Pengertian HAM Secara Umum, Macam & Pelanggaran HAM [Lengkap]

PENGERTIAN HAM – Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) merupakan hak dasar yang dimiliki oleh manusia setelah ia dilahirkan ibunya ke dalam dunia dan secara kodratnya telah menyatu didalam tubuh dan diri manusia yang mana HAM ini harus dibawa tinggi dan diakui oleh semua orang.

Manusia adalah makhluk yang paling semurna yang telah diciptakan oleh Allah SWT yaitu Tuhan Semesta Alam. Apa kesempurnaan yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia ini? Yaitu, pikiran dan akal yang bisa membedakan dengan makhluk-makhluk lainnya.

Setelah diciptakan dan dilahirkan lah manusia itu kedalam bumi melewati rahim sang ibu sudah diberi anugrah yang menyati didalam tubuh dan dirinya yang mana anugrah itu harus dihormati oleh manusia-manusia lainnya. Anugrah yang telah diberikan kepada kita semua ini ialah HAM (Hak Asasi Manusia).

HAM (Hak Asasi Manusia) ialah salah satu hasil perjuangan seluruh manusia untuk menggapai derajat kemanusiaan, karena sampai sekarang ini hanya rancangan HAM dan demokrasi yang sudah terbukti dan juga menjamin dan mengakui derajat kemanusiaan.

Manusia ini mempunyai potensi-potensi untuk menggapai titik kebenaran, akan tetapi tidak kebenaran itu tidak sepenuhnya dimiliki oleh seluruh manusia, karena yang benar ini hanyalah milih Allah SWT semata.

Selain membicarakan tentang Hak Asasi Manusia (HAM) saya juga akan sedikit membahas tentang Pengertian HAM secara umum dan juga dilengkapi dengan penjelasan HAM (Hak Asasi Manusia) lainnya. Yuk, langsung saja kita simak pembahasan tentang Pengertian HAM ini. Semoga bermanfaat ya ūüôā

Pengertian HAM (HAK ASASI MANUSIA)

pengertian ham
markijar.com

Hak Asasi Manusia atau HAM ialah pandangan norma atau moral yang menjelasakan standar tertentu dari sifat manusia atau tingkah laku manusia dan benar-benar dilindungi dengan  baik sebagai hak-hak hukum dalam hukum internasional atau kota. РWikipedia.org

Sebelum kita mengulas tentang pengertian HAM (Hak Asasi Manusia), alangkah baiknya kita ulas satu persatu tentang pengertian HAM atau hak terlebih dahulu.

Pengertian HAK

Makna dari kata “HAK” adalah suatu bagian normatif sebagai pegangan atau pedolam dalam berperilaku didalam kehidupan sehari-hari, kekebalan, kebebasan, melindungi dan juga menjamin adanya peluang-peluang untuk manusia dalam melindungi asas dan kedudukannya.

Hak ini dibagi menjadi tiga badian yang melekat menjadi satu didalam pengertian dasar mengenai hak. Berikut dibawahj ini ada bagian-bagian atau unsur HAK menurut keterangan dari TIM ICCE UIN Jakarta. Diantaranya:

  1. Pemilih Hak
  2. Ruang lingkup pemasangan Hak
  3. Bagian-bagian yang ada dalam pemasangan Hak

Sehingga, HAK adalah bagian normatif yang menyatu pada tubuh dan diri setiap manusia yang ketika pemasangannya berada di ruang lungkup hak kebebasan dan hak persamaan yang ada ikatannya dengan hubungan antara perorangan (individu) atau adanya hubungan dengan instansi

Pengertian HAM Secara Umum

pengertian ham
pixabay.com

HAM atau disingkat sebagai Hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang sudah dimiliki oleh setiap manusia sejak manusia itu masih berada didalam kandungan seoran gibu. Disini HAM atau Hak Asasi Manusia ini bisa berlaku secara keseluruhan.

Dasar-dasar Hak Asasi manusia tercantum dalam penyampaian kabar kemerdekaan Negara Amerika Serikat atau disebut dengan sebutan Declaration of Independence oh USA. Di Negara Indonesia sendiri HAM (Hak Asasi Manusia) tercantum didalam UUD 1945 yang ada di pasal 27 ayat ke 1. pasal 28, pasal ke 29 ayat ke 1, dan pasal 30 ayat ke 1.

Dalam aturan perjanian bernegara, ada Pactum Unionis & Pactum Subjectionis. Pactum Unionis adalah sebuah perjanian atar perorangan tunuk membuat suatu negara, sementara Pactum Subjectionis adalah sebuah perjanjian antar perorangan dan negara yang sudah dibentuk.

Jhon Locke menanggapi keberdaan kedua jenisnya, namun Thomas Hibbes hanya menanggapi Pactum Subjectionis nya saja, sementara JJ Roessaeu hanya menanggapi Pactum Unionis nya saja.

Ketiga ahli itu masing-masing berpendapat yang sama. Akan tetapi, biasanya teori atau aturan-aturan perjanjian itu sebagai petunjuk bahwa adanya perlindungan kepada hak-hak warga negara, dan perlindungan itu sangat patut dan hukumnya wajib sekali untuk dilakukan oleh raja yang berbentuk berupa jaminan-jaminan yang terserat didalam konstitusi Negara.

Ada kaitan atau ikatan dengan persoala itu, HAM adalah hak fundamental yang tidak bisa dicabut dari diri manusia, karena HAM adalah bagian-bagian yang melekat menjadi satu didalam tubuh dan diri manusia.

HAM (Hak Asasi Manusia) sekarang yang diminta adalah seperangkat HAK yang dimajukan dan dibangun oleh PBB dari awal usainya perang duni ke II. Maka dari itu, negara-negara tertentu tidak bisa menghindar atau mengelak untuk tidak menjaga HAM (Hak Asasi Manusia) seseorang yang bukan warga negaranya.

Apabila masih ada sangkut pautnya dengan HAM (Hak Asasi Manusia) di setiap negara dan dimanapun negara itu berada, tanpa ada kecuali atau alasan, di masing-masing tingkatan mempunyai rasa tanggung jawab khusus di setiap pemenuhan hak asasi pribadi, termasuk juga untuk orang asing.

Maka dari itu, di bagian-bagian tertentu terdapat kesalahan bahwa menyamakan antara HAM dengan hak-hak lainnya yang dimiliki oleh setiap warga negara. Hak Asasi Manusia itu sudah dimiliki oleh siapa aja sejak dirinya masih berada didalam kandungan dan setelah dilahirkan kedalam dunia oleh seorang ibu.

Bukan hanya itu saja, alasan-alasan diatas ini hanya menjadikan Hak Asasi Manusia sebagai bagian-bagian taraf atau tingkatan disetiap pembahasan tentang disiplinnya ilmu hukum internasional.

Bukan suatu hal yang kontroversial atau aneh apabila ada komunitas (organisasi) global yang mempunyai rasa kepedulian yang sangat tinggi, dan serius serta memiliki sifat nyata kepada berbagai gosip-gosip yang mencangkup kasus pelanggaran HAM tingkat domestik.

Disini perang organisasi atau komunitas internasional menjadi sangat penting sekali sebagai alat perlindungan HAM. Persoalan ini diakibatkan sifat dari Hak Asasi Manusia sendiri yang merupakan suatu mekanisme perlindungan dan pertahanan pada tiap perorangan kepada kekuasaan negara yang sangat sensitif apabila disalahgunakan.

Sejarah manusia sudah benar-benar membuktikan sendiri bahwa banyak sekali kasus-kasus tentang pelanggaran hak asasi manusia sejak manusia itu pertama kali dilahirkan kedunisa sampai saat ini.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

pengertian ham
satujam.com

Pengertian HAM yang ada dibawah ini diambil dari berbagai macam ahli yang memang telah mahir didalam bidangnya. Sebagian dari para ahli itu ada yang berasal dari dalam negeri dan ada juga yang berasal dari luar negeri.

UU NO. 39 Tahun 1999

Pengertian HAM menurut UU NO. 39 Tahun 1999 adalah seluruh hak yang menyati pada keyakinan setiap keberadaan manusia yang merupakan salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT. Hak adalah anugerah yang patut dihormati oleh seluruh manusia yang masih hidup di dunia.

Selain dihormati, Hak juga harus dibawa atau dijunjung tinggi, dan dijaga oleh setiap negara, pemerintah, hukum dan dijaga oleh setiap orang guna sebagai salah satu kehormatan dan derajat kedudukan manusia.

Pengertian HAM Menurut Komnas HAM

pengertian ham
nasional.tempo.co

Pengertian HAM menurut Komnas HAM adalah hak yang mencakup berbagai garis kehidupan manusia, mau itu sosial, sipil, politik, ekonomi, maupun kebudayaan. Semua garis itu tidak bisa dipisahkan dengan garis-garis lainnya.

Hak asasi politik dan hak asasi sipil tidak akan mempunyai arti apabila rakyat masih saja berkecimpung didalam kemisikinan dan juga penderitaan-pendiriataan yang tidak ada akhirnya.

Akan tetapi, dibagian ini hal-hal kemisikinan, keamanan ataupun alasan-alasan lainnya tidak bisa dijadikan untuk melanggar seluruh hak asasi manusa dan melanggar kebebasan bersosial masyaratak dan berpolitik.

HAM (Hak Asasi Manusia) sangat tidak mendukung sekali adanya sistem individualisme, akan tetapi lebih setuju melindungi dan membatasi individu atau perorangan, organisasi atau kelompok, ataupun golongan-golongan ditengah kehidupan kerasnya seperti di zaman seperti sekarang ini.

Hak asasi manusia juga menjadi suatu tanda kepedulian yang memiliki sifat nyata dari sebuah negara dan bangsanya yang lemah.

Pengertian HAM Menurut Pak Muladi

HAM ialah seluruh hak pokok atau hak mendasar yang menyati di masing-masing seluruh manusia didalam kehidupan sehari-harinya.

Pengertian HAM Menurut Pak Mahfuds M.D

Menurut Mahfudz M.D HAM adalah hak yang sudah menyatu pada kedudukan setiap manusia yang hidup di dunia, dan juga hak tersebut telah dibawa ketika manusia baru dilahirkan ke dunia dan pada akhirnya hak tersebut memupnyai sifat kodrati.

Pengertian HAM Menurut Miriam Budiarjo

Pengertian HAM adalah suatu hak yang patut dimiliki oleh setiap manusia yang telah dijunjung dari awal manusia itu lahir kedunia dan memiliki sifat yang universal, adanya persoalan ini karena tidak adanya perbedaan suku ras, agama, kehidupan atau budaya, kelamin, dan lain sebagainya.

Pengertian HAM Menurut Oemar Seno Adji

Menurut Oemar Seno Adji pengertian HAM ini ialah suatu hak yang menyati di setiap kedudukan manusia sebagai makhluk atau insan dari sang pencipta yaitu Allah SWT yang mempunyai sifat tidak boleh untuk dilanggar oleh siapapun itu pelanggarnya.

Pengertian HAM Menurut John Locke

Pengertian HAM menurut Johnk Locke adalah suatu hak yang telah diberikan secara langsung dari Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki sifat kodrati. Maksud dari kodrati adalah hak yang dimiliki oleh masing-masing manusia menurut dengan kodratnya dan tidak akan bisa untuk dipisahkan hakikatnya, sehingga HAM ini memiliki sifat yang suci.

Pengertian HAM Menurut Kevin Boyle dan David Beetham

Pengertian HAM menurut kedua orang itu adalah hak-hak perorangan yang berawal dari berbagai macam kebutuhan serta daya muat atau kapasitas-kapasitas manusia.

Pengertian HAM Menurut Haar Tilar

Pengertian HAM menurut Haar Tilar adalah hak yang menyatu di setiap diri manusia, apabila disetiap diri manusia tidak mempunyai hak-hak tersebut maka manusia itu tidak bisa hidup seperti layaknya manusia biasa. Hak-hak tersebut telah didapati oleh manusia ketika manusia itu terlahir kedunia.

Pengertian HAM Menurut R. Baehr

Pengertian HAM menurut R. Baehr ialah hak-hak dasar yang memiliki sifat penuh dan sangat patut untuk dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia demi suatu perkambangan hidup pada dirinya.

Contoh Pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia)

pengertian ham
devin-valentinus.blogspot.co.id

Berikut dibawah ini ada beberapa contoh mengenai pelanggaran HAM yang kerap sekali kita jumpai atau kita lihat dari berbagai macam media, seperti koran, TV, Radio dan media-media lainnya:

  • Perampasan dan penindasan seluruh hak rakyat dan pembangkan secera seenaknya sendiri.
  • Hukum yang dijalankan tidak adil dan tidak memiliki rasa manusiawi.
  • Memperlambat dan juga membatari kebebasan pers, berpendapat, serta berkumpul untuk rakyat dan pembangkang.
  • Petugas keamanan atau penegak hukum melakukan tindakan kekerasan kepada rakyatnya.
  • Pembedaan atau diskriminasi kepada rakyat dan pembangkang.
  • Membentuk atau membuat regulasi yang hanya memberi keuntungan kepada penguasa dan kepada partai.

Fungsi HAM (Hak Asasi Manusia)

pengertian ham
kawalpemilu.id

HAM (Hak Asasi Manusia) memiliki peranan penting sebagai dasaran kongkrit untuk mengerjakan suatu hal. HAM mempunyai fungsi-fungsi untuk menjamin suatu hak kelanjutan hidup manusia di dunia, perkembangan manusia, kemerdekaan dan perkembangan masyarakat yang tidak boleh diabaikan sama sekali, dirampas, atau diganggu gugat oleh siapapun.

Akan tetapi, pada kenyataannya hak yang kita maksud bukan hanya hak-hak yang semena-mena dikerjakan oleh setiap manusia, karena HAM juga memiliki kewajibannya sendiri. Yang mana kewajiban HAM adalah kewajiban asasi yang harus kita kerjakan terlebih dahulu sebelum menuntut hak.

Dalam penyelenggaraannya, HAM itu tidak bisa dituntut sepenuhnya karena penuntutan penyelenggaraan atau pelaksanaan sepenuhnya ini bisa melanggar seluruh hak-hak orang lainnya. Misalkan contoh kecilnya seperti berjalanan di jalanan umum, kita tidak bisa berjalan sesuka hati kita karena jalan yang kita pakai ini bukan milik kita pribadi, namun jalan yang kita pakai ini adalah milik umum (semuanya).

Maka dari itu, kita harus benar-benar memahami dan juga mengerti akan batasan-batasan norma ataupun batasan-batasan hukum yang telah berlaku yang diikatkan dengan HAM (Hak Asasi Manusia).

Ciri-Ciri HAM

pengertian ham
comercioyjusticia.info

Berikut dibawah ini ada 3 pokok ciri-ciri HAM yang harus kita ketahui, diantaranya ialah:

  1. HAM ini tidak perlu untuk diberikan, diwarisi atau dibeli. HAM ialah bagian-bagian penting dari manusia secara otomatis sudah melekat pada tubuh dan diri manusia.
  2. HAM berlaku untuk semua orang atau manusia tanpa adanya memandang jenis fisik, kelamin, ras, agama, etnis, kebudayaan, politik dan jenis-jenis lainnya.
  3. HAM tidak akan dapat dilanggar oleh siapapun. Tidak ada seorang manusia di dunia ini yang memiliki hak untuk membatasi atau melanggar seluruh hak asasi manusia atau orang lain. Setiap orang tetap memiliki HAM meskipun didalam sebuah Negara membentuk hukum yang tidak melindungi atau melanggar HAM.

***

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian HAM secara umum dan juga dilengkapi dengan pembahasan ciri-ciri HAM, contoh pelanggaran HAM, Pengertian HAM menurut para ahli dan lain sebagainya. Untuk kalian yang ingin berkomentar apabila pembahasan dari kami masih banyak kekurangannya, silahkan langsung saja untuk berkomentar pada kolom yang telah kami sediakan.

Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan semakin juga menambah ilmu pengetahuan umum kita.

 

Tinggalkan komentar