35+ Rumah Adat | Jawa | Indonesia | Kalimantan | Sumatera | Bali | Lengkap Gambar & Deskripsinya

RUMAH ADAT – Hallo teman-teman semua kali ini kita jumpa lagi dengan baabun, nah kali ini baabun akan membuat artikel tentang Rumah Adat lo, yang mana artikel ini bisa kalian jadikan referensi apabila kalian mendapati tugas dari guru kalian untuk mencari tau tentang apa saja yang ada di Indonesia.

Oh iya, apakah diantar kalian ada yang mengatahui nama-nama yang berada di Negara kita ini, Indonesia Raya? Mungkin ada sebagian dari kalian yang memang belum megetahui secara keseluruhan tentang apa saja  yang ada, dan awal mulanya ini berasal dari daerah mana.

Yuk, langsung saja kita simak pembahasan mengenai nama Rumah Adat Indonesia lengkap dengan asal mula daerahnya. Semoga bermanfaat 🙂

1. Rumah Adat Krong Bade (Nanggroe Aceh Darussalam)

rumah adat
desakputukorpiyoni.wordpress.com

Gambar yang terdapat diatas ini merupakan Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam, nama dari rumah tradisional ini ini adalah rumah Krong Bade, yang mana rumah ini juga sangat dikenal oleh orang-orang yang dijuluki sebagai rumoh Aceh.

Ciri khas dari ini ialah didepan rumahnya terdapat tangga yang dipakai sebagai jalan utama untuk bisa memasuki kedalam rumah. Biasanya Rumah Krong Bade ini memiliki jumlah anak tangga yang ganjil.

Rumah Krong Bade ini memiliki wujud yang berbentuk persegi panjang dan juga sengaja dibuat dan dibangun memanjang dari arah timur ke arah barat. Dinding dari tumah tersebut terbuat dari kayu dan juga dihiasi dengan berbagai macam lukisan yang indah.

Lantai dari rumah tersebut terbuat dari enau atau bisa juga disebut dengan bambu, dan atap dari rumah tersebut terbuat dari daun rumbia.

2. Rumah Adat Sumatera Utara (Rumah Bolon)

rumah adat
flickr.com

Rumah Adat Sumatera Utara (Rumah Bolon). Rumah bolon ini terbagi menjadi beberapa macam jenis-janis yang mana masing-masing jenis dari rumah tersebut memiliki nama rumah yang sangat unik, jenis-jenis dari Rumah bolon ini ialah seperti Rumah Bolong Toba, Rumah Bolon Karo, Rumah Bolon Mandailing, Rumah Bolon Pakpak dan jenis yang terakhir ialah Rumah Bolong Angkola.

Ciri-ciri yang sangat khas radi rumah bolon ini ialah bentuk atau wujud rumah tersebut ialah seperti bentuk panggung yang rumah itu terbentuk dari beberapa tiang yang menjadi pondasinya. Dinding dari Rumah Bolon juga terdapat hiasan-hiasan yang indah dengan bunga khas Simalungun yang memiliki warna merah, warna putih dan juga warna hitam.

Bunga-bunga ini juga menjelaskan tentang pandangan dan cerita kehidupan Suku Batak.

3. Rumah Adat Sumatera Barat (Rumah Gadang)

rumah adat
arsitag.com

Rumah gadang ialah Rumah Adat yang asal mulanya berasal dari daerah Provinsi Sumatera Barat, Oh iya Rumah Gadang ini memiliki beberapa jenis nama, diantara lain ialah seperti Rumah Baanjuang, Rumah Bagonjong dan yang terakhir ialah Rumah Godang.

Selain itu, Rumah Gadang juga memiliki ciri khas yang sangat unik, ciri khas dan keunikan dari Rumah Gadang ini memiliki bentuk bangunan dengan arsitektur atapnya menyamai seperti tanduk kerbau yang terbuat dari bahan-bahan serabut.

Rumah Gadang ini memiliku fungsi sebagai tempat tinggalnya para keluarga, bisa juga berfungsi sebagai tempat yang digunakan untuk merawas seluruh anggota keluarga yang sedang sakit, selain itu Rumah Gadang ini juga berfungsi sebagai tempat pelaksanaan upacara adat dan sebagai simbol-simbol kehadiran suatu kaum.

4. Rumah Adat Riau (Rumah Melayu Selaso)

rumah adat
rumah-adat.com

Rumah Adat Riau atau bisa disebut sebagai Rumah Melayu Selaso, Rumah Melayu Selaso ialah rumah tradisional (Adat) yang letaknya didaerah Riau dan berasal dari daerah Provinsi Riau.

Rumah Melayu Selaso ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni mempunyai keunikan pada bentuk rumahnya yang terdapat kolong atau juga yang pada umumnya sering disebut dengan Rumang Panggung. Rumah Melayu Selaso ini terdiri dari beberapa macam tiang dengan wujud dan bentuk bangunan persegi panjang.

Selain dari itu, Rumah Selaso Jatuh Kembar ini memiliki ukiran-ukiran melayu seperti selembayung, pucuk rebung, bergayut dan juga masih banyak jenis-jenis lainnya.

Rumah Adat Selaso Jatoh Kembar sendiri memiliki definisi, rumah yang mempunyai dua selaso yang mana arti dari kata tersebut ialah lantai rumah lebih rendah dari pada ruang tengah.

5. Rumah Adat Jambi (Rumah Panjang)

rumah adat
anakpintar.web.id

Rumah Adat Riau atau biasa disebut oleh orang-orang sebagai sebutan Rumah Panjang, Rumah Panjang ini berasal dari Provinsi Jambi.

Oh iya, Rumah Jambi ini mempunyai ciri khas tersendiri, misalkan seperti halnya dengan bentuk dari Rumah Adatnya yang memanjang. Selain dari itu rumah tradisional ini mempunyai corak-corak yang sangat khas dan unik sekali. Di daerah Jambi, Rumah Tradisional ini hampir tiada (punah).

Mengapa demikian? Karena penduduk atau masyarakat di daerah Jambi ini banyak yang memilih rumah modern dibandingkan Rumah Adat yang merupakan sebuah peninggalan dari orang-orang terdahulu mereka, sangat disayangkan sekali bukan jikalau peninggalan-peninggalan dari orang-orang terdahulu harus punah?

Ya, tentu saja sangat disayangkan sekali, maka dari itu kita sebagai generasi muda harus suka relawan dan ikhlas untuk merawat dan melestarikan kembali peninggalan-peninggalan dari orang-orang terdahulu kita seperti halnya dengan Rumah Adat Jambi ini.

6. Rumah Adat Bangka Belitung (Rumah Limas dan Rakit)

rumah adat
lihat.co.id

Rumah Panjang ialah Rumah Adat yang letaknya berada di daerah Provinsi Jambi, dan asal mula Rumah Panjang ini berasal dari daerah Provinsi Jambi.

Rumah Panjang ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni memiliki postur atau bentuk rumah yang panjang ke belakang. Bukan hanya itu saja, Rumah Panjang ini mempunyai corak-corak yang sangat unik dan sangat khas dan jarang ditemukan apabila didaerah-daerah tempat kalian tinggal.

Namun sangat disayangkan sekali, di wilayah Jambi Rumah Adat ini hampis saja punah dan tidak diurus oleh para penduduk dan masyarakat setempat.

Kenapa? Karena, kebanyakan saat ini masyarakat setempat lebih memilih model rumah yang modern dari pada rumah panjang. Sangat disayangkan sekali bukan? Maka dari itu kita semua selaku bagian-bagian dari generasi muda dan generasi bangsa, kita harus rela berkhidmat kepada negara yaitu dengan cara melestarikan dan merawat kembali peninggalan-peninggalan orang terdahulu sebelum kita.

7. Rumah Adat Jambi (Panggung Kajang Leko)

rumah adat
WordPress.com

Rumah Panggung Kajang Leko ialaj Rumah Adat yang berasal tepat dari daerah Provinsi Jambi. Rumah Panggung Kajang Leko ini ialah Rumah Tradisional (Adat) yang memang bisa terbilang cukup lengkap, karena didalam ruangan rumah ini terdapat 8 ruangan didalamnya yang bisa digunakan oleh setiap manusia yang ada didalam rumah tersebut.

Ruangan yang ada di bagian depan biasa disebut dengan sebutan jogan, yang mana ruangan tersebut biasa dipakai sebagai sarana tempat untuk istirahat dan juga sebagai tempat penyiapan air, ada juga ruangan kedua yakni ruangan serambi depan namanya, ruangan tersebut diapakai sebagai tempat untuk menerima tamu khusus untuk kaum pria saja.

Untuk ruangan ketiga, ruangan tersebut disebut sebagai ruang serambi dalam yang mana ruangan serambi dalam ini dikhususkan sebagai tempat yang digunakan untuk tidur anak laki-laki saja. Untuk ruangan keempat disebut sebagai emben melintang yang digunakan untuk kamar pengantin baru.

Untuk ruangan kelima disebut sebagai ruangan serambi belakang, yang mana ruangan tersebut dipakai untuk menerima atau penerimaan tamu para kaum wanita. Untuk ruangan keenam disebut sebagai ruangan leren, yang mana kegunaan dari ruangan keenam ini digunakan sama dengan ruangan kelima, yaitu untuk menerima tamu perempuan.

Untuk ruangan yang ketujuh ini biasanya disebut dengan sebutan garang, yang mana ruangan tersebut dijadikan tempat untuk memasak dan juga biasa dipakai untuk tempat penyimpanan air. Untuk ruangan kedelapan ialah ruangan dapur yang pada umumnya ruangan ini dipakai untuk memasak makanan-makanan di rumah.

8. Rumah Adat Bengkulu (Rumah Rakyat)

rumah adat
sahabatnesia.com

Gambar diatas ialah gambar Rumah Adat yang letaknya berada di daerah Bengkulu, yakni nama dari rumah tersebut ialah Rumah Rakyat. Rumah Tradisional ini merupakan salah satu penginggalan orang-orang terdahulu sebelum kita yang berada didaerah Bengkulu.

Didalam Rumah Adat ini terdapat beberapa bagian ruangan-ruangan yang bersifat khusu untuk Rumah Rakyat, ruangan-ruangan yang terdapat didalam rumah tersebut ialah terdiri dari Ruangan Berendo atau jik apabila diulas didalam bahasa Indonesia adalah beranda, yang nama ruangan tersebut digunakan sebagai tempat penerimaan tamu.

Selain itu, ada juga Ruangan Blik Gadang namanya, yang mana ruangan tersebut diapakai untuk kamar utama, dan juga ada Ruangan Blik Gadis, yang mana Ruangan Blik Gadis ini biasa dipakai untuk kamar anak-anak perempuan. Nah ruangan terakhir ini adalah Ruang laki, yang mana digunakan untuk kamar anak-anak laki.

9. Rumah Adat Sumatera Selatan (Rumah Limas)

rumah adat
alampedia.blogspot.co.id

Gambar yang tertera diatas ini ialah rumah limas, yang mana rumah limas ini merupakan salah satu Rumah Adat yang berada di Negara Indonesia dan letaknya tepat berada di daerah Provinsi Sumatera Selatan. Rumah Limas ini memiliki bentuk atap seperti limas. Dengan gaya desain lantai depan yang bertingkat dan juga berbentuk seperti panggung.

Bahan-bahan yang dipakai untuk tiang dan rang ini berupa kayu, yang mana kayu tersebut berasal dari kayu ulin, sehingga kayu tersebut kuat, sementara pada bagian-bagian lainnya menggunakan kayu tembesu. Kedua bahan kayu tersebut sangat dikelan sebagai kayu yang berkualitsa tingi, sehingga Rumah Adat Limas bisa bertahan dan berdiri kokoh hingga puluhan tahun lamanya.

10. Rumah Adat Lampung (Rumah Nowou Sesat)

rumah adat
malahayati.ac.id

Gambar yang ada diatas tulisan ini ialah terdapat sebuah gambar Rumah Adat Lampung, yang mana nama dari Rumah tradisional itu ialah “Sowou Sesat” yang mana arti kata tersebut adalah Ibadah (Rumah Ibadah), menurut atau mendengar cerita dari masyarakat setempat bahwa Rumah Sowou Sesat ini dibangun dengan keinginan untuk beribadah.

Mempunyai keinginan juga ketika membentuk keluarga dan mendidik seorang anak terhadap pondasi ibadah, sehingga rumah nowou sesat. Apabila kita telusuri terus menurus, maka Rumah Nowou Sesat ini mempunyai makna yang sangat baik sekali.

Namun, sangat disayangkan sekali Rumah Adat yang memiliki bentuk seperti panggung dan pada atapnya berasal dari ialalng saat ini sudah susah sekali untuk kita jumpai, padahal Rumah Tradisional (Adat) lampung ini termasuk kedalam rumah yang memeiliki arsitektur kayu minimalis.

Sehingga ketika proses pembuatan atau pembangunan rumah ini tergolong tidak terlalu banyak biaya pengeluaran uang, selain itu proses dalam pembangunan atau pembuatan rumah ini tidak terlalu sulit.

11. Rumah Adat Banten (Rumah Baduy)

rumah adat
indonesiakaya.com

Rumah Adat Banten adalah rumah yang dibangun oleh orang-orang Baduy yang mana mereka ini tinggal dan menetap didaerah dan wilayah Banten. Rumah Baduy ini mempunyai ciri khas tersendiri, yakni bentuk dari Rumah Baduy agak sedikit lebih tinggi dan hampir sama dengan rumah panggung, namun tinggi dari Rumah Baduy tidak mencapai atau lebih dari setengah meter.

Selain itu, Atap dari Rumah Baduy ini terbuat dari ilalang, struktur-struktur pembuatan Rumah Baduy terbuat dari bahan-bahan utama seperti kayu dan bambu di bagian dinding-dinding rumahnya. Untuk tiang yang dijadikan sebagai penyanggah ialah terbuat dari bebatuan.

Apabila kalian ingin mendapati atau melihat langsung wujud asli dari Rumah Baduy ini masih sangat mudah sekali untuk kita jumpai, kalian bisa saja langsung pergi ke daerah Banten dan langsung menuju ke desa Ciboleger Baduy Luar, nah disitu kalian semua bisa melihat Rumah Adat Banten ini secara langsung.

12. Rumah Adat Madura (Rumah Tanean Lanjhan)

rumah adat
satujam.com

Rumah Adat Madura yang namanya Rumah Tanean Lanjhan ialah Rumah Tradisional yang berasal dari daerah Madura dan juga Jawa Timur, akan tetapi apabila kita nilai dari segi kehidupan dan juga dari segi adatnya mempunyai sedikit perbedaan yang sangat mecolok sekali.

Misalkan contohnya seperti kedua wilayah tersebut mempunyai rumah yang berbeda, apabila letaknya di daerah Jawa Timur kita kerap menyebut-nyebutnya dengan Rumah Tradisional Joglo SItubondo, nah jikalau Rumah Tradisional itu letaknya di daerah Madura, maka Rumah Tradisional (Adat) kerap disebut dengan sebutan Rumah Tanean Lanjhang.

13. Rumah Adat Jawa Timur (Rumah Joglo Situbondo)

rumah adat
edesainminimalis.com

Rumah Adat Joglo Situbondo Jawa Timur ialah rumah yang memiliki bentuk yang hampir saja menyerupai dengan Rumah Tradisional Jawa Tengah. Kita juga bisa melihat langsung dari segi tampilan wujud dan juga melihat dari bentuk arsitekturnya yang hampir sama dengan Rumah Adat Jawa Tengah.

Jika kita lihat dari akomulasi beberapa ruangan-ruangan yang terdapat didalam rumah tersebut mempunyai kandungan dan filosofi yang sama dan sejiwa, sehingga Rumah Adat Joglo ini seperti rumah yang didirikan atas landasan dasar yang sama apabila kita nilai dari nilai kehidupan yang kental dan juga dari nilai para leluhur.

14. Rumah Adat Jawa Tengah (Rumah Joglo)

rumah adat
wovgo.com

Rumah Joglo ialah salah satu Rumah Adat yang asal mulanya berasal dari Provinsi Jawa Tengah, yang mana Rumah Joglo ini adalah salah satu Rumah Adat jawa yang terletak dari bagian-bagian tengah pulau Jawa. Di dalam Rumah Joglo mempunyai beberapa bagian, yang mana ruangan tersebut memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing.

Ruangan-ruangan yang ada didalam Rumah Joglo ini terdiri dari Ruangan Pendopo, yang mana Ruang Pendopo ini dipakai atau digunakan untuk menerima tamu, dan letak ruangan ini berada di bagian depan rumah sebagai ruangan yang terbuka.

Selain dari Ruangan Pendopo, ternyata ada lagi Ruang Pringgitan atau juga bisa dikatakan dengan Ruangan Samping Rumah, yang mana kegunaan ruangan tersebut ialah sebagai akses jalannya keluar masuk manusia dari luar rumah dan dari dalam rumah.

Eitsss tunggu lagi ternyata ada lagi ruangan-ruangan dari Rumah Adat Joglo ini. Yaitu Ruang Dalem namanya, yang mana ruangan dalem ini berada di dalam rumah tersebut. Ruang sentong yang dipakai untuk tempat penyimpanan, Ruwang gandok tangen dan juga ruang dendok kiwo digunakan sebagai ruangan atau kamar tidur keluarga ketika berada didalam rumah.

15. Rumah Adat Jawa Barat (Rumah Sunda)

rumah adat
lihat.co.id

Rumah Adat Jawa Barat atau bisa disebut juga dengan sebutan Rumah Sunda yang asalnya berasal dari dataran tanah sunda. Bentuk dari Rumah Sunda ini memiliki bentuk seperti rumah panggung yang tidak terlalu tinggi, dan di bagian depan Rumah Sunda ini terdapat tangga, yang mana tangga itu bisa disebut dengan sebutan golodog.

Tangga yang terdapat di bagian depan Rumah Sunda ini memiliki kegunaan atau fungsi sebagai sarana keluar masuknya manusia dari dalam rumah dan luar rumah, sementara di bagian atap rumahnya mempunyai banyak jenis-jenis atap.

Ada beberapa atap yang kerap dipakai untuk atap rumah sunda ini ialah terdiri dari atap jolopong, perahu kemurep, buka pongpok, jubleg, anjing, nangkup dan yang terakhir ialah apit gunting. Semua jenis-jenis atap yang barusan ditulis ini mempunyai ciri khas yang berbeda.

16. Rumah Adat Jakarta (Rumah Kebaya)

rumah adat
satujam.com

Rumah Kebaya ialah Rumah Adat yang mempunyai kekentalan dengan kehidupan Betawi, sehingga bentuk dari Rumah Tradisional Kebaya ini lumayan cukup khas dan sangat mudah sekali untuk kita kenali.

Bahkan sampai saat ini Rumah Kebaya masih bisa kita jumpai di daerah Jakarta, namun untuk saat ini Rumah Betawi sulit sekali untuk kita jumpai, mengapa? Karena Rumah Betawi telah tenggelam diantara banyaknya gedung-gedung besar di area wilayah Jakarta yang sudah menetupi seluruh Rumah Tradisional Kebaya.

Jadi, apabila kalian ingin menjumpai Rumah Kebaya, kalian harus mau untuk berkunjung ke wilayah perkampungan Betawi disana kalian akan mendapati dan bisa melihat wujud asli dari Rumah Betawi meskipun jumlah dari Rumah Betawi itu sudah tidak banyak seperti dulu lagi, karena saat ini kebanyakan orang telah berpindah ke bangunan-bangunan rumah modern.

17. Rumah Adat DIY Yogyakarta (Rumah Bangsal Kencono)

rumah adat
ummayustika.blogspot.co.id

Bangsal Kencono merupakan salah satu Rumah Tradisional yang letaknya berada di Provinsin Yogyakarta, jaman dahulu kala Rumah Bangsal Kencono ini hanya disinggahi oleh Raja Jawa, dan juga disinggahi oleh para bangsawan kerajaan.

Umumnya lokasi dari Rumah Tradisional Bangsal Kencono ini berada di sebelah tengah dari Keraton Kesultanan, rumah Adat yang satu ini mempunyai begitu banyak filosofi-filosofi dan nilai-nilai kehidupan didalamnya.

Mengapa demikian? Karena, setiap ruang dan bangunan rumah ini mempunyai simbol-simbol filosofi tersendiri, mulai dari pola kehidupan manusia, alam semesta dan diambil juga dari kehidupan dalamnya.

18. Rumah Adat Riau (Belah Bubung)

rumah adat
satujam.com

Gambar diatas ialah salah satu gambar dari Rumah Adat yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau. Nama dari Rumah Tradisional ini adalah Belah Bubung, yang mana Rumah Belah Bubung ini mempunyai ciri khas yang unik dan berbeda dengan rumah-rumah tradisional lainnya, yaitu dengan memiliki bentuk atap yang bervariasi.

Atap lipat yang berbentuk curam mengarah kebawah, atap lipat yang berbentuk datar, atap layar yang memiliki bentuk menyusun, atap panjang yang memiliki bentuk sejajar sama dengan yang lainnya, dan atap yang bergabung melintang.

Biasanya, rumah adat belah bubung ini terbagi menjadi empat bagian ruangan dalam. Apa saja bagian-bagian ruangan tersebut? Yaitu terdiri dari ruang selaras, ruang penhubung antara dapur dan tempat makan, dan ruang indung

Pada umumnya rumah adat belah bubung, terbagi menjadi beberapa bagian ruangan dalam. Yaitu ruang selasar, ruang induk, ruang penghubung antara dapur dan dapur.

19. Rumah Adat Bali (Gapura Candi Bentar)

rumah adat
lihat.co.id

Gapura Candi Bentar ialah rumah adat yang berasal dari daerah Bali, sampai saat ini pura ini masih menjunjung tinggi dan juga mengankat kebudaya (kehidupan) dan adat istiadat di pulau Bali. Bali adalah daerah yang mempunyai kekentalan kehidupan budaya dan juga kekentalan adat istiadat yang telah menyatu kedalam Agama mayoritas didaerah Bali, yakni mayoritas orang-orang beragama hindu.

Sehingga bentuk dari rumah gapura candi bentar ini hampir saja menyamai dengan bentuk asli dari gapura tempat peribadahan orang-orang yang beragama Hindu.

Rumah Adat Bali sampai sekarang masih sangat mudah sekali untuk kita temui di daerah Bali, karena disana kebanyakan masyarakatnya masih berpegang teguh kepada kehidaupan (Budaya) dan adat istiadatnya yang telah diturunkan oleh nenek moyangnya.

Selain itu, Rumah Adat Bali ini merupakan salah satu rumah tradisional yang masih bisa banyak dijumpai oleh orang-orang yang menjumpainya, karena masyarakat dan penduduk Bali ini sangat peduli dengan peninggalan-peninggalan orang-orang terdahulunya, maka dari itu Rumah Tradisional Bali sampai saat ini masih bisa kita jumpai.

20. Rumah Adat Kalimantan Barat (Rumah Panjang)

rumah adat
gpswisataindonesia.files.wordpress.com

Rumah panjang ialah salah satu Rumah Adat yang letaknya berada di daerah Kalimantan Barat, lebih tepatnya ialah di Suku Dayak Borneo Barat. Bentuk dari Rumah Tradisional ini hampir sama dengan bentuk rumah panggung yang bentuknya memanjang kebelakang.

Dengan adanya tiang-tiang pondasi yang tinggi dan anak tangga yang lebar, namun tetap saja rumah tradisional ini sangat sulit untuk ditemui didaerah asalnya, mungkin dapat disebutkan sudah punah karena dimakan oleh usia.

Saat ini hanya dpat kita jumpai dengan bentuk arsitektur yang langka, dan hanya di kawasan Taman Mini Indonesia Indah saja kita bisa menemukan dan melihat langsung Rumah Adat Panjang ini.

21. Rumah Adat Kalimantan Tengah (Rumah Betang)

rumah adat
lihat.co.id

Rumah Betang ialah salah satu rumah adat yang berasal dari daerah Kalimantan Tengah, sebenarnya arsitektur dari Rumah Betang ini hampir mirip dengan arsitektur rumah panjang yang berada didaerah Kalimantan Barat.

Hanya saja yang membedakan bentuk dan ukurannya itu lebih besar, dan juga didirikan di ukuran tanah yang lebih luas dari tanah rumah panjang, biasanya rumah betang ini didirikan diatas tanah yang memiliki luas tanah seluas 150 meter X Lebar 30 Meter dan memiliki tinggi 3 sampai 5 meter.

Sehingga apabila dihitung-hitung didalam satu rumah betang ini bisa menampung 150 orang, apabila rumah betang ini diukur sebagai ukuran rumah adat yang ada di Indonesia, maka rumah betang ini menjadi rumah tradisional terbesar nomer dua.

22. Rumah Adat Kalimantan Timur (Rumah Lamin)

rumah adat
sahabatnesia.com

Rumah Lamin ialah salah satu rumah adat yang berada di daerah Kalimantan Timur, lebih tepatnya berada di daerah Suku Dayak Timur, Kutai, dan Banjar. Bentuk dari rumah lamin ini hampir sama dengan bentuknya Rumah Dayak Panjang dan Rumah Bentang.

Akan tetapi, apabila diukur besar dari rumah lamin ini mempunyai kelitapan dua kali lipat besarnya dibandingkan dengan rumah betang. Ukuran rumah lamin ini Panjang 300 meter X Lebar 15 Meter X Tinggi 3 sampai 5 meter.

Artinya bahwa rumah lamin ini salah satu rumah adat yang paling besar nomer satu di Indonesia, dan rumah lamin ini bisa menampung kurang lebih sekitar 250 orang, atau sama dengan 40 sampai 45 kepala keluarga.

23. Rumah Adat Kalimantan Selatan (Bubungan Tinggi)

rumah adat
indonesiakaya.com

Bubungan ialah salah satu rumah adat Indonesia yang berasal dari Suku Dayak Selatan, yang mana gaya dari arsitektur Rumah Dayak yang satu ini agak sedikit berbeda dibandingkan dengan gaya-gaya arsitektur rumah tradisional lainnya.

Walaupun seperti itu, nilai sejarah dan juga nilai kebanggaan tidak akan kalah dengan rumah-rumah tradisional lainnya. Bisa dikatakan bahaw rumah adat bubungan tinggi ini lebih memperlihatkan di bagian struktur bangunan yang tinggi dan juga bangunan yang kuat.

Adanya persoalan tentang rumah adat di Indonesia ini lebih memprioritaskan konsep bangunan-bangunan daripada mengutamakan daya tampung yang bisa ditampung oleh bangunan itu.

24. Rumah Adat Kalimantan Utara (Rumah Baloy)

rumah adat
lihat.co.id

Beloy adalah salah satu rumah adat yang letaknya berada di daerah Kalimantan Utara, walaupun kalimantan utara meruapakn provinsi baru, akan tetapi adat istiadat dan juga kebudayaannya sudah ada dari jaman dahulu kala.

Rumah Adat Baloy terinspirasi dari rumah suk tidung yang berada di daerah Kalimantan Utara, dan juga rumah tradisional kalimantan utara ini biasa dipakai untuk maskot daerah. Selain itu, juga digunakan sebagai sumber daya tarik untuk para wisata & wisatawan.

25. Rumah Adat Sulawesi Utara (Pewaris)

rumah adat
tasik-cyber.blogspot.co.id

Pewaris adalah rumah adat yang asal mulasa berasal dari minahasa dan juga suku asli dari Sulawesi Utara. Rumah Pewaris ini memiliki bentuk rumah yang hampir sama dengan bentuk rumah panggung pada umumnya.

Dengan adanya tiang-tiang balok kayu dan dua tangga yang terdapat dibagian depan rumah dan tepatnya di bagian kanan dan kiri, hampir dari kebanyakan rumah adat yang berada di Negara Indonesia ini dibuat dan terbuat dari bahan kayu.

Selain dari itu, rumah tradisional ini memiliki keunikan yang terdapat pada pembagian ruangannya.

Didalam rumah tradisional itu terdapat ruangan-ruangan yang diberi nama setup emperan, yang mana ruangan tersebut dipakai untuk tempat penerimaan tamu dan juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk dijadikan tempat istirahat dan tempat tidur.

Selain ruangan setup emperan, ada juga ruangan sangkor yang dijadikan sebagai tempat untuk penyimpanan makanan-makanan dan penyimpanan lumbung padi.

Tinggalkan komentar