Pengertian Novel Serta Ciri-Ciri, Lengkap & dengan Unsurnya

PENGERTIAN NOVEL – Hallo teman-teman semua, gimana kabarnya nih? pada sehat kan? Oh iyah, siapa nih diantara teman-teman semua yang tau tentang pengertian novel? Mungkin kebanyakan orang pasti udah pernah dong ngerasain yang namanya membaca novel namun masih aja belum ngerti apa maksud dari novel tersebut.

Biar kalian semua enggak salah paham dan nggak penasaran lagi, alangkah baiknya kalian baca aja isi dari artikel sampai beres. Ada pertanyaan seperti ini “Kenapa harus membaca artikel ini dengan keseluruhan kak?” Ya karena isi dari artikel ini kami sudah mengulas mengenai pengertian novel dan juga definisi novel dan lain sebagainya,

Didalam artikel ini kalian bisa mendapatkan penjelasan mengenai apa saja ciri-ciri dari novel, struktur novel, unsur instrinsik dan ekstinsik novel dan juga dilengkapi dengan contoh-contohnya, pokonya kamu bisa mendapatkan banyak ilmu deh kalo baca artikel ini sampai selesai.

Harapan dari kami, sesudah kalian membaca artikel ini kalian bisa mengerti dan juga paham tententang penjesalan pengertian novel yang kami sampaikan kepada kalian melewati artikel ini. Yah palingg enggak itu bisa nyantol sedikit tentang penjelasan pengertian novel nya hehe 🙂

Gak usah banyak cakap atau bincang lagi yah, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng penjelasan lebih lengkapnya yang telah ditulis dibawah ini:

Pengertian Novel

pengertian novel
dosenpendidikan.com

Novel adalah sebuah karya sastra yang berwujud atau berbentuk berupa karangan bebasa atau cerita yang mempunyai unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Apakah kalian mengetahui awal mulanya kata novel ini berasal dari mana?

Kata novel ini awal mulanya berasal dari bahasa Italia, yakni “novella” yang mana arti dari kata “novella” ini ialah sebuah cerita atau sebuah kisah.

Orang yang suka menulis novel ini disebut sebagai novelis. Isi kata dari novel ini lebih panjang dan juga lebih kompleks dibandingkan dengan isi kata dari cerpen, dan tidak memiliki batasan sajak dan batasan struktural.

Biasanya sebuah novel ini mengisahkan atau menjelaskan mengenai kehidupan manusia yang berhubungan dengan lingkungan-lingkungan dan juga berhubungan dengan sesamanya.

Biasanya didalam sebuah novel itu pengarang selalu berusaha semaksimal dan semampu mungkin untuk memberikan petunjuk-petunjuk kepada pembaca untuk mengetahui informasi tersembunyi, misalkan contohnya seperti penjelasan tentang kehidupan melewati sebuah kisah yang terdapat di dalam novel itu.

Itulah penjelasan mengenai pengertian novel, semoga bermanfaat ya 🙂

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

pengertian novel
sahabatnesia.com

Selain dari pengertian novel biasa, para ahli juga memiliki pengertian novel tersendiri. Berikut dibawah ini terdapat beberapa para ahli dengan pengertian novelnya masing-masin, yuk langsung saja kita simak pengertian novel para ahli ini dengan sungguh-sungguh.

Pengertian Novel Menurut Pulus Tukam, S.pd

pengertian novel
satujam.com

Pengertian novel menurut dari ahlinya yang bernama Pulus Tukam, S.pd bahwa novel ini adalah salah satu karya sastra yang memiliki karakter berupa prosa dan juga mempunyai unsur-unsur intrinsik tersedindiri didalam novel tersebut.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli Drs, Rostamaji, M.pd

pengertian novel
ednews.id

Pengertian novel menurut Drs. Rostamaji, M.dp adalah karya sastra yang didalamnya memiliki 2 unsur, yakni terdiri dari unsru intrinsik dan juga unsur ekstrinsik yang mada kedua unsur dari novel ini ada kaitannya, maka dari itu kedua unsurt tersebut sangat berpengaruh sekali didalam suatu karya sastra.

Pengertian Novel Para Ahli Drs. Jakob Sumardjo

pengertian novel
satujam.com

Novel adalah sebuah karya sastra yang sang terkenal sekali di seluruh dunia, bentuk dari karya sastra berupa novel ini merupakan salah satu karya sastra yang jumlah beredarnya yang paling banyak. Novel ini dicetak karena kekuatan komunitasnya yang sangat luas sekali didalam masyarakat.

Pengertian Novel Menurut Dr. Nurhadi

pengertian novel
sahabatnesia.com

Novel adalah suatu benda yang berbentuk berupa karya sastra yang didalam novel tersebut terdapat macam-macam nilai kehidupan, sosial, pendidikan dan yang terakhir adalah nilai moral.

Ciri-Ciri Novel

pengertian novel
satujam.com

Novel bukan hanya sekedar novel biasa, novel mempunyai ciri-ciri yang berbeda dibandingkan dengan hasil karya-karya sastra lainnya. Berikut ini ialah ciri-ciri novel yang perlu kita ketahui dan juga kita pelajari guna untuk menambah wawasan kepada diri kita.

Ciri-Ciri Novel

  • Novel mempunyai jumlah kata yang cukup banyak, yaitu jumlah kata lebih dari 35.000 kata.
  • Novel mempunyai 100 halaman lebih.
  • Waktu yang digunakan untuk membaca novel ini setidaknya minimal 2 jam lamanya.
  • Kisahnya lebih dari satu efek, impresi, dan juga emosi.
  • Jalan kisah cerita didalam novel ini lebih panjang, namun didalam cerita tersebut banyak sekali kata-kata yang di ulang-ulang.
  • Novel diserat dengan narasi dan juga di dukung dengan penjelasan deskripsi untuk menjelaskan sebuah kondisi dan situasi yang terdapat didalamnya.

Ciri-Ciri Novel Terdahulu

  • Memiliki tema persoalan masalah adat dan pernihakan paksa.
  • Biasanya didalam certianya mengisahkan tentang kritikan-kritikan adat jaman dulu.
  • Tokoh yang dikisahkan didalam novel dari yang muda hingga meninggal dunia.
  • Mempunyai bahasa yang sangat kaku dan statis.
  • Memakai atau menggunakan bahasa yang sangat santun sekali.
  • Mempunyai permasalah diakibatkan adanya perselisihan ketika memilih nilai kehidupan.
  • Memakai kata-kata yang sangat berlebihan.

Ciri-Ciri Novel Remaja

  • Biasanya novel remaja ini memiliki tema mengenai percintaan, persahabatan dan juga pertemanan.
  • Bahasa yang dipakai didalam novel remaja ini ialah bahasa yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari yang memang digunakan oleh para remaja-remaja.
  • Ciri-ciri selanjutnya ialah sama juga dengan novel pada umumnya.

Sturuktur Novel

pengertian novel
sahabatnesia.com

Selain dari ciri-ciri, novel juga memiliki struktur novel yang tersusun sangat beraturan dan juga rapih. Berikut dibawah ini ialah struktur novel yang harus kita ketahui bersama. Selamat menyimak 🙂

  • Abstrak, adalah bagian-bagian ringkasan dari isi kisah yang umumnya bisa dijumpai di bagian awal kisah didalam novel.
  • Orientasi, adalah bagian-bagian ulasan tentang latar waktu dan juga tentan gsuasana (Keadaan). Seperti terjadinya sebuah kisah, terkadang juga berwujud ulasan perwatakan atau ulasan penokohan.
  • Komplikasi, adalah bagian urutan peristiwa yang dihubungkan oleh sebab dan akibat, yang mana setiap kejadian terjadi karena adanya akibat dan disebabkan terlihatnya kejadian-kejadian lainnya.
  • Evaluasi, adalah bagian-bagian dimana permasalahan yang terjadi di tahapan komplikasi tersudut kepada suatu titik-titik tertentu.
  • Resolusi, adalah bagian-bagian yang ada dialam novel yang menunjukkan sebuah solusi atas masalah-masalah yang terjadi.
  • Koda, adalah bagian-bagian akhir atau bagian penutup kisah cerita dalam novel.

Jenis-Jenis Novel

pengertian novel
coretanzone.id

Selain dari pengertian novel, ciri-ciri novel, susunan atau struktur novel, novel juga memiliki berbagai macam jenis-jenis novel yang mana jenis-jenis novel ini bagus sekali untuk kita ketahui bersama. Berikut dibawah ini ialah jenis-jenis novel yang bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat ya 🙂

Jenis-Jenis Novel Berlandaskan Kenyataan Tidaknya ada Kejadian

  • Novel Non Fiksi, adalah novel yang pernah terjadi didalam kehidupan-kehidupan yang nyata.
  • Nocvel Fiksi, adalah novel yang didalam ceritanya tidak nyata atau tidak pernah terjadi kejadiannya didalam kehidupan nyata.

Jenis-Jenis Novel Berdasarkan Tipe Kisahnya (Ceritanya)

  • Novel Romantis, adalah novel yang didalamnya mengisahkan cerita atau sebuah cerita tentang percintaan, tentang kasih sayang dan tentang tentang keromantisan lainnya.
  • Novel Horor, adalah novel yang didalamnya mengisahkan sebuah cerita mengenai persoalan-persoalan yang sangat menyeramkan sekali dan juga sangat menakutkan sekali.
  • Novel Komedi. adalah novel yang didalamnya mengisahkan mengenai cerita atau kisa tentang persoalan-persoalan yang sangat lucu sekali dan juga bisa membuat para pembaca itu tertawa ngakak.
  • Novel Inspiratif, adalah suatu novel yang didalam kisahnya menceritakan cerita atau kisah inspiratif.

Jenis-Jenis Novel Berlandaskan isi Cerita Tokoh

  • Novel Songlit, adalah novel yang didalamnya berisakan kisah cerita yang diambil dari sebuah lagu.
  • Novel Teenlit, adalah novel yang didalamnya berisi kisah mengenai para remaja.
  • Novel Dewasa, adalah novel yang didalamnya menceritakan tentang dunia-dunia para remaja.
  • Novel Chicklit, adalah novel yang didalamnya menceritakan isi tentan seputar wanita-wanita.

Unsur Intrinsik Novel

pengertian novel
nerbitkanbuku.com

Tinggalkan komentar