Pengertian Manajemen | Para Ahli, Pemasaran, Macam-Macam Fungsinya [Lengkap

PENGERTIAN MANAJEMEN – Hallo teman-teman semua kita berjumpa lagi dengan baabun, nah pada kesempatan kalia ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang pengertian manajemen. Sebelumnya apa sih manajemen itu? Pasti penasaran kan?

Pengertian manajeman ialah suatu gerakan yang dikerjakan untuk menggapai suatu tujuan sebuah komunitas atau organisasi dengan cara bekerja dalam team.

Oh iyah, sebelumnya website ini baru pertama kali lho ngebahas tentang pengertian manajemen. Kenapa sih pengertian manajemen ini harus dibahas? Karena, apabila diibaratkan kita ingin membangun dan mendirikan rumah otomatis kita juga harus membangun dan membentuk terlebih dahulu pondasinya.

Definisinya ialah supaya landasan kita kuat mengenai manajemen, dengan demikian kita akan mudah untuk menerima materi lainnya.

Manajemen merupakan salah satu seni yang kegunaannya untuk mengatur suatu hal, baik mengatur orang ataupun mengatur pekerjaan. Pengertian manajemen adalah suatu perkara yang dikerjakan untuk bisa menggapai suatu tujuan didalam organisasi atau kelompok dengan cara bekerja dalam team.

Ketika didalam penerapan manajemen, manajemen ini mempunyai subyek dan mempunyai obyek. Subyeknya ialah orang yang mengatur-ngatur dan obyek nya ialah bagian yang diatur-atur.

Yang perlu kalian ketahui tentang manajemen ialah, manajemen ini adalah ilmu yang sangat luas, malahan adanya ilmu manajemen ini belum jelas asal usulnya. Karena ilmu manajemen ini ialah ilmu yang sangat bermanfaat dan juga berguna didalam berbagai macam bidang.

Misalkan berguna didalam bidang bisnis, dan berguna didalam kehidupan sehari-hari.

Baiklah tak usah banyak bertele-tele lagi, yuk langsung saja kita simak pembahasan tentang pengertian manejemen ini. Berikut penjelasannya.

Pengertian Manajemen Secara Etimologi

pengertian manajemen
satujam.com

Menurut etimologi atau bahasa manajemen diambil dari bahasa Francis kuno yakni ménagement yang mana arti dari kata tersebut ialah seni mengerjakan (melaksanakan) dan mengatur. Dari asal usul kata manejemennya ini sudah bisa kita pahami bahwa sebanarnya manajemen ini ialah berupa seni.

Kenapa manajemen ini diartikan sebagai sebuah seni? Sebenernya simpel sih, karena apabila kita telah masuk kedalam dunia manajemen maka kita akan mendapati yang namanya keindahan. Bukankah seni itu suatu keindahan?

Lantas dimana letak posisi keindahannya? Memang yang namanya seni itu sangat relatif sekali. Namun kita mempunyai anggapan yang sama bahwa apapun itu yang tertata secara teratur, rapi, dan terstruktur itu indah. Salah satu yang bisa kita ambil contohnya ialah ranting pohon.

Kenapa harus ranting pohon? Karena ranting pohon itu menyebar tumbuh secara tidak beraturan, namun dengan ketidak teraturannya itu teratur sehingga disisi seperti itu terbuatlah suatu keindahan. Kita ambil contoh lainnya dari corak batik.

Kebanyakan corak batik itu hanya seperti coret-coretan gambar yang tidak memiliki pola. Namun ketidak teraturannya batik itu bisa teratur sehingga bisa membentuk suatu keindahan.

Lantas, apa hubungannya dengan manajemen? Ingatlah arti yang sudah ditulis diatas, manajemen ini memiliki tujuan untuk mengatur.

Adanya manjemen ini berguna untuk mengatur suatu perkara yang memang belum teratur dan tersusun secara rapih. Atau bisa juga untuk mencari keteraturan dalam suatu perkara ketidak teraturan sehingga akan tercipta dan terbentuknya suatu landasan atau pola yang baru.

Fungsi Manajemen

pengertian manajemen
emaze.com

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas bahwa adanya manejemen itu untuk mengatur. Mengatur apa saja? Mengatur suatu persoalan yang memang sebelumnya belum tersusun dengan rapih atau memang belum teratur sama sekali. Adanya manajemen ini dapat kita pakai didalam kehidupan sehar-hari.

Orang kalo udah biasa membuat dan membentuk manajemen, maka orang itu tidak akan merasa nyaman apabila ada suatu hal yang berada disekitarnya terlihat berantakan dan tidak tersusun dengan rapih. Kenapa seperti itu? Karena, inti dari manajemen ialah untuk memudahkan kita dalam mengolahnya atau mengaturnya.

Abila sebuah file/folder maka kita akan mudah untuk mendapati folder atau file yang kita cari ketika dibutuhkan.

Fungsi dari manajemen ini ada lima, yaitu diantaranya ialah:

1. Perencanaan

Adanya proses ini berguna untuk memastikan tujuan dari organisasi atau dari perusahaan dalam bentuk visi dan misi, baik itu jangka panjang atau jangka pendek. Bukan hanya itu saja, formasi-formasi yang harus dilewati juga harus sudah dipastikan dari awal, agar dalam pengerjaannya akan mudah untuk menggapai tujuan dari perusahaan itu.

2. Mengorganisasi

Adanya fungsi manajemen ini sangat berguna sekali untuk mengatur atau mengorganisasi orang-orang yang ada dialam sebuah perusahaan/organisasi (kelompok). Supaya, mereka semua bisa melakukan dan menjalankan peran dan masing-masing fungsinya secara maksimal.

3. Penempatan

Fungsi manajemen yang ketiga ini tidak jauh bedanya dengan fungsi manejemen kedua yaitu mengorganisasi/mengatur. Nah, fungsi manajemen yang ketiga ini lebih luas dibandingkan dengan fungsi manejemen yang kedua.

Penempatan atau staffing ini lebih condong ke sumber daya secara umum. Misalkan contoh nya seperti peralatan dan barang-barang inventaris yang dimiliki oleh seseorang. Sementara organizin atau funsi manejemen yang kedua ini lebih condong ke sumber daya manusia.

4. Mengkoordinasi

Koordinasi atau mengkoordinasi adalah fungsi manajemen yang memiliki tujuan guna untuk meningkatkan efektifitas kinerja dan efisensi, membentuk suasana dalam kedalam lingkungan kerja menjadi dimansih, nyaman, sehat dan lain sebagainya.

Fungsi manajemen ini dipegang ditangan manajer, jadi setiap orang yang memiliki pangkat sebagai manejer mempunyai fungsi-fungsi utama untuk mengkoordinasi anak buahnya agar bisa lebih meningkatkan kembali penampilan kerjanya.

5. Mengontrol

Mengontrol atau controlling ialah fungsi manejemn yang terakhir, sesudah seluruh atau semua pekerjaan dikerjakan dengan rapih hingga beres maka langkah terakhir ialah mengontrol hasil dari pekerjaan itu. Didalam fungsi manejemen ini terdapat beberapa bagian-bagian penting, misalak seperti adanya pembuatan kebijakan baru dan evaluasi.

Fungsi dari controlling ini sangat penting sekali, kenapa? Agar performa kerja orang-orang didalamnya tidak akan menurun, dan adanya fungsi controlling ini bisa meningkatkan performa kerja setiap orang.

Macam-Macam Manajemen

pengertian manajemen
webbisnis.com

Dalam penerapannya, manajemen itu ada banyak sekali macam-macam manajemennya, semua macam-macam manajemen ini tergantung pada bagiannya masing-masing. Namun jangan khawatir, berikut dibawah ini ada beberapa contoh macam-macam manajemen yang telah kami serat

  • Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja
  • Manajemen laboratorium
  • Manjemen kepada hubungan masyarakat
  • Manajemen sumber daya alam
  • Manejemen emosi

Itulah macam-macam manejemen yang bisa kalian pelari sendiri, karna adanya sistem manajemen seperti ini sangat penting sekali untuk kita terapkan didalam kehidupan kita sehari-hari.

Inti dari pengertian manajemen itu apa? Manajemen ini dapat kita pakai dimanapun dan kapanpun ketika kita membutuhkannya, mulai dari persoalan kecil yakni memanajemen diri sendiri sampai memanajemen usaha (bisnis). Semua bidang, pekerjaan atau lain sebagainya sangat membutuhkan sekali yang namanya manajemen.

Kenapa sih semuanya harus membutuhkan manajemen? Karena, adanya manajemen seperti ini bisa meningkatkan hidup dan kegiatan-kegiatan dalam keseharian kita lebih teratur lagi.

Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian manajemen
kembar.pro

Pengertian manajemen pemasaran ialah cara untuk menganalisa, melaksanakan, merencanakan dan pengawasan kepada program-program yang mana tujuannya itu untuk membuat penukaran dengan pasar yang akan target dengan tujuan untuk bisa menggapai tujuan atau target perusahaan.

Menurut Handoko dan Dharmmesta, 1982 menjelaskan manajemen pemasaran ialah salah satu kegiatan yang dikerjakan dan dilakukan oleh prusahaan-perusahaan guna mempertahankan kelanjutan usaha yang telah dijalaninya.

Kegiatan manajemen pemasaran ini dimulai dari awal sebelum adanya produksi sebuah barang dan tidak berakhir begitu saja ketika penjualan.

Menurut Kotler, 1980 manajemen pemasaran ini adalah merencanakan, menganalisa, melakukan dan pengawasan kepada program-program yang mana tujuan dari program itu untuk membuat pertukaran dengan pasar yang menjadi salah satu target guna untuk menggapai tujuan perusahaan.

Apabila ada perusahaan yang memahami bahwa pemasaran adalah faktor-faktor yang sangat penting untuk keberhasilannya, maka perusahaan itu akan mencari cara dan falsafah baru untuk terikat didalamnya. Mengenai persoalan ini pemasaran bisa memberikan suatu dampak kepuasaan kepada konsumen atas keinginannya.

Menurut Stanton, pengertian pemasaran adalah suatu flasafah usaha yang mengatakan bahwa kepuasan kebutuhan para konsumen adalah salah satu persyaratan ekonomi dan sosial untuk kelanjutan hidup dari sebuah perusahaan. Dalam rancangan pemasaran ini memiliki tiga unsur besar yang ada kandungan didalamnya, diantaranya ialah.

  • Orientasi kepada pelanggan atau pembeli
  • Penyusunan kegiatan atau aktivitas pemasaran yang dikerjakan dan dilakukan secara menyeluruh
  • Kepuasan kepada pelanggan atau pembeli

Sementara untuk kegunaan atau fungsi pemasaran ini ialah kegiatan yang dikerjakan di setiap masing-masing usaha atau bisnis yang terikat kedalam melangkahkan produk dari pembuat sampai bisa kepada tangan konsumen. (William J.Shultz)

Seperti sebelumnya yang telah dikatakan oleh Sofjan Assauri, bahwa fungsi dari pemasaran ini dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Sebagai fungsi penjualan dan pembelian.
  2. Sebagai fungsi suply fisik, yakni meliputi penyimpanan dan distribusi.
  3. Sebagai fungsi penopangan, yakni terdiri dari pengamanan, standarisasi dan grading, penanggunan kepada resiko yang ada, informasi pasar dan informasi keuangan.

Didalam ulasan ini akan lebih mengamati bagaimana fungsi pemasaran seperti yang ada dibawah ini:

  • FUNGSI PEMBELIAN, adalah fungsi supaya bisa mengikuti suatu aktivitas untuk mencari dan juga untuk mengumpulkan produk-produk yang memang dibutuhkan sebagai bahan-bahan persediaan guna untuk memenuhi kebutah konsumen atau pembeli. Pada dasarnya adalah suatu kegiatan untuk mencari penjual dan juga merupakan suatu titik dari kegiatan penjualan.
  • FUNGSI PENJUALAN, dijelaskan sebagai kegiatan yang dikerjakan atau dilakukan supaya bisa mencari calon pembeli atau calon konsumen produk yang suda ditawar-tawarkan oleh suatu perusahaan, dengan tujuan utamanya yakni untuk mendapatkan sebuah keuntungan.
  • FUNGSI TRANSPORTASI, suatu aktivitas atau kegiatan untuk memindahkan suatu produk dari satu daerah ke daerah lainnya,
  • FUNGSI PENYIMPANAN, yakni berfungsi untuk aktivitas peyimpanan produk-produk yang sudah dibeli, persoalan ini dilaksanakan sebagai persediaan supaya bisa menghindari dari adanya kerusakan-kerusakan ataupun resiko-resiko besar lainnya yang bisa mengakibatkan kerugian yang sangat besar.
  • FUNGSI INFORMASI PASAR, fungsi tentang informasi pasar ini sangat luas sekali dan juga menjadi salah satu fungsi yang paling penting apabila dibandingkan dengan fungsi-fungsi lainnya. Adanya persoalan ini disebabkan karena fungsi ini selalu memberikan informasi-informasi mengenai suasana dan keadaan perdagangan secara umum yang masih ada kaitannya dengan hubungan produk-produk tertentu, dan juga harga jual yang diinginkan oleh konsumen serta semua situasai keadaan pasar.

Semua yang sudah ditulis diatas harus bisa kalian kuasai dan juga harus bisa diterapkan oleh pihak manajemen pemsaran sendiri, mesikpun secara teorinya sudah benar dan tidak ada yang salah, namun masih ada aja kendala-kendala yang tak terduga sebelumnya.

Dengan mengerti dan memahami secara lengkap dari fungsi manajemen, nantinya bisa dijadikan sebagai bahan-bahan dasar untuk kita dalam memilih pemasaran yang akan kita pakai dan juga untuk mengoptimalkan semua peluang yang ada.

Artikel ini diambil dari wikipedia.com

Tinggalkan komentar