Sejarah Sepak Bola Dunia & Indonesia yang Patut Kalian Ketahui

SEJARAH SEPAK BOLA – Seperti apa sih kisahnya sejarah sepak bola itu? Ada yang tau? Sebelum membahas mengenai sejarah sepak bola, alangkah baiknya jikalau kita sedikit membicarakan tentang pengertian dari permainan sepak bola. Mungkin sebagian dari kalian belum ada yang tau bagaimana proses permainan sepak bola.

Oleh karena itu sebelum membahas sejarah sepak bola, saya akan sedikit membahas mengenai pengertian dari permainan sepak bola terlebih dahulu.

Permainan sepak bola merupakan salah satu dari berbagai jenis cabang olahraga yang ada di muka bumi ini, permainan sepak bola juga merupakan salah satu dari berbagai jenis cabang olahraga yang terkenal di muka bumi. Jadi banyak sekali orang-orang yang mengenalinya, namun juga ada sebagian dari mereka yang belum mengetahuinya.

Dalam permainan sepak bola ini terdiri dari 2 tim yang memainkannya, masing-masing dari tim atau kelompok tersebut terdiri dari 11 orang pemain inti dan juga beberapa pemain cadangan lainnya yang bertugas untuk menggantikan pemain inti jikalau pemain inti tersebut cidera atau memang kecapean.

Di awal tahun ke-21, sudah banyak orang-orang yang memainkan permainan sepak bola ini. Pada waktu itu kurang lebih ada 250 juta orang dari 200 negara di seluruh penjuru dunia yang memainkan permainan sepak bola.

Adanya persoalan inilah yang pada akhirnya membuat permainan sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling terkenal di seluruh penjuru dunia. Malahan sampai detik ini pun permainan sepak bola itu masih menjadi salah satu cabang olahraga yang paling terkenal di seluruh penghujung bumi.

Wah ternyata dari dulu sampai sekarang permainan sepak bola ini masih menjadi salah satu cabang olahraga yang paling terkenal ya …

Berbicara tentang sepak bola, di sini saya akan sedikit berbicara seputar awal mula sejarah sepak bola di dunia dan juga awal sejarah sepak bola di Indonesia. Selain dari membahas mengenai sejarah sepak bola dunia dan Indonesia, saya juga akan membahas mengenai sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya kalian bisa langsung menyimak pembahasan dibawah ini  yang diawali dengan membahas …

Pengertian Permainan Sepak Bola

sejarah sepak bola
kompas.com

Didalam permainan sepak bola masing-masing kelompok memiliki atau mempunyai tujuan yang sama, yakni tujuan dari masing-masing kelompok itu ialah mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan cara menendang bola ke arah gawang dan membuat bola itu masuk ke gawang tim lawan.

Sepak bola dapat kita mainkan di lapangan yang terbuka dan juga lapangan tertutup asalkan lapangan itu berbentuk persegi panjang.

Dalam permainan sepak bola terdiri dari 11 orang pemain dan ada salah satu seorang pemain yang berhak untuk memegang bola dan menyentuh bola dengan menggunakan tangan ialah seorang penjaga gawang saja, dengan catatan apabila bola itu sedang berada didalam garis wilayah gawang.

Apabila bola itu diluar garis gawang apa bisa juga dipegang oleh kiper ka? Ya gak bisalah, soalnya yang namanya sepak bola itu dimainkan dengan menggunakan kedua kaki, seorang kiper pun berhak menangkap bola apabila bola itu sedang berada didalam garis wilayah gawang.

Sementara dengan 10 anggota pemain bola lainnya dibolehkan untuk menggunakan seluruh anggota tubuhnya, terkecuali kedua lengannya. Boleh menggunakan kedua lengannya apabila bola itu keluar dari garis lapangan atau biasa juga disebut dengan sebutan out.

Lantas apa saja organ-organ tubuh yang boleh digunakan ketika sedang berlangsungnya pertandingan bola di lapangan?

Umumnya pemain bola selain dari kiper (penjaga gawang) ini menggunakan kepalanya untuk menyundul bola, menggunakan dadanya untuk menahan atau mengontrol datangnya bola, serta kaki yang pasti digunakan untuk menendang bola ke semua arah dan terutama untuk ke arah gawang lawan.

Tim atau kelompok yang berhasil membuat atau menciptakan gol terbanyak pada akhir pertandingan maka tim tersebut menjadi tim yang memenangkan pertandingan dari permainan sepak bola.

Namun, jikalau waktu dari permainan sepak bola itu berakhir dan masing-masing dari tim mempunyai jumlah skor yang sama, maka permainan bola itu bisa dimainkan lagi dengan menggunakan babak perpanjangan waktu atau dimulai lagi dengan pertandingan adu penalti.

Dan itu semua tergantung dari keputusan atau kesepakatan dari panitia penyelenggaraan pertandingan sepak bola.

Didalam sebuah pertandingan resmi sepak bola, tim yang memenangkan pertandingan maka akan mendapatkan 3 poin, serta tim yang kalah dari pertandingan sepak bola yang telah selesai maka tidak akan mendapatkan atau diberi poin oleh juri.

Namun, apabila kedua tim itu mempunyai skor yang sama atau seimbang, maka masing-masing dari tim tersebut akan mendapatkan 1 buah poin.

Meskipun demikian, pemenang dalam sebuah permainan sepak bola ini dapat dibatalkan kapan saja jikalau adanya kejadian tindakan-tindakan kriminal atau skandal yang kelanjutan harinya terbukti jelas.

Jikalau dalam sebuah pertandingan sepak bola ada salah satu tim atau kelompok yang memang sengaja memutuskan timnya untuk mengundurkan diri dari laga tersebut, atau biasa juga disebut dengan sebutan walk out maka tim lawan dari tim tersebut akan memenangkan pertandingan dengan otomatis tim itu akan mendapatkan poin 3-0.

***

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai pengertian permainan sepak bola. Berikut dibawah ini saya selaku penulis akan sedikit mengulas tentang sejarah sepak bola lengkap yang didalamnya akan membicarakan seputar bola secara detail, dan juga penjelasan tentang sejarah sepak bola dunia serta sejarah sepak bola Indonesia.

Sejarah Sepak Bola

sejarah sepak bola
romeonews.org

Adanya permainan sepak bola ini bukan hanya semata-mata diciptakan oleh penemunya saja, akan tetapi dibalik dari terbentuknya permainan sepak bola didalamnya memiliki sejarah sepak bola tersendiri. Buat kalian yang pecinta bola tentunya tau dong seperti apa kisah dari cerita sejarah sepak bola ini?

Jikalau memang diantara teman-teman semua yang belum mengetahui bagaimana asal usul atau sejarah sepak bola, maka dibawah ini saya akan menceritakan berbagai macam sejarah sepak bola yang ada di muka bumi. Untuk kelengkapan ceritanya, yuk langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini.

Sejarah Sepak Bola Singkat

sejarah sepak bola
drclydewilson.com

Awal mulanya ada permainan sepak bola ini di daerah Tiongkok sejak tahun ke-2 dan tahun ke-3 sebelum Masehi. Ketika berada di zaman kerajaan Han, para rakyatnya memainkan salah satu permainan yang dibuat dari bahan baku kulit dan dimainkan dengan cara menggiringnya lalu menendang mainan itu ke arah jaring kecil dan saat ini permainan itu disebut dengan permainan sepak bola.

Permainan-permainan yang sama dengan permainan ini juga dimainkan di Negara Jepang yang diberi nama ‘Kemari’. Selain di Jepang dan Tiongkok, di Negara Italia pun permainan-permainan seperti menggiring dan menendang bola ini sangat digemari oleh seluruh penduduknya, terutama dari tahun ke-16 sebelum Masehi.

Semenjak diterapkannya peraturan-peraturan dasar dalam permainan sepak bola di Inggris, akhirnya permainan sepak bola ini sedikit demi sedikit mulai berkembang dan juga menjadi kegemaran dari berbagai macam kalangan.

Ketika beberapa pertandingan sepak bola ini dimulai, ketika dimulainya permainan sepak bola ini memicu adanya kejadian-kejadian kekerasan selama dimulainya pertandingan, sehingga pada akhirnya di tahun 1365 Raja Edward III membuat keputusan untuk melarang permainan sepak bola ini tidak boleh dilakukan.

Keputusan yang telah dibuat oleh Raja Edward III ini mendapatkan sebuah dukungan dari Raja James I dari Skotlandia.

Menginjak tahun 1815, terbentuklah perkembangan-perkembangan yang sangat besar sehingga perkembangan besar itu menjadikan olahraga sepak bola ini bisa terkenal didalam lingkungan sekolah dan didalam lingkungan universitas.

Terbentuknya permainan sepak bola modern kurang lebih sekitar tahun 1863 di Freemasons Tavern ketika sekolah serta klub berkumpul menjadi satu dan membangun susunan-susunan peraturan baku untuk diterapkan didalam permainan sepak bola, sehingga permainan sepak bola ini bisa dimainkan secara terstruktur.

Namun, beriringan dengan hal itu. Terjadilah sebuah perpisahan antara olahraga sepak bola dengan orahlaga rugby. Di tahun 1869, dalam permainan sepak bola membawa bola dengan menggunakan tangan ini sudah tidak diperbolehkan lagi dikarenakan sudah terbentuk peraturan-peraturan yang telah disepakati

Pada tahun 1800, permainan sepak bola ini disebarkan ke penjuru dunia oleh pelaut, para pedagang dan juga tentara Inggris ikut menyebarkannya ke berbagai belahan dunia. Menginjak tahun 1904, perkumpulan tertinggi sepak bola di seluruh dunia adalah FIFA.

Awal mula FIFA dibangun kurang lebih pada awal tahun 1900 dengan berbagai macam pertandingan diadakan di beberapa negara.

Sejarah Sepak Bola Dunia Lengkap

sejarah sepak bola
olahraga.pro

Berdasarkan dari sejarah sepak bola yang pernah diteliti yang perlu kita ketahui bahwa permainan bola ini awal dimulai dari peradaban kuno Romawi, Yunani dan Cina. Dimainkan permainan sepak bola ini dengan menggunakan cara menggiring atau membawa bola yang dituju kepada objek oleh pemainnya.

Ketika di tahun pertengahan, kemudian permainan sepak bola ini dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak ada batasannya. Pada masa itu bola yang dipakai dalam permainan itu tercipta dari kulit binatang, selain menggunakan kulit binatang juga bisa menggunakan usus-usus nya.

Di tahun ke-20, akhirnya permainan sepak bola ini memiliki peraturan-peraturan yang telah diresmikan. Guna dari peraturan ini dapat membuat permainan yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di penghujung dunia.

Apakah kalian semua mengetahui didalam sejarah sepak bola ini ada pertumbuhan mengenai permainan sepak bola yang bisa dinikmati saat ini? Apa saja peraturan-peraturan yang wajib dan patut untuk diperhatikan?

Perlu kalian ketahui bahwa saat ini permainan bola yang sering dimainkan ialah permainan sepak bola modern yang didalamnya telah menggunakan peraturan-peraturan resmi. Setiap pemain sepak bola harus dituntut untuk memahami seluruh peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

Selain dari memahami peraturan-peraturan yang ada dalam permainan sepak bola, setiap pemain bola pun dituntut untuk bisa menguasai seluruh teknik-teknik dasar sepak bola dengan sebaik-baiknya sehingga untuk kedepannya bisa menjadi pemain yang baik dan juga bisa memainkan permainan bola ini dengan profesional.

Perlu kalian ketahui juga bahwa sejarah sepak bola lengkap ini terbagi menjadi 2 bagian. Diantaranya ialah sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern. Berikut dibawah ini akan ada ulasannya:

Sejarah Sepak Bola Kuno

sejarah sepak bola
berbagaireviews.com

Awal mulanya sejarah sepak bola kuno ini dimulai dari salah satu negara besar di dunia yang bernama China. Yang mana ketika itu masih berada didalam masa Kerajaan (dinasti) Han. Yakni kurang lebih sekitar tahun ke-2 atau tahun ke-3 sebelum dibuatkan penanggalan Masehi.

Ketika itu masih berada di masa Dinasti Han maka permainan sepak bola ini menggunakan bola yang terbuat dari kulit, dan untuk memasukkan bola kedalam gawang pun sangat sulit sekali dikarenakan gawang tersebut terbuat dari jaring yang sangat kecil.

Ternyata dilahirkan olahraga sepak bola ini dengan tujuan supaya seluruh tentara China tetap terlatih dan terjaga fisiknya dan juga sepak bola ini menjadi salah satu permainan untuk menghibur ketika sedang dalam acara perayaan ulang tahun sang raja.

Pada masa itu, permainan sepak bola ini disebut dengan sebutan Tsu Chu.

Perlu kalian ketahui, bahwa sejarah sepak bola kuno selain hanya terkenal di Negara China saja ternyata permainan sepak bola ini menjadi salah satu permainan yang paling digemari oleh hampir seluruh masyarakat Jepang. Yang mana di Negara Jepang menyebutkan permainan bola ini dengan sebutan ‘kemari’ dan dimainkan dengan cara menggiring bola yang dibuat dari bahan kulit kijang.

Sejarah Sepak Bola Modern

sejarah sepak bola
satujam.com

Asal mulanya sejarah sepak bola modern dimulai di Inggris. Ditandai dari terbentuknya suatu kelompok perkumpulan sepak bola melewati perjumpaan 11 wakil dari perhimpunan sepak bola yang ada dalam Football Association Freemason’s Tavern (London-Inggris).

Dalam perjumpaan ini diterapkan sebuah peraturan tunggal dalam permainan sepak bola. Lalu, peraturan-peraturan itu diikuti oleh himpunan sepak bola Wales, Irlandia, dan Skotlandia. Selanjutnya, keempat himpunan sepak bola itu akan membangun IFAB (International Football Association Board) guna untuk bisa mengelola peraturan sepak bola di seluruh dunia.

Seiring berjalannya perkembangan waktu dan juga kemajuan sepak bola dunia, maka pada waktu itu dibentuklah Federation International de Football Association atau biasa disebut dengan sebutan FIFA. FIFA itu dibentuk di Prancis pada tanggal 21 Mei dan tahun 1904.

Perjumpaan yang digagasi oleh kedua tokoh dalam sepak bola yakni Henry Delaunay dan Jules Rimet itu dihadiri oleh 7 negara di dunia, yakni terdiri dari Spanyol, Denmark, Swedia, Belgia, Swiss dan Belanda.

Kemudian negara-negara itu langsung ditunjuk dan ditetapkan menjadi bagian dari anggota FIFA pertama yang dipimpin oleh Robert Guerin, yang mana Robert Guerin ini berasal dari negara Prancis.

Ketika itu kejuaraan-kejuaraan sepak bola yang diselenggarakan masih tergolong dalam cangkupan olimpiade, tapi keanggotaannya secara terus menerus bertambah.

 

Tinggalkan komentar