Pengertian Sungai | Jenis | Proses | Manfaat [Lengkap!]

PENGERTIAN SUNGAI – Negara Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak pulau-pulau, sungai-sungai yang terbentang luas dan panjang di setiap masing-masing daerah yang berada di wilayah Negara Indonesia. Sungai dijadikan tempat oleh penduduk yang digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatannya.

Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan oleh penduduk atau warga ketika di sungai ini adalah mencuci, mengaliri aliran air sungai ke sawah, ladang, dan berbagai macam hal lainnya. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan ulasan tentang pengertian sungai dan dilengkapi oleh turunan-turunannya.

Pengertian Sungai

pengertian sungai
aqieb.com

Sungai ialah merupakan sebuah aliran air yang sumber utamanya berasal dari alam yang mengalir-ngalir dari tempat yang memiliki ketinggian kepada tempat yang lebih rendah atau pendek dan kemudian bermuara ke danau, laut atau sungai yang keadannya lebih besar.

Arus aliran air di bagian kepala sungai mempunyai aliran yang lebih kencang apabila dibandingkan dengan arus sungai pada bagian mulut sungai (hilir). ketika aliran sungai mengalir seringkali mempunyai bentuk dan bentuk itu berliku-liku yang diakibatkan terjadinya sebuah metode erosi dan sedimentasi atau pengendapan di sepanjang sungai.

Selain dari perairan yang berasal dari wilayah pegunungan, air sungai juga bisa berasal dari presipitasi-presipitasi seperti dari air hujan, dari embun, dari mata air, limpasan-limpasan yang berada di bawah tanah, malahan terdapat di beberapa negara lain bahwa air sungai ini sumber utamanya berasal dari lelehan es/salju.

Sungai itu terdiri dari beberapa macam bagiannya, awal mulanya sungai itu berasal dari mata air yang mengaliri menuju anak sungai. Survey mengatakan bahwa terdapat beberapa anak sungai akan bergabung dan menjadi satu tak lain hanya untuk ingin membangun atau membentuk sungai utama.

Aliran arus air pada umumnya akan sedikit berhalangan atau berbatasan dengan saluran-saluran dasar dan pada tebing disebalah kiri dan kanan sungai.

Proses Terbentuknya Sungai

pengertian sungai
pengertian-definisi.blogspot.co.id

Letak air yang berada pada permukaan dataran atau daratan, baik itu air hujan atau dari mata air yang sumber utamanya dari pegunangan, atau juga dari es yang beku tiba-tiba mencair, dan air-air itu semua entah dari mana sumber utamanya akan mengaliri dan melewati saluran-saluran menuju kepada tempat yang lebih dangkal.

Awalnya saluran-saluran yang dilewati rata-rata keadaannya pendek dan semit, akan tetapi ketika lihat melalui proses alamiah aliran-aliran air ini sedikit demi sedikit mengikis wilayah-wilayah tempat yang sudah dilewatinya. Dampaknya, saluran ari ini lama kelamaan semakin panjang dan lebar.

Nah disitulah mulai terbentuknya atau terjadinya sebuah sungai.

Jenis-Jenis Sungai

pengertian sungai
blog.jelaja.com

Sungai adalah salah satu sumber air untuk kehidupan manusia, hewan atau pun tumbuh-tumbuhan yang hidup dan ada didalam muka bumi ini. Semua makhluk hidup yang berada di muka bumi memang membutuhkan dan sangat memerlukan sekali akan pentingnya air utuk bisa mempertahankan kesehatan dan kelanjutan hidupnya.

Air sungai mengalir dari kepala sampai ke hilir dan aliran sungai ini bergerak dari tempat yang memiliki ketinggian sampai ke tempat yang paling rendah. dan atau pun dangkal. Aliran air sungai ini akan berkahir apabila ia menemukan suasana laut atau pantai. sehingga yang tadinya air tidak terasa asin (tawar) karena terkena zat-zat garam di bagian laut yang luas.

Sungai bisa dibagi menjadi beberapa jenis yang berdasarkan dengan bentuknya, yaitu:

A. Sungai Hujan

Jenis dari jenis sungai hujan ialah sungai yang sumber utama airnya berawal dari rintikan air hujan yang mana rintikan-rintikan air hujan itu berkumpul dan membuat atau membentuk sebuah aliran air yang sangat-sangat begitu besar.

B. Sungai Campuran

Jenis dari sungai campuran ialah air sungai yang memiliki pencampuran antara air salju yang mencair dan air hujan yang turun kebumi dengan beriringan. contoh dari sungai campuran ialah sungai digul yang berada di wilayah Papua atau irian jaya.

C. Sungai Gletser

Jenis dari sungai gletser ini ialah sungai-sungai yang berawal dari salju atau es beku yang mencair lalu berkumpul dan bergabung menjadi satu untuk mengaliri air yang lebih besar dan deras lagi. Sungai membramo atau memberamo yang berada di wilayah kepulauan papua merupakan salah satu contoh dari sungai gletser yang ada di Negara Indonesia

Sungai gletser adalah sungai yang sumber airnya berasal dari salju yang mencair berkumpul menjadi kumpulan air besar yang mengalir. Sungai membramo / memberamo di daerah papua / irian jaya adalah salah satu contoh dari sungai gletser yang ada di Indonesia.

Morfologi Sungai

pengertian sungai
naturalandadventure.blogspot.co.id

Morfologi sungai ialah sebuah ilmu yang mengajari mengenai ukuran dan bentuk (geometri, jenis-jenis, sifat dan kepribadian sungai dengan segala aspek-aspek dan perubahannya didalam sudut pandang ruang dan waktu. Dengan seperti ini, morfologi sungai bakal menyangkut sifat dinamik sungai dan keadaan-keaaan yang saling tercangkup.

Manfaat Sungai

pengertian sungai
klimg.com

Air sungai sering sekali dimanfaatkan oleh manusia-manusia dan makhluk hidup yang ada di dunia ini untuk memenuhi berbagai macam keperluan, contoh kecilnya misalkan untuk mencuci pakaian atau peralatan dapur yang memang sudah kotor dan harus di cuci.

Tetapi selain dimanfaatkan untuk mencuci pakain dan mencuci peralatan dapur, air sungai juga bisa dimanfaatkan untuk memasak makanan apabila airnya jernih dan masih bersih, bisa digunakan untuk mandi seseorang, air sungai juga bisa dialirkan untuk lahan pertanian, dan bisa juga untuk dijadikan sumber air minum.

Hewan-hewan dan para tumbuh-tumbuhan yang hidup juga membutuhkan yang namnya air untuk menjaga kehidupannya, jikalau mereka para hewan dan tumbuh-tumbuhan kekurangan air maka akan mengalami kematian dan ke guguran, maka dari itu mereka semua membutuhkan yang namanya air.

Selain dari itu, sungai-sungai besar dipakai untuk sarana atau alat transportasi yang menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah-wilayah lainnya. Sungai selain dijadikan sebagai sarana transportasi atau alat transportasi, sungai juga selalu dimanfaatkan kegunaannya sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Pengertian Pola Aliran Sungai

pengertian sungai
ahmadwildanfathanii.blogspot.co.id

Sungai yang berada didalam muka bumi ini akan merancang atau menyusun pola-pola ternetu yang mana pola tersebut adalah pola aliran air. Pola aliran air memang sangat berpengerahun oleh keadaan geologi yang dilewati oleh struktur-struktur geomorfologinya.

Nah, dibawah ini akan ada pembahasan tentang pola aliran air sungai yang kerap kita jumpai, berikut dibawah ini pola-pola aliran sungai yang kerap dijumpai.

A. Pola Aliran Sungai Radial

Pola aliran radila ialah merupakan sebuah pola aliran sungai yang meluas dan menyebar dari atas puncak menuju ke arah lereng-lereng lembahnya. Pola aliran radial ini terbagi dua bagian, yakni pola aliran radial sentripetal dan pola aliran radial sentrifugal.

Pola aliran radial sentrifugal ialah merupakan suatu pola yang meluas dan menyebar meninggalkan pusatnya. Pola aliran air sungai seperti ini terdapat di wilayah vulkan gunung-gunung yang memiliki bentuk seperti bentuknya kerucut.

Sementara dengan pola aliran sungai sentripetal ini merupakan pola aliran yang berkumpul atau mengumpul yang mengarahkan untuk menuju ke pusat. Pola aliran sungai seperti ini biasanya terdapat di daerah atau wilayah-wilayah cekungan atau basin yang memiliki jalan keluar.

B. Pola Aliran Sungai Dendritik

Pola aliran dendritik ini ialah merupakan suatu pola lairan yang alirannya itu tidak teratur, dan adanya pola seperti ini terdapat di wilayah atau daerah dataran, misalkan seperti pantai dan dataran-dataran rendah lainnya. Pola aliran dendritik ini juga bisa kita lihat di wilayah plato.

C. Pola Aliran Sungai Trelis

Pola Aliran Trelis ialah merupakan suatu pola aliran yang rata-rata sejajar dengan anak sungai mengalir ke sungai utama dan bentuknya itu seperti halnya daun. Aliran sungai seperti ini biasanya bisa kita jumpai ketika kita berada di daerah pegunungan lipatan.

D. Pola Aliran Sungai Anular

Pola aliran sungai anular ini ialah merupakan suatu pola aliran yang awal mulanya seperti radial sentrifugal lalu muncul lah sungai-sungai subsekuen  yang setara dengan bentuk sungai resekuen dan obsekuen. Pola aliran anular seperti ini bisa kita jumpai di wilayah dome stadium dewasa.

E. Pola Aliran Pennate

Pola aliran pennate ini ialah merupakan suatu pola liran sungai yang mana muara-muara anak sungai bergabung dan membentuk sudut yang lancip. Pola aliran seperti ini bisa kita jumpai juga dan biasanya kerap juga dijumpai di wilayah yang mempunyai kemiringan lereng yang sangat curam.

_____________________________________________

Alahamdulillah baru saja kita menyelesaikan tulisan artikel tentang education yang sangat bermanfaat untuk kita, dan itulah postingan artikel yang kami posting saat ini, semoga bisa lebih bermanfaat juga terutama untuk diri saya dan teman-teman semua. Oh iya jangan lupa juga yah untuk share artikel ini supaya bisa lebih bermanfaat untuk orang-orang banyak. Terimakasih telah berkunjung 🙂

Tinggalkan komentar