Struktur Sosial | Masyarakat, Fungsi, Macam-Macam Lengkap dengan Cirinya

STRUKTUR SOSIAL – Struktur Sosial ini terdapat didalam kehidupan masyarakat, karena didalam kehidupan masyarakat tentu saja tidak akan terlepas dari yang namanya hubungan sosial dengan sesama. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas mengenai struktur sosial yang ada didalam kehidupan masyarakat.

Struktur sosial masyarakat ini dapat kita artikan sebagai bentuk atau susunan sosial di masyarakat, disini struktur tidak harus berbentuk fisik saja, namun struktur juga ada yang berbentuk sosial. Mungkin diantara kalian apa ada yang belum mengetahui seperti apa rupa dari struktur sosial ini?

Jikalau memang sebagian diantara kalian ada yang belum mengerti dan juga mengetahui tentang struktur sosial maka dibawah ini akan dijelaskan secara keseluruhan mengenai struktur sosial. Yuk tidak usah lama-lama pembukaan, langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini yang dimulai dengan penjelasan tentang pengertian struktur sosial menurut para ahli.

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

struktur sosial
pandaibesi.com

Mempelajari ilmu yang tidak pasti (humaniora) ini berbeda sekali apabila kita mempelajari ilmu yang sudah pasti (Ilmu Eksak). Misalkan contoh ilmu yang sudah pasti ialah seperti Fisika, Matematika, Sosiologi, Biologi, Bahasa, dan masih banyak cabang-cabang ilmu pengetahuan lainnya.

Maka dari itu ketika mengulas mengenai ilmu sosiologi pasti selalu banyak sekali yang namanya perbedaan pendapat, nah dengan adanya persoalan itu sangat dimaklumkan sekali karena pada dasarnya ilmu sosiologi itu memang seperti itu.

Perbedaan-perbedaan pendapat mengenai ilmu sosiologi akan kami sajikan dibawah ini:

  • Pengertian Menurut Soerjono Soekanto: Hubungan timbal balik dengan posisi dan juga dengan peranan sosial.
  • Pengertian Menurut Koentjaraningrat: Sebuah kerangka yang dapat memberikan suatu penjelasan tentang berbagai bagian atau unsur yang ada didalam masyarakat.
  • Pengertian Menurut Coleman: Sistem atau pola hubungan antar manusia dan juga dengan golongan (kelompok) manusia.
  • Pengertian Menurut George Simmel: Suatu kumpulan perorangan (individu) serta pola dan juga tingkah lakunya.
  • Pengertian Menurut George C. Homans: Sebuah persoalan yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar didalam keseharian/kehidupan sehari-hari.
  • Pengertian Menurut William Kornblum: Susunan yang bisa terjadi dikarenakan adanya pengulangan pola.
  • Pengertian Menurut Raymonf Firth: Pergaulan hidup insan yang mencakup ke berbagai jenis golongan dan juga mengaitkan banyak orang yang mencakup lembaga yang didalamnya terdapat orang yang hadir ikut serta didalamnya.
  • Pengertian Menurut Borgotta: Lingkungan sosial memiliki sebuah nama yang tidak akan pernah bisa untuk dirubah oleh seseorang yang menyanjungkan lingkungan untuk setiap tindakan-tindakan perorangan disekitarnya.

Ciri-Ciri Struktur Sosial

struktur sosial
maxmanroe.com

Struktur sosial adalah sebuah proses perkembangan dan juga perubahan masyarakat yang memiliki dua pengertian. Pengertian pertama yang ada didalam struktur sosial ini adanya fungsi yang memiliki sifat empiris, sementara pengertian yang kedua didalam struktur sosial adalah perkembangan dan juga perubahan yang ada didalam proses perhentian.

Adanya struktur sosial ini bisa kita pandang dan juga kita ketahui dengan menggunakan cara mencermati ciri-cirinya, berikut dibawah ini terdapat 5 ciri-ciri dari struktur sosial yang bisa kamu perhatikan dan pelajari. Dengan adanya ciri-ciri struktur sosial ini sangat diharapkan sekali kalian dapat memahami dan mengenali lebih mengenai struktur sosial.

Struktur Sosial Bersifat Abstrak

Arti dari abstrak adalah tidak dapat dilihat ataupun diraba-raba oleh siapapun. Struktur sosial ialah suatu tingkatan diawali dari yang tertinggi hingga tingkatan yang paling rendah. Tingkatan didalam struktur sosial ini sangat penting sekali, karena tingkatan atau kedudukan ini mempunyai fungsi sebagai kekuasaan yang dapat mengatur dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan.

Misalkan kita ambil contohnya seperti halnya dalam sebuah negara tentunya akan ada yang namanya dengan struktur organisasi suatu pemerintahan, entah itu struktur politik, ekonomi, dan juga budaya. Apabila unsur-unsur itu digabungkan dan menjadi satu maka struktur itu akan terbentuk menjadi satu kesatuan bangunan abstrak sebuah masyarakat.

Ada Dimensi Vertikal dan Horizontal

Yang dimaksud dari dimensi vertikal ialah sebuah tingkatan status sosial yang ada didalam sebuah masyarakat dengan seluruh fungsinya sehingga bisa menjadikan satu sistem yang tidak akan pernah bisa untuk dipisahkan dari tingkatan struktur yang paling tinggi hingga kepada yang paling rendah.

Kita bisa mengambil contoh dari struktur kepemerintahan desa, didalam struktur kepemerintahan desa ini terdapat lurah, carik, kepala desa dan lain sebagainya. Sementara didalam struktur dimensi horizontal, keseluruhan masyarakat menurut dari karakteristiknya yang terbagi menjadi beberapa golongan sosial serta mempunyai karakteristik yang sama misalkan seperti agama, suku dan bangsa, ras serta gender.

Sebagai Pondasi Terjadinya Proses Sosial Masyarakat

Proses terbentuknya struktur sosial cepat atau lambatnya tergantung dari proses tersebut, selain itu proses struktur sosial juga sangat mempengaruhi sekali tentang bagaimana struktur sosial itu sendiri. Persoalan ini dapat kita ambil contohnya kepada masyarakat setempat yang memiliki wujud sosial kaku, dengan seperti itu proses sosial akan susah untuk dilaksanakan seperti halnya kepada masyarakat yang terpencil.

Pengaturan Perilaku dan Hubungan Kepada Masyarakat

Struktur sosial yang digenggam oleh sebuah masyarakat memiliki fungsi untuk mengelola dan juga mengatur berbagai aspek bentuk hubungan antar perorangan yang ada didalam kehidupan dan lingkungan masyarakat itu sendiri.

Berembang serta Dapat Berubah

Bagian akhir ini adalah struktur sosial ialah proses atau tahapan perkembangan dan juga perubahan pada masyarakat itu sendiri.

Fungsi Struktur Sosial

struktur sosial
pandaibesi.com

Apakah diantara kalian ada yang sudah mengetahui fungsi dari struktur sosial? Mungkin ada beberapa diantara kalian yang memang belum mengetahui secara keseluruhan mengenai fungsi dari struktur sosial ini, berikut dibawah ini penjabaran mengenai fungsi struktur sosial yang terbagi menjadi 5 bagian, yakni diantaranya:

  • Sebagai dasaran masyarakat yang memiliki fungsi sebagai pelaksanaan ketika penyusunan kehidupan secara keseluruhan dalam setiap bagian kehidupan.
  • Sebagai bentuk atau koordinasi yang menggabungkan setiap bagian kedalam kehidupan, sehingga kehidupan tersebut akan terasa hangat dan juga lebih harmonis dari biasanya serta akan mudah diatur.
  • Sebagai keistimewahan dari sebuah kelompok atau golongan masyarakat. Persoalan ini membuat seluruh masyarakat akan terlihat khas dan juga berbeda dengan golongan-golongan lainnya.
  • Sebagai pengola sosial yang mana artinya ialah bahwa adanya struktur ini memiliki fungsi untuk mencegah dari berbagai macam pelanggaran-pelanggaran norma serta nilai yang ada didalam lingkungan masyarakat itu sendiri.
  • Sebagai landasan untuk menanamkan ketertiban setiap perorangan yang ada didalam sebuah golongan masyarakat.

Bentuk dari Struktur Sosial

struktur sosial
lagihangat.com

Biasanya persoalan ini bisa kita lihat menjadi 3 sudut pandangan mata, yakni diantaranya dari data atau identitas keanggotaan masyarakat, sifat, serta tidak samanya sosial. Untuk keterangan lebih lengkapnya bisa langsung saja menyimak tulisan dibawah ini yang menjelaskan secara rinci.

Dipandang dari Identitas Keanggotaan Masyarakat

Jikalau kita memandang hanya dari bentuk keanggotaan masyarakatnya saja, maka struktur sosial ini dibagi menjadi 2 bagian golongan, yakni homogen dan juga heterogen. Berikut dibawah ini uraian secara rincinya.

  • Homogen yang memiliki arti latar belakang yang sama ciri-cirinya dari setiap anggota masyarakat, seperti halnya kesamaan dengan suku dan bangsa, agama serta ras.
  • Heterogen cukup ditandai dengan berbagai macam keankaragaman ciri-ciri dari anggota masyarakatnya. Struktur sosial heterogen memiliki  latar belakang ras, suku dan agama yang berbeda dari seluruh anggota masyarakatnya.

Dipandang dari Sifatnya

Berdasarkan sifatnya struktur ini bisa kita dibedakan menjadi 4 bagian, yakni diantara lain adalah struktur sosial luwes, struktur sosial luwes, serta struktur sosial informal.

  • Sosial Kaku ialah wujud dari struktur sosial yang tidak akan dapat dirubah oleh siapapun bahkan oleh masyarakat itu sendiri. Masyarakat akan mendapati yang namanya kesulitan besar apabila mereka melaksanakan perpindahan kedudukan ataupun statusnya. Biasanya sosial kaku ini terjadi kepada masyarakat yang memegang sistem kasta.
  • Sosial Luwes ialah wujud dari struktur sosial yang memberikan sebuah kebebasan gerak kepada masyarakat untuk melaksanakan perubahan.
  • Sosial Formal ialah wujud dari struktur sosial yang telah akui atau telah dianggap oleh pihak yang berwenang.
  • Sosial Informal ialah wujud dari struktur sosial yang nya dan juga berfungsi, namun sosial informal ini tidak memiliki ketetapan hukum dan juga tidak dianggap atau diakui oleh pihak yang berwenang.

Dipandang dari Segi Perbedaan Sosial

Jenis sosial ini dilandasi terhadap ketidak samaan yakni sekelompok atau golongan manusia secara horizontal ataupun vertikal. Penggolongan ini dapat dilandasi dengan ciri wujudnya yang mencakup gender, ras, bentuk tubuh, warna rambut dan lain sebagainya.

Bukan hanya dilihat atau dipandang dari bagian fisiknya saja, melainkan bisa juga kita pandang dari ciri sosial budaya yang mencakup kecerdasan, keterampilan, motivasi, minat dan juga dilihat atau dipandang dari bakatnya.

Faktor Terjadinya Ketidaksamaan Sosial

Berikut dibawah ini adalah faktor-faktor atau penyebab ketidaksamaan sosial. Diantaranya adalah:

  • Faktor Geografis
  • Faktor Etnis
  • Faktor keahlian atau potensi yang ada pada diri
  • Faktor belakang sosial

Macam-Macam Wujud Masyarakat

struktur sosial
hariannetral.com

Umumnya masyarakat yang ada di muka bumi ini terdiri dari berbagai macam jenis atau biasa disebut dengan sebutan kedudukannya. Berikut dibawah ini penjelasan tentang macam-macam wujud masyarakat yang akan dilengkapi dengan ciri-cirinya.

Masyarakat Sederhana

Yang pertama adalah masyarakat sederhana. Berikut dibawah ini ada beberapa ciri-ciri dari masyarakat sederhana:

  • Hukum yang berjalan tidak tersirat.
  • Hubungan keluarga dan hubungan masyarakat amat begitu kuat.
  • Kelompok atau organisasi sosial menurut dari tradisi yang sebelumnya telah diturunkan secara turun menurun.
  • Mempunyai keyakinan yang sangat kuat kepada kekuatan-kekuatan yang ada hubungannya dengan hal-hal ghaib.
  • Tidak mempunyai lembaga atau organisasi khusus, misalkan seperti lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga sejenisnya.
  • Sebagian besar produksi hanya untuk memenuhi keperluan keluarganya sendiri atau pasar, namun itu semua hanya dengan skala yang cukup terbilang kecil.

Masyarakat Madya

Yang kedua ialah masyarakat madya. Berikut dibawah ini ada beberapa ciri-ciri dari masyarakat madya:

  • Hukum tersirat mulai menemani hukum yang tidak tersirat.
  • Timbulnya lembaga-lembaga pendidikan formal hingga dengan pendidikan tingkat lanjutan.
  • Masih menghormati adanya adat dan istiadat, namun mulai terbuka dengan adanya pengaruh luar.
  • Hubungan keluarga masih sangat kuat, namun hubungan dengan masyarakat sudah tidak sekuat seperti halnya dengan masyarakat sederhana.
  • Memberikan sebuah kesempatan kepada produksi pasar, sehingga timbullah diferensiasi didalam struktur masyarakat.
  • Timbulnya obejektivitas ketika sedang berfikir sehingga keyakinan-keyakinan terhadap kekuatan ghaib, sehingga nantinya akan muncul ketika orang-orang tersebut sudah mulai kekurangan akal sehat untuk mencegah atau menghindari dari sebuah masalah.

Masyarakat Modern

  • Adanya tingkatan pendidikan formal yang tinggi.
  • Ada stratifikasi sosial dari dasar kemampuan.
  • Hukum yang berjalan telah masuk kedalam hukum yang tersirat.
  • Hubungan sosial dilandasi dengan kepentingan-kepentingan pribadi.
  • Keyakinan kepada ilmu, seperti ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan-pengetahuan lainnya sangat kuat.
  • Hubungan dengan masyarakat lainnya telah terbuka dan juga saling mempengaruhi satu sama lain.
  • Hampir secara keseluruhan ekonomi merupakan ekonomi pasar yang dilandasi terhadap pemakaian uang dan juga alat pembayaran atau transaksi lainnya.

***

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai struktur sosial yang dilengkapi dengan pembahasan fungsi, macam-macam dan juga pembahasan seperti apa ciri-ciri dari struktur sosial itu.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat ya 🙂

Tinggalkan komentar