Sejarah Bola Voli Dunia dan Indonesia Lengkap dengan Video Permainannya

SEJARAH BOLA VOLI – Dalam artikel ini akan membahas sejarah bola voli dunia dan juga membahas sejarah bola voli di Indonesia. Akan tetapi, sebelum membahas sejarah bola voli alangkah baiknya jikalau kalian menyimak terlebih dahulu tulisan yang ada dibawah ini

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan dengan menggunakan kedua tangan dan terdiri dari dua kelompok saling berlawanan satu sama lain. Setiap kelompok atau masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain inti dan juga beberapa pemain cadangan yang bertugas menggantikan pemain inti.

Ada juga jenis-jenis variasi lainnya dari permainan bola voli ini salah satunya ialah permainan bola voli pantai. Permainan bola voli pantai ini acap kali dimainkan di area pesisir pantai atau bisa juga dimainkan didalam ruangan yang tertutup dengan catatan yang menjadi lapangannya harus pasir pantai.

Permainan bola voli pantai ini dimainkan hanya dengan dua orang saja dalam setiap masing-masing kelompoknya.

Olah raga bolavoli adalah cabang dari olah raga tangan yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Setiap tim ini terdiri dari 6 orang dan beberapa pemain cadangan.

Pusat organisasi internasional yang menjaga cabang olahraga voli ini ialah Federation Internatinonae de Volleyball merupakan singkatan kata dari FIVB. Sementara di negara Indonesia sendiri, pusat organisasi yang menjaga cabang olahraga voli ini ialah PBVSI yang merupakan singkatan kata dari “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Bisa dikatakan bahwa cabang olahraga voli ini ialah salah satu cabang olahraga yang sangat digemari dikarenakan banyak sekali hasrat penduduk Indonesia kepada olahraga voli ini. Sudah banyak kejuaraan-kejuaraan yang didapat oleh Tim Nasional Voli Indonesia dari berbagai macam perlombaan dunia yang diadakan.

Guna memahami pengetahuan lebih dalam lagi tentang bola voli, mari kita sama-sama untuk membahas lebih jelas lagi seperti apa sejarah bola voli dari sekian banyaknya cabang olahraga ini. Selain dari memahami bagaimana tata cara dari memainkan permainan bola voli, tak ada salahnya apabila kita memahami tentang sejarah bola voli guna menambah wawasan kita mengenai bola voli.

Yuk langsung saja kita memasuki pembahasan awal, yakni pembahasan mengenai …

Sejarah Bola Voli Dunia

sejarah bola voli
olahraga.pro

Berikut dibawah ini kami akan membahas fakta-fakta dari sejarah bola voli yang ada di muka bumi, yang mana pembahasan sejarah bola voli ini akan dimulai dari pembahasan pertama ditemukan olahraga voli ini sampai dengan cabang olahraga voli ini menjadi salah satu cabang olahraga yang terkenal di Indonesia dan di Dunia.

Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng penjelasan lengkap tentang sejarah bola voli dibawah ini. Selamat menyimak 🙂

Olahraga Mintonette

sejarah bola voli
olahraga.pro

Tahukah kalian tentang sejarah bola voli? Waow mengejutkan sekali, ternyata cabang olahraga satu ini ialah salah satu cabang olahraga yang mengkombinasikan 4 cabang olahraga lainnya yang dijadikan menjadi satu guna membentuk cabang olahraga seperti ini, dan cabang olahraga tersebut adalah “permainan bola voli” namanya.

Diantara 4 cabang olahraga itu adalah:

  • Olahraga bola basket
  • Olahraga baseball
  • Olahraga tenis
  • Olahraga bola tangan.

Keempat cabang diatas adalah merupakan hasil kombinasian yang pada akhirnya menciptakan dan melahirkan permainan bola voli ke dunia dan ke Indonesia.

Perlu kamu ketahui bahwa permainan bola voli ini awalnya tidak disebut atau dijuluki dengan sebutan bola voli, namun awalnya permainan bola voli ini disebut dengan sebutan olahraga Mintonette. Lantas siapa orang pertama yang menemukannya? Orang yang pertama kali menemukan cabang olahraga ini adalah William G. Morgan.

William G. Morgan Orang Pertama yang Menemukan Olahraga Voli

sejarah bola voli
massmoments.org

William G. Morgan adalah orang pertama yang menemukan olahraga bola voli, beliau dilahirkan ke dunia dari rahim seorang ibu ini pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.

William G. Morgan merupakan seorang pembimbing pendidikan jasman (penjas) atau sebutan dalam bahasa inggrisnya ialah Director Of Phycal Education di YMCA. William G. Morgan orang pertama yang menjumpai olahraga Mintonette kurang lebih pada tanggal 9 Februari tahun 1895 di daerah Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Informasi Seputar Organisasi YMCA

sejarah bola voli
thevailvoice.com

Apa itu YMCA? YMA merupakan singkatan kata yang di singkat dari kata-kata Young Men’s Cristian Association. Yang mana YMCA ini adalah suatu organisasi atau suatu kelompok yang dibangun guna membimbing dalam mengajari ajaran-ajaran Agama kirsten kepada para pemuda-pemuda yang ada.

Dimana YMCA ini dibangun? Dibangunnya YMCA ini di daerah tanah London, Inggris, yang dibangun dan didirikan secara kokoh pada tanggal 6 Juni tahun 1884 seseorang yang bernama George William atau nama lengkapnya adalah William G. Morgan.

Didalam organisasi YMCA ini mensodorkan berbagai macam fasilitas-fasilitas yang dikhususkan untuk anak-anak muda. Fasilitas-fasilitas yang ada didalam organisasi YMCA ini berupa pendidikan diluar sekolah, fasilitas-fasilitas olahraga, dan yang terakhir ialah tempat penginapan.

Sejarah Bola Voli Berawal dari Bola Basket

sejarah bola voli
vinz-prasetyo.org

Dibuatnya cabang olahraga ini oleh seseorang yang bernama Wiliam G. Morgan. Selepas ia selesai berjumpa dan berbincang-bincang dengan James Naismith. Perlu kalian ketahui juga bahwa James Naismith ini merupakan seseorang yang melahirkan cabang olahraga bola basket.

James Naismith dilahirkan ke dunia oleh seorang ibu pada tanggal 6 November tahun 1861, James Naismith meninggal dunia kurang lebih pada tahun tanggal 28 November tahun 1939.

Begitu juga dengan pria yang bernama William G Morgan, James Naismith pun menghabiskan hidupnya untuk menjadi seorang pembimbing pendidikan jasmani (penjas). Diciptakan olahraga Mintonette oleh William G. Morgani ini setelah empat tahun dijumpainya permainan bola basket dari seseorang yang bernama James Naismith.

Asalnya, permainan olahraga yang dijumpai dan diciptakan oleh William G. Morgan ini dikhususkan untuk seluruh anggota YMCA yang memiliki usia lanjut (tidak muda). Maka dari itu, permainan olahraga bola voli ini tidak begitu aktif seperti permainan bola basket yang ditemukan sekaligus diciptakan oleh seseorang yang bernama James Naismith.

Sejarah Peraturan Permainan Bola Voli

sejarah bola voli
atlantic10.com

Pertama kali adanya peraturan dalam permainan bola voli ini dibuat oleh penemunya sendiri, yakni dibuat oleh WIlliam G. Morgan. Ia membentuk sebuah jaring yang memiliki ketinggian 1,98 meter dan dipasang di tengah-tengah lapangan dengan menggunakan dua tiang penyangga. Dengan lapangan yang memiliki ukuran 7,6 Meter X 15,2 Meter.

Untuk batas waktu selesainya pertandingan, setiap pertandingan itu terbentuk dari 9 bagian dengan melakukan 3 kali service bola yang dilakukan oleh setiap masing-masing tim atau kelompok dari pemain voli tersebut.

Sejarah Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

sejarah bola voli
olahraga.pro

Ketika menginjak tahun 1896, olahraga yang dulunya diberi nama dengan sebuah nama Mintonette sekarang berubah menjadi Volleyball atau sebutan dalam bahasa Indonesia adalah bola voli. Perkara ini dilakukan ketika berlangsungnya proses pertandingan pertama kalinya yang sedang diselenggarakan di YMCA Training School.

Ketika memasuki tahun pertama di tahun 1896, William G. Morgan mendapat undangan dari seseorang yang bernama Dr. Luther Halsey Gulick yang mana beliau adalah seorang Director of Department of Physical Education Training School.

Beliau juga merupakan seorang Executive Director of Physical Education of The International Committee of YMCA guna mendemonstrasikan sebuah permainan yang baru ia buat dalam suatu diskusi di stadion Kampus YMCA yang baru.

Dengan adanya kesempatan yang didatangi oleh semua pembimbing pendidikan jasmani itu, William G. Morgan membawa 2 buah kelompok, yang mana setiap masing-masing kelompok itu terdiri dari 5 orang.

Pada akhirnya William G. Morgan ini memberitahukan kepada pembimbing-pembimbing lainnya bahwa permainan bola voli yang ia buat itu dapat dimainkan di dalam ruangan ataupun bisa juga dimainkan di luar ruangan (ruangan terbuka) dengan lantang.

Menurutnya, beliau memberitakan bahwa olahraga voli atau permainan bola voli ini dapat dilakukan dan dimainkan oleh banyak pemain dari setiap timnya. Tak ada nominal pemain yang membatasi ketika berlangsungnya olahraga voli tersebut.

Maksud tujuan dari terbentuknya olahraga voli ini ialah untuk menjaga bola supaya bola itu tidak jatuh ke tanah dan selalu bergerak dengan melewati jaring (net) yang berada di tengah lapangan dengan dua tiang penyangganya.

Perkembangan Olahraga Voli di Penjuru Dunia

sejarah bola voli
okezone.com

Dengan adanya perkembangan zaman, permainan bola voli ini mulai mendapati sedikit perubahan-perubahan dalam peraturan permainannya. Ketika memasuki tahun 1916, pemakaian teknik-teknik smash atau bisa juga disebut dengan teknik spike mulai diperkenalkan kepada publik.

Setelah empat tahun kemudian, tepat pada tahun 1920, dibuatlah peraturan-peraturan 3 kali sentuhan tangan dan poin atau skor akhir dari pertandingan voli itu menjadi 21 poin. Ketika itu tahun 1900, olahraga bola voli ini mulai menyebar ke negara-negara selain Amerika Serikat, dan salah satunya adalah Kanada.

Singkat cerita, selesai luas ke berbagai macam negara di penjuru dunia, tepat ketika itu pada tahun 1947 dibuatlah Federation International de Volleyball (FIVB). Dan pertama kalinya pertandingan atau kejuaraan voli dunia diadakan 2 tahun sesudah terbentuknya FIVB, yakni tepat pada tahun 1949.

***

Nah, demikianlah pembahasan mengenai sejarah bola voli dunia yang bisa saya jabarkan dalam artikel ini. Eitssss tunggu dulu jangan kemana-mana, karena saya tidak hanya membahas mengenai sejarah bola voli dunia saja, akan tetapi saya juga akan membahas seperti apa sih sejarah bola voli di Indonesia?

Pasti penasaran, yuk langsung saja kita simak bareng-bareng pembahasan mengenai sejarah bola voli di Indonesia. semoga bermanfaat 🙂


Sejarah Bola Voli di Indonesia

sejarah bola voli
dentmasoci.com

Perlu kalian ketahui bahwa permainan bola voli ini masuk kedalam negara kita, yakni negara Indonesia raya ketika pada masa ramainya penjajahan Belanda yang bertepatan pada tahun 1928. Akan tetapi sangat disayangkan sekali, karena ketika itu permainan bola voli ini hanya bisa dan boleh dimainkan khusus untuk orang-orang Belanda dan juga para bangsawannya.

Kenapa demikian? Karena ketika itu, guna membangun seluruh bidang olahraga termasuk juga dengan olahraga bola voli di Indonesia, guru-guru atau pembimbing pendidikan jasmani dihadirkan dari negara Belanda.

Bukan hanya pembimbing pendidikan jasmani saja yang mengenalkan olahraga voli di Negara Indonesia ini, namun para tentara pun ikut serta mengenalkan olahraga voli, dan juga mempunyai peranan penting dalam mengembangkan olahraga tersebut.

Terbentuknya PBVSI di Indonesia

sejarah bola voli
tstatic.ne

Cabang olahraga voli ini berkembang dengan sangat cepat di Negara Indonesia ini, sehingga tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkannya. Ketika itu mulailah bermunculan tim-tim bola voli di Kota-Kota besar yang ada di Negara Indonesia.

Dengan adanya kejadian-kejadian seperti ini, pada akhirnya tepat berada pada tanggal 22 Januari tahun 1995 mulai dibangun PBVSI yang merupakan singkatan dari kata “Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia” yang dibangun di Ibu Kota Indonesia, yakni Kota Jakarta.

Beriringan dengan hal itu, akhirnya negara Indonesia mengadakan perlombaan nasional yang pertama kalinya.

Semenjak dibangun PBVI di Kota Jakarta, PBVI pun mulai aktif dalam mengembangkan berbagai macam aktivitas olahraga bola voli di Indonesia, baik itu didalam atau pun ke luar negeri. Dan perkara ini terus terjadi sampai detik ini.

Mulai Diperlombakan Secara Resmi

sejarah bola voli
freedomsiana.com

Lama kelamaan proses perkembangan bola voli di Indonesia ini semakin cepat dan melambung tinggi semenjak akan mendatangi penyelenggaran Asian Games IV pada tahun 1962 dan kemudian diteruskan dengan Ganefo I pada tahun yang akan mendatang selanjutnya yakni pada tahun 1963.

Adanya perkara ini berlangsung untuk semua kategori, baik itu perempuan ataupun pria sekaligus.

Tepat pada bulan Oktober tahun 1951, permainan bola voli ini mulai diperlombakan dalam merayakan acara resmi PON (Pekan Olahraga Nasional) II di Kota Jakarta.

Sampai detik ini, permainan olahraga bola voli ini menjadi salah satu cabang olahraga resmi yang kerap ada dalam setiap kejuaraan-kejuaraan atau perlombaan-perlombaan olahraga yang diselenggarakan di Negara Indonesia.

Video Permainan Bola Voli

***

Sekian ulasan lengkap mengenai sejarah bola voli dunia dan sejarah bola voli di Indonesia yang sebelumnya telah saya rangkum dari berbagai macam sumber referensi yang ada. Mudah-mudahan adanya pembahasan mengenai sejarah bola voli ini bisa menambah wawasan teman-teman semua mengenai bola voli.

Tinggalkan komentar