Perdagangan Internasional | Pengertian, Teori, Kebijakan Lengkap dengan Faktornya

PERDAGANGAN INTERNASIONAL – Perdagangan internasional ialah perdagangan antara dua belah bagian yang awalnya berasal dari negara yang berbeda-beda, dan berlandaskan dengan perjanjian yang sudah disetujui bersama. Bagian yang mengerjakan perdagangan ini bisa berwujud perorangan, perusahaan bahkan pemerintahan pun bisa.

Mungkin sebagian dari kalian semua sudah pernah ada yang melakukan transaksi pembelian barang-barang impor, misalkan seperti kosmetik, tas, sepatu, jaket, atau barang-barang lain sebagainya. Selain dari barang-barang, banyak juga makanan-makanan yang sering kalian nikmati kelezatannya ternyata makanan tersebut di produksi di luar negeri.

Lantas bagaimana barang-barang dan makanan tersebut bisa sampai hingga ke dalam negeri kita? Jawabannya ialah, barang-barang dan makanan bisa masuk kedalam negara Indonesia ini karena perdagangan mereka dilakukan dengan cara perdagangan internasional.

Oh iya mengenai perdagangan internasional, apakah diantara teman-teman semua sudah ada yang paham atau benar-benar paham dengan tema pada kali ini yaitu perdagangan internasional? Jikalau sebagian diantara kalian memang belum ada yang mengetahui atau mengerti tentang apa itu perdagangan internasional maka pada kesempatan kali ini saya kan berbagi sedikit wawasan tentang perdagangan seperti ini.

Tak usah berlama-lama untuk berbincang, lalu apa yang harus dilakukan selain berbincang? Kalian semua bisa langsung menyimak atau memperhatikan pembahasan tentang perdagangan internasional dibawah ini. Berikut pembahasan dimulai dengan pengertian perdagangan internasional terlebih dahulu. Selamat menyimak ūüôā

Baca juga Pengertian organisasi

Pengertian Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
hidupsimpel.com

Perdagangan internasional ialah kegiatan jual beli jasa atau jual beli barang yang dikerjakan oleh dua bahkan bisa lebih dari satu atau dua negara untuk melengkapi kebutuhan bersama.

Dari pengertian perdagangan internasional diatas bisa kita artikan bahwa aktivitas dalam perdagangan internasional ialah sebuah aktivitas jual beli barang atau pun melakukan jual beli jasa ke luar negeri. Ketika kita hendak membeli suatu produk berada di luar negeri, maka kegiatan tersebut dikatakan sebagai sebutan impor.

Sementara sebuah aktivitas atau kegiatan dalam menjual suatu produk ke luar negeri itu maka disebut atau dikatakan dengan sebutan ekspor.

Sementara para eksekutor atau pelaku impor disebut sebagai sebutan importir dan para eksekutor atau pelaku ekspor disebut dengan sebutan eksortir. Namun di bagian prakteknya, kegiatan atau sebuah aktivitas yang berada didalam perdagangan internasional ini sama dengan aktivitas perdagangan-perdagangan biasanya yang biasa dilakukan para pedagang didalam negeri.

Lantas apa yang bisa membedakan perdagangan internasional dengan perdagangan-perdagangan biasanya? Yang membedakan antara perdagangan internasional dengan perdagangan-perdagangan biasa ialah hanya kepada daerah dan alat-alat pembayaran yang memang telah disepakati oleh setiap-setiap negara yang menerima.

***

Demikian ulasan mengenai pengertian perdagangan internasional mudah mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Selain dari pembahasan tentang pengertian perdagangan internasional, disini saya pun akan sedikit membahas tentang teori perdagangan internasional. Berikut ulasan lengkapnya.

Teori Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
globalriskinsights.com

Setelah kita mengulas tentang pengertian perdagangan internasional yang kita bahas diatas ini, namun pada kali ini kita akan sedikit membahas tentang teori perdagangan internasional. Nah teman-teman perlu kita ketahui bahwa teori perdagangan internasional ini terbagi menjadi dua bagian.

Apa saja bagian-bagian dari teori perdagangan internasional ini? Teori perdagangan internasional ini terbagi menjadi dua bagian, diantaranya ialah sebagai berikut.

Teori Keunggulan Mutlak

Teori keunggulan mutlak ini mengatakan bahwa perdagangan internasional ini akan memberikan sebuah keuntungan atau laba kepada negara yang bisa mengerjakan atau memproduksinya dengan catatan harga yang lebih kecil apabila dibedakan dengan harga yang telah ditetapkan di negara-negara lain.

Penjelasan contohnya akan diberikan pada tabel yang tercantum dibawah ini:

NEGARA A  NEGARA B
 Jaket  5 Jaket/Jam  2 Jaket/Jam
 Sepatu 1 Sepatu/Jam  7 Sepatu/Jam

Teori Keunggulan Komparatif

Berlandaskan dengan teori keunggulan komparatif, walaupun terdapat suatu negara yang tidak mempunyai keunggulan-keunggulan mutlak atau sepenuhnya dalam membuat atau memproduksi produk, maka negara tersebut bisa mengerjakan kegiatan atau aktivitas jual beli atau perdagangan internasional terhadap produk yang paling efisien dan produktif untuk dibuat.

Penjelasannya akan kami ulas melalui tabel yang ada dibawah ini:

NEGARA A  NEGARA B
 Jaket  6 Jaket/Jam  2 Jaket/Jam
 Sepatu  3 Sepatu/Jam  2 Sepatu/Jam

Apabila kita pandangan terhadap dasarnya bahwa negara A mempunyai kelebihan yang baik dalam membuat atau produksi jaket atau pun sepatu. Walaupun seperti itu, biasanya jumlah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi sebuah produk lebih besar apabila dibandingkan dengan biaya pengeluaran untuk produksi negara B.

( 1 Sepatu di negara A = 2 sepatu di negara A, sedangkan 1 sepatu di negara B = 1 Jaket negara B). Maka dari itu negara A dan negara B bisa mengerjakan atau melakukan kegiatan berupa perdagangan, dengan negara A memproduksi atau membuat jaket dan negara B membuat sepatu.

Wujud/Bentuk dari Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
gurupendidikan.co.id

Sebelum kita mengulas bentuk atau wujud dari perdagangan internasional. Apakah diantara kalian sudah mengetahui atau memehaminya? Jikalau belum, maka kita perhatikan pembahasan artikel ini yang akan membahas tentang bentuk atau wujud dari perdagangan internasional.

Berikut dibawah ini bentuk perdagangan internasional yang perlu kalian ketahui.

  • PERDAGANGAN BILATERAL¬†ialah perdagangan yang dikerjakan antar dua negara.
  • PERDAGANGAN REGIONAL ialah perdagangan yang dikerjakan oleh negara-negara yang letak lokasinya berada di daerah kawasan-kawasan tertentu, misalnya seperti ASEAN, negara Uni Eropa.
  • PERDAGANGAN MULTILATERAL ialah perdagangan antar negara tanpa adanya batasan-batasan pada kawasan-kawasan tertentu.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
satujam.com

Ada pun perdagangan internasional ini terjadi karena disebabkan adanya faktor yang mendorong perdagangan internasional ini terjadi. Lantas apa saja faktor-faktor yang mendorong atau mendukung adanya perdagangan seperti ini di setiap negara?

Berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya.

  • Ketersediaan Sumber Daya Alam
    Tidak seluruh negara yang ada di dunia ini merupakan negara yang memiliki atau penghasil rempah-rempah, atau juga tidak semua negara yang ada di dunia ini menghasilkan bahan-bahan tambang.
  • Perbedaan Faktor Produksi
    Walaupun mempunyai sumber daya yang banyak, tidak semua negara di dunia ini yang mempunyai modal dan pengetahuan-pengetahuan untuk mengelola sumber daya alam yang ada.
  • Dibutuhkan Untuk Melengkapi Kebutuhan Dalam Negeri
    Tidak semuanya kebutuhan dalam negeri bisa dilengkapi dengan pembuatan atau produksi dalam negeri.
  • Mendapatkan Laba/Keuntungan dari Perdagangan Antar Negara
    Keuntungan atau laba yang didapati meningkat karena semakin besarnya target pasar dari barang-barang yang dibuat atau diproduksi.
  • Mempunyai Keinginan untuk Memperluas Pasar
    Pelebaran atau perluasan pasar diperlukan untuk menggapai skala ekonomis ketika sedang berproduksi.
  • Mempunyai Keinginan untuk Melakukan Kerja Sama dengan Orang lain
    Perdagangan internasional ini pun bisa menjadi salah satu cara yang dikerjakan untuk menjaga dan mempererat hubungan yang sedang dijalin dengan negara lain, sehingga kerja sama ini bisa juga mewujudkan kerjasama dalam bidang lain akan tercipta.

***

Nah itulah penjelasan tentang faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional di dunia ini mudah mudahan adanya ulasan seperti ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan untuk teman-teman semua. Oh iya, selain dari ulasan mengenai faktor pendorong perdagangan internasional, disini selaku saya sebagai penulis dari artikel ini akan sedikit mengulas juga materi tentang Manfaat-manfaat dari perdagangan.

Berikut dibawah ini pembahasannya.

Manfaat Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
investorsking.com

Perdagangan internasional antara negara-negara yang beragam bukanlah menjadi suatu kegiatan atau aktivitas baru. Sejarah sudah memperlihatkan bahwa dari jaman dulu sudah ada yang namanya perdagangan internasional, contoh kecil misalnya seperti teh, sutra, rempah-rempah dan produk produk lain sebagainya.

Walaupun perdagangan semacam ini telah berjalan selama kurun waktu yang memang cukup lama, akan tetapi manfaat-manfaat dari perdagangan internasional ini sangat banyak sekali. Dan sampai saat ini, manfaat dari perdagangan dengan menggunakan sistem seperti ini bisa dirasakan oleh kita semua dampak positifnya.

Manfaat yang didapat oleh perdagangan internasional bisa kita lihat dari berbagai bagian kehidupan seperti:

Manfaat Umum

Biasanya, perdagangan internasional ini bisa memberikan manfaat-manfaat seperti dibawah ini

  • Melengkapi Kebutuhan – Bisa melengkapi kebutuhan dengan barang-barang atau produk yang memang tidak bisa diproduksi didalam negeri. Beberapa masalah yang bisa mempengaruhi adanya perbedaan-perbedaan hasil buatan atau produksi dalam setiap negara, diantara seperti keadaan geografi, tingkat kemampuan iptek dan lain sebagainya.
  • Mendapatkan Keuntungan/Laba – Mesikpun kadang-kadang ada dari sebagian negara yang bisa membuat jenis produk yang sama, namun alangkah baiknya apabila negara itu mengimpor produk tersebut dari luang negeri. Seperti halnya dengan PBB untuk menjalin hubungan untuk kerjasama, termasuk juga dalam bidang perekonomian yang sangat menguntungkan sekali.
  • Mengembangkan/Memperluas Pasar Perdagangan¬†– Ada saatnya seluruh para pengusaha-pengusaha besar atau pun kecil akan merasakan yang namanya kekhawatiran untuk membuat produk-produk barang dalam skala besar dengan keadaan pasar atau target jual yang tidak sepadan. Persoalan ini dapat menyebabkan kerugian yang sangat besar dikarenakan setiap penjualan setiap produk harus menurunkan harga produk dari harga jual sebelumnya. Maka dari itu adanya manfaat perdagangan seperti ini para pengusaha-pengusaha tidak usah merasa khawatir untuk menjual produk-produk yang akan dijual di pasar, karena mereka ini para pengusaha bisa menjual barang jual mereka keluar negeri.
  • Transfer Teknologi Modern/Kekinian¬†– Manfaat dari perdagangan ini pun bisa memungkinkan sebuah negara untuk bisa belajar menguasai teknik-teknik dan juga memanajemen pembuatan barang yang lebih bagus serta lebih modern dari negara-negara lainnya. Termasuk juga manfaat internet yang bisa membuka suatu peluang untuk online shop.

Manfaat didalam Bidang Sosial

Didalam bidang sosial juga terdapat dua macam manfaat dari perdagangan internasional. Diantaranya ialah:

Bisa melindungi dari terjadinya krisis – Disamping mendapatkan keuntungan atau laba financial, perdagangan seperti ini juga bisa sangat berfungsi didalam bidang. Misalkan sebagai contoh kecilnya ialah, ketika terjadinya sebuah krisis pangan yang berdampak kepada suatu hal yang akan terjadinya krisis ekonomi, negara penghasil beras bisa mengekspor beras tersebut ke negara yang sedang terjadi krisis pangan tersebut.

Mempererat tali persaudaraan antar negara РSaat ini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan yang bermunculan dimana-dimana dan sebagian dari sahamnya dimiliki oleh beberapa penguasa yang berasal dari berbagai macam negara. Persoalan ini akan sangat bermanfaat sekali untuk mempererat tali persaudaraan antar setiap masing-masing negara.

Manfaat didalam Bidang Keamanan dan Politik

Selain bermanfaat untuk umum, bermanfaat untuk bidang sosial dan manfaat-manfaat lainnya, perdagangan internasional ini juga bisa bermanfaat didalam bidang keamanan dan juga politik. Berikut dibawah ini manfaat-manfaat dari bidang keamanan dan politik:

  • Sebuah negara yang akan membangun senjata nuklir bisa dikenakan sanksi ekonomi, yakni dengan tidak izinkan atau diperbolehkan oleh negara-negara lain untuk melakukan atau menjalin hubungan perdagangan dengan negara tersebut. Biasanya cara seperti ini terlebih dahulu harus mendapatkan sebuah persetujuan dari PBB. Persoalan ini dikerjakan untuk membangun dan menciptakan keamanan global.
  • Dengan adanya perdagangan seperti ini, suatu negara atau setiap masing-masing negara bisa mengimpor sistem persenjataan yang tidak bisa dibuat didalam negeri.
  • Mencegah juga perdagangan produk-produk ilegal. Apa saja? Misalkan contoh kecilnya seperti senjata gelap, hewan-hewan langka, obat-obatan terlarang yang bisa membahayakan jiwa, hewan ternak yang bisa membawa atau menimbulkan penyakit yang menular kepada orang lain, dan lain sebagainya.
  • Adanya sistem perdagangan seperti ini pun bisa mempererat hubungan politik terhadap setiap negara sehingga dengan persoalan seperti itu bisa menjalin atau menjalankan persahabatan antar negara.

Contoh Perdagangan Internasional

perdagangan internasional
kusnendarday.files.wordpress.com

Ada 2 contoh dari perdagangan ini, diantaranya ialah seperti impor dan ekspor. Berikut dibawah ini penjelasannya.

1. Ekspor

Ekspor ialah aktivis perdagangan atau penjualan produk dali dalam negeri ke luar negeri. Sistem dari pembayaran, kuantitas dan kualitas produk, dan persyaratan-persyaratan penjualan produk lainnya sudah disepakati atau setujui oleh kedua belah pihak, pihak eksportir dan pihak importir.

2. Impor

Impor ialah kegiatan atau aktivitas perdagangan yang berwujud seperti pembelian barang atau jasa-jasa dari sebuah negara ke dalam negeri. Aktivitas ini dikerjakan oleh perorangan atau lembaga yang biasa disebut dengan sebutan importir. Aktivitas impor ini bisa memunculkan akibat negatif untuk ekonomi negara. Maka dari itu, negara melakukan batasan-batasan untuk impor guna menjaga produsen-produsen yang ada didalam negeri.

Misalkan contoh seperti ini: Indonesia mendatangkan sarana transportasi seperti pesawat, kapal, dan kereta dari luar negeri untuk memenuhi keperluan-keperluan transportasi di dalam negeri.

***

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perdagangan internasional. Mudah-mudahan dengan adanya ulasan seperti ini bisa sangat bermanfaat sekali untuk kita semua dan juga bisa menambah sedikit wawasan tentang perdagangan bagi diri kita pribadi.

Sebagian sumber dari wikipedia

Tinggalkan komentar