seni rupa 3 dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi: Contoh, dan Unsur-Unsur Seni Rupa [Lengkap]

Seni Rupa 3 Dimensi – Disekitar kita banyak sekali karya-karya seni rupa yang bisa kita jumpai, mengapa? Karena setiap benda yang telah dipajang di sebuah ruangan yang mana ruangan tersebut tertutup ataupun terbuka maka benda itu merupakan sebuah karya seni rupa.

Apa saja sih karya seni rupa itu? Karya seni rupa ini banyak sekali model dan motifnya, misalkan contoh seperti adanya gambar-gambar yang menempel di dinding atau didalam kertas gambar, kerajinan tangan yang dibuat dari bahan-bahan stick eskrim, gambar-gambar, melukis, dan masih banyak karya-karya lainnya.

Sebelum kita memasuki inti dari pembahasan, apakah diantara kalian sudah ada yang mengetahui tentang pengertian seni rupa 3 dimensi? Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mengetahui dan juga sebagian dari kalian belum ada yang mengetahu apa sih seni rupa 3 dimensi itu, seperti apa sih seni rupa 3 dimensi itu?

Mungkin untuk kalian atau teman-teman semua yang belum mengetahui akan penasaran dan ingin tahu tentang hal yang ingin diketahuinya, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang seni rupa 3 dimensi. Yuk, langsung saja kita simak tulisan yang telah tertulis dibawah ini

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa 3 dimensi
cara.pro

Seni rupa 3 dimensi ialah merupakan sebuah karya seni yang dindingi bukan hanya dengan sisi panjang dan lebarnya saja, namun juga didindingi oleh kedalaman. Atau disebutkan didalam bahasa sederhananya yakni karya seni yang mempunyai ruang.

Unsur-unsur ruang inilah yang menjadi salah satu pembeda antara karya seni rupa 3 dimensi dengan karya seni rupa 2 dimensi.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa 3 dimensi
cara.pro

Ketika dilihat dari kegunaan atau fungsi tujuan pembentukannya, karya seni tupa 3 dimensi ini dibagi menjadi 2 bagia. Yang pertama ialah seni rupa murni namanya, dan yang kedua ialah seni rupa terapan namanya. Berikut dibawah ini penjelasan tentang bagian-bagian seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni Rupa Murni

seni rupa 3 dimensi
suherlin.com

Seni rupa murni ialah karya seni yang terlihat atau timbul dengan keindahannya dibandingkan dengan kegunaan-kegunaan daripada kegunaan benda tersebut. Sehingga karya seni rupa murni ini hanya dapat dinikmati keindahannya saja.

Misalkan contoh dari karya seni rupa 3 dimensi yakni patung, dan masih banyak contoh-contoh lainnya.

Seni Rupa Terapan

seni rupa 3 dimensi
emsholy.blogspot.co.id

Seni rupa terapan adalah karya seni yang dimaksud untuk memberi kemudahan hidup manusia, akan tetapi di sisi lain karya seni rupa terapan ini mempunyai nilai-nilai keindahan atau estetika. Misalkan contohnya seperti yang telah biasa kita gunakan didalam kehidupan sehari-hari, seperti peralatan rumah tangga atau dapur, arsitektur dan lain sebagainya,

Untuk lebih jelas lagi kalian bisa langsung saja membaca contoh karya seni rupa terapan yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Contoh Seni Rupa Terapan Anyaman

seni rupa 3 dimensi
noninurul.wordpress.com

Anyaman ialah sebuah karya seni rupa terapan yang dibentuk atau dibuat dari serat-serat yang dirangkaian sampai membentuk suatu benda yang kaku. Biasanya karya seni rupa terapan anyaman ini dibentuk atau dibuat dari bahan-bahan yang awal mulanya berasal dari tumbuhan.

Akan tetapi seiring berjalan dan perkembangan waktu semakin pesat anyaman juga bisa dibuat dari serat-serat plastik. Anyaman ini biasanya diolah untuk dijadikan sebuah kerjaninan tangan yang membentuk keranjang dan bisa juga diolah menjadi anyaman yang digunakan sebagai tikar.

2. Contoh Karya Seni Rupa Terapan Batik

seni rupa 3 dimensi
cara.pro

Batik ialah merupakan salah satu jenis kain bergambar yang diolah dalam rangkain metode-metode tertentu dan unik. Batik merupakan sebuah karya seni rupa terapan yang mempunyai nilai khas seni tinggi dan khas tersendiri ini sudah menjadi suatu budaya di Negara Indonesia sudah dari zaman dahulu kala.

Corak batik yang memiliki berbagai macam-macam ragam membuat batik bisa diaplikasikan didalam berbagai macam hal bentuknya. Biasanya kita mendapati batik ini dalam bentuk pakaian, akan tetapi yang sebenarnya pola batik juga kerap dipakai dalam hal lain, misalkan seperti dinding sebagai wallpaper, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis batik ini dibedakan menurut dari teknik-teknik pembuatannya dan dari daerah asal pembuatannya.

3. Contoh Seni Rupa Terapan Kerajinan Kulit

seni rupa 3 dimensi
cara.pro

Gambar diatas ialah karya seni rupa teraoan yang sangat banyak dan bisa dijumpai dalam berbagai macam bentuk, misalkan sepert jaket, sepatu, sabuk, tas, dompet, wayang dan masih banyak bentuk-bentuk lainnya. Biasanya para pengrajin kulit banyak tersebar di beberapa kota misalkan didaerah Jawa Barat dan Yogyakarta.

Sama dengan namanya, kerajinan kulit ini adalah suatu karya seni dari bahan kulit yang telah di samak, kulit sintetis atau kulit mentah. Kulit sendiri dapat dihasilkan dari kulit-kulit hewan, misalkan seperti sapi, kerbau, kambing, domba, ular, buaya dan masih banyak binatang-bintang lainnya yang kulitnya bisa dimanfaatkan.

Setiap masing-masing bahan kulit memiliki karakteristik masing-masing, sehingga dalam penggunaannya dan perawatannya itu pun sangatlah berbeda, Metode yang digunakan untuk membuat atau mengolah kerajinan kulit ini terdiri dari:

  • Pemotongan.
  • Penipisan.
  • Pelempitan.
  • Penjahitan.
  • perekatan.
  • Pres
  • Pengemasan

4. Contoh Seni Rupa Terapan Pakaian

seni rupa 3 dimensi
satujam.com

Di era seperti ini siapa sih yang tidak mengenali pakaian? Semua orang yang hidup di dunia ini pasti sangat mengenal sekali pakaian. Pakaian ini merupakan sebuah kebutuhan premier untuk setiap manusia yang hidup di dunia.

Pakaian merupakan sebuah karya seni, mengapa pakaian ini disebut sebagai karya seni? Karena didalam proses pembuatannya pakaian ini dibuat dengan berbagai macam tahapan atau langkah-langkah, dari mulai bahan mentah seperti kain sampai bisa kita gunakan dengan nyaman dan tentram.

Seni dalam membuat atau mengolah pakain ini lebih dikenal sebagai istilah fashion design, dan pengolahannya disebut dengan fashion designer. Negara Indonesia ini sangat kaya sekali dengan budayanya, termasuk dalam hal pakaian adat.

Para-para designer sekarang sangat kreatif sekali dalam memanfaatkan keanekaagaman pakaian adat yang ada di Negara Indonesia sebagai gagasan busana yang akan mereka buat dan mereka olah.

 5. Contoh Seni Rupa Terapan Senjata Tradisional

seni rupa 3 dimensi
magicsea.blogspot.com

Kalian pasti kenal dong dengan senjata tradisional yang ada pada gambar diatas ini? Ya itu semua kami kenal, karena senjata tradisional keris ini merupakan salah satu senjata tradisional yang sangat populer di Negara Indonesia Raya. Hingga saat ini senjata tradisional tersebut mempunyai nilai seni yang sangat tinggi sekali.

Ketika diliahat dari pola design senjata dan detailnya, setiap senjata tradisional dari berbagai macem daerah mempunyai keunikan dan unsur-unsur tersendiri atau dengan kata lain ialah mempunyai ciri khas masing-masing. Banyak sekali kolektor atau budayawan yang mengoleksi senjata tradisional, mengapa? Karena terdapat estetika dan sejarahnya

Simbol Karya Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa 3 dimensi
yudiwahdiyanto.blogspot.co.id

Ketika mempelajari karya seni rupa, simbol-simbol akan dibahas dan diterangkan sebagai makna yang terkadi didalam karya seni rupa, entah itu dari wujud objek atau pun unsur-unsur rupnya. Misalkan contohnya seperti warna merah yang merupakan sebuah simbol keberanian. Untuk Simbol kegagahan dibentuklah patung-patung yang berwujud kuda.

Didalam seni rupa, simbol-simbol dapat kita dapati di kaya seni rupa 3 dimensi ataupun karya seni rupa 2 dimensi. Misalkan seperi patung, monumen, dan tugu itu merupakan salah satu dari karya seni rupa 3 dimensi yang mempunyai arti dan simbol-simbol tertentu.

Sudah dari dulu orang-orang telah terbiasa sekali untuk membuat dan mengolah patung, monumen dan tungu untuk kegunaannya melambang sesuatu.

Unsur Seni Rupa 3 Dimensi

seni rupa 3 dimensi
sumberpengertian.com

Karya seni rupa 3 dimensi ini memiliki unsur-unsur yang membentuk kesatuan sehingga bisa membuat lebih indah lagi atau bisa membuat terlihat lebih cantik lagi pada karya seni rupa 3 dimensi. Berikut dibawah ini unsur-unsur seni rupa 3 dimensi yang harus kalian ketahui:

  1. TITIK
    merupakan sebuah unsur karya seni rupa yang sangat dasar dan sangat kecil. Titik disini seperti sebuah bintik dalam seni rupa. Dengan adanya sebuah titik, seseorang atau manusia dapat mendapatkan sebua ide-ide baru yang bisa dijadikan sebagai karya seni, misalkan seperti membuat garis dan ruang. Selain dari itu, titik disini mempunyai pusat perhatian tersendiri atau memiliki warna yang sangat mencolok berbeda senidiri dari yang lainnya.
  2. GARIS
    Garis adalah sebuah goresan atau batasan suatu benda, bidang, ruang, warna, tekstud dan lain sebagaianya. Garis disini memiliki dimensi yang condong memanjang dan memiliki arah-arah tertentu. Garis juga mempunyai beberapa sifat seperti pendek, panjang, horizontal, vertikal, tebal, tipis, liris, bergelombang, melengkung, miring, halus dan masih banyak dimen-dimensi lainnya.Selain dari itu, garis juga memiliki berbagai macam bentuk seperti garis mendatar, garis tegak, garis lengung, garis miring, garis sejajar, garis spiral. Penggunaan garis dalam sebuah gambar juga mempunyai sebuah kesan tersendiri, misalkan seperti garis lurus memiliki kesan-kesan keras, garis patah-patah memiliki kesan kaku.
  3. BIDANG
    Salah satu karya seni rupa yang dibentuk atau diolah dari hubungan beberapa garis ini disebut dengan sebutan bidang. Bidang disini mempunyai dimensi panjang, lebar atau juga dapat disebut dengan sebutan pipih. Sedangkan bentuk yang mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi, maka dari itu bentuk memiliki isi atau volume tersendiri.Berdasarkan dengan bentuknya, bidang dan bentuk disini mempunyai berbagai macam ragam, misalkan seperti bidang simetris, bidang geometris, bidang organis dan bidang macam-macam lainnya.
  4. BENTUK
    Bentuk disini dapat diartikan sebagai arti bangun atau plastis. Bangun memiliki bntuk yang sangat polos. Sedangkan bentuk plastis bukan hanya bisa dilhat dari bentuk luarnya saja, melainkan didalamnya terdapat nila-nilai dan maknanya tersendiri, misalkan seperti lemari, nah lemari ini bukan hanya sebuah benda biasa, namun lemari ini memiliki kegunaan yang mana kegunaannya ini bisa dipakai untuk meletakkan pakaian dan celana.
  5. TEKSTUR
    Tekstur disini ilaha sifat permukaan sebuah benda, yang mana sifat tersebut ini kasar, halus, berpori, licin, kinclong atau mengkilap dan sifat-sifat tersebut dapat kita rasakan melewati indra mata dan indra peraba. Berlandaskan jenisnya, tekstur ini terbagi menjadi dua macam bagian, yakni tekstur nyata dan tekstur semu.Tekstur nyata ini memiliki sebuah nilan dan kandungan-kandungan yang sama dengan penglihatan dan perabaan, namun sebaliknya dengan tekstur semu, nah tekstur semu ini tidak memiliki nilai dan kandungan yang sama dengan perabaan dan penglihatan.

__________________________________________________

Demikianlah artikel yang membahas tentang seni rupa 3 dimensi, terimakasih sudah berkujung dan membaca. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan komentar