Sistem Ekonomi | Fungsi, Macam Macam & Ciri Ciri Lengkap dengan Pengertiannya

SISTEM EKONOMI – Sistem ekonomi pasti dimiliki oleh setiap negara yang ada di dunia. Begitu juga seluruh negara yang ada pastinya negara tersebut memiliki suatu cita-cita atau tujuan dan salah satu tujuan dari sebuah negara itu ialah memajukan dan memakmurkan seluruh masyarakatnya.

Lantas bagaimana untuk memajukan dam memakmurkan seluruh masyarakatnya? Tentunya ketika ingin membuat masyarakat maju dan berkembang lebih baik, sebuah negara pasti akan melakukan langkah-langkah atau cara untuk membuatnya jauh lebih baik dari sebelumnya. Yaitu dengan cara menggunakan sistem ekonomi.

Pastinya setiap negara yang ada di dunia ini masing-masing dari negara tersebut memiliki sistem ekonomi tersendiri. Karena untuk membuat rakyat makmur atau ingin memajukan rakyatnya, maka negara tersebut benar-benar sangat membutuhkan yang namanya sistem ekonomi yang pas dan juga tepat dengan keadaan sebuah negara.

Maka dari itu, selaku saya penulis artikel didalam website ini akan mengulas pengetahuan tentang bagaimana sistem ekonomi yang ada didalam sebuah negara. Mungkin saja diantara teman-teman semua belum ada yang mengetahui seperti apa sistem perekonomian negara, oleh karena itu yuk langsung saja kita simak ulasan lengkap tentang sistem ekonomi.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

sistem ekonomi
santrinulis.com

Sistem ekonomi ialah salah satu cara yang digapai untuk mengorganisir atau mengatur seluruh kegiatan ekonomi didalam seluruh masyarakat baik itu dikerjakan oleh swasta ataupun oleh pemerintahan. Tujuan dari sistem perekonomian sendiri berlandaskan dari prinsip-prinsip tertentu dalam rangka menggapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Untuk lebih lengkapnya berikut dibawah pengertian sistem perekonomian menurut para ahli:

Menurut Gilarso

Menurut pengertian dari Gilarso, bahwa sistem ekonomi ini ialah keseluruhan peraturan untuk mengatur tingkah laku atau perilaku rakyat. Rakyat disini ialah seperti produser. konsumen, pemerintah, bank, dan lain sebagainya. Dalam mengerjakan aktivitas ekonomi (distribusi, produksi, investasi, konsumsi, dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya) sehingga terwujudlah kesatuan yang tertata rapi, dan kekacauan bisa dihindari.

Menurut Dumairy 1996

Menurut Dumairy sistem ekonomi ialah sistem yang menata hubungan ekonomi manusia dan juga membangun lembaga dalam surat aturan kehidupan, maka disebutkan juga bahwa sistem ekonomi tidak harus berdiri tegak sendiri, namun ada juga hubungannya dengan sudut pandang mereka yang berbeda-beda. pola dan filsafat hidup yang mana ia akan beristirahat.

Macam Macam Sistem Ekonomi

sistem ekonomi
positiverealestate.com

Membicarakan tentang ekonomi. Perlu kita ketahui sistem ekonomi ini banyak sekali macam-macamnya yang perlu kita ketahui bersama-sama. Banyak diluar sana yang membahas ekonomi dan seputar ekonomi, namun diantara mereka belum ada yang mengetahui secara jelas tentang macam-macam dari sistem ekonomi.

Sebelum memasuki pembahasan inti, saya mau bertanya dulu kepada teman-teman semua. Apakah diantara teman-teman sudah ada yang mengetahui apa saja macam-macam sistem ekonomi? Mungkin sebagian dari teman-teman semua ada yang sudah mengetahuinya dan ada pula yang memang belum mengetahui dan memahami pada masing-masing sistem perekonomi yang ada.

Tapi saya sangat begitu yakin bahwa diantara kita semua kebanyakan orang belum mengetahui seperti apa berjalannya sistem perdagangan, perniagaan atau biasa dibilang sebagai ekonomi. Mungkin sebagian juga belum ada yang mengetahui jenis/macam dari sistem perekonomian ini.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi wawasan mengenai macam-macam dari sistem perekonomian. Mudah-mudahan adanya pembahasan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan juga untuk orang-orang disekitar kita.

Yuk tak usah banyak cakap langsung saja kita simak ulasan berikut dibawah ini.

Sistem Ekonomi Campuran

sistem ekonomi
bekasikota.go.id

Sistem ekonomi campuran ialah suatu sistem perekonomian yang berada di satu sisi pemerintah untuk memberikan sebuah kebebasan kepada rakyat untuk berbisnis atau berusaha guna menjalankan aktivitas ekonomi, namun disisi lain pemerintah pun mempunyai campur tangan kedalam perekonomian yang memiliki tujuan untuk menghalangi penguasaan secara keseluruhan dari sekelompok rakyat atau masyarakat terhadap sumber daya ekonomi.

Sistem Ekonomi Kapitalis

sistem ekonomi
kundurnews.co.id

Sistem Ekonomi kapitalis ialah sistem perekonomian berlandaskan dengan keleluasan seluas-luasnya untuk seluruh masyarakat dalam menjalani aktivitas atau kegiatan perekonomian tanpa adanya sangkut paut dengan tangan para pemerintah. Biasanya tujuan dasar dari sistem ekonomi ini untuk mendapati keuntungan atau laba pribadi tanpa adanya pihak-pihak lain untuk ikut serta dalam mendapatkan keuntungan tersebut.

Sistem Ekonomi Sosialis

sistem ekonomi
spendingrevolt.com

Sistem perekonomian terpusat ialah sistem perekonomian yang mana pemerintah mempunyai kekuasaan yang dominan atau hak cipta terhadap pengaturan aktivitas ekonomi. Penguasaan ini dikerjakan melewati adanya pembatasan-pembatasan kepada aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat.

Ada juga negara-negara yang meyakini sistem perekonomian pusat, diantara lain ialah: RRC, Rusia serta negara-negara yang berada didaerah Eropa Timur.

Sistem Ekonomi Tradisional

sistem ekonomi
panjimas.com

Sistem perekonomian tradisional ialah sebuah sistem yang berada didalam kelompok atau organisasi kehidupan manusia berlandaskan dengan budaya, tradisi masyarakat yang turun-temurun yang lebih utama mengandalkan masalah pembuatan dengan apa adanya.

Value atau kelebihan dari sistem perekonomian tradisional ini ialah adanya semangat lebih dalam kekeluargaan dan juga kejujuran dari setiap perorangan dalam melengkapi seluruh kebutuhan hidupnya.

Sistem Ekonomi Pasar

sistem ekonomi
kompasiana.com

Sistem perekonomian pasar ialah sebuah sistem perekonomian yang mana seluruh aktivitas ekonomi diawali dengan produksi, konsumsi dan produksi diberikan sepenuhnya kepada mekanisme pasar. Adanya sistem ini bukan sewenang-wenang ada, namun adanya sistem ini sesuai dengan ajaran yang telah diberikan dari Adam Smith didalam bukunya yang berjudul “An Inquiry Into the Nature and Causes of The Wealth of Nations”.

Cici-Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Selain dari sistem-sistem perekonomian pasar, ekonomi pasar pun memiliki ciri-ciri tersendiri dibandingkan dengan ciri-ciri ekonomi lainnya. Apakah teman-teman semua sudah mengetahui seperti apa ciri-ciri dari ekonomi pasar ini? Mungkin sebagian ada yang belum mengetahuinya. Baiklah berikut dibawah ini ciri-ciri dari ekonomi pasar:

  • Seluruh atau setiap manusia memiliki kebebasan untuk mempunyai barang, termasuk juga dengan barang modal.
  • Seluruh atau setiap manusia mempunyai kebebasan atau berhak memakai barang-barang dan jasa yang telah dimiliki oleh dirinya.
  • Kegiatan ekonomi dilakukan ini tak lain untuk mendapatkan sebuah keuntungan atau laba terhadap diri kita.
  • Seluruh kegiatan ekonomi dikerjakan oleh masyarakat.
  • Pihak pemerintah tidak melakukan suatu intervensi dalam persaingan pasar yang dikerjakan secara bebas oleh peranan modal yang sangat esensial.

 Keunggulan dari Sistem Ekonomi Pasar

Selain dari ciri-ciri sistem perekonomian pasar, sistem perekonomian pasar pun memiliki keunggulan-keunggulan yang sangat luar biasa. Berikut dibawah ini ada beberapa macam keunggulan-keunggulan dari sistem perekonomian pasar:

  • Bisa menimbulkan kreasi dan inisiatif masyarakat ketika mengatur suatu kegiatan perekonomian.
  • Setiap perorangan atau setiap invidu memiliki kebebasan untuk mempunyai sumber-sumber produksi.
  • Timbullah persaingan-persaingan pasar untuk maju.
  • Produk atau barang yang dicipkatan bermutu tinggi, karena produk yang tidak bermutu tidak akan pernah laku apabila dijual dipasar efektivitas dan edisiensi tinggi dikarenakan setiap tindakan-tindakan perokonomian dilandasi atas model dalam mencari keuntungan.

Kelemahan dari Sistem Perekonomian Pasar

Selain dari ciri, keunggulan. Sistem perekonomian pasar ini mempunyai kelamahannya juga. Berikut dibawah ini kelamahan dari sistem perekonomian pasar:

  • Susah untuk menggarap perataan dalam berpenghasilan.
  • Lebih condong kepada eksploitasi kaum buruh oleh setiap pemilik modal dari barang jual.
  • Timbulnya permainan mopoli uang yang bisa membuat masyaratak kerugian yang sangat besar.
  • Kerap terjadinya gejolak-gejolak didalam perekonomian disebabkan adanya kesalahan dari alokasi sumber daya oleh setiap perorangan dalam memperhatikan seperti apa dan bagaimana sistem ekonomi pasar dalam menyelesaikan persoalannya.

Sistem Ekonomi Islam

sistem ekonomi
youthmanual.com

Sistem ekonomi pertama yang muncul di muka bumi ini ialah sistem ekonomi islam. Sudah sangat terbukti sekali bahwa ketika masih berada di zaman ke khalifahan Rasulullah SAW pada waktu itu Rasulullah SAW mengajari seluruh sahabatnya untuk berdagang dan bagaimana cara berniaga yang benar, baik, jujur dan juga adil.

Selain dari itu, Nabi Muhammad juga mengajarkan kepada seluruh umatnya yang berada di muka bumi ini untuk menyisakan sedikit hartanya minimal 2,5% untuk disedekahkan kepada orang-orang yang memang membutuhkan adanya harta tersebut. Persoalan ini pun memiliki tujuan supaya tidak ada ketidak adilan antara orang miskin dengan orang kaya.

Orang kaya menyedahkan sebagian hartanya 2,5% kepada orang-orang miskin. Dengan seperti itu sudah sangat terbukti sekali bahwa sistem ekonomi islam ini telah wujud ketika masih berada didalam zamannya baginda Nabi Muhammad SAW.

Namun dengan berjalannya waktu yang sangat cepat timbullah madzhab-madzhab baru yang meyakini dengan sistem ekonomi liberalisme, sosialisme, komando dan sistem ekonomi kapitalisme. Orang-orang seperti mereka hanya saja mengambil sedikit dari prinsip sistem perekonomian islam yang mana menurut mereka dapat diterima atau dipahami oleh akal maka akan dia ambil, apabila tidak mereka tidak segan-segan akan menolaknya.

Pengertian Sistem Perekonomian Islam

Sistem perekonomian islam ialah sistem ekonomi yang dikerjakan berdasarkan dengan ajaran-ajaran islam yang telah ditentukan oleh Allah SWT. Sistem ini diciptakan oleh Allah SWT yang mana Allah SWT menciptakan sistem perekonomian islam ini bertujuan akhir kembali pada Allah SWT, dan memakai tempat tidak terlepas dari ajaran-ajaran agama islam.

Sistem ekonomi islam adalah sistem ekonomi yang dijalankan berdasarkan syariat islam atau aturan-aturan Allah. Sistem ini bertitik tolak dari Allah, bertujuan akhir pada Allah, dan menggunakan sarana yang tidak lepas dari syariat islam.

Seluruh aktivitas ekonomi yang sedang dikerjakan oleh manusia patut setara dengan ketentuan yang telah diciptakan oleh Allah SWT. Baik itu didalam persoalan jual dan beli, simpan dan pinjam ataupun dalam bagian investasi.

Didalam agama islam memiliki rancangan kepemilikan harta, sebenarnya seluruh harta yang kita miliki ini sepenuhnya hanyalah milik Allah SWT. Sedangkan manusia ini hanya menjadi khalifah dari harta yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, didalam ajaran agama Islam, agama Islam ini sangat melarang seluruh manusia untuk mendekati kepada perbuatan-perbuatan yang tidak disukai oleh gusti Allah SWT. Misalkan seperti Maisyir, Gharar, Dzalim, Ikhtikar, Haram dan Riba.

Fungsi Sistem Ekonomi

sistem ekonomi
brokerforex.com

Adapun perekonomian ini memiliki fungsinya tersendiri. Apa sih sebenarnya fungsi dari sistem perekonomian ini? Apakah diantara kalian ada yang mengetahuinya? Jikalau belum, maka dibawah ini saya akan sedikit menjelaskan tentang fungsi dari sistem perekonomian.

Dari berbagai macam sistem ekonomi yang telah dicantumkan di dunia, sistem ekonomi ini terdapat beberapa fungsi dalam perekonomian. Berikut penjelasannya.

  • Mempersiapkan cara atau metode untuk mengatur seluruh aktivitas perorangan didalam sebuah perekonomian yang ada.
  • Mempersiapkan mekanisme supaya ketika sedang pembagian hasil dari produksi bisa berjalan dengan lancar.
  • Mempersiapkan rangsangan untuk mengerjakan produksi.

***

Demikianlah sedikit ulasan mengenai sistem perekonomian yang ada di dunia ini. Mudah-mudahan adanya pembahasan mengenai sistem ekonomi ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah sedikit wawasan mengenai sistem perekonomian yang ada. Terimakasih sudah membaca artikel ini 🙂

Tinggalkan komentar