkan komentar