Struktur Organisasi | Koperasi, Perusahaan, Sekolah [Lengkap dengan Pengertian]

STRUKTUR ORGANISASI – Sebelum kita memasuki ulasan tentang pembahasan struktur organisasi, disini saya akan sedikit mengulas terlebih dahulu mengenai pengertian atau pemahaman dari kata organisasi.

Organisasi, apa sih organisasi itu? Jadi organisasi ialah suatu kelompok yang didalamnya terdapat orang-orang berkumpul bersama secara formal yang bertujuan untuk melakukan suatu kerja sama agar bisa menggapai sebuah keinginan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sedangkan pemahaman dari organisasi itu sendiri ialah fungsi atau peranan kedua dalam pembangunan manajemen dan organisasi yang sudah diartikan sebagai suatu metode yang mengerjakan aktivitas-aktivitas dan pembentukan ketika membangun struktur organisasi menurut dari sumber-sumber dengan tujuan serta lingkungannya.

Jadi dapat disebutkan bahwa suatu hasil dari pengorganisasian ialah tercipta struktur organisasi. Nah, sesudah kita  mengetahui dan memahami beberapa diantara pemahaman-pemahaman yang ada di atas, maka yang dimaksud dari Struktur Organisasi ialah suatu susunan-susunan elemen dalam suatu organisasi yang memperlihatkan tentang pembagian kerja serta juga fungsi dari kegiatan tersebut.

Apabila anda belum merasa puas dengan adanya pengertian organisasi diatas, maka sebelum masuk kedalam pembahasan inti yakni struktur organisasi, saya akan sedikit membahas lebih detail lagi mengenai pengertian struktur organisasi menurut para ahli. Yuk langsung saja kita simak bareng-bareng ulasan dibawah ini.

Pengertian Struktur

Pengertian Struktur Organisasi Secara Umum

struktur organisasi
maxmanroe.com

Untuk memahami pengertian struktur organisasi maka kita ini patut terlebih dahulu untuk memahami tentang apa itu organisasi menurut para ahli? Pengertian organisasi ini merupakan sebuah tempat perkumpulan-perkumpulan golongan manusia yang terdiri dari dua orang atau bisa lebih dari dua orang.

Secara formal perkumpulan golongan manusia itu dipersatukan guna untuk melahirkan visi serta misi yang tujuannya sama dan bisa menggapai cita-cita bersama.

Nah, disini struktur organisasi sendiri adalah bagian-bagian atau elemen penting yang diwajibkan ada didalam sebuah organisasi (kelompok) yang menghubungkan terkaitnya dengan pembagian-pembagian tugas pekerjaan dan juga rasa tanggung jawab pada masing-masing individual.

Didalam dunia bisnis atau didalam dunia perusahaan juga tidak akan terlepas dari yang namanya elemen-elemen penting seperti struktur organisasi yang mana struktur tersebut menjadikan sebuah pondasi guna untuk berdirinya sebuah bisnis baru yang akan dikembangkan.

Misalkan seperti contoh bahwa betapa pentingnya struktur organisasi didalam dunia bisnis atau pekerjaan ialah menghindari diri dari adanya tumpang tindih sebuah kedaulatan atau kekuasaan dan rasa tanggung jawab pada setiap individual. Mari kita ulas lebih jelasnya dibawah ini.

Pengertian Struktur Organisasi Menurut Para Ahli

struktur organisasi
blogpsikologi.blogspot.co.id

Menurut pengertian para ahli bahwa Pengertian Struktur Organisasi ini adalah sebuah susunan yang terdiri dari berbagai macam elemen-elemen atau bagian-bagian pekerjaan didalam suatu organisasi yang ada pada masyarakat/penduduk. Dengan adanya struktur organisasi ini kita dapat memandang tentang bagaimana cara pembagian kerja serta  bagaimana kegunaannya atau aktivitas yang berbeda dapat dikoordinasikan dengan baik.

Sebenarnya bukan hanya itu saja, melainkan dengan adanya struktur organisasi ini kita dapat memahami melihat beberapa spesialis-spesialisasi dari suatu pekerjaan, saluran perintah ataupun pemberitahuan berita/informasi.

Didalam struktur organisasi ini ada kaitannya dengan bagian-bagian serta letak posisi yang ada didalamnya, serta semua bagian atau elemen itu mendapati saling ketergantungan yang artinya pada setiap masing-masing elemen yang ada didalam struktur organisasi akan saling mempengaruhi dan pada akhirnya akan memberikan pengaruh kepada secara keseluruhan ke dalam sebuah organisasi.

Berikut dibawah ini ada beberapa penjelasan atau teori tentang pengertian struktur organisasi dari para ahli. Yuk, langsung saja kita simak bareng-bareng ulasan yang kami ulas dibawah ini:

  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut Stoner : Struktur Organisasi ialah sebuah bentuk komunikasi yang mana komunikasi itu melewati orang-orang dibawah dari bimbingan pimpinan/manajer untuk mengejar atau memburu tujuan bersama.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut James D. Mooney : Struktur Organisasi itu ialah wujud atau bentuk setiap persatuan seluruh manusia yang berguna untuk menggapai atau mewujudkan tujuan bersama.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut Chester I. Berdard : Struktur Organisasi adalah sebuah bentuk sistem kegiatan kerja sama yang akan dikerjakan oleh dua orang atau dikerjakan oleh lebih dari dua orang.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut Jones : Struktur Organisasi ialah peraturan formal dari aturan-aturan yang ada serta komunikasi (hubungan) otoritas (kekuasaan) yang memperhatikan seluruh anggotanya tentang bagaimana seluruh anggota organisasi tersebut bekerjasama dan memakai sumber daya untuk menggapai tujuan dari organisasi tersebut.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut The Liang Gie : Struktur Organisasi ialah konteks yang membuat pola tetap dari ikatan jalinan (hubungan) antara bidang kerja ataupun orang-orang yang memperlihatkan kekuasaan dan fungsi masing-masing didalam kepentingan bersama.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut Numberi : Struktur Organisasi adalah bagian-bagian yang amat sangat penting, karena struktur organisasi sendiri akan mengulas tentang bagaimana kekuasaan (kedudukan), tugas-tugas, serta fungsi (peranan) yang diterapkan didalam sebuah organisasi.
  • Pengertian Struktur Organisasi Menurut Hasibuan : Struktur Organisasi ialah sebuah gambar yang menjelaskan mengenai jenis-jenis organisasi, bagian dan hubungan sebuah pekerjaan, garis perintah dan tanggung jawab, pendepartemenan organisasi, dan bentuk kepemimpinan organisasi.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian struktur organisasi menurut penafsiran para ahli, selanjutnya akan ada pembahasan fungsi-fungsi atau peranan mengenai fungsi struktur organisasi. Berikut dibawah Ini penjelasannya.

Fungsi dari Struktur Organisasi

struktur organisasi
eurobiz.com.cn

Dibentuknya struktur organisasi ini guna untuk memangku sebuah perusahaan setara dengan tugas dan peranan masing-masing dalam setiap jabatan. Secara jelasnya Struktur Organisasi ini memiliki kemampuan untuk memisahkan seluruh tanggung jawab serta kekuasaan anggotanya.

Apabila didalam dunia usaha (bisnis) atau perusahaan tidak mempunyai elemen-elemen penting yang ada didalam struktur organisasi sendiri dapat mengakibatkan adanya gangguan untuk kedepannya, salah satunya ialah dalam bagian pengolaan perusahaan atau bisnis dan pada bagian manajemen.

Berikut dibawah ini ada beberapa macam alasan penting mengenai mengapa struktur organisasi itu harus ada didalam dunia bisnis dan perusahaan yang sedang proses dalam tahapan perkembangan.

1. Kejelasan dan Tanggung Jawab

Setiap peserta yang berada didalam organisasi mempunyai tugas serta tanggung jawab masing-masing yang dipegang oleh setiap perorangan. Bertumpukan kekuasaan bisa menjadi persoalan yang amat serius didalam sebuah struktur organisasi, misalkan contohnya seperti didalam perusahaan yang mempunyai 2 kepemimpinan sekaligus bisa mengakibatkan timbulnya rasa kebingungan ketika hendak mengambil suatu keputusan.

Alangkah baiknya sebuah perusahaan ini harus dipimpin oleh satu orang pemimpin saja tanpa ada orang lain yang harus ikut serta memimpin perusahaan tersebut, akan tetapi apabila memang ada lebih dari satu orang yang memimpin perusahaan tersebut, masing-masing pimpinan bisa dibedakan menurut tanggung jawabn yang ia pegang.

Nah, dibagian inilah betapa pentingnya adanya struktur organisasi didalam suatu bisnis atau sebuah perusahaan yang masih dalam tahapan perkembangan.

2. Kejalasan didalam Jabatan dan Kordinasi

Struktur organisasi sendiri menerangkan jabatan (kedudukan) serta posisi dari setiap masing-masing peserta. Didalam bagian ini melewati rancangan struktur organisasi yang bisa memperjelas jalur hubungan atau komunikasi dengan antar tim.

Dibagian ini koordinasi itu sangat diperlukan sekali, kenapa? Karena untuk menghindari yang namanya Missed Communication yang mana hal tersebut bisa memberikan pengaruh negatif untuk bisnis yang masih berada di tahapan perkembangan.

Selain itu, adanya koordinasi seperti ini bisa juga dipakai sebagai landasan ketika menyelesaikan sebuah pekerjaan yang memerlukan komunikasi dengan antar jabatan.

3. Kejelasan dalam Jalur Komunikasi

Fungsi atau peranan dari struktur organisasi selanjutnya ialah jelasan dalam jalur komunikasi (hubungan). Ketika mengerjakan suatu tugas yang diberikan kepada setiap pemegang tanggung jawab, setiap peserta atau anggota yang berada didalam organisasi patut terlihat jelas dalam struktur organisasi tersebut, sehingga tahapan atau proses pekerjaan bisa lebih efisien serta bisa saling memberikan sebuah keuntungan.

4. Pengawasan & Pengendalian

Adanya struktur organisasi ini sangat penting sekali untuk pengawasan serta pengendalian dari seorang ketua atau pemimpin kepada bawahannya (anak buah). Bisa tergapai atau terwujud maksud tujuan dari berdirinya sebuah bisnis ialah melewati pengawasan dan pengendalian rutin kepada anak buahnya untuk melaksanakan evaluasi kinerja seseorang dengan tugas serta peranan untuk setiap masing-masing anggota.

Usaha atau bisnis yang bagus ialah bisnis yang dikerjakan dari sebuah tim yang terkoordinasikan dengan baik dan juga benar. Tujuan terbangun dan berdirinya sebuah bisnis itu sangat ditentukan dari yang namanya kerja sama seluruh tim yang terkoordinasikan tugas serta peranan melewati struktur organisasi.

Bagian Penting Dalam Struktur Organisasi Perusahaan

struktur organisasi
nortonrosefulbright.com

Ketahuilah suatu perusahaan bisa maju dan bergerak efisien serta optimal ini disebabkan dengan adanya elemen-elemen penting yang harus ada didalam struktur organisasi. Berikut dibawah ini beberapa elemen atau komponen penting yang harus dan wajib ada didalam struktur organisasi perusahaan ketika bisnis yang sedang dijalankan masih berada pada tahapan perkembangan.

1. CEO

Selaku kedudukan atau jabatan tertinggi didalam sebuah perusahaan dan bisnis yang memimpin arah serta tujuan dari sebuah perusahaan adalah CEO. Umumnya CEO merupakan salah satu jabatan yang memiliki usaha atau bisnis yang sedang dikerjakan bareng-bareng oleh tim atau anak buah.

2. Bagian Direksi

Bagian direksi yang dimasukkan kedalam sebuah perusahaan terdiri dari 3 jabatan penting yang memang harus ada dan harus ikut serta terjun didalam perusahaan, diantaranya yakni direktur utama, direktur personalia dan direktur keuangan.

Biasanya direktur utama ini langsung berhubungan dengan CEO atau biasa disebut sebagai pemilik suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap koordinasi serta pengawasan kepada seluruh aktivitas didalam bidang kepegawaian, administrasi dan sekretaris.

Direksi keuangan merupakan pengendalian sistem pengeluaran keuangan sebuah perusahaan. Sedangkan direksi personalia ini langsung bekerja yang ada hubungannya dengan ketenagakerjaan serta sumber daya perusahaan.

3. Manajer

Tugas utama dari seorang yang memiliki jabatan manajer ialah untuk mengatasi berbagai macam variable misalkan seperti pengarahan, seleksi, koneksi (jaringan), hubungan (komunikasi) serta pelatihan. Biasanya manajer ini ada 3 bagiannya sekaligus, yakni terdiri dari manajer personalia, manajer pabrik dan manajer pemasaran.

Tugas dari manajer personalia adalah bertanggung jawab langsung kepada pengorganisasian, perencanaan program serta pengawasan bagian personalia, sedangkan tugas dari manajer pemasaran ini memiliki tanggung jawab kepada bagian-bagian pemasaran jasa atau produk yang terdapat dibagian bisnis.

Yang terakhir manajer pabrik, manajer pabrik ini umumnya  ada didalam bisnis komersial yakni penjualan produk yang memiliki tanggung jawa untuk mengawasi urusan yang ada hubungannya dengan bagian produksi serta kegiatan-kegiatan lainnya yang berada didalam pabrik.

4. Administrasi dan Gudang

Bagian ini wajib ada didalam suatu bisnis yang sedang berada didalam proses perkembangan, Tugas serta fungsi dari bagian ini adalah untuk memeriksa seluruh transaksi perusahaan yang ada kaitannya dengan bagian Outsourcing, pembukuan serta laporan-laporan pengeluaran dan penerimaan.

5. Divisi Regional

Pada bagian ini tugas serta peranannya adalah untuk menerapkan kebijakan-kebijakan serta prosedur baru dari kantor pusat. Divisi regional umumnya bekerja sebagai badan usaha untuk mengembangkan dan juga meningkatkan nilai-nilai tambahan dari sebuah perusahaan.

Divisi regional ini harus bahkan diwajibkan ada didalam bisnis atau usaha yang masih ada hubungannya dengan penanaman saham.

Nah, demikian lah pembahasan mengenai struktur organisasi perusahaan. Akan tetapi, selain dari pembahasan struktur organisasi perusahaan, berikut ini akan ada pembahasan selanjutnya. Yakni membahas tentang Pengertian dan struktur organisasi koperasi.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung saja simak dengan cermat pembahasannya. Berikut ulasan pengertian dan struktur organisasi koperasi


Pengertian Organisasi Koperasi

struktur organisasi
startkampus.net

Organisasi koperasi ialah sebuah sistem kerja sama dengan orang-orang yang memiliki keinginan yang sama dan juga memiliki maksud untuk menggapai suatu tujuan yang telah ditetapkan bersama dalam sebuah tempat yakni koperasi.

Selaku organisasi, koperasi ini memiliki tujuan organisasi yang mana tujuan tersebut ialah kumpulan-kumpulan dari setiap tujuan-tujuan individu dari para anggotanya, jadi tujuan koperasi tersebut sebisa mungkin patut membuat dan juga memperjuangkan rasa kepuasan tujuan individu setiap anggotanya.

Selaku organisasi koperasi yang maju dan bergerak didalam bidang bisnis untuk memuaskan seluruh kepentingan anggotanya, koperasi ini memiliki 5 persyaratan yang patut dipenuhi oleh pihak koperasi:

  1. Adanya pengelola, direksi dan pengurus
  2. Adanya orang/subyek hukum pendukungan hak serta kewajiban
  3. Adanya harta kekayaan yang terpisah
  4. Adanya sebuah kegiatan atau aktivitas
  5. Adanya aturan-aturan main menurut prinsip dari koperasi sendiri

Struktur Organisasi Koperasi

struktur organisasi
forbes.com

Organisasi koperasi yang sudah terbentuk dan berdiri kokoh sangat memerlukan sekali penerapan-penerapan manajemen koperasi diantaranya adalah tentang Bagan Struktur Organisasi yang penting, perangkat serta peranan organisasi koperasi.

Bagan Struktur Organisasi koperasi ini menjelaskan tentang susunan-susunan, isi serta luas lingkup organisasi koperasi, dan juga menerangkan posisi dari pada peranan serta tugas ataupun kewajiban-kewajiban setiap peranan, serta yang terakhir adalah hubungan kerja dan tanggung jawab yang jelas.

Keterangan :

Bagan dari struktur organisasi koperasi tidak memiliki sifat baku dan juga masih bisa dimodif disamakan dengan keinginan, kebutuhan, kecukupan dan masih banyak lain sebagainya. Perangkat organisasinya ini pasti patut terdaftar atau tercantum sebagaimana yang telah diterangkan didalam UU Nomor 25, 199 pasal 21, ialah rapat seluruh anggota, pengawas, pengurus dan selanjutnya yang bisa dilengkapi oleh adanya manajer dan karyawan.

Tugass Pengurus Organisasi Koperasi

struktur organisasi
disniaja.net

Berikut dibawah ini ada pembahasan mengenai peranan atau tugas pengurus yang berada didalam organisasi koperasi. Diantaranya adalah:

1. Rapat Anggota

Didalam organisasi koperasi, anggota mempunyai jabatan tertinggi yang tercermin didalam forum RAT (rapat anggota tahunan).

2. Pengurus

Pengurus organisasi koperasi dipilih oleh dan juga memiliki peranan untuk mewakili seluruh anggotanya dalam mengerjakan suatu aktivitas organisasi atau pun usaha koperasi. Selain dari itu, pengurus juga mempunyai kewajiban untuk melaksanakan keputusan yang sudah ditetapkan oleh RAT untuk memberikan suatu manfaat kepada seluruh anggota koperasi.

Sebagaimana yang telah terdaftar didalam pasal 32 UU No. 25 Tahun 1992 mengenai perkoperasian bahwa pengurus koperasi ini mempunyai hak atau wewenang atas kekuasaan yang diberikan dari hasil keputusan Rapat Anggota Taunan.

Pengurus memiliki kewajiban untuk mengerjakan seluruh keputusan yang telah diberikan oleh RAT untuk memberikan manfaat-manfaat kepada seluruh anggota koperasi.

3. Pengawas

Pengawas adalah salah satu isntrumen organisasi koperasi yang dilantik atau diangkat oleh anggota koperasi didalam RAT (Rapat Anggota Tahunan), setara dengan pasal 38 UU No. 25 Tahun 1192

Peranan para pengurus dan pengawas ini adalah melaporkan hasil-hasil audit. Pengawas memberitahukan hasil audit serta konseling pelaksanaan keputusan serta kebijakan yang telah dirapatkan oleh Rapat Anggota Tahunan yang mana rapat tersebut telah dilakukan oleh pengurus koperasi baik itu audit berkala atau pun audit akhir tahun.

Hasil audit yang diberitahukan oleh pengawas ialah tentang kebenaran data-data serta informasi-informasi yang juga didapati oleh pengawas akan diberitahukan kepada pengurus koperasi dengan melaporkannya diiringi oleh bukti-bukti kuat atau pendukungnya.

4. Pengola Manajer

Manajer ini ditunjuk dan juga diangkat oleh pengurus koperasi yang ditugaskan untuk mengatur operasional usaha koperasi. Disini pengola manajer memiliki kewajiban yang harus ia selesaikan, diantara lain adalah:

  • Menjalankan keputusan operasional yang sudah diputus dan juga ditetapkan oleh para pengurus koperasi.
  • Memimpin jalannya pelaksanaan aktivitas-aktivitas di setiap masing-masing usaha.
  • Memberi bimbingan dan juga memberikan sebuah arahan tugas-tugas kepada karyawan yang kedudukannya berada dibawahnya yang mana tujuannya ini ingin membuat karyawan yang bagus dan juga berkualitas.
  • Memberikan sebuah usul atau saran kepada para pengurus koperasi mengenai pelantikan atau pengangkatan dan juga pemberhentian setiap karyawan didalam lingkungan pekerjaannya.
  • Membuat susunan program kerja dan juga RAPBK tahunan untuk diberitahukan kepada para pengurus sebelum dimulai kembali rencana-rencana dan juga anggaran baru, dan juga mengevaluasi secara keseluruhan yang akan diberitahukan kepada pengurus didalam RAT (Rapat Anggota Tahunan).
  • Membuat laporan pertanggung jawaban kerja secara tersirat setiap akhir bulan dan juga akhir tahun.
  • Mengerjakan arsip-arsip atau dokumen bisnis yang ada didalam organisasi koperasi.

Ciri – Ciri Organisasi Koperasi

struktur organisasi
bmtitqan.org

Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri dari organisasi koperasi.

  • Didalam organisasi koperasi ada sekolompok manusia yang berkumpul menjadi satu atas kepentingan bersama atau tujuan yang sama dan disebut sebagai sebutan kelompok koperasi.
  • Ada dari sebagian anggota koperasi yang ikut bergabung kedalam kelompok bisnis (usaha) guna untuk memperbaiki keadaan sosial ekonomi mereka sendiri, yang mana kelompok tersebut disebut sebagai sebutan swadaya dari kelompok koperasi.
  • Anggota yang ikut bergabung kedalam organisasi koperasi ini tak lain memanfaatkan koperasi secara bersama, yang mana pada bagian ini disebut sebagai perusahaan koperasi.
  • Koperasi yang berperan sebagai perusahaan memiliki tanggung jawab atau tugas untuk membantu kepentingan seluruh anggota kelompok koperasi yakni dengan cara mempersiapkan barang-barang dan juga jasa yang memang sangat dibutuhkan sekali oleh seluruh anggota didalam kegiatan ekonominya.

Nah, sekian ulasan tentang struktur organisasi koperasi beserta pengertiannya. Perlu kalian ketahui, selain dari pembahasan struktur organisasi koperasi, berikut ini akan ada ulasan selanjutnya. Yakni membahas tentang Pengertian dan struktur organisasi sekolah.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung saja simak dengan cermat pembahasan yang ada dibawah ini. Berikut ulasan pengertian dan struktur organisasi sekolah


Pengertian Struktur Organisasi Sekolah

struktur organisasi
pixabay.com

Organisasi adalah sebuah kelompok manusia yang memiliki visi serta misi didalam tujuan yang sama, yakni untuk mengerjakan sebuah kegiatan yang sesuai dengan kegiatan serta aturan yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut, misalkan seperti halnya dengan organisasi sekolah.

Didalam organisasi sekolah ini terdiri dari seorang guru dan murid, mereka semua didalam organisasi sekolah ini melakukan kegiatan belajar dan mengajar, sementara kepala sekolah beserta jajarannya mengerjakan kegiatan lain seperti membangun dan meningkatkan kinerja sekolah dengan baik, dan masih banyak pekerjaan-pekerjaan lainnya yang harus dikerjakan.

Nah didalam organisasi itu sangat memerlukan sekali struktur organisasi. Kenapa? Supaya organisasi tersebut bisa terlihat ter struktur dan tertata dengan rapih, karena organisasi ini merupakan hubungan komunikasi dengan orang-orang yang memiliki atasan dan juga bawahan (anak buah).

Sama seperti organisasi sekolah, organisasi sekolah pun mempunyai strukturnya sendiri, yang mana struktur dari organisasi sekolah ini terdiri dari pemimpin yang biasa disebut dengan Kepala Sekolah serta jajarannya yang biasa disebut dengan sebutan guru dan juga siswa.

Struktur Organisasi Sekolah

struktur organisasi
Sma Negeri 5 Semarang

Ketika sedang membangun dan mengelola sekolah, Kepala sekolah, wakil serta jajaran-jajaran lainnya memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan seluruh tugas-tugasnya, berikut dibawah ini tugas-tugas dari masing-masing pemegang divisi.


Kepala Sekolah


Kepala sekolah memiliki tugas yang sangat penting, yakni bertanggung jawab secara keseluruhan kepada seluruh aktivitas-aktivitas belajar-mengajara di sekolah dan seluruh kegiatan-kegiatan sekolah lainnya. Didalam organisasi sekolah, kepala sekolah berperan sebagai Manajer, Leader, Motivator, Edukator, serta Inovator, Baik itu dari dalam atau pun dari lua, yakni:

Pengurusan program kinerja sekolah, mencangkup:

  • Membuat susunan program kinerja sekolah.
  • Memperhatikan dan juga mengawasi kegiatan belajar mengajar, pengerjaan dan juga penilaian kepada metode dan juga hasil belajar serta bimbingan dan juga konseling (BK)
  • Sebagai pembimbing siswa dan siswi.
  • Pengurusan didalam bidang administrasi sekolah yakni mencangkup administrasi keuangan, ketenagaan, kesiswaan, perlengkapan dan juga kurikulum.
  • Pengelola hubungan sekolah dengan masyarakat atau dengan lingkungan-lingkungan sekitar sekolah.

Wakil Kepala Sekolah


Selain dari kepala sekolah yang memiliki peranan penting didalam organisasi sekolah, namun wakil kepala sekolah pun tidak kalah pentingnya. Di sekolah, tugas dari wakil kepala sekolah ini adalah menggantikan tugas Kepala Sekolah apabila Kepala Sekolah tidak bisa menyelesaikannya dikarenakan ada urusan lain diluar lingkungan sekolah.

Berikut dibawah ini tugas-tugas dari wakil kepala sekolah:

  • Wakil kepala sekolah ditugaskan untuk membantu Kepala Sekolah didalam seluruh aktivitas-aktivitas kegiatan di lingkungan sekolah.
  • Membuat atau membangun rencana, pembentukan program kegiatan dan juga program penerapan.
  • Ketenagakerjaan.
  • Pengolaan/Penorganisasian.
  • Pengawasan.
  • Penilaian.
  • Mengumpulkan seluruh data.

Bagian Kurikulum


Seorang guru yang memiliki tugas didalam bagian atau bidang kurikulum maka ia mempunyai rasa tanggung jawab yang besar atas seluruh kegiatan-kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah. Diantaranya seperti:

  • Membuat susunan untuk pembagian tugas kepada guru-guru yang ada didalam sekolah.
  • Mengatur seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah.
  • Membuat jadwal evaluasi.
  • Membuat kriteria untuk kurikulum dan juga kenaikan kelas.
  • Membuat susunan untuk pelaksanaan UAN dan UAS.
  • Membuat perlengkapan untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar disekolah.
  • Membuat susunan untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler.

Bagian Kesiswaan


Guru yang memiliki tugas atau memang bertugas didalam bagian kesiswaan yakni memiliki tanggung jawab atas seluruh kegiatan belajar mengajar, diantaranya adalah:

  • Pelaksanaan dan juga perencanaan kegiatan ekstrakulikuler.
  • Memberikan sebuah arahan dan juga membina dalam kegiatan OSIS.
  • Pembina dan juga sekaligus menjadi ketua pelaksana kegiatan 5-K.
  • Penginventarisasian pelanggaran-pelanggaran dan juga absensi.
  • Penilaian kepada seluruh siswa dan sisi yang mewakili sekolah kepada kegiatan diluar sekolah.
  • Perancangan kegiatan sesudah siswa dan siswi lulus dari sekolah.

Bagian Saran dan Prasana


Guru yang bertugas didalam bidang sarana ini juga memiliki tanggung jawab atas semua kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah. Diantara lain ialah:

  • Memeriksa dan juga mencatat barang-barang apa saja yang masuk.
  • Memeriksa Mencatat alat laboratorium sekolah yang sudah masuk.
  • Memeriksa dan juga mencatat alat peraga olahraga.
  • Penyediaan sarana dan juga prasarana olahraga.
  • Membuat susunan peraturan anggaran sekolah.

Bagian Hubungan Masyarakat


Bagian humas atau hubungan masyarakat ini memiliki tugas atas seluruh kegiatan belajar dan juga mengajar di sekolah. Diantara lain ialah seperti dibawah ini:

  • Memimpin dan juga membina kerjasama dengan masyarakat yang berada di sekitar lingkungan sekolah.
  • Membantu pelaksanaan tugas BP3

Guru Mata Pelajaran


Guru mata pelajaran ia dibebani tugas oleh pihak sekolah untuk melaksanakan tanggung jawabnya, yakni memberikan sebuah pelajaran kepada anak murid yang ada di sekolah. Diantara lain ialah seperti:

  • Mengerjakan semua persoalan kegiatan pembelajaran di sekolah.
  • Mengerjakan kegiatan penilaian proses belajar para siswa dan siswi, seperti ulangan harian, umum dan ulangan kenaikan kelas atau kelulusan sekolah.
  • Melakukan penilaian dan juga pemeriksaan hasil dari hasil ulangan harian.
  • Melakukan program perbaikan dan juga pengayaan.
  • Wajib untuk mengisi daftar nilai siswa dan siswi
  • Membuat sebuah catatan mengenai tingkatan kemajuan dari hasil belajar para siswa dan juga siswi di sekolah.
  • Wajib mengisi daftar absen atau hadir siswa sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar di kelas.

Wali Kelas


Wali kelas diberi tugas oleh pihak sekolah untuk menyelesaikan tanggung jawabnya, diantara lain adalah seperti berikut:

  • Mengatur program kegiatan didalam kelas.
  • Mengadakan admnistrasi kelas mencakup: Daftar pelajaran kelas, papan absensi murid-murid, buku abesensi siswa dan siswi, buku aktivitas kegiatan pembelajaran di kelas, serta mengatur tata tertib murid-murid.
  • Wajib mengisi daftar kumpulan nilai.
  • Membuatkan catatan khusus mengenai anak muridnya.
  • Mencatat mutasi siswa.
  • Wajib mengisi buku laporan penilaian dari hasil belajar para siswa dan siswi.
  • Pembagian buku laporan hasil belajar (Buku Rapot).

Bagian Bimbingan dan Konseling


Berikut dibawah ini tugas dan tanggung jawab dari bagian bimbingan dan konseling:

  • Membuat susunan program dan juga penerapan bimbingan dan konseling.
  • Penyelerasan dengan wali kelas dalam rangka untuk menanggapi masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh para siswa dan siswi mengenai kesulitan dalam belajar atau dalam mengerjakan tugas-tugas.
  • Memberikan sebuah layanan dan juga memberikan sebuah bimbingan kepada siswa siswi agar bisa lebih berprestasi dalam kegiatan belajar di sekolah.
  • Memberikan sebuah saranan dan juga memberikan sebuah pertimbangan kepada siswa siswi ketika mendapati penjelasan mengenai kelanjutan pendidikan dan juga lapangan kerja yang sesuai dengan kemampuannya.

Bagian Pustakawan


Berikut dibawah ini adalah tugas-tugas dan kewajiban yang telah diberikan oleh pihak sekolah kepada Bagian Pustakwan. Diantaranya adalah:

  • Membuat susunan tata tertib didalam perpustakaan.
  • Membuat pelaksanaan adanya buku atau bahan pustaka atau juga media elektronik.
  • Mengurus pelayanan didalam perpustakaan.
  • Memlihara dan juga perbaikan buku-buku, bahan pustaka dan juga media elektronik.
  • Melaksanakan pelayanan untuk siswa, guru dan juga tenaga pendidikan lainnya, dan yang terakhir memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • Penyimpanan buku perpustakaan atau media elektronik.

Bagian Laboratorium


Bagian laboratorium ini diberi amanah dan tanggung jawab dari pihak sekolah untuk melakukan kewajibannya, yakni diantaranya adalah:

  • Mengola perancangan penyelenggaraan alat dan juga bahan-bahan yang ada didalam laboratorium.
  • Membuat susunan jadwal dan juga susunan tata tertib dalam pemakaian alat-alat laboratorium.
  • Mengola penyimpanan dan juga daftar dari alat-alat laboratorium yang ada.
  • Menyimpan serta melaksanakan perbaikan alat-alat laboratorium yang telah rusak.

Bagian TU (Tata Usaha)


Bagian tata usaha atau biasa disebut dengan sebutan (TU) ini diberi amanah oleh pihak sekolah untuk menuntaskan kewajibannya menjadi bagian TU, yakni diantara lain seperti:

  • Membuat susunan program kegiatan kerja tata usaha sekolah.
  • Mengatur keuangan sekolah.
  • Mengurus seluruh administrasi ketengaan dan juga administrasi siswa.
  • Membina dan juga pengembangan karir para pekerja tata usaha sekolah.
  • Melakukan pelaksanaan 7K.
  • Membuat susunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan tata usaha secara berkala.

***

Sekian ulasan mengenai penjelasan struktur organisasi dan juga dilengkapi dengan pembahasan struktur organisasi perusahaan, struktur organisasi koperasi dan yang terakhir adalah struktur organisasi sekolah. Mudah-mudahan adanya pembahasan ini bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan untuk kalian semua.

TERIMAKASIH TELAH MEMBACA 🙂

Tinggalkan komentar