sekarah candi borobudur

Sejarah Candi Borobudur | Asal Usul, Peninggalan, dan Gambarnya

SEJARAH CANDI BOROBUDUR РHallo teman-teman kali ini saya akan membahas dan menceritakan tentang Sejarah Candi Borobudur, sebelum masuk kedalam pembahasan inti saya ingin bertanya terlebih dahulu kepada teman-teman semua tentang candi borobudur.

Pastinya kalian semua udah tau dong tentang candi borobudur? Iyalah pastinya tau banget karena candi borobudur ini merupakan salah satu candi yang letaknya di Kota Magelang, Indonesia. Yang mana candi boro budur ini sangat terkenal sekali ke seluruh penghujung dunia.

Bahkan para wisata-wisatawan dalam kota dan luar negeri pun sering sekali berkunjung atau sengaja menunjungi candi borobudur ini untuk mengetahui bentuk wujud aslinya dari candi tersebut. Para wisata-wisatawan yang berkunjung ke borobudur ini tidak hanya ingin mengetahui bentuk wujud asli dari candi tersebut.

Melainkan mereka juga ingin mengetahui tentang bagaimana cerita dari Sejarah Candi Borobudur ini yang sesungguhnya.

Apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang Sejarah Candi Borobudur? Mungkin diantara kalian ada beberapa orang yang memang belum mengetahui mengenai cerita sejarah yang sesungguhnya dari candi tersebut, maka dari itu didalam artikel ini akan kami ceritakan sejarah candi tersebut secara ringkas.

Yuk, langsung saja kita simak cerita dan penjelasan mengenai sejarah candi borobudur

Sejarah Candi Borobudur

sekarah candi borobudur
satujam.com

Menrutu penjelasan dari sejarah, Candi Borobudur ini dijumpai kembali oleh Sir Thomas Stamford Rafless yang Thomas ini adalah seorang gubernur selama waktu itu ketika zamannya Negara Inggris menjajah Negara Indonesia.

Thomas Stamford ini adalah seorang jendral besar di Negara Inggris, bahkan kedudukan Thomas yang menjabat sebagai jendral ini jauh sebelum Negara Inggris berhasil dan mampu menjajah atau menduduki Negara Indonesia Raya.

Penemuan-penemuan kembali Candi Borobudur ini ketika itu berawal di tahun 1814M yang mana ketika itu Thomas Stamford mendapat sebuah berita dari salah satu anak buahnya mengenai adanya bukit-bukit yang mana bukit-bukit tersebut dikerumuni oleh bebatuan yang telah diukir dan letak lokasinya berada di daerah Kota Magelang.

Karne Thomas Stamford ini ialah seoarang raja yang memang sangat mengagumi sekali terhadap hal-hal yang berbau seni. Thomas Stamford Rafles ini mengutus Cornelius untuk pergi dan mensurvei langsung apakah di Kota Magelang ini terdapat bukit-bukit yang dipenuhi bebatuan yang telah diukir.

Siapa Cornelius? Cornelius ialah seorang ahli atau orang pintar arkeologi ternama ketika masa itu. Kemudian beliaupun diberi tugas oleh Thomas Stamford untuk memeriksa mengenai berita-berita yang masuk kepadanya, dan ternyata setelah Cornelius mendatangi lokasi dan memeriksa lokasi tersebut maka berita-berita yang masuk kepada Thomas Stamford Rafless ini benar dan nyata.

Sesudah selesai masa penelitian atau pemeriksaannya, Cornelius sang ahli arkeolofi menyimpulkan bahwa dibukit tersebut tedapat bangunan-bangunan besar yang tertimbun oleh tanah di daerah Kota Magelang. Namun ketika itu situasi atau kondisi pada masa itu yang sedang banyaknya peperangan dimana-mana membuat kabar berita ini kurang mendapatkan sebuah perhatian sehingga kabar ini terbengkalai.

Lalu ketika itu pad tahun 1835M, Hartman kembali melanjutkan dan meneruskan penemuan-penemuan arkelog tersebut dengan mengutus seseorang atau bisa dikatakan mengutus anak buanya untuk menggali dan membersihkan daerah-daerah yang berada di sekeliling candi yang masih terdapat puing-puing reruntuhan.

Kemudian pada tahun 1835M, Hartman kembali meneruskan penemuan arkeolog tersebut dengan memerintahkan anak-anak buahnya untuk membersihkan dan menggali wilayah-wilayah sekitaran candi yang masih terdapat banyak puing-puing reruntuhan.

Siapa Hartman ini? Hartman adalah seorang pejabat tinggi di Negara Belanda, ketika itu Belanda berhasil merebut daerah kekuasaan Negara Indonesia. Pada masa itu hartman menduduki kedudukan sebagai gubernur jendral Belanda.

Asal Usul Candi Borobudur

sejarah candi borobudur
waktuku.com

Candi borobudur ini sangat diyakini sekali bahwa candi borobudur ialah merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Dinasti Sailendra ketika pada masa pemerintahan Raja Samaratungga yang berasal dari Kerajaan Mataram Kuno dan telah usai dibangun pada abad ke-8, dan banyak sekali misteri-misteri dari candi ini yang belum terungkap.

Apa sesungguhnya nama asli dari Candi Borobudur ini? Ada yang mengetahui nama asli dari Candi Borobudur? Tidak ada buku atau prasasti yang mengulas dengan pasti dan detail mengenai pembangunan candi tersebut, namun ada juga yang mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari ucapan budha yang mengalami pergeseran.

Satu-satunya yang pertama kali mengatakan borobudur di sebuah tulisan ini ialah Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang judul dari buku itu adalah sejarah Pulau Jawa.

Para tokoh sejarah memprekdisikan Thomas Stamford Raffles mengatakan borobudur dari kata bore dan kata budur, yang mana arti dari bore ini adalah desa, sebuah desa yang lokasinya terletak di dekat candi borobudur dijumpai, sementara arti dari kata budur adalah purba.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

sejarah candi borobudur
katalogwisata.com

Candi borobudur ini diperkirakan dibentuk dan dibangun kurang lebih sekitar tahun 750M oleh Kerajaan Syaliendra yang mana ketika itu kerajaan tersebut menganut agama budha, pembangunan dari candi tersebut sangat misterius sekali karena ketika itu manusia pada abad ke-7 belum mengetahui tentang perhitungan arsitektur yang tinggi.

Akan tetapi candi borobudur ini dibangun dan dibentuk dengan menggunakan perhitungan arsitektur yang canggin, sampai saat ini idak ada satu pun yang bisa mengulas atau menjelaskan tentang sejarah candi borobudur ini dan bagaimana cara pembangunan candi tersebut.

Telah banyak para ilmuan yang berasal dari seluruh dunia yang mendatangi candi borobudur ini namun tidak ada satupun dari mereka yang mampu berhasil mengungkapkan misteri pembangunan candi borobudur.

Ada salah satu pertanyaan yang sampai saat ini membuat para ahli dan para peneliti selalu penasaran ialah dari mana asal batu-batu besar yang terdapat di candi borobudur itu dan juga bagaimana cara penyusunannya dengan presisi arsitekturnya yang tersusun sangat rapih.

Ada juga yang memperkirakan bahwa batu-batu itu berasal dari gunung merapi, tapi bagaimana cara membawanya bebatuan yang besar itu dari gunung merapi menuju lokasi candi yang mana lokasi candi tersebut berada di atas bukit yang memiliki ketinggan yang lumayan tinggi.

 

Tinggalkan komentar